Tiga Hobi Yang Menghasilkan Uang

Morning Sedulur,

Apa hobi kalian? Pasti jawabannya bakal berbeda-beda. Mulai dari hobi mainstream seperti jalan-jalan dan baca buku hingga hobi yang anti mainstream kayak terjun payung dan memelihara kodok, hihi. Ya, semua orang rasanya punya hobi ya, kegiatan yang disukainya. Termasuk rebahan pun bisa jadi hobi.

3 Hobi Yang Menghasilkan Uang

Sebenarnya, apa sih hobi itu? Hobi menurut KBBI adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan sebagai pekerjaan utama. Nah, apa yang senang kalian lakukan pada waktu senggang itulah yang disebut hobi, ya.

Namun, walaupun arti kata hobi seperti itu ternyata kini banyak hobi yang berubah tak hanya kegiatan disukai dan dilakukan saat senggang. Ternyata, hobi bisa menghasilkan uang bahkan menjadi pekerjaan utama. Tapi, tentu saja seperti hal lain di dunia ini, untuk mencapai itu butuh proses panjang dan mungkin melelahkan. Tapi, jika tidak dicoba bagaimana kita tahu hasilnya, kan? Nah, apa saja hobi yang menghasilkan uang? Kita simak yuk!

1.       Menggambar

Hobi menggambar bisa menghasilkan, lho. Asal kamu percaya diri untuk memulainya. Kamu bisa mempelajari gaya menggambar secara autodidak atau belajar dengan guru menggambar. Sebaiknya, kamu berlatih menggambar dengan berbagai style atau gaya. Setelah itu, kamu bisa menawarkan jasa ilustrasi baik secara luring maupun daring di berbagai website. Kamu bisa bergabung dengan komunitas misalnya Forum Penulis Bacaan Anak tempat berkumpulnya penulis, ilustrator dan pencinta buku anak. 

Baca Juga: Rekomendasi Komik Webtoon

3 Hobi Yang Menghasilkan Uang

Biasanya banyak informasi seputar pekerjaan ilustrator dan penulis ditawarkan di komunitas. Kamu juga bisa membuat portofolio menarik yang berisi karya-karya yang kamu hasilkan selama ini. portofolio ini menjadi modal untukmu mencari pekerjaan yang cocok di bidang ilustrasi.

Seperti Mbak Nita Chandra, seorang penulis yang belajar menggambar secara mandirilalu kemudian menambah profesi menjadi ilustrator buku anak. Kliennya berasal dari berbagai negara dan mereka dihubungkan secara daring.

2.       Fotografi

Hobi memotret ternyata bisa menghasilkan, lho. Kamu bisa menentukan spesialisasimu, kamu ingin fokus di bidang fotografi apa? Ada yang fokus fotografi produk, foto makanan hingga foto bayi. Beberapa teman blogger kini memiliki usaha yang cukup maju di bidang fotografi. Seperti Nurul Noe yang berbisnis foto newborn yang unik. Ada juga Deddy Huang, travel blogger di Palembang yang fokus di fotografi makanan.


3 Hobi Yang Menghasilkan Uang

Seperti ilustrator, sebaiknya kamu bergabung di komunitas sesuai hobimu memotret. Di sana kamu bakal berkenalan dengan para mentor serta teman-teman yang sehobi sehingga mendapat banyak ilmu dan wawasan baru seputar fotografi. 

Seorang teman menjual foto-foto hasil jepretannya di website penyedia foto dan hasilnya lumayan besar. So, pandai-pandailah mencari peluang dan jangan bosan untuk belajar, ya!

3.       Baca Buku

Yup, kamu tidak salah baca. Hobi membaca buku pun bisa menghasilkan uang lho. Kamu bisa mulai membuat akun tentang buku di Instagram atau TikTok atau rajin mengirim artikel ulasan buku ke media massa. Rutinlah membagikan buku yang dibaca dan jangan lupa mempromosikan akunmu di mana saja. 

Baca Juga: Tips Membuat CV Memikat

3 Hobi Yang Menghasilkan Uang

Kamu juga bisa belajar memotret dan membuat caption agar postinganmu lebih memikat. Serunya menjadi pengulas buku, kita bisa mendapatkan hadiah buku-buku gratis dari penerbit ketika mereka meminta kita mengulas buku-bukunya. Kita juga mendapatkan honor dari artikel ulasan buku yang dimuat. Oh iya, ada satu peluang lagi! Kamu bisa bekerja menjadi first reader sebuah penerbit, lho. Tugasmu membaca naskah buku yang akan diterbitkan penerbit dan memberikan pendapatmu.  

Nah, itu dia tiga hobi yang bisa menghasilkan uang.  Jadi, jangan menyerah ya teman-teman. Situasi saat ini mungkin agak sulit tapi selalu ada peluang bagi kita untuk melangkah maju. Semangat, ya!

Foto: Pixabay.com

Posting Komentar

0 Komentar