Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang

Morning Sedulur,

Masih lanjut ya cerita tentang Famtrip bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Destinasi kedua kami adalah Desa Wisata Pesona Garda di Dusun Dawung, Pringapus Kabupaten Semarang.


Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Pak Heru Subroto, Kabupaten Semarang memiliki potensi wisata yang besar dengan adanya 50 tempat wisata dan 74 desa wisata. Wow, banyak sekali ya. 


Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang


Salah satu desa wisata yang menarik adalah Pesona Garda, sebuah tempat wisata yang terletak di tepi sungai di Dusun Dawung, Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus. 


Dusun yang masih asri ini ternyata memiliki tempat wisata yang menarik minat para wisatawan lokal baik dari Kota Semarang maupun Kabupaten Semarang. 


Tempat wisata ini diinisiasi bulan Agustus tahun 2020 oleh Kepala Dusun Dawung, Pak Zamroni yang melihat ada potensi wisata yang ada di tepian sungai itu. Saat itu, pandemi Covid19 sudah melanda Indonesia. Tapi, mereka tak ingin menyerah pada keadaan.


Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang

Walaupun idenya sempat dipandang sebelah mata, ia tetap menjalankan rencananya bersama para pemuda dari Karang Taruna setempat. Konsepnya ada pedesaan di era milenial.

Tak disangka, tempat wisata ini mulai ramai dikunjungi wisatawan yang mendengar tentang tempat ini di media sosial.

Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang

Pesona Garda menawarkan wisata air diantaranya rafting, river tubing dan lainnya, di sungai yang masih bersih dan alami ini. Sedulur bisa menikmati paket rafting sejauh lima kilometer dengan pemandangan yang cantik didampingi para pemandu yang cukup ahli. 


Peralatan bermain air seperti perahu karet,  perahu Intex, kasur intex, ban besar untuk tubing, juga helm dan pelampung tersedia lengkap.

Buat yang tak ingin main air bisa menikmati suasana dengan bersantai di beberapa gazebo dan pondok sederhana yang dibangun di tepi sungai. Ada warung makan tempat Sedulur memesan makanan dan minuman. Keunikan kulinernya adalah nasi jagung dibungkus daun jati.


Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang

Saat tiba, kami berkenalan dengan Pak Zam, kepala dusun yang juga inisator tempat wisata. Ia menceritakan jatuh-bangun mendirikan Pesona Garda. 

Kami disuguhi kopi dan es teh, es buah hingga camilan berupa kacang rebus, mendoan dan camilan lainnya. Sedap.


Angin sepoi-sepoi dan pemandangan sungai yang bersih membuat betah para pengunjung di Pesona Garda ini. Suasana pedesaan terasa tentram. Apalagi, penduduk desa ramah-ramah. Jika ingin salat, bisa mengunjungi musala desa yang letaknya tak jauh dari tempat wisata. 


Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang
Nongkrong bareng (Foto: Anda)

Beberapa waktu lalu, ada bencana alam di desa itu. Sungai meluap hingga menyebabkan banjir dan jembatan putus. Hal ini sempat membawa kerugian bagi pengelola Pesona Garda karena sarana dan prasarana wisata yang rusak.


Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang
Main air (Foto: Bu Rinas)

Kini, setelah pandemi mulai berkurang, pengelola berusaha bangkit kembali. Mereka menawarkan berbagai paket menarik untuk para pengunjung, juga berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang untuk mempromosikan tempat ini. 


Salah satu acara untuk menarik pengunjung adalah lomba memancing liar di sungai memperebutkan Pesona Garda Cup yang diadakan Agustus lalu. Lomba ini ternyata menarik minat banyak peserta untuk ikut serta. 


Pengelola juga berpromosi lewat media sosial yaitu Instagram dan memiliki 4000an pengikut. Tahun 2022, mereka meraih juara 1 Lomba Potensi Desa tingkat Kabupaten Semarang. Sebuah prestasi yang membanggakan ya, Sedulur.


Para peserta Famtrip antuasias banget saat diajak main air oleh Pak Zam. Kami lalu memakai helm dan pelampung serta melepas alas kaki. Lalu, naik jembatan gantung untuk turun ke sungai. Di sana, sudah tersedia beberapa perahu, dayung, dan beberapa pemandu kami hari itu.


Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang
Main tubing (Foto: Bu Rinas)

Tak lama, kami mencoba naik perahu karet menyusuri sungai. Seru, deh. Sesudah itu, para peserta mencoba river tubing dengan menggunakan ban. Ada juga yang mencoba kasur apung. Saat itu, cuaca cerah namun aliran air cukup deras. Alhamdulillah, kegiatan main air berlangsung bahagia dan aman.


Setelah itu, kami mandi dan berganti pakaian. Lalu, kami disuguhi makan siang sederhana tapi nikmat. Nasi beserta lauk pauk berupa ayam goreng, jengkol, bakwan goreng dan sayuran. Tak lupa, sambal dan kerupuk. Duh, nikmat sekali. Makannya ramai-ramai bareng teman-teman di saung yang sejuk. Alhamdulillah. 


Main Air di Desa Wisata Pesona Garda di Kabupaten Semarang

Setelah makan, rasanya ingin berbaring di gazebo untuk tidur siang. Sayangnya, kami harus melanjutkan perjalanan.

Oh iya, Pesona Garda buka setiap hari ya. Untuk Senin-Kamis buka pukul 09.00-17.00 WIB sedangkan pada akhir pekan pukul 08.00-17.00 WIB. Sedulur bisa menghubungi Instagram Pesona Garda atau WA 0878-3270-5454 untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih banyak untuk Pak Zam dan segenap pengelola Pesona Garda. Semoga tempat wisata makin ramai dan keamanan makin ditingkatkan. Semoga dengan tulisan sederhana ini, bisa menarik minat para pembaca Semarang Coret untuk berkunjung ke Pesona Garda. Sukses! 



Posting Komentar

12 Komentar

  1. Aku paling suka tempat wisata di tepi sungai kayak gini, apalagi kalau sungainya jernih & bersih. Malu banget kalau inget di kotaku sungainya banyak sampahnya hik hik

    BalasHapus
  2. Desa wisatanya asik banget dan bisa mengakomodir banyak aktifitas luar. Menyenangka sekali suasananya dan juga lingkungannya . selain buat liburan keluarga, untuk outbond juga oke nih

    BalasHapus
  3. Tempat yg begini aku sukaaaa. Apalagi bisa rafting. Anak2 pun kalo udh berbau air paling betah mba.

    Selama ini jarang banget nginep di Semarang. Makanya aku kurang begitu tahu tempat2 wisata di sana. Tapi setelah baca desa garda ,wajib sih main ke sini kalo ntr ke Semarang lagi 😄

    BalasHapus
  4. Wah seru banget ya main air, wajib banget ke Desa Wisata Pesona Garda kalau ke Kabupaten Semarang, bisa main air barengan sama teman

    BalasHapus
  5. Ku pernah ke Semarang, tapi ngga sampai ke sininya, cuma ke kota tua nya, next kayaknya kudu ke arah kabupatennya, banyak spot seru-seru kek gini ya

    BalasHapus
  6. Waah kepala dusunnya keren .... berupaya memajukan hidden gem wisata di daerahnya. Keren banget nanti desa wisata ini, bakal mengundang banyak wisatawan.

    BalasHapus
  7. Wah, 50 tempat wisata, keren amat dan tak satu pun yang pernah saya kunjungi, kemana saja Dawiah selama ini? Hiks sedih rasanya. Kalau saya ke Pesona Garda, palingan duduk-duduk di gazebo sambil menikmati sejuknya alam, tidak berani main tubing.

    BalasHapus
  8. Kak Dew selalu update dengan tempat wisata seru di Semarang dan sekitarnya.
    Wisata air dan petualangannya begini, bikin kita lebih berani yaa.. Kalau tubing di Pesona Garda, minimal usia anak berapa, kak Dew?

    BalasHapus
  9. Wah, keren. Tempat wisata seperti ini memang perlu dipromosikan ya kak, biar makin dikenal masyarakat luas. Followers nya sampai ribuan keren. semoga bisa ke sana kapan-kapan.

    BalasHapus
  10. seger banget bisa main airrr. tadinya aku pikir maksudnya arung jeram, ternyata bukan hehe. biasa habis main air bawaannya pengen makan dan tidur emang hihi

    BalasHapus
  11. Baru dua kali nyobain rafting, seruuu...kapan2 kalau ke Semarang mau coba juga

    BalasHapus
  12. Hidden gem banget ini. Keren ya kepala desanya bisa liat potensi wilayahnya jadi bisa untuk pemasukan warga juga

    BalasHapus