Mengulik Sejarah Jawa Tengah di Museum Ranggawarsita, Semarang

 

Morning Sedulur,

Sudah baca ceritaku tentang wisata Grand Maerakaca di Semarang Coret? Nah, lanjut ya ke tempat wisata kedua yang kami kunjungi saat PLS. Tujuan wisata kedua kami adalah Museum Ranggawarsita. Berlokasi di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat. Letaknya tidak terlalu jauh dari Masjid Agung yang jadi lokasi tujuan wisata kami yang terakhir. Sejak kecil, Mama sering mengajakku ke museum. Aku suka masuk museum asal museumnya tidak gelap dan kotor, seram soalnya hehe. 

Mengulik Sejarah Jawa Tengah di Museum Ranggawarsita, Semarang

Sesampainya disana, kami berfoto bersama dulu di pintu masuk, baru kemudian masuk dan mengeksplor museum yang bertemakan sejarah islam, koleksi mata uang, koleksi pra-sejarah dan Hindu-Buddha, dan yang lainnya. Wah, banyak juga bagiannya. Mau lihat yang mana dulu, nih? 

Museum Ranggawarsita ini memiliki banyak sekali koleksi sejarah islam dan kolonial, koleksi astronomi, koleksi diorama perjuangan Nasional, dan banyak lagi. Semua benda yang dipajang dibagi berdasarkan temanya. Kalau kita memasuki bagian Sejarah Islam maka benda-benda yang dipajang tentu saja yang berhubungan dengan sejarah Islam di Jawa Tengah. Misalnya, miniatur masjid Kudus. 

Saat memasuki ruangan, kami disambut dengan Kakak pemandu yang sangat ramah. Ia menjelaskan benda-benda yang terdapat di museum. Teman-temanku ramai mengelilingi kakak pemandu dan bertanya segala hal. Tak sedikit yang sibuk memotret benda di museum untuk keperluan membuat laporan setelah PLS.

Mengulik Sejarah Jawa Tengah di Museum Ranggawarsita, Semarang

Hal pertama yang saya lihat adalah bebatuan meteorit yang ditemukan di daerah Mojogedang, Karanganyar pada tahun 1984. Seram juga ya kalau bumi kejatuhan batu meteor. Jangan sampai jatuhnya di daerah yang penduduknya ramai, hiiy. 

Ternyata pada zaman dahulu, batu meteor dipakai untuk pembuatan keris! Kemudian saya melihat fosil kayu kuno, bebatuan dan patung manusia purba. Ada juga patung gajah purba yang ukuran tubuhnya sangat berbeda dengan gajah masa kini. Ukuran gajah purba jauh lebih besar, dibandingkan dengan ukuran gajah yang masih eksis saat ini.

Tak hanya itu, juga terdapat beberapa replika candi bercorak Hindu dan Buddha. Kakak pembina menjelaskan perbedaan candi dari kedua agama tersebut, Candi Hindu memiliki bangunan yang lebih tinggi dan ramping. Sedangkan candi Buddha bentuknya lebih melebar dan ujungnya merupakan stupa. Selain candi, terdapat juga patung-patung dewa.

Mengulik Sejarah Jawa Tengah di Museum Ranggawarsita, Semarang


Bergeser ke gedung C, terdapat replika Masjid Agung Demak dan Menara Masjid Kudus yang indah. Ada juga ruang yang berisi koleksi benda bersejarah yang dipakai saat zaman perjuangan bersenjata. Kami bisa melihat diorama perjuangan Indonesia ketika merebut kemerdekaan yang pernah terjadi di Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Selanjutnya kami ke lantai dua, yang dibagi menjadi beberapa ruang. Ada ruang kesenian, yang menampilkan koleksi benda dan peralatan kesenian. Ada pula ruang keramik dan batik. Koleksi keramik tak hanya dari Indonesia, namun juga berasal dari Cina dan Eropa.
Mengulik Sejarah Jawa Tengah di Museum Ranggawarsita, Semarang

Kemudian ada ruang emas, berisi beragam perhiasan emas untuk badan dan kepala seperti gelang, cincin, bahkan mahkota dari emas juga  diperlihatkan benda-benda untuk sarana upacara keagamaan. Seperti mangkok untuk upacara. Wow, blink-blink deh perhiasan emasnya. Asli nggak, ya? Hehe. 

Setelah puas mengelilingi Museum Ranggawarsita, sebagian siswa duduk-duduk menikmati suasana sambil memakan es krim yang dibeli. Sebagian lagi menonton bioskop mini 3D yang harga tiketnya hanya Rp10.000,00. Murah-meriah dan bikin kita terhibur, kan. 

Kemudian, murid-murid beserta para guru dan karyawan kembali ke bus masing-masing dan melanjutkan perjalanan ke MAJT. Rasanya sangat sebentar di dalam bus, selama di perjalanan saya menikmati pemandangan.

Penulis: Nailah Aieola Nabihah-Ungaran

Posting Komentar

21 Komentar

  1. wah seru banget! jadi pengen museum date nih :D

    BalasHapus
  2. asik ya kak jalan2 ke museum. 3 boyz juga suka dan exiting kalo liat2 museum. dah lama banget nih ga jalan2 ke museum lagi gegara pandemi. nanti mau ke museum lagi ahh

    BalasHapus
  3. Wow, seru amat acara study tour anak2 kali ini ke Museum Ranggawarsita di Semarang. Banyak juga koleksi aneka perhiasannya ya. Pakaian adatnya juga ada dan sungguh istimewa. Aku juga senang berkunjung ke museum asal agak terang, bersih dan ga bau. Paling takut kalau lihat diorama sih hiiiiiiii atut pisan pokoknya :D Hehehe.

    BalasHapus
  4. Museum ini sumber informasi sejarah yg sangat akurat ya mba

    Smoga anak2 muda makin semangat utk belajar banyak hal.dari museum.

    Keren!!

    BalasHapus
  5. Aku sempet bingung di bagian awal, kok mb dedew ikut PLS? Ternyata ini bukan tulisan mb dedew yaaa.. ahaaaa.

    Aku jg suka ngajak anak2 ke museum. Tapi kadang mereka ga sll antusias. Nggak apa2 sih, walaupun nggak sll antusias tp aku yakin pasti akan ada sesuatu yg berguna bagi mereka, entah sekarang entah kelak. Tapi kalau diajak ke museum Ronggowarsito kayaknya bakalan seneng karena ada miniatur gajahnya segala :)

    BalasHapus
  6. Aku pun suka ke museum asal gak singup hehe..karena ya gitu deh kak..kesannya museum kan memang selalu ada msitis2nya gitu ya..Tapi kalo rame-rame gini sih gak berasa seremnya kak.. yang kerasa seru banget ya jalan-jalan ke museum..

    BalasHapus
  7. mbaaa aku tuh pengen banget deh ke Semarang buat hunting kuliner dan napak tilas seperti ke museum

    BalasHapus
  8. Seru banget ya Mbak belajar sejarah Jawa tengah di museum Ronggowarsito ini. Museum tak sekadar tempat peninggalan masa lalu, tapi sejarahnya hidup lewat cerita yang diwakili oleh benda-benda tersebut. Seperti perjalanan ke masa lalu di mana kita bisa membayangkan hal-hal yang pernah terjadi

    BalasHapus
  9. Wah baru tau kalau pernah ada meteor jatuh di Semarang. Ntar gugling ah kali ada beritanya. Museum ini bisa dibilang koleksinya campuran ya mbak, tapi dikelompokkan ruang pamernya menurut jenisnya. Baru dengar nama museum ini TFS infonya

    BalasHapus
  10. Seru banget jalan-jalan ke museum seperti ini
    Anakku juga senang diajak ke museum
    Ntar kalau ke Semarang aku ajak mampir kesini ah

    BalasHapus
  11. Kalau ke Semarang selalu momennta gak pas untuk explore gitu, udah keburu cape. padahal seru ya bisa wisata museum kaya gini ke Museum Ranggawarsita.

    BalasHapus
  12. Yang kusuka kalau jalan-jalan ke museum ada jasa pemandunya. Selain kita bisa dapat banyak pengetahuan, juga tau banyak sejarah dari barang barang yang ada di museum

    BalasHapus
  13. Keberadaan museum masih sangat di butuhkan untuk wisata edukasi anak-anak. Sudah banyak museum yang di kelola dengan baik, di pelihara di bersihkan dibandingkan jaman dulu.

    BalasHapus
  14. Menarik banget nih kunjungan ke Museum Ranggawarsita. Kita bisa belajar sejarah tentang budaya islam, hindu, budha dan lainnya. Masing-masing memiliki nilainya sendiri dan menjadikan keberagaman makin indah tersusun rapi di museum.

    Cocok banget juga bagi pelajar yang mau mendalami sejarah nih, wajbi ke Museum Ranggawarsita.

    BalasHapus
  15. Dennise Sihombing16 Juli 2022 19.15

    Aku paling suka menyelusuri tempat bersejarah seperti musium. Betah berlama-lama kalau sudah ke museum. Nanti kalau pas liburan ke Semarang aku sempatin untuk kunjungi museum Ranggawarsita

    BalasHapus
  16. Perjalanan ke MAJT itu kemanakah, kak Dew?
    Aku setuju banget kalau ke museum yang ramah anak, cerah dan bersih. Paling takut kalau museumnya sepi dan rada-rada horor. HIhii...berasa uji nyali yaak~

    BalasHapus
  17. ya ampun ini kayaknya seru main ke sini ngajak anak-anak. sekalian jalan-jalan dan belajar sejarah. apalagi untuk anak-anak remaja pasti bisa sekalian studi tur

    BalasHapus
  18. bagus nih mba museumnya yaaa.. aku belum pernah mampir sih tapi it is always interesting to learn more about new things

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah ke Semarang loh, Dew dan pengen banget ke Kota Tuanya wkkw. Tertarik sama wisata malamnya gitu, sama kulinernya yang enak-enak

    BalasHapus
  20. Anak-anak senang ya kalau diajak ke museum acara sekolahan anakku juga ada nih program ke museum biar nambah pengetahuan dan cinta budaya daerahnya

    BalasHapus
  21. Itu replika ya Mba yang cewek dan cowok pakai baju tradisional? Kok agak serem ya lihatnya. Hehe...
    Patung gajahnya gede banget tuh. Kalau ke sini asyik deh bawa si kecil buat mengenalkan sejarah.

    BalasHapus