Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Morning Lur,

Beberapa waktu lalu, aku sudah menulis tentang Tahu Baxo Bu Pudji yang hits di Ungaran. Tahu Baxo memang didaulat sebagai makanan khas Ungaran walaupun sebenarnya di daerah lain juga dikenal penganan sejenis ini dengan nama bakso tahu. Tapi, kalau wisatawan main ke Ungaran yang dicari ya tahu baxo ini dan bisa kamu temui dengan berbagai merek dan harga.

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Walaupun banyak yang memproduksi tahu baxo di Ungaran. Konon, Tahu Baxo Ibu Pudji adalah pelopor makanan ini di Ungaran hingga menjadi oleh-oleh khas Ungaran.

Seperti yang sudah kuceritakan di artikelku sebelumnya, awalnya Ibu Pudji pemilik merek tahu baxo ternama di Ungaran ini hanya berjualan dengan gerobak dorong pada tahun 1996. Pembelinya pun kalangan terbatas, juga menerima pesanan dari arisan atau acara lainnya. 


Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Perlahan, usahanya pun berkembang. Kini Tahu Baxo Bu Pudji memiliki beberapa cabang dan juga rumah makan. Pusatnya berada di jalan utama kota Ungaran yaitu Jalan Diponegoro Ungaran. Tepat di Gapura Batas Kota Ungaran. Terus, gerai tahu baxo Bu Pudji juga ada lho di Jalan Pamularsih Raya, Semarang.

Tahu Baxo Bu Pudji sudah memiliki pabrik sendiri lho sehingga kualitas produksinya terjamin. Camilan yang terdiri dari tahu dan potongan tebal daging sapi di tengahnya kini terkenal di mana-mana. Para wisatawan yang berkunjung ke Semarang tak lupa membawa tahu baxo sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Rasanya memang enak dan sehat. Karena dijamin tidak mengandung borax, bahan pengawet yang berbahaya. 

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Sudah lama aku nggak main ke Gerai Tahu Baxo Ungaran di Jalan Diponegoro yang berseberangan dengan kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Ternyata, ada yang baru lho di sini, Sedulur! Aku sampai takjub melihat perubahannya, hehe. Ke mana saja nih aku selama ini kok baru tahu? 

Ya, gerai oleh-olehnya sudah berpindah bangunan. Tadinya berada di sebelah restoran, kini pindah ke dalam restoran. Tak hanya itu, bangunannya kini lebih besar dan keren desainnya! Aku sampai kaget sejak kapan sih tokonya pindah? Sayangnya, aku lupa tanya dong, maafkan! 

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Ruangan tokonya yang baru lebih luas, nyaman dan berpendingin udara. Ada beberapa kursi untuk duduk, juga disediakan kursi pijat gratis! Ada pojok khusus menjual sovenir baju kaos bertuliskan tahu baxo Ibu Pudji. Tak hanya itu, ada toilet yang bersih di dalam toko. 

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Tahu Baxo Bu Pudji dikemas dalam kotak berisi 10 buah tahu baxo. Kita bisa memilih tahu baxo yang sudah digoreng atau berupa tahu yang direbus. Oh iya, sekarang ada dua jenis tahu baxo yaitu ukuran standar dan ukuran kecil. Jadi, tahu baxonya ada yang ukurannya lebih kecil untuk yang tidak bisa menghabiskan tahu baxo ukuran standar yang montok, hehe. Aku sih lebih cocok dengan tahu ukuran kecil ini dan kemasannya pun berbeda dibandingkan yang standar yaitu kotak kardus berwarna merah.

Jika akan membawa tahu ini sebagai oleh-oleh di luar kota, disarankan untuk membeli tahu baxo yang direbus, maka akan lebih tahan lama dalam perjalanan ke luar kota. Harga sekotak tahu baxo Ibu Pudji Rp.40.000 berisi 10 buah tahu baxo goreng. Sedangkan untuk tahu baxo rebus yaitu Rp.38.000 sekotak. Sedangkan untuk tahu baxo ukuran lebih kecil Rp36.000.

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Selain tahu baxo, kini Bu Pudji memproduksi berbagai jenis makanan lain seperti bakso, galantin, hingga bandeng presto dengan merek yang sama. Rasanya pun juga enak dan tentu saja kualitasnya terjamin.

Selain toko oleh-olehnya lebih luas dan keren bagian dalamnya. Produk yang dijual di sana juga lebih banyak dan tersusun dengan rapi sesuai jenis produknya. Misalnya nih, aneka keripik dipajang dalam satu rak, begitu juga aneka dodol dan produk lainnya.

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran
Kelezatan Tahu Baxo (Foto: Twitter @ibupudji) 

Tokonya pun tak hanya menjual produk Bu Pudji seperti tahu baxo dan bakso saja. Mereka juga menjual berbagai makanan ringan khas Kabupaten Semarang, hingga Jawa Tengah dan Yogya. Kamu bisa menemukan enting-enting gepuk khas Salatiga, tape ketan, torakur asli Kabupaten Semarang, keripik sayur Magelang, telur asin dari Brebes, abon Mesran yang terkenal dari Solo, dan banyak lagi jenis makanan dan minuman ringan. Jadi pengen memborong aneka jajanan yang enak-enak ini!

Wajah Baru Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran

Selain ada restoran di bagian depan yang menyediakan makanan seperti nasi goreng dan lainnya. Di depan toko oleh-oleh juga membuka pojok bakso Bu Pudji lho. Kita bisa makan mi bakso dengan berbagai jenis bakso setelah capek berbelanja. Ada bakso sapi, bakso udang, bakso ayam dan pangsit goreng. Rasanya pun endeus.Kelebihan lainnya, halaman restoran dan toko oleh-oleh ini luas sehingga kita parkir dengan mudah di depannya.

Tersedia juga  musala dan toilet yang nyaman dan bersih. Jadi, wisatawan atau pengunjung yang bepergian dari luar kota, bisa mampir untuk beristirahat disini.  Asyik untuk menjadi tempat singgah para wisatawan yang melintasi kota Ungaran. Jadi, jangan lupa mampir ke sini ya kalau main ke Kota Ungaran.

Resto Ibu Pudji & Pusat Oleh-Oleh Ungaran

Jalan Diponegoro No 14, Gapura Batas Kota-Mijen, Ungaran

Buka: Setiap Hari Pukul 07.00-20.00 WIB

 

Komentar

  1. Aku kayaknya pernah ke sini deh pas ke semarang atau sepulangnya. Kesukaan suamiku soalnya tahu baxo itu. Enak

    BalasHapus
  2. Masya Allah, memang benar ya kalau kita menekuni satu usaha, tekuni dan fokus, hiraukan rintangan apa pun itu, Insya Allah akan ketemu jalan suksesnya sendiri

    Dari ini bisa banyak belajar nih Dew. Salam ya buat Ibu Pudji kalau ketemu

    BalasHapus
  3. Kalau balik main ke Ungaran, sudah tahu nih mau beli oleh-oleh di mana, Tahu Baxo Bu Pudji. Kelihatannya banyak juga jenis oleh-oleh di sana ya Mbak. Tempatnya juga kelihatan luas dan bersih. Nah apa lagi ada resto di depan. Kalau sudah capek milih oleh-oleh tinggal isi perut di depan. Kangen banget deh pada suasana Ungaran :)

    BalasHapus
  4. Yaaah mbak Dew, aku scroll terus ke bawah menanti penampakan tahu baksonya nggak ada, aku kecewa hahaha. Tapi udah keliatan bentuknya seperti apa dari gambar yang ada di kotak. Kayaknya ini tahu bakso bisa dinikmati dengan berbagai cara ya. Dimakan dengan cabe saja, dicocol sambal kacang, dimakan dengan bumbu siomay, atau dimasukkan dalam kuah bakso pasti enak banget ya. Jadi pengen nyobaaa :))

    BalasHapus
  5. Kreatif banget mengubah kata "bakso" jadi "baxo" hehe
    Jadi pengen makan tahu bakso deh apalagi dinikmati sama sausnya nikmaat
    Bagus mbak tokonya, kalau rapi dan bersih gtu akan makin menambah penggan yang datang yaaa
    Apalagi ada restonya jg

    BalasHapus
  6. Duh jadi auto pingin bakso tahu semarang nih, selain tahu bakso kayaknya makin lengkap nih jajanan lain di Ibu pudji. bisa stop di satu tempat aja buat dapet macem2 penganan oleh2 khas semarang ya

    BalasHapus
  7. Mantap inih..
    Kapan ke Semarang, kudu banget cobain Gerai Tahu Baxo Ungaran yang sangat terkenal kelezatannya. Namanya pun unik yaa.. pakai x donk...penulisannya.
    Hihii~

    BalasHapus
  8. Dulu saya sempat tinggal di Semarang waktu suami kerja di sana, Mba. Adalah beberapa bulan. Tahu baxo ini kalau orang Sunda mungkin bilangnya baso tahu versi keringan. Dulu saya tinggal di daerah Mentri Supeno, kayanya pernah lewat ke Jalan Dipenogoro. Jadi inget kenangan dulu tinggal di Semarang

    BalasHapus
  9. Ya ampun aku kangen tahu bakso Ungaran mbak. Setahun aku gak ke Semarang nih. Makin berkembang ya tahu baxo bu Pudji, mau mampir ah kapan2 kalo ke sana

    BalasHapus
  10. Wah mantap dari tahu baso jd berkembang ke usaha lain ya, tokonya cukup mewah juga ya. Inspiratif

    BalasHapus
  11. Boleh nih mak satu paket dikirimin ke Bengkulu, dengan senang hati akan diterima dan dihabiskan

    BalasHapus
  12. favorit aku tahu baxo tapi belum pernah coba yang ibu pudji ini, harganya terjangkau dan aku juga suka tahu baxo rebus lebih murah dari yang goreng ya mba

    BalasHapus
  13. Aku pernah sekali ke sini teh.
    Endes banget tapi sekarang sejak pandemi jarang main ke Semarang. Mau deh kapan-kapan mampir. Makasih rekomendasi nya ya Teh

    BalasHapus
  14. Aku pernah dibawain tahu baxo ibu Pudji ini, beneran montok tahunya. Puas makannya, kerasa banget isian bakso didalamnya.
    Seingat saya dulu kemasannya warna hijau, dipetunjuknya sih kalau disimpan di kulkas bisa tahan sampai 5 hari. Tapi waktu itu sampai lebih dari seminggu, juga tetep enak dan aman saja kami makan.

    BalasHapus
  15. wah memang enak ini tahu baksonya Ibu Pudji, pernah dikasih oleh-oleh sama kakak yang baru pulang semarang, emang maknyus!

    BalasHapus
  16. Banyak pilihan makananya ya, senang dong kalau jalan-jalan ketemu banyak pilihan begini. Aku jadi penasaran mau nyobain tahu baxo juga euy

    BalasHapus
  17. Aku terakhir beli tahu baxo Bu Puji yang cabang dekat kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang itu tahun 2020. Udah bagus tempat nya seperti di foto itu, dan emang beda dengan yang lama

    BalasHapus
  18. Wah aku selalu dapet oleh-oleh ini kalo ada yang dari semarang...Jadi meski belum pernah ke tempat jualannya ..produknya udah jadi favorit keluarga nih... Ternyata tempat jualnya asik gini ya..luas..bersih..dan rapi...

    BalasHapus
  19. wah tahu bakso ini termasuk cemilan favorit aku, mbak. keren ih usaha tahubaxo-nya bisa bertahan bertahun-tahun dan sampai punya outlet sendiri

    BalasHapus
  20. Pasti enak nih mba tahu baxso. Kalau dibawa pulang memang baiknya yang rebus ya, mba. Btw, suka banget sama tokonya yang juga menyediakan oleh-oleh khas semarang dan jogja. Kalau ke unggaran bisa beli sekalian oleh-olehnya di toko Tahu Baxo Bu Pudji

    BalasHapus
  21. mauuuu tahu baksooo.. or tahu baxo ya hehehe. Keren banget yang satu ini, udah legend juga ya mba

    BalasHapus
  22. Wah, luas, Berlin, dan nyaman ya tempatnya. Duh bikin kepengen belanja jadinya. Bikin ngiler tahu baxonya. Mana ada oleh-oleh lain pula.

    BalasHapus

Posting Komentar