Kenal Lebih Dekat dengan Si Jerawat Membandel

Morning Sedulur, 

Siapa yang sedang jerawatan? Angkat tangan, hehe. Duh, duh sama nih dengan aku. Ternyata, jerawat tuh bukan hanya problem remaja saja ya. Orang dewasa pun tak luput dari jerawat. Apalagi jika jenis kulitnya berminyak. Klop, deh. Nah, belakangan ini kulit wajahku berjerawat, jerawatnya kecil-kecil alias breakout atau bruntusan. Penyebabnya sih kemungkinan salah pakai kosmetik, huhu. 

Scarlett acne series untuk jerawat membandel
Kenal lebih dekat dengan jerawat membandel
 (Foto: Pixabay.com) 

Jerawat membandel ini pun beragam jenisnya mulai dari komedo di hidung, hingga berisi nanah atau bahkan bentuknya ada yang membesar, lembut dan kemerahan. Apapun jenisnya, jerawat bandel ini cukup mengganggu penampilan apalagi jika nangkring di wajah. Bisa membuat penderitanya insecure, huhu. 

Apa saja sih penyebab jerawat itu? Nah, ada beberapa penyebab timbulnya jerawat yang bisa aku bagikan di sini. Apa saja itu? 

  1. Hormon Yang Tidak Seimbang

Ya, jerawat biasanya timbul pada remaja yang baru mengalami pubertas. Baik cowok ataupun cewek. Selain itu, jerawat juga suka mendadak nongol saat kita sedang menstruasi. Tak heran, jika mens usai jerawat pun turut menghilang. Stres yang berlebih pun bisa menyebabkan hormon tidak seimbang dan menimbulkan jerawat.

  1. Malas Mencuci Wajah dan Rambut

Duh, duh, masih malas mencuci wajah sebelum tidur? Jangan dibiasakan ya! Setiap hari, wajah diberi make up, terkena kotoran dan debu. Bayangkan, betapa kotornya wajah kita! Jika kita tak mencuci wajah, maka kotoran itu akan menyumbat pori-pori wajah dan menjadi jerawat! Seram, kan? 

Tak hanya itu, rambut yang kotor juga bisa menyebabkan minyak menyumbat kulit dan timbul deh jerawat di daerah yang terkena rambut. Bisa di kepala, dahi bahkan pipi. Jadi, jangan malas mencuci wajah dan rambut ya!

  1. Pola Makan Kurang Seimbang

Pola makan yang tidak seimbang juga bisa mengakibatkan jerawat membandel lho. Makanan yang berlemak, gorengan dan manis-manis cenderung membuat wajah jerawat.

  1. Menggunakan Masker Terlalu Lama

Ya, di masa pandemi kita menggunakan masker di wajah secara jangka panjang. Ternyata, kebiasaan menggunakan masker terlalu lama apalagi dalam keadaan kotor bisa menimbulkan masalah jerawat lho di bagian wajah yang tertutup masker seperti pipi, hidung dan dagu. 


Scarlett acne series untuk jerawat membandel
Polusi udara juga bisa menyebabkan jerawat (Foto: Pixabay) 

  1. Air Yang Kurang Bersih

Penggunaan air yang kurang bersih juga bisa menjadi penyebab jerawat timbul. Mandi menggunakan air yang kurang bersih bisa menyebabkan iritasi dan timbullah jerawat. 


Bagaimana mengatasi jerawat membandel? 

  1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Ya, pola hidup sehat akan membuat tubuh lebih sehat, termasuk kulit akan lebih glowing. Apa saja pola hidup sehat? Diantaranya makan makanan bergizi serta memperbanyak minum putih, serta mengonsumsi buah dan sayur-mayur. Selain itu, olahraga yang cukup serta tidur malam yang cukup, ya.

  1. Rajin Mencuci Wajah

Ya, cuci wajah dengan rutin terutama saat baru keluar rumah. Apalagi, jika terlalu lama menggunakan masker. 

  1. Selalu Kenakan Masker Yang Bersih

Rajinlah mengganti masker setiap empat jam sekali atau ketika wajah terasa berkeringat. Rajinlah cuci tangan dan jangan sembarangan menyentuh wajah saat tangan kotor. Selain menghindari Covid19, juga untuk menghindari kuman menempel di wajah kita. 

  1. Pakai Bahan Alami untuk Mengurangi Peradangan Jerawat

Kita bisa menggunakan perawatan wajah alami untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada jerawat misalnya es batu, madu dan mentimun. Kedua bahan ini dipercaya mengandung bahan yang mampu membantu menyembuhkan jerawat, serta mengurangi pembengkakan jerawat.

  1. Gunakan Produk Khusus Jerawat dari Scarlett 

Untuk merawat kulit wajah yang berjerawat sebaiknya kita menggunakan produk perawatan kulit khusus berjerawat. Untuk kulitku yang sedang bruntusan dan jerawat, akhirnya aku menggunakan produk buatan Indonesia namanya Scarlett. Fyi, Scarlett ini brand skincare lokal milik artis Indonesia Felicia Angelista dan udah terdaftar di BPOM. 

Scarlett acne series untuk jerawat membandel
Rangkaian Scarlett Acne Series

Ternyata nih, Scarlett tak hanya mengeluarkan produk perawatan kulit seperti body
wash, body lotion, dan body scrub. Baru-baru ini, Scarlett berinovasi dengan mengeluarkan produk skincare atau perawatan wajah. Bahkan ada seri khusus untuk kulit berjerawat lho!

Oh iya, saat memesan daring via marketplace, paketnya datang tepat waktu dan menggunakan kotak kardus yang bisa digunakan kembali bertuliskan Scarlett dan setiap produknya dibungkus dengan bubble wrap jadi lebih aman saat pengiriman. 

Apa saja produk yang kugunakan dari Scarlett?

  1. Scarlett Whitening Facial Wash

Aku menggunakan produk ini untuk mencuci wajahku. Walaupun bukan dari acne series, aku suka menggunakan sabun pembersih ini. Kemasannya unik yaitu botol plastik yang tinggi langsing jadi mudah untuk dimasukkan ke dalam tas tangan. Botol setinggi 16.5 cm ini berukuran 100 ml dan dilengkapi dengan kardus kemasan untuk melindungi botolnya saat kita beli. Kalian bisa melihat cara pemakaian kandungan produk, serta tanggal expire serta nomor BPOM di kemasannya. 

Cairan sabunnya unik karena ada butiran halusnya. Wanginya lembut dan saat diaplikasikan ke kulit wajah aromanya tidak tajam. Aku suka sabunnya karena tidak membuat kulit wajah kering. Apa saja kandungan produk ini? kandungannya berkhasiat banget lho ada glutathione, aloe vera, rose petal dan vitamin E yang bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan kulit mati, meregenerasi kulit serta melembutkan kulit. Cara pakainya sangat mudah. Basuh wajah dengan air, lalu tuangkan cairan facial wash secukupnya ke telapak tangan, usapkan pada wajah, pijat wajah perlahan dan bilas hingga bersih. Lakukan rutin sehari dua kali pagi dan sebelum tidur. 

  1. Scarlett Acne Serum 

Penggunaan serum wajah kini semakin populer untuk para pencinta skin care ya. Biasanya digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembab. Apa manfaat serum untuk kulit berjerawat? Diantaranya untuk mengontrol produksi minyak berlebih, mengurangi flek hitam serta mengurangi peradangan jerawat. 

Scarlett acne series untuk jerawat membandel

Ada dua jenis serum yang diluncurkan Scarlett. Brightening Series dengan kemasan pink, lalu Acne Series dengan kemasan Ungu.  Buat yang wajahnya berjerawat, Scarlett meluncurkan Scarlett Acne Serum nih. Kemasan kardusnya berupa kotak dengan warna putih kombinasi ungu yang cantik. 

 

Kalian bisa melihat cara pemakaian, kandungan produk, serta tanggal expire serta Nomor BPOM: NA18200104454 di kemasannya. Ada gambar hologram juga yang menunjukkan keaslian produk. Botolnya pun menarik berbahan kaca dengan tutup pipet dan berisi 15 ml serum. Serumnya cukup kental dan berwarna putih agak keruh. Cara pakainya mudah lho. Teteskan 2-3 tetes serum. Usap dan pijat merata pada wajah. Diamkan beberapa saat hingga meresap. 


Manfaat dan kandungan Scarlett Acne Serum


1. Tea Tree Water melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi bruntusan & mengurangi minyak di wajah

2. Jeju Centella Asiatica menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit

3. Vitamin C Membantu menghilangkan fleks & bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit 

5. Salicylic Acid Meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo 

6. Liquorice Extract Kaya akan vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari pada paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi dan menyerap kelebihan minyak diwajah 

 

  1. Scarlett Acne Cream (Day and Night) 

 

Nah, ini dia produk baru dari Scarlett berupa krim yang bebas kandungan merkuri dan hidroquinon


Untuk mengatasi jerawat membandel, aku menggunakan Scarlett Acne Cream Day and Night yang kemasannya ungu. Ya, ada krim jerawat yang khusus digunakan saat pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. 

 

Kemasan pelindungnya terbuat dari kardus dengan warna putih dan ungu yang serasi. Acne Cream Night didominasi ungu dam Acne Cream Day didominasi putih. Cantik ya. Botol krimnya terbuat dari kaca yang terasa kokoh digenggam dan volume isinya 20 ml. 

 

Scarlett acne series untuk jerawat membandel
Scarlett Acne Cream Day and Night

Kalian bisa melihat cara pemakaian, kandungan bahan, tanggal expire hingga nomor BPOM di kardus dan botol kacanya ya.
BPOM: NA 18200107956 (day cream) dan BPOM NA18200107955 (night cream) kalian bisa cek di website BPOM. A
da hologram yang menunjukkan keaslian produknya.


Krimnya berwarna putih susu dengan tekstur lembut. Aromanya sih menurutku seperti bunga yang lembut, juga sedikit mirip aroma salep anti jerawat yang kupakai saat remaja dulu, hehe. Cara pakainya mudah. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan, baru aplikasikan krimnya. Bisa juga digunakan setelah memakai serum. Pijat lembut wajah dan biarkan krimnya meresap.

 

Saat menggunakan krim ini secara rutin selama tiga minggu, aku merasakan jerawat-jerawat kecil yang menghiasi wajahku berkurang lho. Juga jerawat yang timbul saat aku haid pun mengempis. Sekarang rasanya lebih percaya diri karena bruntusan di wajah memudar. 

 

Kandungan Scarlett Acne Cream Day

 

1. Double Action Salicylic Acid bekerja paling baik untuk jerawat, juga membantu mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

2. Natural Squalane meningkatkan hidrasi dapat membantu kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3. Hexapeptide-8 membantu mengurangi kerutan.

4. Natural Vit-C untuk antioksidan dan melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

5. Triceramide membantu untuk melembabkan, anti penuaan dan anti kerut.

6. Aqua Peptide Glow untuk meningkatkan hidrasi kulit dan persepsi kulit bersinar.

 

Kandungan Acne Cream Night

 

1. CM Acnatu berperan sebagai anti bacterial alami dan anti inflamasi yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

2. Natural Squalane meningkatkan hidrasi dapat membantu kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3. Hexapeptide-8 membantu mengurangi kerutan.

4. Triceramide membantu untuk melembabka, anti penuaan dan anti kerut.

5. Poreaway untuk mengencangkan pori-pori.

6. Natural Vit-C untuk antioksidan dan melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

7. Aqua Peptide Glow untuk meningkatkan hidrasi kulit dan persepsi kulit bersinar.


Scarlett acne series untuk jerawat membandel


Seluruh produk perawatan kulit wajah dari Scarlett masing-masing dibandrol dengan harga Rp 75.000,- Tertarik mencoba? Produk-produk Scarlet bisa didapatkan melalui di Instagram, Whatsapp, dan Shopee Scarlett. Kalian bisa cek tautan berikut https://shopee.co.id/scarlettofficialshop.  Atau melalui whatsapp (0877 0035 3000), dan line (@scarlett_whitening).

Foto Produk Scarlett: Aldebaran

 

 

Komentar

  1. berasa banget semenjak pakai masker hampir setiap hari, jerawat jadi makin rajin tumbuh :( sedih

    BalasHapus
  2. Nah, kalau aku punya masalah kulit namanya eksim. Kalau pakai masker kelamaan, di sekitar mulut dan dagu tuh uluh2 langsung kambuh deh gatal2, merah banget. Jerawat aku juga masih ada sih padahal bukan remaja yak hahaha :) Kepengen nyobain acne serum Scarlett dan facial wash nya deh. Siapa tau bisa menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah.

    BalasHapus
  3. Kalau diriku pribadi gak jerawatan amat sih, tapi kalau sudah muncul satu aja duuuhhh ganggu banget. Geram2 sebel, setuju kak kalau penyebab datangnya jerawat banyak dari berbagai hal seperti yang disebutin di artikel ini. Untung ada serum dan facial wash dari Scarlett ya, sementara aku pakai yang brightly after serum yang warna pink.

    BalasHapus
  4. Jerawat ini kecil tapi ngeganggu banget. Kudu bener oerawatannya dan telaten. Rangkaian facecare scarlet ini bisa bener diandalkan ya. Kalau rutin digunakan bisa menghemoas jerawat bonus glowing

    BalasHapus
  5. Satu lagi penyebab jerawat, Mak.. yaitu karena hormon. Ini saya belum coba nih pakai scarlett face. Mau dicoba deh

    BalasHapus
  6. Duhh, jerawat2 kadang datang ga diundang kalo kata anakku tuh, iya nih keknya faktor hormon deh anak remaja banyak banget jerwatnya gede2 pulaa. Produk Scarlett bisa menjadi pilihan dan solusi mengatasi jerawat yang membandel.
    Noted banget cara pemakaiannya, dan kandungan2nya. Tak rekomenin juga nih buat kk Olip produknya.

    BalasHapus
  7. Scarlett Acne cream itu highly recommended banget ya, mbak. Kemaren aku sempat jerawatan kecil2 gitu juga hempas setelah pakai acne creamnya. Lembab dan kenyal juga kulitnya. Huufh top banget dah

    BalasHapus
  8. Wah, yang namanya maskne (jerawat gegara terlalu maka pakai masker) ini sering terjadi belakangan ini mba
    apalagi, kalo lagi stres, atau PMS. hadehhh klop deh!
    Untunglah ada produk2 Scarlett yg TOP banget ya mbaaa

    BalasHapus
  9. Aku sih alhamdulillahnya jarang dapat jerawat membandel. Paling karena PMS aja. Dan setuju bahwa yang jerawatan itu kudu pakai produk khusus jerawat juga kaya Scarlett ini

    BalasHapus
  10. Huhuu sama nih mbak, saya kemarin muncul jerawat di dagu kemungkinan karena masker. Produk scarlet lagi banyak yang rekomendasikan sekarang, saya tertarik sama serumnya

    BalasHapus
  11. Ada jerawat di pipiku bikin penampilan berbeda banget,. Aku belum pernah coba yang Scarlett untuk Acne ini. Tapi bolehlah aku coba biar jerawat hilang

    BalasHapus
  12. aku jerawatan nih mba type kulit wajahnya dan emang pola hidup sehat tuh ngaruh banget. pas aku disiplin food combining, kulitku juga ikutan sehat. tp sejak pola makan sehatku bubar plus hormon dan juga masker, acne prone lg akutu.tp aku jg udah coba product scarlett whitening ini dan hasilnya lumayan working

    BalasHapus
  13. Ada 1 yang membandel. Susah bener hilangnya. Bekasnya masih aja kelihatan di dagu. Perlu coba dihilangin pakai produk Scarlett deh kayaknya

    BalasHapus
  14. Jerawat membandel ini memang sangat mengganggu ya mbak
    selain rajin membersihkan muka, juga harus mencoba mencari produk perawatan kulit terbaik, seperti rangkaian produk facecare dari Scarlett Whitening ini

    BalasHapus
  15. Wow, Scarlett ada produk untuk membasmi acne juga ya. Mantap deh! Memang nyebelin banget kalo jerawat muncul di wajah padahal bukan lagi masa PMS. Wajib banget untuk dibasmi nih jerawat ya kan.

    BalasHapus
  16. Klo sekarang sih aku udah gak bermasalah sama jerawat. Kecuali pake skincare yang gak cocok, baru deh tu muncul jerawatnya. Ternyata scarlett punya skincare untuk acne juga ya? Selama ini aku taunya dia tuh produk body care.

    BalasHapus
  17. wah, another review of skincare Scarlett. Aku pakai yang varian satunya, brightly series. ALhamdulillah satu botol serum sudah habis dan kelihatan hasilnya di kulitku jadi lebih cerah trus bekas jerawat juga cepat pudar, lho.

    BalasHapus
  18. Nah, iya pakai masker keseringan juga bisa timbul jerawat. Makanya harus rajin ganti masker. Eh, aku juga pakai serum acne-nya scarlett mbak, udah repurchase 2x nih cocok soalnya buat kulitku.

    BalasHapus
  19. Aku punya kulit wajah yang cukup sensitif mbk. Jadi harus extra banget cari produk skincare yang benar benar cocok untuk kulit. Aku juga pake acne Series Scarlett Whitening

    BalasHapus
  20. Aku sesekali juga muncul jerawat di wajah, udah tua gini padahal, hikss. Memang rambut kotor juga penyebab munculnya jerawat ya mbak.

    Ah udah pakai Scarlett Acne serum ya, pantas aja cepet sehat kulit wajah mba Dew

    BalasHapus
  21. Menggunakan masker terlalu lama ini benerrr banget loh mba. Soalnya sy jg tipe yg pas pandemi jg baru jerawatan. Heu. Kudu cb produknya jg nih

    BalasHapus
  22. Nah kal pake scarlett dijamin muluuussss deh Dew
    apalagi ada tea tree jadi jerawat ngaciiir

    BalasHapus
  23. Aku setiap periode datang jerawatnya pasti lo di dagu karena pengaruh hormon sih ya. Nah bekasnya itu yang harus rajin dirawat biar ga bopeng. Nyobain pake ini ah

    BalasHapus
  24. Kalau boleh menambahkan satu lagi yang soal penyebab jerawat dari makanan tu makanan pedas kak, soalnya kyk aku tu gak bisa makan kalu gak pedes, jd yaaa jeriwitan deeehh :D
    Tp emang bener yaaa kudu dijaga pola makan dan kebersihan wajah, moso dah seusia gini jerawatan hehehehe
    Aku seneng Scarlett mengeluarkan perawatan antiacne ini, aku juga cocok mbak pakai serum dan krim pagi malamnya ;D

    BalasHapus
  25. Saya sempat mengira bahwa usia di atas 35an itu nggak bakalan berjerawat lagi, eh ternyata salah. Saya masih bisa jerawatan. Alhasil sembuh dan hilangnya susah banget,

    BalasHapus
  26. Paling ketauan kalau suamiku tuh dari makanan. Dia cheating makanan apa, langsung deh...jerawat.
    Alhamdulillah,
    Scarlett juga bisa digunakan untuk para bapack-bapack kan yaa..?

    BalasHapus
  27. eh krimnya belum pernah kupakai ini
    dari kemaren aku kepo pengen cobain ini mba
    secara pas pake yang dulu enak soale walau serum scarlettnya

    BalasHapus
  28. Aq cocok sama produk scarlet bagus banget di wajah lebih halus Dan lembut aja

    BalasHapus

Posting Komentar