Belajar Online Mandiri Yang Menyenangkan di Ruang Belajar

Morning Sedulur,

Sudah satu tahun lebih  anak-anak terpaksa bersekolah di rumah dengan label PJJ atau pembelajaran jarak jauh. Anak-anak yang biasanya belajar dan bermain di sekolah, bertemu bapak dan ibu guru serta teman-teman kini harus terbiasa belajar sendiri di rumah, menghadapi laptop atau ponsel. Bertatap muka dengan teman-teman dan bu guru via Zoom atau Google Meet. Sungguh menyiksa ya untuk anak yang terbiasa aktif bermain dengan riang gembita bersama teman-temannya. Hiks!

Belajar Online Mandiri Yang Menyenangkan di Ruang Belajar
Belajar Online Mandiri Yang Menyenangkan di Ruang Belajar (Foto: Pixabay.com)

Berbagai metode pembelajaran dilakukan oleh bapak dan ibu guru demi bisa tetap mengajar anak-anak secara maksimal di tengah keterbatasan ini.

Mulai dari metode belajar lewat Google Meet, Zoom dan aplikasi meeting online lainnya. Ada pula yang menggunakan website, menonton video pembelajaran via Youtube hingga belajar melalui aplikasi Watsapp. Para guru berusaha membuat materi pelajaran lebih menyenangkan untuk anak-anak didik walaupun dilakukan secara online.

Tak hanya para guru yang beradaptasi. Para orang tua juga harus membiasakan diri menghadapi perubahan metode belajar karena pandemi ini. Jika selama ini orang tua lebih banyak menyerahkan urusan pendidikan pada guru di sekolah maka saat pandemi segalanya berubah.

Para orang tua harus proaktif mendampingi anak-anaknya belajar online di rumah. Tak hanya itu, orang tua pun menjadi guru yang turun tangan mengajari anak materi yang tak dimengerti mereka selama PJJ. Aku cukup stres menjadi pengajar pelajaran Bahasa Jawa dan Arab Aldebaran dan Nailah. Sungguh, rasanya tensi mendadak naik kalau sudah ada tugas kedua pelajaran ini. Huhuhu, susah, bro! Mamak kibarkan bendera putih, menyerah!

Iya, yang ada aku dan anak-anak harus membuka buku dan googling untuk menerjemahkan soal-soal yang ada. Bayangkan, stresnya Mamak. Kadang, kami jadi bertengkar karena stres tak kunjung bisa menjawab soal dan tugas yang ada. Pada saat pandemi ini kan kita harus menghindari stres dan marah-marah, harus happy untuk meningkatkan imun kita, tapi bagaimana kalau karena pelajaran di PJJ mamak jadi emosi jiwa? Gagal happy!

Untungnya, sekarang Mamak menemukan solusi tepat untuk meredakan suasana tegang dan stres di rumah karena PJJ. Sekarang Mamak punya soulmate yang bisa membantu Mamak mendampingi anak-anak PJJ. Apa itu?

Ya, Ruang Guru mempunya fitur Ruang Belajar yaitu layanan belajar online terbaik dan terlengkap. Dengan adanya fitur di Ruang Belajar ini anak-anak lebih memahami materi pelajaran di sekolah. Bagaimana tidak? 

Ruang Belajar mempunyai koleksi video pembelajaran yang menarik untuk anak-anak tonton. Dengan video ini, anak akan lebih paham materi yang diberikan ya. Apalagi video untuk anak SD yang berupa animasi Dafa dan Lulu yang menarik bikin mereka lebih semangat belajar ya. Tak hanya itu, ada pula Ruang Guru Adventure dan Teman Belajar yang dilengkapi fitur game agar anak lebih semangat belajar! Seru, kan.

Belajar Online Mandiri Yang Menyenangkan di Ruang Belajar
video pembelajaran yang menarik

Tak hanya itu, Ruang Belajar juga memiliki fitur Bank Soal yang memuat ratusan ribu soal yang bisa dikerjakan anak-anak sebagai soal latihan untuk memahai materi pelajaran lebih dalam. Untuk yang paket datanya terbatas, tak perlu khawatir karena semua materi pelajaran di Ruang Belajar bisa diunduh lalu kemudian diakses tanpa koneksi internet. Murah meriah ya!

Selain itu, para orang tua bisa memantau hasil belajar anak dengan mudah tinggal mengetikkan Rapor Anak dan mengirimkannya ke ke WhatsApp Ruangguru di 0815-7820-0000 untuk mendapatkan laporan belajar anak.


Belajar Online Mandiri Yang Menyenangkan di Ruang Belajar
Rapor anak yang bisa diakses dengan mudah

Rencana Belajar atau Playlist Belajar

Bahkan bulan Juli ini Ruang Belajar memiliki fitur baru seperti Rencana Belajar atau Playlist Belajar. Fitur ini memungkinkan anak mendapatkan rekomendasi rencana pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kelasnya. Jadi, mereka akan lebih disiplin belajar.

Pet Mission

Fitur Misi hewan peliharaan ini adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika anak berhasil menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan. Fitur ini akan membuat anak-anak lebih semangat belajar karena mereka belajar sambil bermain game online. Sangat menyenangkan!

Syukurlah, Mamak sudah menemukan solusi bersama Ruang Belajar. Kalian juga bisa berlangganan lho, intip saja websitenya dan segera mendaftar ya!

Komentar

  1. Seru ya mbak..
    Bisa belajar dimanapun dan kapanpun..
    Pas buat aku yang terbiasa belajar tengah malam..nggak mungkin tengah malam WA guru.. Buku ruang belajar aja..

    BalasHapus
  2. Duh ngebantu banget ya ruang belajar dari ruang guru. Bukan cuma memudahkan siswanya nih. Memudahkan para ortu yang dampingin anak2 belajar di rumah.

    BalasHapus
  3. saat ini memang rata - rata semangat beajar anak - anak kita sekarang sedang diuji memang ya dan kita perlu support untuk pastikan mereka tetap dapat menajalankan masa sulit ini dengan baik

    BalasHapus
  4. jadi bisa diunduh ya mba, nggak khawatir koneksi lagi putus nyambung. Unduh dulu biar aman. Ruang belajar bikin ibu2 happy...Bahasa arab bikin deg-degan aku juga. Klo pas ada jadwal ujian dan cek harinya ujian arabic, hihi klo udah lewat arabic agak tenang yaa
    bahasa jawa juga ya mbaa di skul, dulu aku bahasa sunda muloknya karena ada di daerah Jawa Barat..

    BalasHapus
  5. Ruangbelajar by Ruangguru ini memang teman belajar terbaik bagi anak anak ya mbak
    nggak hanya punya banyak video pembelajaran yang menarik, tapi juga beragam fitur gamifikasi yang membuat belajar jadi lebih menyenangkan

    BalasHapus
  6. I feel you Mbak, saat nemenin Anak belajar online itu memang menguji kesabaran, harus fokus sementara di Rumah kerjaan di area lain menunggu, haha. Tapi tetap harus semangat supaya Anaknya juga semangat, dan Ruang Guru ini bisa bantu mempermudah pendampingan Anak selama belajar di Rumah ya.

    BalasHapus
  7. Aku juga gitu mba butuh banget adaptasi buat bisa imbangi tugas2 anak2 apalagi aku juga kerja jadi ga bisa terus dampingi anak2 buat belajar full huhuhu makanya kadang emosi kalau udah pulang kerja harus pulak ajarin anak2 butuh nih ruang belajar kayak gini ya

    BalasHapus
  8. Saat ini yang diuji kesabarannya soal belajar bukan anak-anak kita saja, orang tua, dan gurupun merasakan hal yang sama.
    Beruntung dunia digital sudah sangat berkembang sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik. Termasuk menghadirkan belajar online mandiri di ruang belajar dari ruangguru ini.

    BalasHapus
  9. Beneer deh, kalau anak masih SD emaknya bakal ikutan rempong kalau anak sekolah online ya. Untung anakku sudah SMA jadi emaknya rempong bikin camilan aja deh haha.
    Ruang belajar ini sangat membantu sekali ya buat anak-anak belajar, mereka jadi lebih paham materi yang diajarkan.

    BalasHapus
  10. Inovasi Ruangguru ciamiik ya Mbak. Suka fitur Adapto....jadi anak-anak bisa lebih optimal untuk mencerna materi yang diasjikan di Ruangbelajar karena ada "opsi" jika belum mengerti atau belum jelas, maka bisa diulang lagi dan baru akan naik level berikutnya jika anak sudah memahami mapel yang disampaikan. ( barusan lihat acara RG di tipi, jadi punya gambaran lebih jelas ttg fitur Adapto ini)

    BalasHapus
  11. Ahsiaaap, saya pun segera meluncur ke websitenya buat kepoin. Karena pengen ganti suasana daring, anaknya udah kepengen tatap muka tapi belum kondusif sama sekali. Ruangguru is a good alternative

    BalasHapus
  12. Anakku paling seneng belajar di Ruangbelajar, katanya asik tidak membosankan.

    BalasHapus
  13. Seru juga ya belajar online di Ruang Belajar ini... Yang penting anak-anak bisa lebih mudah memahami pelajaran..jadi betah sama aktivitas yang namanya "belajar" hehe

    BalasHapus
  14. Tahun ini anakku mulai jadi anak SD. Aku sudah bertekad mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk mendampinginya belajar dari rumah. Tapi aku juga butuh bantuan semacam soal-soal untuk belajar gitu loh, Mak. Kan puyeng juga ya kalau bikin sendiri. Semoga Ruang Belajar dapat menjawab kebutuhanku ini.

    BalasHapus
  15. Belajar online ini sangat menyenangkan banget ya tentunya dan supaya kata produktif dan anak menjadi pintar

    BalasHapus
  16. anakku yg besar sekarang lanjut nih di ruangbelajar. karena memang bagus banget supaya bisa on track pelajarannya

    BalasHapus
  17. Menyenangkan sekali..
    Bahkan ada Pet Mission yaa..yang bisa memberikan semangat anak-anak untuk terus mengakses dan belajar dengan gembira di ruangbelajar bersama ruangguru.

    BalasHapus
  18. Ternyata fitur Ruang Guru banyak juga ya, saya pikir cuma kayak les online gitu. Tahun ini si najwa pengin bangettt bisa daftar di Ruang Guru. Sekarang sedang lihat-lihat program yg sesuai buat persiapan AKM.

    BalasHapus
  19. Ruang guru memiliki fitur yang lengkap yang sangat mendukung proses pembelajaran anak

    BalasHapus
  20. Bener banget, Mak Dew, guru dan orang tua harus beradaptasi menghadapi sekolah di masa pandemi. Bahkan anak-anaknya juga. Tapi insya Allah tahun ini sudah mulai lebih baik dari tahun kemarin, yaa.. Apalagi bimbel online seperti ruangbelajar ini juga semakin atraktif, ada PET Mission yang seru, jadi anak ngga mudah bosen.

    BalasHapus
  21. Ruangguru memang rekomend deh ya, banyak juga produknya yang berkuaitas karena para guru pengajarnya juga bagus backgroundnya. Anakku yang no dua langganan ruanggur juga

    BalasHapus

Posting Komentar