Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri

Dear Teman, kemarin aku mengikuti webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi yang seru banget membahas seputar menstruasi. Pembicaranya keren semua lho ada Prof. Dr. dr. Dwiana, SPOG, dan Psikolog Anna Surti S. Psi, M.Si, serta Mada Shinta Dewi dari Mundhiparma Indonesia. 


Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri
Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri (Foto: Pixabay.com) 


Webinar ini diadakan untuk memperingati Hari Kebersihan Menstruasi, oleh Kemenkes RI dan POGI didukung oleh Betadine. Ya, 28 Mei 2021 diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Ada yang baru tahu? 


Mengapa sih harus diperingati? Karena jika kita abai menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi berakibat buruk pada kesehatan alat reproduksi perempuan. Diantaranya bisa timbul penyakit seperti infeksi dan kanker. Bahaya banget kan? 


Mengapa 28 Mei? Tanggal 28 ini sebagai simbol siklus haid perempuan yang rata-rata 28 hari. Sedangkan bulan 5 atau Mei adalah rata-rata jumlah hari menstruasi perempuan. Hehe, bisa ya. 


Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri

Hal yang mengagetkan adalah adanya hasil penelitian UNICEF tahun 2020 yang menyebutkan 1 dari 4 anak di Indonesia tidak mendapatkan pengetahuan tentang menstruasi. Hanya sekitar 5% remaja putri paham seluk-beluk menstruasi. Padahal pendidikan dan informasi seputar menstruasi ini penting sekali kita ketahui. 

Ya, Ibu adalah madrasah pertama anak. Dari ibulah kita mendapatkan banyak pengetahuan termasuk saat menstruasi. Ibu yang mengajarkan kita tentang arti menstruasi, bagaimana mengganti pembalut dan lainnya. Juga dengan ibu kita mengobrol tentang masalah kesehatan reproduksi. 


Baca Juga: Bahaya Rokok Vape


Selain ibu, saudara dan sahabat adalah sumber informasi anak. Juga buku dan film. Jadi, Ibu berperan penting ya jangan sampai anak salah informasi karena mendapatkan informasi dari sumber yang salah. 


Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri

Bagaimana kalau para ibu ternyata juga awam dengan cara merawat diri saat mens? Ternyata, banyak remaja putri dan perempuan dewasa yang kurang kesadaran dan kurang paham akan pentingnya kebersihan saat menstruasi. 

Alhamdulillah, tahun ini Nailah sudah menstruasi dan sebelum mens pun kami sering mengobrol tentang bagaimana menjaga kebersihan saat menstruasi. Jadi, ketika saatnya tiba ia tak panik lagi. 


Bukan Hal Tabu


Menstruasi bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Penting sekali mendidik anak bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan saat haid. 


Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri

Para ibu diharapkan bisa memberikan informasi seputar menstruasi pada anak. Juga mampu memberikan pemahaman yang tepat tentang menstruasi. Ibu sebaiknya tahu yang mana mitos dan fakta tentang menstruasi ini. 

Membangun Kebiasaan Baik


Misalnya saja, Kebiasaan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memasang pembalut pun kerap kita lupakan. Padahal hal ini penting banget untuk menjaga kebersihan daerah intim saat  menstruasi. Ayo, siapa yang sering lupa mencuci tangan sebelum memakai pembalut? Hehe. 


Menjaga kebersihan daerah vagina juga penting banget saat haid diantaranya mengganti pembalut 4 jam sekali, bisa kurang dari itu jika dirasa pembalut sudah penuh. Jangan memakai pembalut hingga berjam-jam tanpa diganti ya! 

Cara membasuh vagina pada saat menstruasi pun harus lebih bersih dan teliti. Sebaiknya dengan air mengalir. Cara mencuci dan membuang pembalut pun harus dengan rapi ya. 


Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri


Hal-hal yang perlu anak ketahui misalnya sebaiknya membawa pembalut cadangan saat keluar rumah, bagaimana mencatat tanggal haid agar mengetahui siklusnya, bagaimana jika perut dan tubuh terasa sakit saat mens? 


Sekali lagi, sangat penting bagi para orang tua memberikan pengetahuan seputar menstruasi dengan baik dan benar pada putri-putrinya. Agar mereka terhindar dari penyakit seperti infeksi saluran kemih dan lainnya. Tidak cukup sekali saja ya kita berbagi ilmu ini dengan anak ya sebaiknya sering diingatkan ya. 


Bersikap Positif


Diskusikan dengan positif dan santai, karena topik pubertas termasuk menstruasi sedikit sensitif untuk remaja. 


Selain pengetahuan anak bertambah, ikatan antara ibu dan anak juga makin erat karena komunikasi yang lancar dan terbuka. Jadi, jangan malu-malu ya mengobrol dengan anak seputar kesehatan dan kebersihan saat menstruasi! 


Pakai Produk Tepat


Agar saat menstruasi daerah intim tetap bersih dan sehat, kita bisa menggunakan rangkaian produk Betadine Feminine Care dari Mundhipharma Indonesia mulai dari pembersih kewanitaan prebiotik hingga tisu basah.


Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri

Produk Betadine Feminine Wash ini bisa mencegah atau mengurangi iritasi vagina, keputihan, gatal, hingga bau tak sedap di area kewanitaan. Pembelian produknya bisa di toko terdekat dari rumahmu atau marketplace kesayanganmu.

Komentar

  1. Aku sukaaaa bgt feminine washnya Betadine ini mba. Aku pake udh lama. Awalnya pake yg khusus utk haid. Berasa bersih aja kalo udh pake. TRUS pas Betadine ngeluarin yg feminine wash, aku beli dan pake sampe skr.


    Malah tisu basah khusus kewanitaannya selalu aku stok tiap kali mau berangkat traveling. Trutama ke negara2 yg ceboknya ga pake air. Kan risiiih yaa. Makanya aku selalu bawa tisu basah kewanitaan betadine

    BalasHapus
  2. Nah, Obrolan soal menstruasi kadang suka dianggap tabu, padahal penting sekali untuk dibahas supaya para perempuan terutama yang baru mengalami haid lebih paham dan tahu bagaimana merawat diri dan kesehatan saat menstruasi.

    BalasHapus
  3. Mbak Dedew makasihhh tulisan kayak gini itu membuka kami para cowok-cowok untuk lebih memahami perempuan tentang menstruasi. Dulu hal kayak gini terbilang tabu yah, kalo sekarang sudah nggak karena obrolan gini sangat penting

    Baru tau juga kalo betadine punya produk khusus untuk kewanitaan

    BalasHapus
  4. Wah saya baru tahu malah kalo ada hari khusus nya. Makasih sharingnya mba..

    BalasHapus
  5. untuk memulai obrolan seperti ini dengan anak perempuan bukan hal mudah sebenarnya.tapi ya ... emang harus dimulai ya. daripada anak tahu dari luar yg belum tentu benar, lebih baik tahu lebih dulu dari ortu. nah ini pe-ernya ortu, yang harus belajar terus menerus

    BalasHapus
  6. Setuju banget dengan merawat kebersihan saat M ini, kadang suka abai dan males. Reminder kita semua buat kaum hawa, untuk selalu menjaga dan merawat kesehatan alat reproduksinya. Betadine feminine wash ini salah satu andalan aku juga kalo pas lagi M.

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu kalau ada hari kebersihan menstruasi. Memang pada saat menstruasi kita membutuhkan produk yang tepat sehingga menghindari kita dari yang namanya keputihan, gatal-gatal setelahnya, dan saya pun pakai Betadine Feminine Wash untuk melindungi area intim ku.

    BalasHapus
  8. Iya bener, bahas soal menstruasi bukan hal tabu. Justru penting karena menyangkut kesehatan kita kan ya. Jangan sampai salah ilmunya.

    BalasHapus
  9. Nah, teteh yang bentar lagi dek Naila jadi remaja nih heheheh
    PR besar ya teh soal managemen kebersihan menstruasi ini. AKu sendiri juga belajar lagi nih Teh alhamdulillah

    BalasHapus
  10. Edukasi terbaik memang dari orangtuanya yaa..
    Alhamdulillah dapat ilmu dari webinar Bersih dan Sehat menstruasi dari Betadine. Jadi punya bekal kalau ingin berbicara dengan anak mengenai menstruasi.

    BalasHapus
  11. Ish baru tauu kalai tgl 28 mei diambil dr rata rata siklus haid hehe kreatif ya, akupun memberi edukasi sii wjib nuh secara 4 anak cewe semu

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu Mbak kalo 28 Mei diperingati sbg Hari Kebersihan Menstruasi. Penting banget memang menjelaskan hal ini terutama ke anak remaja perempuan. Hal yg mestinya gak dianggap tabu lagi, termasuk pengetahuan jg buat laki2

    BalasHapus
  13. Walau sesama perempuan, kadang ganjel banget ngomongin kayak gini. Apalagi, anakku yang perempuan juga sudah mens. Kalau aku, karena suka banjir memang tiap 4 Jam sekali ganti pembalut. Klo oakai produk, aku ngurangin gituan, karena sering keputihan. Kata dokter jangan terlalu sering, karena nanti, kuman baiknya juga kan nati. Yo wes, pokoknya jangan berlebihan intinya

    BalasHapus
  14. Yup, bicara tentang menstruasi itu bukan suatu hal yang tabu. Ini jadi PR ku juga untuk mengedukasi anak wedok dan anak lanang supaya dapat memahami tentang menstruasi dengan benar..

    BalasHapus
  15. Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi kaya gini kudu diadakan terus sih terus nyasarnya sama anak remaja. Jadi mereka gak perlu ragu buat tanya-tanya sama Ibu. Orangtua pun kudu banyak belajar biar gak salah ngasih tahu

    BalasHapus
  16. peringatan hari menstruasi ini sebagai pengingat betapa pentingnya menjaga kebersihan menstruasi dan kesehatan organ intim

    BalasHapus
  17. Kira-kira MKM udah masuk sekolah & kampus belum ya? Kadang fasilitas toilet/wc pun nggak menunjang bagi para perempuan yg ada di sekolah or kampus. Ya ini memang memerlukan kesadaran bersama. Nggak hanya di satu pihak aja. Misal sekolah udah nyediakan wc yang oke tapi para pengguna wc nggak bisa ikut menjaga kebersihan, buang pembalut sembarangan misalnya ya jorok lah...

    BalasHapus
  18. Sebagai ibu yg punya 2 anak perempuan wajib banget buat ngasih tahu sedini mungkin pada anak-anak tentang menstruasi dan bagaimana cara menjaga kebersihannya selama menstruasi. BUat anak laki-lakiku juga, dia ternyata ga malu kalo disuruh beliin pembalut di indomaret loh

    BalasHapus
  19. Selama ini kita nganggep urusan menstruasi buat cewek aja ya mbak ternyata cowok juga harus diedukasi biar paham dan empati sama perasaan perempuan yg suka up and down kalo lagi mens

    BalasHapus
  20. kalau mau buka pembicaraan kayak gini harus santai dan modd anak baik juga biar kita bisa baca raut wajah mereka yaa. yg jelas ga boleh menggurui gt kan ya mbaa? aku deg2an mau ngobrol, hahaa

    BalasHapus
  21. iya mbak, edukasi mengenai kebersihan area intim selama menstruasi ini penting banget ya, karena menyangkut kesehatan organ reproduksi juga. kampanye semacam ini penting dilakukan terus menerus agar seluruh wanita indonesia memiliki pengetahuan yang sama dalam menjaga kebersihan selama menstruasi

    BalasHapus
  22. Edukasi tentang kebersihan dan kesehataan saat menstruasi memang penting banget ya mbak terutama untuk anak perempuan sejak sebelum mendapat menstruasi karena berhubungan dengan kesehatan reproduksi perempuan, beruntung aku bisa ikutan webinar ini juga, jadi banyak tahu tentang menstruasi.

    BalasHapus
  23. bagius ya acaranya pastinya dapat ilmu banyak, dulu waktu saya masih remaja kayaknya jarang penyuluah soal ini padahal bagus ya untuk menambah pengetahuan bagaimana cara merawat area perempuan saat sedang haid

    BalasHapus
  24. Bentar lagi nih anak remajaku masuk masa ini. Sudah sering dikasih edukasi juga soal menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  25. meski sku baru tahu tentang hari Kebersihan Menstruasi ini, aku senang bisa ikut webinar ini
    sekarang aku jadi tahu banyak tentang manajemen kebersihan menstruasi

    BalasHapus
  26. Kebersihan saat menstruasi memang penting banget ya kak. Banyak remaja yang masih belum paham dan memang kurang mendapatkan informasi tentang hal tersebut.

    BalasHapus
  27. Bangun kebiasaan baik demi menjaga kesehatan ya mba rasanya ngeri liat infeksi yang terjadi karena kurang menjaga kebersihan kewanitaan dengan baik

    BalasHapus
  28. Webinar yang sangat membantu para orangtua dan calon orangtua niih..
    Catatan demi catatan tersusun rapih agar saatnya tiba bisa langsung praktek.

    BalasHapus
  29. Selamat kakak Nailah sudah jadi gadis.
    Memang ya seorang ibu berperan besar memberitahu anak gadisnya info yang benar mengenai menstruasi.
    Namun sebaiknya ibu pun belajar atau gali info supaya bisa memberikan pemahaman dgn mudah dan memberi info yang valid, bukan hoax :D

    BalasHapus
  30. aku juga pake betadine hygiene di rumah. atas perintah mamaku supaya terhindar dari penyakit organ kewanitaan.

    BalasHapus
  31. Dulu ngomongin menstruasi tuh kayak tabu ya mbak. Sekarang dah dapat ilmu di webinar ini jadi makin sadar pentingnya manajemen kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  32. banyuak insight ya mbak kemarin pas webinar akupun jadi tau gimana caranya ini share ke anak-anak baik laki perempuan. apalagi yang punya aanak cewek pasti kudu penting banget buat sharing kudu apa pas menstruasi

    BalasHapus
  33. Oww rata-rata haid itu 5 hari ya. Jadi 28 Mei itu dipilih supaya mudah mengingatkan tentang siklus menstruasi.
    Sekarang udah banyak aplikasi untuk catat period, lebih mudah memantau kapan bakal "dapet" dan tentunya perlu bawa pembalut untuk berjaga-jaga.

    BalasHapus
  34. Kemarin ikut juga nih...webinar ini lah..baru tau ada hari manajemen kebersihan menstruasi...
    Kaya nya..haid itu biasa aja..tapi kalo gak ada edukasi yg tepat..emang kesannya jadi jorok...

    BalasHapus
  35. Orangtua khususnya Ibu memang banyak sekali tugasnya. Nggak cuma memastikan anak-anak kita sehat dan tumbuh normal, tapi juga menjadi guru yang utama. Maka benar bahwa Ibu itu Madrasah Utama ya, Mbak. meskipun kita nggak bisa mengesampingkan peran ayah.

    BalasHapus
  36. Ketika anak perempuan sudah kita bekali dengan pengetahuan seputar MKM tadi, Insya Allah ketika menarke tiba, dia ga bakalan bingung ya. Support orangtua memang penting banget loh bagi remaja putri dalam memasuki masa akil balighnya.

    BalasHapus
  37. Dulu mungkin hal ini adalah hal yang tabu sehingga anak-anak remaja seperti saya tidak mendapat pendidikan yang cukup saat menghadapi menstruasi.

    BalasHapus
  38. Peran ibu sangat perlu memberikan edukasi pada anak perempuan dlm menghadapi menstruasi.

    BalasHapus
  39. Wah ini bagus banget, soalnya ilmu kaya gini justru nggak ada di bangku sekolah. Jadi peran ibu sangat sangat membantu. Bagus mba~

    BalasHapus

Posting Komentar