5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat

Morning Sedulur,

Merawat kecantikan kulit adalah salah satu cara kita mencintai diri sendiri. Memiliki kulit wajah dan tubuh yang sehat dan terawat tentu membuat perasaan kita lebih senang dan percaya diri.

Tapi, kulit sehat dan indah jarang sekali kita miliki begitu saja. Ada usaha dan pengorbanan yang dilakukan agar kita mendapatkan kulit sehat ala idol KPop kesayangan. Hehe. 

5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat
 5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat (Foto:Pixabay.com) 

Apalagi kita tinggal di negara tropis yang sinar mataharinya terik sepanjang tahun, belum lagi polusi udara sangat mengkhawatirkan saat kita berada di luar rumah. Debu, sinar matahari berlebihan dan stres bisa mengakibatkan kulit kita cepat keriput, kusam dan banyak lagi masalah kulit lainnya. 

Tak usah khawatir, memiliki kulit sehat dan terawat tidak selalu harus dengan mahal ala selebgram lho. Ya, siapa sih yang tidak iri melihat para selebgram wara-wiri melakukan perawatan kulit di salon dan klinik kecantikan mahal? Melakukan serangkaian perawatan yang namanya saja sudah diingat, hehe. 

Semangat ya, Kunci mendapatkan kulit sehat dan terawat tak harus mahal. Tapi, tentu saja dibutuhkan konsistensi yaitu merawat kulit secara rutin dengan produk body care yang tepat.

Jangan selalu mengharapkan hasil instan, baru memakai produk body lotion tiga hari terus mendadak ingin punya kulit mulus dan cerah. Bagaimana tuh? 

Agar kulit tubuh kita lebih cerah, bersih dan bebas kusam sebaiknya kita menggunakan produk body care dengan teratur. Untuk itu, kamu harus menggunakan produk yang sesuai untuk kulitmu.

Tiga Jenis Produk Perawatan Tubuh Yang Penting

Ada beberapa produk body care yang bisa kita gunakan untuk sehari-hari. Diantaranya body lotion, body scrub, body wash dan juga jangan lupa sunscream untuk melindungi kulitmu dari sengatan Matahari negara +62 yang wow banget. 

1.Body Wash

Semua pasti mandi menggunakan sabun ya baik bentuknya batangan atau cair. Nah, memilih body wash jangan asal wangi ya Sedulur. Tapi pilihlah yang sesuai jenis kulitmu apakah kering, berminyak atau kombinasi dan sensitif. Jika kulitmu kering bisa memilih sabun mandi dengan kandungan susu atau minyak zaitun untuk melembabkan dan melembutkan kulit. 

2. Body Lotion

Setelah mandi, kita mengoleskan body lotion di tubuh. Penggunaan body lotion ini bermanfaat untuk melembabkan, melembutkan dan menutrisi kulit. Apalagi kalau kamu bekerja di ruangan ber-AC terus-menerus atau terkena paparan sinar Matahari. Pilih body lotion yang kandungannya sesuai untuk kondisi kulitmu. Pilih body lotion yang mudah diserap kulit agar kamu nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. 

3. Body Scrub

Beberapa area tubuhmu bisa mudah kusam dan kasar misalnya lutut dan siku. Untuk itu, kita butuh melakukan eksfoliasi untuk mengangkat kulit mati. Biasanya kita pakai lulur atau body scrub. Ingat, body scrub ini kita gunakan seminggu sekali ya untuk membersihkan kulit jadi tidak dipakai setiap hari. 

4. Sunscreen Cream

Tinggal di daerah tropis yang panasnya bisa sepanjang tahun membuthkan perawatan kulit ekstra. Kita harus rajin menggunakan produk krim anti matahari untuk melindungi kulit dari sengatan Matahari.


5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat
Lindungi kulit dari terik Matahari (Foto: Pixabay.com) 

Selain membuat kulit kusam, keriput, sengatan matahari bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. untuk itu, sebelum keluar rumah bahkan di dalam ruangan sebaiknya gunakan krim pelindung matahari ini sesuai SPF yang kamu butuhkan. 

5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat

1.Kenali Jenis Kulitmu

Dalam memilih produk perawatan tubuh tak hanya harga dan brand yang menjadi pertimbangan tapi juga jenis kulitmu. Jangan hanya ikut-ikutan teman atau endorse selebgram dalam memilih produk tapi pilih yang sesuai untukmu. 

Apakah kulitmu jenis kering, berminyak, kombinasi atau sensitif? Jika kulitmu sensitif, lebih hati-hati memilih produk karena efek negatifnya lebih terlihat kalau tidak cocok. Beli ukuran yang kecil jika kamu baru mau mencoba produk itu. 

2. Pilih Produk dengan Kandungan Aman

Jangan malas membaca label kemasan produk yang akan kamu beli. Kenali bahan berbahaya yang kerap digunakan untuk produk perawatan wajah dan kulit seperti paraben yang kandungannya bisa menyebabkan penyakit berbahaya. 

3. Pilih Produk yang Sudah Berlabel BPOM

Ingin lebih ayem dan tenang memakai produk perawatan kecantikan? Sebaiknya kamu memilih produk yang sudah ada label BPOM nya. Itu artinya produk yang kamu pakai ini sudah lolos uji standar keamanan dan kesehatan dari badan terkait. Kamu bisa memeriksa kode produk kamu di website BPOM agar yakin apakah mereka sudah terdaftar atau belum. 

4. Untuk muslim, pilih produk berlabel halal

Agar kamu lebih tenang memakai produk kecantikan, cek label halal di kemasan botol agar kamu terhindar dari produk yang menggunakan lemak babi dan lainnya yang dilarang agama Islam. 

5. Pilih produk yang asli, waspadalah!

Berbelanja produk perawatan dan kecantikan hanya di toko resmi saja atau toko terpercaya termasuk toko online. jangan mudah tergiur harga murah ya. Aku pernah membeli lipstik merek terkenal dari teman dengan harga luar biasa miring. 

Penampakan luar boleh mirip tapi isinya ternyata berbeda dengan merek aslinya di toko. Tekstur lipstik lebih kental dan tidak nyaman dipakai. Nggak kebayang apa kandungan lipstik palsu itu hiiy apakah terbuat dari bahan berbahaya atau tidak. Lebih baik berhati-hati dan selalu membeli produk original ya. 


5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat

Oh iya, untuk merawat kulitmu agar lembut dan sehat aku merekomendasikan produk buatan Indonesia namanya Scarlett. Produknya cukup banyak juga lho mulai dari body wash, body lotion, body scrub hingga face serum. Untuk perawatan tubuh, aku sudah mencoba tiga produk dari Scarlett.

Pengiriman paketnya menggunakan kotak kardus yang bisa digunakan kembali bertuliskan Scarlett dan setiap produknya dibungkus dengan bubble wrap jadi lebih aman saat pengiriman. Berikut ulasanku tentang 3 produk Scarlett ya!

1.  1. Scarlett Body Scrub Romansa

Biasanya, aku luluran di salon tapi karena pandemi jadi acara ke salon untuk sementara ditiadakan. Sebagai gantinya, aku mencoba produk body scrub Scarlett. Seperti yang kubahas di atas, body scrub sangat bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati di tubuh kita. 


Produk body scrub ini mudah dan praktis digunakan lho. Produk Scarlett Body Scrub diklaim mengandung glutathione dan vitamin E yang khasiatnya mampu mencerahkan kulit.

Kita bahas kemasannya dulu ya. Kemasannya cantik didominasi warna merah muda dan putih.  Kemasan plastik berbentuk bulat dengan label gambar bunga-bunga warna pink sungguh girly. Di sisi kemasan ada label bertuliskan komposisi bahan dalam produk dan cara pemakaian produk.


Sayangnya,  label komposisi bahan agak ketutupan stiker cara pemakaiannya jadi mungkin nanti bisa dipindahkan ya stiker cara pemakaiannya. Berat isi produk juga tidak tertera di kemasan. 

Kalau kita buka tutupnya, ada lapisan aluminium foil untuk melindungi isinya. Scrubnya berwarna putih dan saat krimnya kita gosokkan ke badan, terasa butiran scrub kecil-kecil dan tidak terlalu kasar. Cocok deh untuk kulitku yang cepat memerah kalau scrubnya keras. Terus, aroma scrubnya juga wangi yang lembut, tidak njegrak di hidung.

Cara memakainya bagaimana? Mudah banget kok. Ambil scrub secukupnya di tangan lalu usapkan ke seluruh tubuhmu, lalu biarkan 2-3 menit agar krimnya mengering. Perhatikan bagian tersembunyi seperti ketiak, siku, dan lutut untuk perawatan ekstra.

Setelah agak kering, mulai deh tuh kita gosok perlahan tubuh kita untuk melunturkan kulit mati yang menempel, hilang deh daki-dakinya hehe. Gunakan body scrub seminggu sekali agar kulitmu bersih. Setelah rutin memakainya, kulit akan terasa lebih lembut.

2.  Scarlett Brightening Shower Scrub Pomegranate

Kita bahas botolnya dulu ya. Bentuknya sederhana tapi cantik. Aku suka botol kemasan body wash Scarlett yang transparan. Jadi menonjolkan isinya yang berwarna-warni.

5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat

Seperti varian Scarlett Brightening Shower Scrub Pomegranate  berukuran 300 ml ini warna cairan sabunnya ungu jadi terlihat jelas. Walaupun botolnya terbuat dari plastik transparan tapi cukup kokoh  sehingga cocok untuk dibawa bepergian ya. Tutup botolnya pun kuat jadi tidak mudah tumpah.  

Bagaimana dengan cairan body washnya

Tekstur sabunnya tidak terlalu kental dan berwarna ungu dengan bulir biru ungu. Kandungannya  formula glutathione dan vitamin E yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. selain itu, glutathione mengandung antioksidan yang ampuh untuk membersihkan kulit serta menghilangkan kulit mati sehingga kulit lebih halus dan lembut.

5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat

Buatku, Wanginya lembut dan tidak bikin pusing. Ya, aku memang nggak tahan jika wangi produknya terlalu njegrak. Aku pernah memberikan lipstik baru pada temanku karena saat dipakai wanginya bikin pusing, hehe. Kalau aroma sabun cair ini lembut dan cukup tahan lama menempel di tubuh. Setelah menggunakannya beberapa minggu, kulit bisa terlihat cerah dan lebih bersih ya. 

3.   Scarlett Brightening Body Lotion Jolly

Produk berikutnya yang aku coba adalah Scarlett Body Lotion varian terbaru yaitu Jolly. Body lotion paling bagus digunakan setelah mandi dan tubuh setengah lembab. Krimnya akan lebih mudah meresap di tubuh. Produk Jolly ini kandungannya perpaduan biji kopi, vanila, cedar, daun nilam dan bunga melati. Wow, nggak kebayang kan bagaimana wanginya? 

Aku suka memakai body lotion yang wanginya lembut dan tidak njegrak di hidung karena kalau njegrak atau tajam suka bikin pening hehe. Saat diaplikasikan ke lengan dan kaki, aku merasa wanginya kok akrab sekali ya? Ternyata, wanginya mengingatkanku pada parfum premium Yves Saint Laurent, Black Opium Eau De Parfume. Mirip deh. 


5 Tips Memilih Produk Perawatan Tubuh Yang Tepat

Bentuk botol body lotion Scarlett ini tak jauh berbeda dengan produk sabun cair. Ada tulisan Jolly,  Fragrance Brightening Body Lotion di label berwarna peach dengan logo Scarlett. Warna krimnya kuning muda. Krimnya juga berwarna peach muda. 

Botol transparan dengan isi 300 ml dilengkapi pump untuk memencet krim untuk diaplikasikan. Terus, agar isinya tidak mudah tumpah botolnya dilengkapi semacam lock, kait botol yang bisa dilepas kalau kita ingin memakai losionnya. Berkat lock ini, botol Scarlett lebih aman dibawa ke mana-mana. 

Produk ini juga mengandung formula untuk mencerahkan kulit yaitu glutathione dan vitamin E yang juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencerahkan dan melembutkan kulit. Di labelnya kalian bisa membaca komposisi bahan dan cara pemakaian yang tepat. 

Body lotion ini cukup kental tapi tidak lengket saat digunakan di kulit, lebih mudah meresap. Cocok banget diaplikasikan ulang kalau tangan dan kaki terasa kering. Jadi botolnya sering kuletakkan di meja kerja agar mudah dijangkau. 

Oh iya, ketiga produk Scarlett sudah terdapat label Not Tested on Animal, lho. Jadi, tak ada hewan yang disakiti dalam pembuatan produk ini. Yang pasti, sudah tercantum label halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) sehingga para muslimah tak ragu menggunakan produk ini. Dan lebih bikin tenang, ketiga produk sudah dilengkapi dengan nomer BPOM yang resmi. 

Agar produk Scarlett yang kalian beli lebih terjamin keamanan dan keasliannya, jangan lupa saat membeli dicek dulu apakah produknya sudah ditempeli stiker hologram bertuliskan Scarlett dengan kode khusus tertempel di botolnya. Stiker ini menandakan bahwa produk yang kita beli adalah asli.

Seram kan, kalau kita sampai menggunakan produk palsu yang kandungan bahannya saja gaib! Bahaya banget kan efek produk palsu untuk kesehatan dan kecantikan kita. Harga per produk Rp75.000 dan kamu bisa pesan produk Scarlett melalui Whatsapp 0877-0035-3000. Tertarik? Selamat mencoba ya. 


Komentar

  1. Scarlett Whitening ini salah satu bodycare favoritku juga nih, apalagi body lotion yang baccarat itu wanginya enak banget. Apalagi ini juga termasuk tahan lama wanginya ya dan gak lengket di kulit.

    BalasHapus
  2. Nah setuju banget Mak, pertama memang harus mengenali dulu jenis kulit kitaa dan memakai produk yang cucok. Apalagi rangkaian Bodycare Whitening Scarlett ini pastiya membuat kulit tubuh menjadi halus, lembut dan wangiiiii.

    Noted banget Scralett yang asli ada stiker hologramnyaa.

    BalasHapus
  3. Aku juga pakai body Scarlett Whitening, mbak. Punya 1 boks eksklusif pula. Cocok di kulit. Anak2 dan suamiku juga suka. Mandinya makin lama hahahhaa haruuuuuum tahan lama, kulit makin bersih, segar deh :D

    BalasHapus
  4. Aku suka pakai handbody Scarlett yang kuning. Wanginya itu loh kayak aroma terapi. Wanginya awet dan enak dihirup

    BalasHapus
  5. Buat aku sih paling utama kalo milih skin care atau body care tuh harus yang udah BPOM deh mbaak, biar berasa aman dan tentram gitu pakenya yaah. Wah, aku udah pake serumnya Scarlett dan penasaran banget pengen cobain pake scrubnya juga nih mbak, supaya makin glowing kulit tubuhku kayak artis Korea hahahaha

    BalasHapus
  6. lotion yg aku jarang banget nih pake.. body lotion.
    Not Tested on Animal, dan halal wah keren ya scarlett ini cakeeep deh..jadi kalau ada stickernya asli ya, noted deh ini

    BalasHapus
  7. Saya tahu produk Scarlet awalnya dari suami, Mba. Nyobain handbodynya wangi deh, suka. Tahan lama juga. Jadi pengen cobain produk bodycare lainnya

    BalasHapus
  8. Sebagai cowo, saya baru menyadari bahwa produk bodycare ternyata sebanyak itu. Jenis-jenisnya pun beraneka ragam. Saya tertarik untuk mencoba menggunakan produk ini.

    BalasHapus
  9. Setuju banget mak, kunci untuk mendapatkan kulit sehat dan terawat itu ngak harus menggunakan produk yang mahal dan kekinian. Tapi bagaimana kita rutin, konsisten merawatnya dengan produk perawatan yang tepat dan sesuai dengan kulit kita. jangan mudah tergoda iklan hehe...

    BalasHapus
  10. Scarlett nih memang oke untuk perawatan kulit. Seri perawatan body skin care dari Scarlett wajib dicoba nih, jelas lah supaya kulit tubuh menjadi terawat, sehat, lembut, cerah & wangi

    BalasHapus
  11. He eh Dew, suka gemes deh .. liat kemasan body care - face care tapi kok di kemasan tertulis bahan-bahannya "ajaib" eh ternyata Dedew nulisnya ga cuman ajaib tapiiii "ghaib"

    hihi .. tulis komik lagi dong Dew seputar itu!

    BalasHapus
  12. Jadi penasaran nyoba scarlet ini. Banyak yg review ktanya bagus ya produknya..😀

    BalasHapus
  13. Samma banget nih body care kita.
    Saya juga pake Scarlett Whitening yanhlg melembabkan, mencerahkan dan wanginya tahan lama.

    BalasHapus
  14. nah aku juga pakai body lotionnya scarlett whitening nih mbak di rumah
    suka sama wanginya
    tapi belum coba yang varian jolly. ini baru ya.
    pengen beli ah.. biar lengkap koleksi di rumah

    BalasHapus
  15. Scarlett ini salah satu produk body lotion yang aku suka banget. Wanginya itu loh rnak seperti pakai parfum. Mau coba yang varian jolly nih, belum ada di rumah

    BalasHapus
  16. Bener banegt ini, karena pernah baca ada di IG ada yang beli ternyata palsu, enggak ada stiker hologramnya. Mak mesti hati-hati agar produk Scarlett yang dibeli lebih terjamin keamanan dan keasliannya, jangan lupa saat membeli dicek dulu apakah produknya sudah ditempeli stiker hologram bertuliskan Scarlett dengan kode khusus tertempel di botolnya

    BalasHapus
  17. Produk Scarlett memang se-enak dan se-enjoy itu dah pakainya
    baik bodycare maupun facecare-nya aku sukaaaakk semua.
    super duper hepi!

    BalasHapus
  18. Produk lokal, sudah mengantongi sertifikat halal dan juga ijin edar dari BPOM. Sudah memenuhi kriteria untuk di pilih nih produk perawatan tubuh dari scarlett ini

    BalasHapus
  19. memang rangkaian produk bodycare dari scralett whitening ini uda teruji kualitasnya
    aku sudah lama pakai
    paling suka sama bodycrubnya, wangi dan lembut di kulit

    BalasHapus
  20. Wah aku juga setuju mbak kalau produk perawatan tubuh di atas penting semua. Khususnya sabun mandi deh kalau yg lain gk ada hehe
    Setuju jg wajib yang udah BPOM dan kalau muslim sebaiknya ada tanda halal juga ya .

    BalasHapus
  21. Saya baru punya nih yang Jolly Mbak. Wanginya enak banget saya pakainya menjelang tidur dan wanginya awet hingga bangun tidur dan beraktivitas.

    BalasHapus
  22. wangi banget ya ini scarlett mba pasti bikin seneng yang pake ama yang kecium
    aku sendiri udah nyoba sebenarnya yang body care enak banget loh bikin betah banget ya

    BalasHapus
  23. Jangan asal pilih produk ya, kak..meski untuk body sekalipun yang jenis kulitnya gak se-sensitif wajah.
    Kudu teliti membeli. Dan kepercayaan banget, pakai produk Scarlett Whitening bodycare.

    BalasHapus
  24. Bener banget, untuk melakukan perawatan tubuh, kudu mengenali jenis kulit dulu. Dan perlu menerapkan tips lainnya agar gak keliru melakukan perawatan kulit

    BalasHapus
  25. Makin banyak yang review Scarlett body care jadi makin pengen nyoba nih. Kalau yang asli selain bisa dibeli di WA apa juga ada online shopnya, Mbak?

    BalasHapus
  26. favoritku body lotion-nya, yang jolly. wanginya enak banget, terus awet gitu. jadi suka cium-ciumin tangan sendiri kalau habis pakai

    BalasHapus
  27. Tambahan lagi jangan lupa kenali ingredienst yangg menyusun suatu produk. Banyak kandungan produk yang beredar malah mencemari air dan lingkungan secara umum. Ya kulit cantik tapi alam rusak sesih juga... Scarlett ini terkenal karena wanginya yang enak ya.

    BalasHapus
  28. Wah... Body lotion varian baru ya ... Awalnya maju mundur pengen beli. Jadi makin yakin buat coba.

    BalasHapus
  29. Thanks untyk.sharing informasinya. Selama ini saya hanya pilih wanginya saja yang saya suka.. hehe... ke depannya akan lebih berhati-hati untuk memilih jenis produk yg sesuai dg kulit saya.

    BalasHapus
  30. Yg aku suka dari Scarlett ini Krn wanginya mirip parfume2 mahal :D. Aku berharap ya mba, suatu saat Scarlett punya produk parfume sendiri. Pasti aku beli :D.

    Utk produknya sih, aku LBH seneng Ama skincare nya. Lbh cocok di aku mba. Aku msh pake serum, night cream dan day cream nya yg seri brightly ever after.

    Kalo body care cm scrub yg msh dipake. Lainnya udh abis sih.

    BalasHapus
  31. aku juga pake perawatan bodycare ini kak, suka dengan aroma sabun dan lotionnya. beneran bikin good mood

    BalasHapus
  32. Semua aku butuh nih mba alhamdulillah udah pernah coba tapi sekarang sudah habis.

    BalasHapus
  33. Iya niih...sejak kenalan sama Scarlett, jadi kan gak pengen beralih ke produk lain.
    Sudahlah aman, harganya pun sangat terjangkau dan bisa dipakai dalam waktu yang lama. TOP banget.

    BalasHapus
  34. Scarlett ini salah satu brand kesukaanku. Wanginya enak dan awet. Sudah ada sertifikat BPOM dan Halal nya. Ini yang juga bikin hati tenang 😃

    BalasHapus
  35. Wah, udah ada varian baru ya? Aku tempo hari pakai yang freshy, awet banget wanginya

    BalasHapus
  36. Favoritku si body wash! Aku suka banget aaaa.. wangi banget dan lembutnya itu loh bikin seneng~

    BalasHapus
  37. ternyata Scarlett body lotion sekarang ada varian Jolly, duh ketinggalan nih berarti aku hahaha. Cepet banget ya Scarlett ngeluarin banyak variasi produk sama wangi, aku aja blm nyobain Freshy tp udah ada nih Jolly. Mana wanginya ada kopi dan vanillanya, duh kayanya enaaak :D mood banget kalau buat me time merawat kulit, apalagi kalau abis mandi sama body showernya :D

    BalasHapus
  38. Aku jg pake bodycarenya Scarlett. Wanginya seger, enak banget dan tahan lama. Jd wangi seharian dehhh.

    BalasHapus
  39. Aku juga pake berbagai produk dari Scarlett dan suka banget sama rangkaian produk perawatan tubuhnya Mak. Wanginya enak banget dan bikin badan kembali seger. Kalau sekiranya aku mau pergi kerja dan nyelesein task yang berat, aku pasti mandi pagi pake Scarlett biar lebih semangat :))

    BalasHapus
  40. Wah, baca tulisan ini jadi ngingetin diri sendiri buat perhatiin kulit, ini. Apalagi yang namanya body scrub, tabir Surya, serum, enggak pernah pakai. Kayaknya produk ini lagi hitz, ya. Bolehlah nanti dicoba.

    BalasHapus
  41. Bener banget mbaaa... Aku juga pertimbangan pilih bodycare kudu bpom sama halal... Biar bsa d bawa solat hehehe....

    BalasHapus

Posting Komentar