Memahami Competency Based Interview untuk Dapatkan Kandidat Terbaik


Morning Sedulur, 

Mendapatkan karyawan terbaik adalah keinginan semua HRD. akan tetapi, lika-liku rekrutmen tidaklah selalu mudah. Ada saja kendala dalam proses rekrutmen seperti sulitnya mencari kandidat yang cocok, deadline, dan sebagainya. Agar mampu menjaring kandidat potensial, banyak HRD mulai menggunakan metode competency based interview. 

Memahami Competency Based Interview untuk Dapatkan Kandidat Terbaik

Apa itu competency based interview

Competency based interview merupakan jenis wawancara kerja yang dirancang khusus untuk menggali dan menguji kompetensi kandidat. Segala pertanyaan yang akan diajukan kepada kandidat selalu mengarah untuk mencari tahu kompetensi dan keterampilan tertentu. Lalu, HRD akan membandingkan jawaban kandidat dengan parameter yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Hasilnya, HRD akan menyimpulkan gambaran atau proyeksi bagaimana jika kandidat akan bergabung dengan perusahaan. Sehingga HRD bisa lebih mudah menentukan apakah kandidat adalah orang yang dicari perusahaan atau bukan. Selain itu, HRD juga akan membandingkan hasil wawancara kandidat dengan kandidat yang lain. 

Jenis competency based interview

Ada banyak jenis atau metode interview yang digunakan HRD untuk mencari kandidat terbaik. Namun, dalam competency based interview, terdapat metode CAR dan metode STAR yang paling sering digunakan.

Metode CAR

CAR adalah kepanjangan dari context, action, result. Susunan pertanyaan menggunakan metode biasanya diajukan untuk kandidat yang mempunyai pengalaman bekerja sebelumnya. 

Pada bagian context, HRD akan menanyakan kondisi atau situasi sulit yang pernah dialami kandidat. Kemudian, berdasarkan jawaban dari context, HRD akan menanyakan tindakan atau action seperti apa yang dilakukan kandidat untuk mengatasi kondisi tersebut. HRD akan menyoroti dengan seksama bagaimana kemampuan kandidat dalam memahami dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. 

Memahami Competency Based Interview untuk Dapatkan Kandidat Terbaik

Dan yang terakhir adalah result atau hasilnya. HRD akan menanyakan hasil dari tindakan yang dilakukan oleh kandidat untuk menyelesaikan masalah. 

Kandidat harus selengkap-lengkapnya dalam menjelaskan hasil dari tindakan mereka dalam menyelesaikan suatu masalah atau kondisi. Cara ini memungkinkan kandidat untuk memberikan bukti bahwa kandidat adalah individu yang kompeten dan solutif untuk memecahkan masalah.

Metode STAR

Metode STAR (situation, task, action, result) memberikan lebih banyak informasi kepada HRD lewat uraian lengkap mengenai tugas dan tanggung jawab yang diemban kandidat. 

Jika metode CAR biasa diperuntukkan untuk kandidat yang belum pernah bekerja sebelumnya atau fresh graduate, maka metode STAR biasa digunakan untuk kandidat yang telah memiliki pengalaman kerja.  

Pertama, tahap situation akan meminta kandidat untuk menjelaskan kejadian atau hambatan  yang pernah dialami secara spesifik dan terperinci. Setelahnya, kandidat akan menjelaskan task atau peran, tugas, dan tanggung jawab yang mereka emban untuk menghadapi situasi tersebut. 

Barulah selanjutnya kandidat harus menjelaskan action tindakan macam apa yang dilakukan berdasarkan situasi dan peranan mereka. Kandidat juga  diharuskan menjelaskan alasan di balik tindakannya. 

Yang paling terakhir, kandidat akan menyatakan result hasil dari uraian sebelumnya. Bahkan kandidat bisa menunjukkan bukti berupa dokumen atau portofolio untuk memperkuat keberhasilan kandidat dalam menyelesaikan masalah. 

Baca Juga: ASUS Zenbook 14 Klasik

Untuk memudahkan proses rekrutmen, HRD biasanya juga akan menggunakan aplikasi rekrutmen. Penggunaan aplikasi rekrutmen dinilai ampuh untuk memangkas waktu rekrutmen yang biasanya berlangsung lama menjadi lebih singkat. 

Tidak hanya itu, aplikasi rekrutmen membantu HRD untuk menyimpan data dan informasi kandidat secara terpusat, sehingga HRD tidak perlu lagi menggunakan dokumen fisik untuk mendokumentasikan informasi semua kandidat. 

Contoh aplikasi rekrutmen yang direkomendasikan oleh praktisi HRD adalah aplikasi rekrutmen dari LinovHR. Hal ini bukan tanpa sebab. LinovHR sudah terkenal sebagai vendor Software HR yang menjamin segala kerahasiaan dan keamanan data karyawan. Jadi, sudah pasti informasi dan data milik kandidat juga terjamin aman dan rahasia. 

Mendapatkan kandidat yang paling cocok dengan perusahaan dalam waktu sesingkat-singkatnya pasti tidaklah mudah. Maka. HRD perlu memaksimalkan proses wawancara agar mampu mendeteksi kandidat unggulan sedini mungkin. Jika sudah terlatih dan berpengalaman, mendapatkan kandidat unggul dengan waktu cepat pun tampaknya bukan lagi sekadar impian! 

Foto: Pixabay.com


Komentar