Belajar Keahlian Baru di Skill Academy

Morning Sedulur,

Masih semangat di rumah? Pandemi sudah berjalan satu tahun dan kita harus beradaptasi menjalani hidup di tengah pandemi. Walaupun harus tetap beraktivitas di rumah dan mengurangi bepergian, kita tetap harus selalu bersemangat belajar hal baru.

Belajar Keahlian Baru di Skill Academy
Belajar Keahlian Baru di Skill Academy
(Foto: Jeshoots, Pixabay.com)

Selama pandemi, dampak positifnya adalah kita dapat menemukan kelas online dengan mudah. Banyak pihak menyelenggarakan kelas online dengan berbagai topik baik gratis maupun berbayar. Tinggal kita pintar-pintar memilih kelas yang sesuai untuk kita baik dari segi waktu, media hingga topik yang kita butuhkan dan minati. 

Saat tinggal di rumah, aku senang mengikuti kelas online. Mumpung banyak waktu luang, aku bisa belajar banyak dari pengajarnya. Mengikuti kelas online juga menambah semangat berkarya dan menjauhkan kita dari rasa bosan yang kerap mendera.

Nah, kali ini aku bagikan beberapa tips memilih kelas online:

1.       Kenali kebutuhanmu

Ya, sebelum memutuskan ikut kelas, sebaiknya kamu mencari tahu apa kebutuhan dan minatmu. Jangan sampai, kamu mengikuti kelas hanya sekadar ingin saja tapi begitu menjalani kamu bosan di tengah jalan karena kurang berminat dengan topiknya. 

Jika kamu ingin menjadi penulis, kamu bisa mengikuti kelas menulis cerita anak, misalnya. Kamu berjualan online? Kamu bisa ikut kelas memaksimalkan Instagram untuk promosi.

2.       Kenali penyelenggaranya

Sekarang kelas online menjamur. Jangan asal ikut ya. Sebaiknya kamu kenali lebih dalam penyelenggaranya, apakah mereka kompeten dalam menyelenggarakan kelas ini? Apakah mereka terkenal amanah dan jujur? Jangan sampai uang kursus yang kamu bayarkan raib begitu saja dibawa kabur penyelenggara.


Belajar Keahlian Baru di Skill Academy
Tambah ilmu di kelas online (Foto: Pixabay.com)

3.       Kenali mentornya

Ya, sebelum mengikuti kelas cari tahu dulu siapa pengajarnya? Apakah ia cukup kompeten dalam mengajar tema yang kamu ikuti? Apakah rekam jejaknya di bidang yang ia ajarkan bagus? Jangan sampai, kamu ikut kelas menulis tapi pengajarnya belum pernah menghasilkan tulisan satu pun. Doeng! 

Baca Juga: Yuk Tukoni Menggandeng UMKM

4.       Tanyakan apa saja benefit yang kamu dapatkan

Sebelum mendaftar kelas online, pastikan kamu bertanya secara mendetail tentang kelas yang akan kamu ikuti. Berapa kali pertemuan, apakah materinya akan dibagikan, apakah ada tugas untuk dikerjakan? Jika kamu ingin sertifikat, kamu bisa menanyakan apakah pihak penyelenggara menyediakan. Hal ini supaya tidak ada kekecewaan terhadap kelas setelah kamu ikuti, ya.

5.       Ikutlah kelas sesuai kemampuanmu

Ikutlah kelas online yang sesuai kemampuanmu. Dari sisi materi, sebaiknya kamu mengikuti kelas yang sesuai dengan kantongmu. Jangan memaksakan diri ikut kelas yang biayanya tak terjangkau dan membuatmu mengorbankan hal penting lainnya seperti terpaksa puasa karena tak punya uang untuk beli makan, hehe. 

Dari sisi kemampuan pribadi, jangan memaksakan diri untuk ikut kelas yang kamu kira-kira tak mampu mengikutinya. Misalnya nih, kamu blogger pemula tapi kamu mendaftar kelas blogger untuk tingkat lanjutan yang rumit materinya. Jangan, kamu takkan kuat. Hehe.

Saat pandemi ini, aku beberapa kali mengikuti kelas online. Sebagai penulis dan blogger, aku mengikuti kelas yang bisa menunjang keahlianku misalnya nih aku mengikuti kelas Canva agar bisa mendesain sendiri materi iklan untuk akun Instagram.


Belajar Keahlian Baru di Skill Academy
Beberapa kelas pemasaran bisa kita pilih

Saat menjelajah internet, aku membaca artikel para blogger tentang Skill Academy dari Ruang Guru. Mendengar nama Ruang Guru saja jadi jaminan mutu buatku karena reputasi mereka sebagai penyedia tutor akademik secara online bagus.

Akhirnya, aku buka-buka dong situs kursus online Skill Academy. Ternyata, kelas-kelas yang ditawarkan cukup beragam ya. Mulai dari kelas persiapan tes, kelas bisnis dan keuangan, pemasaran hingga kelas pengembangan diri tersedia di Skill Academy.

Belajar Keahlian Baru di Skill Academy
Teaser dan deskripsi kelas copywriting yang lengkap

Karena saat ini aku juga mengajar menulis, aku tertarik untuk mengikuti kelas pemasaran untuk menunjang profesiku. Tentu saja aku ingin muridku bertambah ya, terus ingin kelasku semakin dikenal.

Makanya, aku tertarik untuk melihat-lihat kelas pemasaran. Skill Academy menyelenggarakan kelas-kelas tentang pemasaran dengan topik menarik. Ada kelas SEO 101 Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google yang diajarkan oleh Ilman Akbar, praktisi SEO. Terus, ada kelas Laris Manis Berjualan di E-Commerce yang diajarkan oleh Carissa Mashinta Senior E-Commerce Manager.

Yang paling membuatku tertarik adalah kelas Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Meningkatkan Penjualan oleh Nabilla Aidid UX Writer Gojek. Aku butuh banget kelas ini untuk menambah kemampuanku menulis iklan.

Rating kelas ini cukup tinggi yaitu 4.9 dari 5 dan memiliki 50.000 rating. Tak heran, kalau kelas yang diampu Nabilla ini menjadi best seller di Skill Academy. 

Sebelum mendaftar kelas, kita bisa menonton video teaser materinya, juga mendapat informasi detail tentang kelas mulai dari berapa lama kelas diadakan, apa saja materi yang diberikan hingga berapa video yang harus kita tonton, lengkap dicantumkan di halamannya.

Fasilitas yang didapatkan juga lengkap dituliskan diantaranya materi dan sertifikat. Yang menarik, kelas ini ada diskonnya! Dari harga Rp660.000 menjadi Rp215.000 saja! Ah, ringan bukan? Karena itulah, aku jadi yakin untuk mengikuti kelas copywriting bersama Nabilla Aidid.

Kelebihan kelas online di Skill Academy adalah pengajarnya benar-benar ahli di bidangnya. Seperti Nabilla yang berprofesi sebagai copywriter di Gojek. 

Terus, materi yang diberikan berupa video sehingga kita bisa putar ulang agar lebih memahami materi pelajaran. Semakin banyak ditonton dan dipraktekkan tips copywriting dari Nabilla, semakin paham kan?

Setelah mendapat materi pelajaran, akan ada ujian sebanyak dua kali untuk menguji kemampuan kita seputar materinya. Setelah lulus, kita mendapat sertifikat. 

Tak hanya itu, sebagai peserta kelas di Skill Academy kita juga mendapat bonus Career mentoring diantaranya panduan untuk membuat surat lamaran, menulis CV hingga menghadapi interview. Benar-benar bermanfaat untuk job seeker. Jadi, ingin belajar keahlian baru? Intip saja Skill Academy.

 

Komentar

  1. ishh, Skill Academy emang super duper mantuulll
    pilihan kelasnya banyak, beragam buanget! Jadi kita bisa milih yg sesuai passion ataupun bidang yang sedang/akan kita geluti ya.
    Mana harga2 kelasnya tuh affordable, mentornya no kaleng kaleng.
    Pokoke, eikeh demen buanget dah!

    BalasHapus
  2. Solusi agar bisa memiliki skill dan mendapatkan sertifikat, skill academy nih jawabannya. Apalagi bisa diikuti secara daring dan materinya pun kalo kita udah beli kelas ya berarti untuk kita tuh materinya. Jadi videonya masih bisa terus diputar ulang untuk belajar.

    BalasHapus

  3. Wah, keren banget Skill Academy ada juga kelas SEO 101 Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google.
    Ilmu bagi bloger ini.
    Kira-kira mudah nggak ya belajarnya, terutama buat orang tulalit kayak.saya, hihihi.

    BalasHapus
  4. Kalau memang topiknya dibutuhkan, pasti lebih semangat mengikuti sampai akhir ya mbak. Apalagi kalau mentornya juga memang mumpuni di bidangnya

    BalasHapus
  5. Saya sudah klik websitenya, Mba.. penasaran kalau pelatihan memasak ada apa ga ya. Ternyata ada juga loh. Berarti komplit bener Skill Academy yaa segala pelatihan ada.

    BalasHapus
  6. mantap mbak dew tipsnya. Berhubung saat ini kelas online menjamur, penting banget untuk mengenali kelasnya sekaligus mengenali kemampuan diri dalam mengikutinya. Sayang banget kan kalau kelasnya bagus2 tapi kita ga bisa mengikuti atau sebaliknya.

    BalasHapus
  7. Seru-seru ya mbak kelas di skill academy... Saya juga tertarik ikut beberapa kelasnya...

    BalasHapus
  8. OMG! Saya lagi butuh banget nih, cara mendalami copywriting!
    Dan udah cek cek banyak konten dan skill yang bisa dipelajari di Skill Academy

    BalasHapus
  9. Kalau yang mengajar ahli dibidangnya, pasti sangan berkompeten kan ya. Tidak rugi dong belajar di Skill Academy ini.

    BalasHapus
  10. Aku baru aja intip2 skill academy nih mbak. Masih pilih2 kelas mana yang pengen diikutin sih, soalnya kelasnya ternyata banyak banget. Trus liat dari video teasernya juga kok banyak yg menarik.

    BalasHapus
  11. Setuju banget.
    Sebelum mengambil kursus online, harus dan wajib memahami apa yang dibutuhkan plus meneliti tempat kursusnya terpercaya atau engga. Yang salut Skill Academy ini juga ada nomer hotline servicenya.

    Jadi gak bingung kalau mau tanya-tanya.

    BalasHapus
  12. Skill academy ini solusi banget menambah ilmu dan keterampilan ya. Kebetulan adeku mau lulus, jadi aku suruh ikutan ini aja.

    BalasHapus
  13. Senang belajar SEO aku di Skill Academy
    Tinggal nunggu sertifikatnya aja
    Semoga bisa kuterapkan maksimal

    BalasHapus
  14. Teh aku kalo buka skill academy ngiler, semua yang ditawarkan itu lho kelasnya banyak dan keren. Harus nabung.

    BalasHapus
  15. Aku suka banget ikutan kelas-kelas dari Skill Academy karena memang mudah dimengerti dan applicable

    BalasHapus

Posting Komentar