7 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar

Morning Sedulur,

Bagaimana kabar kalian? Semoga tetap bahagia di masa pandemi ya. Pandemi Covid19 yang menerpa kita hampir setahun lamanya ini belum tahu kapan akan berakhir. Segala bidang kena dampaknya. Pengangguran bertambah, rasanya hidup semakin sulit. Tapi, selalu ada harapan setelah badai. Jangan berputus asa karena keadaan ini. Ayo, kita berusaha bangkit kembali. 

7 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar
 7 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar

Saat ini, selain menulis buku dan blog aku masih menekuni usaha kelas menulis online Ruang Aksara. Saat ini kebanyakan aktivitas dilakukan di rumah maka kelas online jadi pilihan orang-orang untuk menimba ilmu. 

Peluang ini aku ambil saat melihat banyak orang yang ingin belajar menulis tapi terkendala waktu dan jarak. Ahamdulillah, dengan kelas menulis online hambatan itu bisa teratasi.

Selain itu, kelas menulisku diusahakan membuat peserta nyaman, suasananya akrab dan santai sehingga lebih mudah menyerap materi. 

Apa resolusimu di Tahun 2021 ?

Jangan menyerah, ayo wujudkan mumpung masih bulan Februari.  

Kalau resolusimu adalah memulai usaha, ayo lakukan sekarang! Apa langkah-langkah memulai bisnis baru? Aku bagikan 7 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar ya!

1.Harus Yakin

Ya, ragu-ragu saat memulai bisa menjadi penghambat kita memulai usaha. Yakinkan dirimu kalau kamu bisa menjalankannya dengan baik. Mungkin hasilnya tidak langsung wow tapi dengan memulai satu langkah hari ini berarti kamu sudah mengalahkan keraguan diri sendiri. 

2. Pilih Usaha yang Disukai

Pilih usaha yang kamu sukai untuk digeluti. Hal ini akan membuatmu bersemangat untuk menjalaninya ya. Jika suka menulis, bisa memulai usaha menulis naskah untuk web, jika suka berjualan berbagai produk kebutuhan bayi bisa mencari informasi seputar usaha itu.


7 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar
Suka membaca, kalian bisa bisnis buku untuk anak

3. Persiapkan Model Bisnis 

Ya, mulai cari informasi tentang peluang usaha yang ingin ditekuni. Misalnya ingin berjualan online, cari informasi di mana kamu bisa mendapatkan barang berkualitas dari tangan pertama? Cari informasi peluang usaha yang bagus untuk ditekuni.

4. Fokus pada Satu Usaha

Ya, kamu baru saja memulai usaha. Jangan terburu-buru untuk membuka usaha lain. Fokus dulu pada usaha yang sedang dimulai agar lebih berkembang.

5. Siapa Target Pasarmu?

Pasar Indonesia sangat luas. Tapi, kita tak bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Untuk itu, pilihlah target pasarmu dengan baik sehingga promosi dan pemasaran usahamu berjalan lebih tepat sasaran.

Misalnya nih target pasar Ruang Aksara adalah para perempuan baik lajang atau sudah menikah yang ingin belajar menulis tapi waktunya terbatas. Nah, dengan target ini aku bisa membuat promosi di media sosial lebih tepat sasaran. 

6. Terus Belajar

Jika kita berhasil memulai usaha jangan berpuas diri dulu. Jalan masih panjang. Jangan cepat puas. Ayo, terus belajar. Saat pandemi ini banyak sekali pihak yang membuka kelas online baik berbayar maupun gratis. Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar hal baru. Pilihlah kelas yang menunjang usaha Sedulur misalnya belajar promosi di media sosial, belajar mengatur keuangan pribadi dan lainnya.

Baca Juga: Menebar Kebaikan Lewat Soul Community

7. Siapkan Modal Yang Dibutuhkan

Ya, memulai usaha tentu butuh modal. Kamu bisa mulai mengumpulkan modal. Modal tak hanya berupa uang, lho. Modal bisa berupa ide usaha, jaringan pertemanan atau networking.  

Untuk modal berupa uang, bisa dari dana pribadi, meminjam, atau berkolaborasi dengan sahabat atau saudara. Kamu bisa bertindak sebagai yang menjalankan usaha, dan temanmu sebagai investor. Perjanjiannya harus jelas di atas hitam putih untuk menghindari hal yang tak diinginkan di masa depan.

Bagaimana jika ingin memulai usaha tapi terkendala modal? 

Tenang saja, ada solusinya kok. Kamu bisa bergabung menjadi anggota ISC atau Indo Supply Chain yang merupakan perusahaan penyedia barang-barang kebutuhan dasar seperti beras, minyak dan barang kebutuhan lainnya dengan cara penjualan langsung. ISC dibangun berdasarkan gotong-royong dan semangat kemitraan karena itu mereka juga memasarkan hasil produksi teman-teman UMKM. 

Coba deh intip setiap kemasan produknya ada tulisan Gotong-Royong yang artinya dengan membeli dan memasarkan produknya kita juga ikut membantu UMKM untuk terus bergerak dan maju. 

7 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar
Produk sembako di ISC

Produk ISC ini beragam banget lho. Coba deh main ke webnya. Mulai dari beragam jenis beras tersedia yang bisa kita pilih sesuai selera. Terus, ada beragam mi instan, sambal, gula aren cair, gudeg kalengan, hingga madu tersedia lho! Tak hanya bahan pangan, barang kebutuhan sehari-hari non pangan juga lengkap. Sebut saja sabun cuci piring hingga berbagai minyak, ada! Sagala aya, lho!

Kantor pusat ISC ada di Jakarta Timur dan memiliki distribution center di Yogya  tapi memiliki banyak cabang di berbagai daerah seperti Bali, Bandung, Surabaya dan Semarang.

ISC juga memiliki beberapa toko ISC Store di Cibubur, Denpasar dan beberapa kota lainnya. Jadi, distribusinya luas banget kan! 

Keren kan ISC! Nah, jika kamu ingin memulai usaha atau bisnis tanpa modal bisa mendaftar menjadi mitra ISC lho di webnya. Aku sempat menonton video di Youtube ISC, ISC Globe tentang Bu Tri Rahayu yang sudah jadi mitra ISC sejak 2017. Ia bergabung di ISC karena di sana tersedia barang kebutuhan rumah tangga secara online. Setiap penjualan yang ia lakukan mendapatkan komisi dari ISC dan kegiatan usaha ini bisa dijalankan tanpa mengganggu aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga. 



Nah, kamu bisa mencontoh Ibu Tri ya, bisa menjalankan bisnis tanpa modal dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Berbeda dengan pengalaman Pak Agus Darmanto yang sehari-hari menjual minyak wangi ia mencari solusi mendapatkan passive income. Akhirnya, ia menjadi mitra ISC dan bisnisnya sangat simpel yaitu mendaftar, belanja kebutuhan pokok di ISC dan ajak teman-teman untuk berbelanja di ISC.

Hm, ternyata kita bisa ya memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan dengan modal kecil!  Bagaimana, berminat? Kunjungi webnya ya untuk informasi lebih lanjut. 

Tulisan ini diikutsertakan pada Blogging Competition Indo Supply Chain bersama komunitas blogger Gandjel Rel








Komentar

  1. Aku penasaran banget sama produk yang Gudeg kaleng itu lho, kapan-kapan mau coba pesan ah, sekaligus bisa mendukung ukm ya

    BalasHapus
  2. Minat banget Trh, apalagi aku udah full di rumah aja kegiatannya. Kebetulan jaga warung mertua juga. Bisa nih ikutan jualan dengan ISC

    BalasHapus
  3. Wah iya nih..setelah kepoin web ISC kemarim, aku sepertinya tertarik juga jadi mitra, hehe..

    BalasHapus
  4. Kereen mba ulasannya, bener banget saat ini umkm harus bangkit dari keterpurukan dan mencoba segala bisnis di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  5. Wah ide menarik nih memulai bisnis tanpa modal karena biasanya mo bikin usaha kan kendala terbesar modal ya mbak. Ntar ngintip ah website nya buat cari inspirasi. Thanks mbak

    BalasHapus
  6. Buru-buru mendaftar ah.
    Mana tau ada UMKM di Lombok yang juga bisa diajak gabung.
    Syukur-syukur jika produk mereka pun bisa ikut dijual di ISC

    BalasHapus
  7. No 4 nih, yang sering banget aku alami, rasanya pengen semua dilakoni padahal harusnya fokus 1 hal aja.

    BTW menarik juga nih ISC. ada di Denpasar juga ya.

    BalasHapus
  8. Nggak berat yaaa memulai bisnis via ISC. Daftarnya tanpa modal, bisa ajak teman-teman juga untuk gabung dengan ISC.

    BalasHapus
  9. Praktis yaa bisnis ISC soalnya barang2 yang pasti kita butuhkan sehari2.

    BalasHapus
  10. Cocok ini buat alternatif usaha di masa pandemi. Seandainya tidak gabung di bisnisnya pun, bisa jadi pilihan tempat belanja, ya, Mbak. Meluncur ke web-nya, ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, misalkan tidak jadi mitra pun bisa. Bedanya hanya tidak mendapatkan komisi dan harga khususnya.

      Hapus
  11. ISC benar-benar bisa jadi pilihan saat kita membutuhkan tambahan penghasilan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Selain produknya memang benar-benar dibutuhkan, sistemnya pun mudah ya mbak.

    BalasHapus
  12. Aku tertarik ikut jadi mitra setelah nonton mitra ISC yang sukses menjalankan bisnis tanpa modal ini, Mbak. Harusnya bisa jadi pilihan ibu rumah tangga yang ingin usaha tapi terbentur modal ya

    BalasHapus
  13. Cocok banget buat siapa saja yang ingin memulai usaha saat pandemi begini ya ini...Dengan ISC siapa saja bisa memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan dengan modal kecil. Membantu sekali ini

    BalasHapus
  14. Oh baru tahu ISC nih... tapi emang kalo sudah biasa ngikut orang harus punya kepercayaan diri yang tinggi utk mulai usaha sendiri. Thanks tips nya mbk

    BalasHapus
  15. ENJOYYY dan anti ribet club kalo belanja pakai ISC ini ya mba
    Setelah aku ceki2 webnya, ternyata Ada cabangnya juga di Sby, ga terlalu jauh dari rumahku
    sip markosip

    BalasHapus
  16. Wah ini yang berbelanja kenbutuhan pokok, tetapi bisa juga bermitra dan menjadi ladang untuk menghasilkan yaa.

    Oke banget nih ISC dan produknya juga lengkap ya, Mbak

    BalasHapus
  17. Wah salut nih sama mba Dedew dengan bisnis kepenulisannya... saya seneng deh dan jadi semangat untuk mengikuti jejak mba dew. semoga mba dew makin sukses yaaaaah.... mba dew produktif sekali masih bisa nulis untuk lomba ISC segala loh.... mantap mba semoga menang yaaaa.....

    BalasHapus
  18. Produknya kebutuhan sehari-hari, ya. Mestinya mudah nih, muternya biar untung dan bisa digunakan untuk modal bisnis yang lain, ya

    BalasHapus
  19. Sejak pandemi ini aku jadi meilirik untuk merintis usaha jualan online juga. Ga kepikiran sebelumnya sih hahaha... Kalau bisnisnya menyentuh produk kebutuhan harian pasti prospeknya bagus, nih. Karena bakal dicari terus. Tips-tipsnya akuc catet juga ah

    BalasHapus
  20. Ini jadi sistemnya kaya dropship gitu bukan siy mba? Kita cuma menghubungkan pembeli dan penjual gitu?

    BalasHapus
  21. Sekarang mau bisnis memang serba dimudahkan, banyak alat untuk mulai berbisnis. Bahkan modalnya juga bisa minim ya. ISC juga bantu banget tuh buat UMKM, keren mba keren~

    BalasHapus
  22. Biasanya orang memilih usaha yang disukai ..banyak nih tips mengatakan demikian soalnya mereka yang sukses melakukannya. Jangan sampai mencoba berbisnis dalam bidang yang tidak disukai.

    BalasHapus
  23. Aih keren mbaaa... ruang aksaranya.
    Dan isc ini produknya kebutuhan pokok kita ya. Nggak ada biaya daftar ya mba.. betul2 bisnis tanpa modal

    BalasHapus
  24. Sebagai perempuan, yang terbiasa multi tasking emang perlu terus diingatkan nih supaya fokus pada satu jenis usaha dulu, jangan kemaruk semua pengen di coba. Tapi kalau bermitra dengan ISC ini sepertinya layak dipertimbangkan untuk di coba

    BalasHapus
  25. pandemi ini membuatku latihan jualan, lho, mbak.
    ya pelan-pelan ada aja yang beli. Senangnyaaa kalau begini. Namanya usaha mungkin tidak langsung melejit, kudu telaten.

    BalasHapus
  26. Paket bundlingnya terjangkau banget ya mba harganya, jadi pengen cek-cek nih

    BalasHapus
  27. Bener banget saat ini memang bisnis tidak perlu modal yang banyak dulu yang penting asal kita ada usaha terlebih dahulu

    BalasHapus
  28. Membantu sekali ya mba kalau bisa memulai usaha sekarang ini dan tanpa perlu modal besar... Apalagi selama pandemi ini banyak kebuthan yang harus dipenuhi. Ternyata bisa buat kebutuhan harian juga ya ya produk di ISC ini... keren

    BalasHapus
  29. Resolusi saya tahun ini salah satu poinnya adalah ngeblog dengan konsisten tapi ya gitu masih juga gelagapan. Kadang posting kadang nggak.

    BalasHapus
  30. Usaha tanpa modal ini menjadi solusi banget yah..
    Alhamdulillah,
    ISC pun telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia.

    BalasHapus
  31. Aduh, aku tertarik deh dengan ISC ini. Kepengen deh bisa berbisnis dengan modal yang kecil. Minim risiko jadinya ya. Ceki-ceki ah, install lebih dulu.

    BalasHapus
  32. Wah sistem nya praktis yaa. Saya setuju sih di point harus paham sama target marketnya, karena menentukan dengan cara yang bagaimana kita mau promosiin bisnis kita, hehe

    BalasHapus
  33. Pengen bisa, jualan di rumah, gitu, bisnis kecil-kecilan. Tapi gak bakat dagang, kayaknya. Ini infonya bikin kepengen, ih.

    BalasHapus
  34. Saya juga sedang merintis usaha kecil-kecilan, Mbak. Usaha fashion yang awalnya tanpa modal. Alhamdulillah sekarang mulai jalan dan sedang melirik bisnis lain buat tambahan kalau pas baju lagi sepi. Tentunya selain menulis.

    BalasHapus
  35. Hiks
    Aku mau ikutan ini selalu banyak gangguan akhirnya lupa DLnya.
    Namun senangnya karena ada banyak info yang aku butuh di sini

    BalasHapus
  36. Hepi banget diriku teh dengan adanya ini, ISC jadi lebih banyak yang terbantu dan mengkonsumsi makanan sehat ya. Solanya produknya juga dari ukm lokal sendiri

    BalasHapus
  37. Oh jadi begitu ya cara dan sistem kerja ISC.. menarik juga ya mbak.. jadi bisa belanja secara menyeluruh gitu ya mbak, tergantung dengan produk dan paket yang dipilih..

    BalasHapus
  38. Makasih banyak mba tiosnya... Memang butuh banget nih ilmu ini...😍😍😍

    BalasHapus
  39. bisa pengganti belanja online yang ngejar diskonan atau kesbek yaa usaha ini. barang2nya pun akan selalu dicari sih yang dijual - kayak bikin warung serba ada aja ya pake ISC ini

    BalasHapus
  40. baagus artikelnyaa. setuju banget sama poin bikin usaha tuh di bidang yg kita suka biar bisa sepenuh hati menjalaninyaa ❤️❤️ dan bener banget, emang perlu fokus ke satu usaha dulu aja biar konsentrasi ga kececeeer 😂

    BalasHapus
  41. Setuju banget nih kalau mau memulai usaha harus yakin dulu dan pilih jenis usaha apa yang paling disukai. Kalau suka wisata kuliner maka cocok banget jadi mitra ISC ini.

    BalasHapus
  42. ISC ini sangat menolong banget buat yang pengen jual retail tapi modal cekak. Bisa buat belanja kebutuhan rumah sekaligus beli buat dijual lagi. Varian barang yang dijual juga banyak.

    BalasHapus
  43. Seneng banget sih sekarang banyak pilihan bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga dan bisa minim modal. Jadi Ibu rumah tangga bisa berdaya dari rumah nih.

    BalasHapus

Posting Komentar