Uji Nyali Naik Ayunan Langit di Gumuk Reco, Desa Sepakung, Banyubiru Kab. Semarang

Morning Sedulur,

Beberapa waktu lalu, aku mengikuti piknik yang diadakan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Salah satu destinasinya adalah Gumuk Reco di Desa Sepakung, Banyubiru. Tempat wisata ini buka belum terlalu lama sekitar tahun 2017. 


Gumuk Reco Sepakung Banyubiru Kab. Semarang
Wahana Ondo Langit di Gumuk Reco Banyubiru

Ah, Banyubiru lokasinya tak jauh dari rumahku, pikirku waktu itu. Ternyata, medannya tak seindah angan-angan. Untuk menuju Desa Wisata Sepakung, kita harus menempuh perjalanan yang berliku-liku dan menanjak, saudara-saudara! 

Baca Juga: Curug Kembar Banyubiru

Ya, jalannya sih sudah mulus dan beraspal, tapi medan yang ditempuh bak sedang uji nyali. Berkelok-kelok tajam dan menanjak, sedangkan di sebelah kiri kita adalah jurang menganga. Belum lagi kalau mobil kami bertemu kendaraan lain semakin deg-degan. Suasana dalam mobil yang tadinya ramai jadi sunyi senyap. Mungkin para blogger sedang merapal doa selamat dalam hati, hihi.

Jadi rasanya luar biasa lega ketika mobil kami tiba di depan kantor kepala desa Sepakung. Kami turun dari mobil dengan lega dan bersyukur. Apalagi, udaranya benar-benar sejuk. Tambahan lagi, tak ada sinyal ponsel lho di desa ini. Cocok deh untuk menyepi, menyelesaikan naskah novel tanpa terganggu media sosial, hehe.

Gumuk Reco Sepakung Banyubiru Kab. Semarang
Wahana Ayunan Langit menuju jurang 

Apakah perjalanan kami berakhir? Ternyata belum. Kami diajak naik mobil bak terbuka menuju Gumuk Reco. Mobil kami katanya tak kuat menanjak dan butuh mobil yang lebih tangguh dan ramping. Baiklah, aku pun naik ke bak belakang mobil dengan gemetar.  

Baca Juga: RM Sitinggil Banyubiru

Petualangan apa nih menanti kami? Ulala, ternyata jalanannya makin sempit. Hore-hore deh di atas mobil apalagi hujan mulai turun. Duh, duh, jurangnya dadah dadah. Haha.

Tak lama kemudian, kami tiba di lokasi wisata Gumuk Reco. Lokasinya di perbukitan dengan pemandangan alam yang hijau. Tiketm masuknya kalau tidak salah hanya Rp5000. Tapi, untuk naik wahana ayunan langit dan lainnya kita harus membayar lagi. 

Tempat wisata ini cocok banget untuk melepas penat dan lelah dengan menikmati pemandangan indah. Kita harus berjalan kaki sejauh 300 meter dari tempat kendaraan parkir. Saat musim hujan begini, jalannya licin dan becek jadi lebih baik pakai sepatu atau sandal jepit. Ada beberapa warung makan yang menjual indomie dan minuman ringan jika kamu lapar dan dahaga. 

Salah satu spot menarik adalah wahana ayunan langit yang dijamin akan memacu adrenalin kamu. Soalnya, kamu naik ayunan besar ini dan didorong menuju jurang! 

Duile, salah satu blogger mencobanya dan jeritannya membahana. Huhu seram deh. Memang sih pakai helm dan tali pengaman tapi ya tetap saja, bawahnya jurang, Lur!

Spot lainnya ada jembatan goyang dan rumah pohon. Di sini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang jurang yang mengerikan eh indah, hihi. Katanya ketinggian rumah pohonnya 17 meter sedangkan jembatan 15 meter. Seram, deh.

Spot lainnya, kamu bisa menyusuri Ondo Langit, jembatan kayu yang menyusuri sepanjang dinding batu perbukitan ini. 

Gumuk Reco Sepakung Banyubiru Kab. Semarang
Uji Nyali 

Panjangnya 25 meter dengan ketinggian 25 meter di atas permukaan tanah. Fotonya memang jadi cakep karena latar belakangnya yang keren. 

Tapi, aku kok keder ya berjalan menyusuri jembatan kayu itu hanya untuk berfoto. Ada sih pengaman dari panitia yaitu helm dan tali pengaman. Jadinya, aku hanya duduk-duduk saja menikmati pemandangan alam yang indah Gumuk Reco.

Tahun 2021, ada wahana baru di Gumuk Reco yaitu jembatan kaca yang terbuat dari tempered glass tiga lapis setebal 17.3 milimeter. Sayangnya, menurutku agak mengganggu pemandangan ya karena tidak menyatu dengan alam. 

Berbeda dengan spot lainnya yang terbuat dari kayu dan bambu terlihat alami. Tapi spot ini segera menjadi favorit pengunjung untuk berfoto. So, mau menikmati pemandangan alam indah? Kunjungi Gumuk Reco di Desa Wisata Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang. 

Sumber Foto: 

IG @jarangdolan

 

 

Komentar

  1. Aih, ini tempatnya bikin sport jantung, hehe. Aku gak bakal bisa jalan. Kakiku langsung kaku, hehe, takut ketinggian. Btw yang jembatan tempered glass gak ada gambarnya? Penasaran. Itu berfoto di situ, gak memantul, ya.

    BalasHapus
  2. Ayunan langit ini trendy di mana-mana ya. Aku pernah naik ayunan langit macam di Banyubiru ini waktu jalan-jalan ke Lembang deket Bandung. Sebetulnya waktu itu aku berani sih. Cuman sekarang setelah kupikir-pikir, apa coba jaminannya bahwa ayunannya itu aman..?

    BalasHapus
  3. Wah kereen! Baca ini serasa membayangkan AKD yang ngetrack ke gunung, Mbaa 😀 BTW nyariin foto Mba Dedew di wahana sambil dadah-dadah ke jurang ko belum nemu ya 😀 Makasiyy sudah berbagi, Mba, serasa ikut pacuan juga niy jantung 🙈

    BalasHapus
  4. Wahhh cekep bangettt
    Catat!
    Jadi salah satu tujuan kalo pas pulang ke Semarang

    BalasHapus
  5. Duh Mbaa, kalo lagi ga pandemi, pasti daku berusaha banget siapin budget, tenaga dan waktu buat ke sana!
    enjooyyy banget kalo uji nyali naik ayunan langit kayak gini yhaa
    semoga corona segera bubaarrr, udah kangen traveling nih :D

    BalasHapus
  6. Demi apa seumur-umur baru denger Wahana Ondo Langit.
    Bahkan aku ga tahu Gumuk Reco Banyubiru itu dimanaaaaa wkwkw.
    Pengen banget ya ampun ke sini ga usah jauh-jauh ke Bali buat naek ayunan ala-ala.

    Semoga dalam waktu dekat aku bisa diajak explore juga sama dinas pariwisata Semarang fufufu :v

    BalasHapus
  7. Ya Allah, lihat ayunan langit bergidik sayah ... :D
    Indah ya masya Allah tapi cuma mau lihat fotonya saja deh. :D

    BalasHapus
  8. Waduuuh seremnyaa! Lebih baik menikmati pemandangan indahnya aja deh, kalo diminta untuk menyusuri jembatan kayu atau naik ayunan langit, gak mauuu! Ngeri amat, apalagi buat aku yang dasarnya udah penakut ini hahaha.

    BalasHapus
  9. Min, dulu pas kita ke Gumuk Reco belum ada Ondo Langitnya ya, atau kita ga sempat ke sana karena hujan? Mantap ya jalurnya berkelok-kelok, sungguh liar kelokan mobil pickupnya. :))

    BalasHapus
  10. aduduh kok ya seru banget ini uji nyali naik ayunan langit di gumuk reco sepakung banyu biru... mau merasakan adrenalinnya yang pastinya gak terlupakan

    BalasHapus
  11. Nah, ini destinasi wisata yang kepengen banget aku sambangi. Naik ayunan langit dan ondo langit duuuh kira2 aku kuat ga yach deg2annya? wkwkwkwkwkw :) Suamiku nih yang suka keringetan kalau berada di ketinggian. Tapi in sya allah aman kan ya mbak Dew? Kelar corona langsung ke sini ah. TFS.

    BalasHapus
  12. Ahh, aku mau ayunaan syantik ituu, yang menantang bikin sport jantung.
    Seruu, ntr mau mampir ahh ke Sepakung BAnyubiru.
    Ajak aku kesana yaaa, gpp jalan2 ga cantik, hiking duluu, syeneng, btw itu bayarnya murmer banget.

    BalasHapus
  13. Jembatannya bikin kakiku gemeter, belum naik aja udah keringat dingin ditambah ayunannya agak ngeri-ngeri sedap ya hihihi

    BalasHapus
  14. Melatih uji nyali banget tempatnya. Kalo aku di sana dah keringat dingin duluan hahaha, takut ketinggian

    BalasHapus
  15. Bagus ya tempatnya, baru tau ada tempat seperti itu di Semarang. Tapi naik ayunan itu WOW.. aku ga bakal berani, apalagi kalau langsung jurang. walaupun pake pengaman tapi tetap aja serem hahahaaha

    BalasHapus
  16. Beneran ga ada sinyal nih mbak? Ga bisa update status dong hahahah :) Berarti di Gumuk Reco cocok buat hari2 tanpa gadet nih mantap. kalau hujan jalanan licin dan becek sepertinya enakan pakai sandal gunung deh. Kalau sandal jepit kok malah ngeri hihihi :D

    BalasHapus
  17. ya ampuuuunnnnn... aku kayaknya kalau disuruh naik itu hanya mampu melambaikan tangan saja. Gak berani aku mbak, kayaknya semakin kesini nyaliku ciut sama ketinggian.

    BalasHapus
  18. Ya Allah membaca saja telapak kakiku sudah ngilu-gilu gitu Mbak Dew..Apa lagi benaran ikutan berayun-ayun di ayunan langit yak, bisa gemeteran. Tapi sungguh walau ada tantangan untuk mencapainya aku ingin banget ke sana suatu saat nanti :)

    BalasHapus
  19. Baru baca intro perjalanan menuju lokasi aja, gw udah deg-degan. Faktor U kali yaa hahahah. Sekarang jadi lebih banyak mikirnya kalo udah bahas atraksi macam begini. :))

    BalasHapus
  20. makk aku takut ga berani kalo ayunan di situ. cukup jadi pengamat saja hehehe

    BalasHapus
  21. Wah ini kayaknya keren ya buat foto-foto, tapi kepikiran buat naiknya udah bergidik duluan wkwkwk.

    BalasHapus
  22. Baca ini, kalau ada yg ngajak ke sana, rasanya saya gak akan berangkat. Takuuutt.. Nikmati foto-fotonya saja sudah cukup. Hihihi.

    BalasHapus
  23. Wah aku jadi rindu main di alam sama memacu adrenalin deh

    BalasHapus
  24. Ya ampun mbak, saya liat foto-fotonya aja langsung deg deg serrr, hihihi... Seru banget ya buat yang suka uji nyali...

    BalasHapus
  25. Baru liat yf ondo langit aja kakiku udah gemetar ini 😅😅😅
    Kalau datang langsung bakal berani nggak ya, duh 🙈 tapi pengen. Tapi takut 🙈

    BalasHapus
  26. Waduh, saya paling gak bisa kalau disuruh naik sesuatu di atas ketinggian, bisa gemeteran, deh! Meskipun bisa dapat foto dengan latar belakang pemandangan yang indah, tapi saya lebih milih duduk manis melihat pemandangan di sana hehehe

    BalasHapus
  27. Aku tuh pengin ke sini Mbaa udah sampe beberapa jalan tanjakan turun lagi soalnya takut mobil gabisa naik. Kayaknya ke sini ya kudu naik motor aja deh. Mupeng liat pemandangannya bagus banget padahal

    BalasHapus
  28. Hahahaha.. saya jadi mau coba, Mba. Tapi masalahnya ada BB minimal ga ya? Kalaiu ada g bs deh nyobain

    BalasHapus
  29. Aku harus ke sini, aku suka wahana menantang gini apa lagi soal ketinggian soalnya jadi alasan buat bisa teriak lepas dan bebas. Ah kayanya seru banget deh mbaaa

    BalasHapus
  30. Aku belum kesampaian ke Gumuk Reco sampai sekarang. Waktu iparku kesana kan barengan suami sedang dirawat di RS. Mereka sengaja diam2 pergi karena kasihan kami hak bisa gabung. Tapi Ondo langit kayaknya belum ada waktu itu.

    Aku kayaknya juga gak berani naik ayunan langit yang didorong ke jurang, ngeri mbaak

    BalasHapus
  31. Cakep bener sih gumuk reco iniiii. Aku pernah nemu ayunan kaya gitu di Bali, nggak setinggi ini juga jurangnya, tapi nggak berani aku naiknyaaa.. Apalagi setinggi Gumuk Reco iniiiii.. Nyerah lah!

    BalasHapus
  32. Gemeteerr liat ayunan dan Wahana Ondo Langit.
    Sesuai namanya banget yaa.. "Ondo Langit" means "Tangga langit".

    Asiik sih yaa..
    Kalau uda ke Gumuk Reco, sayang banget gak ikutan mencoba uji adrenalin.

    BalasHapus
  33. Cantik sih ya kalau di foto naik ondo langit gitu tapi kalau aku mending nggak deh, suka tiba2 nangis kalau ditempat tinggi sih. Hahaha. Tapi menarik ya tempatnya cakep banget, mbak.

    BalasHapus
  34. seru banget mbaa, tapi aku ga berani main beginian hahaha. terakhir main semacam ondo langit waktu sekolah, dah lah degdegan kalo di alam terbuka apalagi sendirian. tapi kepengeenn >.<

    BalasHapus
  35. Kalau pandemi udah usai boleh dong, para Alumni Ruang Aksara diajak piknik kesana...seru banget sepertinya..

    BalasHapus
  36. Kalau pandemi udah usai boleh dong, para Alumni Ruang Aksara diajak piknik kesana...seru banget sepertinya..

    BalasHapus
  37. Hebat-hebat mbak Dedew menaklukan perjalan uji nyali haha
    Duh itu jalannya kesana pasti deg-degan banget ya mbak!
    Lebih menakutkan perjalanannya kesana sampe harus ganti mobil karena mobilnya ngga kuat kayanya lebih serem dari pada jalan di tebing dan naik anyunan juram haha

    Mantaph sekali mbak Dedew <3

    BalasHapus
  38. tiba-tiba fobia ketinggianku kambuh nih mbak. melihatnya saja aku udah gemetaran. salut banget sama yang berani naik ayunan langit ini

    BalasHapus
  39. Kalau lihat foto wahana Ondo Langit itu kayaknya pagarnya pendek ya, Mbak? Duh, saya berani gak, ya? Meskipun bakal cakep sih foto dengah view begitu hehehe

    BalasHapus
  40. Sejenak aku kagum sama nama Ondo langit eh terus guyu...itu kan artinya tangga langut ya wkwk. Duh, pengen naik ayunan langit...kira-kira jantungku seeer ga ya. Saiki kok koyok gemeter hahaha

    BalasHapus
  41. Wah aku udah pernah nih ke Gumuk Reco Sepakung, tempatnya sih asyik masih alami dan sayangnya aku gak berani naik ayunan langit, soalnya tinggi banget dan aku takut ketinggian. Jadi pengen kesana lagi. Sekarang ada jembatan kaca di Sepakung loh, tp beda lokasi sama Gumuk Reco.

    BalasHapus
  42. Aku justru penasaran sama jembatan kacanya. Mungkin yang mau diberikan sensasi berjalan di atas langit kali ya, tapi malah jadi gak menyatu dengan alam ya.

    Udah lama pengen ke Banyubiru ini, tapi selalu gak jadi karena gak cocok untuk bawa anak-anak, tinggiii bener plus jurang di mana-manaa yaa hehehe

    BalasHapus
  43. Aku malah penasaran sama jembatan kacanya, pengen aja ngeliat jurang tepat di bawah kaki kita. Mungkin itu juga kali ya kenapa dibikin jembatan kaca gini, supaya ada sensasi "berjalan di atas jurang"nya itu ya, tapi sayang kurang memperhatikan keindahan alamnya jadinya, karena malah keliatan gak menyatu :')

    Anw, udah lama banget aku pengen ke Banyubiru ini, tapi gak pernah jadi karena mikirin anak-anak, haha. Tempatnya kayak gak cocok gitu kalo bawa anak banyak, tinggi dan jurang di mana-mana hehehe

    BalasHapus
  44. Nggak ada wahana panjat tebibgnya ya, Mbak? Seru kayaknya kalau bisa naik Ondo Langit dan dilanjutkan dengan mebaiki tebingnya :)

    BalasHapus
  45. Baru ya mbak Gumuk Reco ini. Pantesan masih agak asing di telinga. Sepertinya wahananya cocok buat yang beradrenalin tinggi. Kalau aku jalan di ondo langit aja paling udah jerit-jerit liat bawah. Hahaha

    BalasHapus
  46. Waduh ini seru banget!!!!!!! Baru lihat ada tempat kayak gini di Indonesia. Biasanya liat selewatan konten Facebook yang di China itu haha. Will try someday after pandemic!

    BalasHapus
  47. Aku udah seneng baca pengalaman mba Dedew, berasa diajak menikmati jalan kelok menuju TKP dan deg deg ser membayangkan wahananya.

    BalasHapus
  48. makasih ga mau nyoba tapi gaaaa sanggup bayanginnya apalagi nyobainnya wkwkwk tidaaaaak

    BalasHapus
  49. Aduduh, baca yg naik ayunan lalu didorong ke atasnya jurang aja sudah bikin deg2an, apalqgi kalau ikutan naik ya 😅😅😅 takut tapi kepingin kan 🤣🤣🤣
    Aku suka mbak yy adrenalin gitu, tapi krn badanku besar suka takut hahaha padahal biasanya ada kan aturan BBnya masuk, tp masih suka takut hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar