Menikmati Makan Siang di Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Morning Sedulur,

Bersyukur banget kita sudah sampai di awal tahun 2021. Semoga segala impian dan harapan Sedulur tahun ini bisa terwujud ya. Harapanku sih, lebih aktif mengisi blog ini dengan artikel yang bermanfaat untuk Sedulur.

Janji Jiwa Radja Pendapa Leyangan Ungaran
Janji Jiwa Radja Pendapa Leyangan Ungaran 

Kali ini, aku akan membahas Kedai Kopi Janji di Radja Pendapa Gallery, Ungaran. Jenama Janji Jiwa tidak asing lagi ya untuk penikmat es kopi susu. Bahkan, kopi waralaba ini sudah muncul di berbagai pelosok daerah hingga berjilid-jilid. Ada yang menempati sebuah rumah toko hingga bangunan besar.

Nah, Ungaran sendiri ada dua kedai Janji Jiwa. Satu berlokasi di Radja Pendapa Leyangan dan satu lagi di daerah Sebantengan, pusat Kota Ungaran. Keduanya ramai pengunjung, lho. Apalagi yang berlokasi di Leyangan ini hits di kalangan penikmat kopi padahal baru dibuka Januari 2020

Mengapa kedai ini begitu hits? Tak lain dan tak bukan karena suasana Radja Pendapa Gallery yang bergaya tradisional Jawa ini memang menarik untuk ditongkrongi. Ada bangunan rumah tradisional Jawa di tengah-tengah halaman yang luas, Rumah Joglo dari kayu jati dan kokoh, ada pula pendopo yang nyaman untuk duduk-duduk.

Janji Jiwa Radja Pendapa Leyangan Ungaran

Lokasinya juga cocok untuk piknik tipis-tipis. agak naik-naik ke puncak gunung, hehe. Walaupun tak jauh sih hanya sekitar 5-10 menit dari pintu tol Ungaran. Belum lagi, pemandangannya cukup indah perbukitan dan Gunung Ungaran terlihat jelas jika cuaca cerah.

Siang itu jelang jam makan siang sekitar pukul 10 pagi. Aku dan seorang kawan mendarat di Janji Jiwa. Tukang parkir menyambut kami, mempersilakan untuk mencuci tangan dahulu. Sebelum memesan, kami menduduki tempat paling hits di kedai kopi ini persis di bagian belakang bangunan konter kedai. Ada kursi kayu jati yang lebar jadi nyaman banget untuk duduk-duduk. Spot lainnya yang jadi favorit adalah gazebo di pojok halaman serta area lesehan di pendopo. Hehe.

Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Kami pun memesan kopi. Aku memesan es kopi gula aren andalan janji Jiwa, temanku memesan Dolce apa ya kopinya. Terus, anak-anakku memesan es kopi susu jeli. Oh iya, semua menu kopi di kedai ini hanya ada yang dingin saja ya.

Tak lama, pengunjung pun berdatangan. Tapi, kami tak terlalu khawatir karena kursi di kedai ini cukup banyak dan diberi jarak cukup jauh. Tak hanya itu, tempat duduknya semua ada di ruangan terbuka di pendopo jadi lebih nyaman dan tenang.

Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Oh iya, selain Janji Jiwa yang menyediakan aneka kopi, ada juga Kedai Nona yang menyediakan berbagai minuman dan makanan. Sayangnya, makanannya baru tersedia pukul 11 siang jadi kami harus sabar menanti, hehe. Oh iya, kalau malam kadang ada live music lho. Pengunjung pun bisa menyumbangkan lagi diiringi pemusik kedai.

Jika kedai Janji Jiwa yang ada di bangunan Radja Pendapa ini penuh, Sedulur bisa lho menempati area terbuka di seberang pendapa yang ternyata juga bagian dari Kedai Nona ini. Hanya saja, kita bisa menempati area ini mulai pukul 15.00 WIB. Area seberang ini juga enak untuk duduk-duduk di sore hari karena areanya menghadap Gunung Ungaran yang cantik.

Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Sebagai teman minum  kopi, aku memesan dua piring singkong goreng keju seharga Rp18.000 per porsi juga sepiring kentang goreng untuk anak-anak dengan  harga sama. Saat jam makan siang, kami meminta pelayan untuk membawakan buku menu Kedai Nona. Pilihan menunya cukup banyak lho. Mulai dari camilan ringan seperti singkong keju, mendoan, risoles mayo, kebab hingga churros. Untuk makanannya ada berbagai jenis spageti dan juga Indomie. 

Tak hanya itu, ada beberapa pilihan menu yang menggugah selera seperti Nasi Daging Bumbu Hitam Rp28.000, Korean Beef Bowl Rp35.000, Nasi Ikan Keumamah Rp30.000 hingga Chicken Teriyaki Rice Bowl.

Anak-anak memesan Chicken Teriyaki Rice Bowl seharga Rp28.000 per porsi, aku tertarik dengan menu Ikan Asap Kedai Nona dengan harga sama. Temanku memesan Korean Beef BowlOh iya, varian minuman di Kedai Nona juga cukup banyak mulai dari jus buah, Orange Mojito, hingga es teh dan Wedang Uwuh serta beberapa jenis wedang lainnya. Yang agak mahal air mineralnya sepuluh ribu, hehe standar kafe ya. 

Para pengunjung lain berdatangan untuk makan siang. Kolam ikan yang mengelilingi pendopo menarik perhatian anak-anak karena ikan mas koinya banyak dan gendut-gendut. Cantik sekali warnanya, hilir-mudik saat diberi makan pegawai kedai.

Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Janji Jiwa Leyangan Ungaran

Siang itu kami cukup lama menunggu mungkin karena antrean pesanan cukup panjang di jam makan siang. Oh iya, untuk Sedulur yang ingin menunaikan ibadah salat, bisa kok ada tempat cukup luas di dalam rumah joglonya. Ada toilet yang cukup nyaman juga.

Akhirnya, pesanan kami pun tiba. Aku menikmati ikan asapku yang berkuah santan pedas dengan potongan ikan asap dan tahu. Lumayan sedap dan porsinya banyak. Sajiannya juga unik nasi putih dibentuk tumpeng kerucut. Menurut temanku, Korea Bowlnya dagingnya cukup banyak sayangnya ia tak begitu suka saus Koreanya yang ada aroma kimchinya. Kalau anak-anak sih, menu apa saja cepat tandas. So, ingin piknik tipis-tipis di Ungaran? Main saja ke Janji Jiwa Radja Pendapa Gallery di Leyangan, Ungaran. 

Kedai Kopi Janji Jiwa Ungaran 

Radja Pendapa Gallery 

Jalan Flamboyan Raya, Gunung Pabongan, Leyangan Ungaran 

Buka Setiap Hari Pukul 10.00-21.00 WIB. 

 

Komentar

  1. wah, areanya luas banget.. bikin makin betah nongki deh :D

    BalasHapus
  2. Ahhhh kalo ngga lagi coronces, aku puingiin langsung cuss markicuss!
    Baguss bgt tempatnya, ambience-nya menenangkan jiwa

    Di Sby kayaknya mayoritas Janji Jiwa cuma kios kecil.gitu. nangkring d food court mall, jadi nothing special IMHO

    BalasHapus
  3. Waah, tempatnya lega bangeet ituu, outdoor pulaa, kalo nongki isa bermesraan dengan semilir angin ya. Btw Janji Jiwa ini emang menyebar dimana mana ya outletnya, kereen. Entah di Bandung aja berapa puluh outlet, gampang banget dicarinya kalo lagi membutuhkan kopi.
    Nanti kaloke Semarang, ajak aku ngopi disini yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita amprokan di SMG ya Teh wkwkw
      seruu kali bisa ngopi2 dan ngobrol cantiiik di mariii

      Hapus
  4. Aku pernah ke Ungaran tapi belum masa-masa ada cafe gitu. Udaranya seger dan bangunannya masih banyak bangunan lama, atau menggusung bangunan Jawa. Asyik ya tempatnya dan menunya juga gak melulu kopi. jadi, anak-anak bisa memesan makanan lainnya

    BalasHapus
  5. Janji Jiwa dimana-mana keren nih..ramai pula. Di dekat rumahku karena dekat Kampus Univ Mercubuana pun asyik tempatnya. Mana delivery terus datang ambil pesanan. Ku suka es kopi gula arennya di sini. Kalau anak-anak suka toast Janji Jiwa yang ternama. ini asyik bener sih Janji Jiawa Leyangan Ungaran...pas buat ngopi cantik nih

    BalasHapus
  6. Gak sulit deh kalau lagi kangen kopi Janji Jiwa. Udah ada di mana-mana. Apalagi kalau tempatnya seperti ini semakin betah berlama-lama

    BalasHapus
  7. aku jadi pengen ikutan nongkron dengan dirimu... tapi yah virtua dulu deeeh lewat cerita bloga aja dulu yaa mbaaa

    BalasHapus
  8. Kedai kopi ternge-hits jaman kini ya mbak, dimana-mana Janji Jiwa...

    Btw, lokasinya asyik banget, sekalian bisa refreshing lah ya... Kalau Deket pasti udah melipir kesana πŸ˜€

    BalasHapus
  9. Wah ternyata kedai kopi Janji Jiwa sampai begitu besarnya ya disana. Di Bekasi atau Jakarta aku hanya pernah lihat Janji jiwa untuk take away ataupun cafe-nya yang berada di dalam mall. Kalau seperti yang Mbak Dedew ceritakan ini berarti asik banget! Bisa sampai liat pemandangan gitu😍

    BalasHapus
  10. Wahh janji jiwa juga ada yg diluar kota ya? Dan ini juga bentuknya resto ya, keren deh. Kupikir hanya coffee shop aja dia. Kalo di Jakarta dan Bekasi kayaknya yg kayak gini blm ada deh, eh apa udah ada kali ya, tp akunya gak tau?

    BalasHapus
  11. Kalau Janji Jiwa, saya paling suka menu toast-nya
    Banyak dan mengenyangkan
    Cukup irit lah daripada saya masak beraneka macam menu

    BalasHapus
  12. Kalau dilihat dari tempatnya, Kedai Kopi Janji Jiwa ini memang cocok sekali dijadikan tempat untuk ngobrol santai bareng keluarga dan teman-teman ya. Makanannya juga terlihat menggugah selera. Mantap, deh!

    BalasHapus
  13. duduk santai di sore hari dengan segelas kopi dingun gula aren janji jiwa plus semangkok bakso sambil meghadap gunung ungaran yang cantik kebayang deh serunya.. Jadi keinget masa-masa seru saat sempat menetap di semarang.. Konsep tradisional dan modern janji jiwa ini keren ya mba..

    BalasHapus
  14. Janji Jiwa kalau pesan online kok gak ada menu main dishes nya gini yaa..
    Cuma aneka macam roti.
    Apa setiap cabang Janji Jiwa masing-masing boleh mengeluarkan menu makanan yang berbeda?

    Uwh...asiknya, nongki dengan pemandangan cantik Leyangan.

    BalasHapus
  15. Kangen makan siang di restoran nih mak. Apalagi bisa pilih menu yang enak dan suasananya adem dan cakep

    BalasHapus
  16. Kangen makan siang di restoran nih mak. Apalagi bisa milih menu dengan pemandangan yang cakep

    BalasHapus
  17. Kayaknya aku familier deh dengan Radja Pendapa ini, yang dulu utk ketemuan anak Genpi kah? Setting pembatas ruangnya dari kayu itu yang khas. Kalau benar, emang cucok sih tempatnya untuk nongkrong cantik ini. Hyuuk kapan-kapan ajaki aku ke sana ya Dew. ;)

    BalasHapus
  18. Di Malang juga ada beberapa kedai kopi Janji Jiwa, tapi kecil-kecil mbak. Yang di Ungaran ini kok asyik banget tempatnya. Luas banget, ada area outdoornya pula. Bisa karaoke juga

    BalasHapus
  19. Di kedai janji jiwa ungaran ada menu j-toastnya nggak mba?

    Jadi pengen kesana, tempatnya enakeun..😍

    BalasHapus
  20. Di Kudus juga ada kedai Janji Jiwa, wah kapan kapan harus menikmati menunya sama , ga ya...
    Klo di Ungaran bisa sambil menikmati pemandangan indah ya Mbak ...

    BalasHapus
  21. Keren ya cafe janji jiwanya, enak untuk nongkrong dengan teman-teman dan bersantai bersama keluarga. Kalau kapan-kapan ke Semarang saya mau mampir ah :)

    BalasHapus
  22. Mayann bisa menhgobati kerinduan jalan2 selama pandemi ya mba. Kapan ke Ungaran, mau mampir ke sini ah...

    BalasHapus
  23. Ada juga ya ternyata kedai kopi janji jiwa yang besar begini, hehe. Ngopi sambil menikmati pemandangan gunung bisa banget nih buat dicoba keknya, hehe

    BalasHapus
  24. Ya Ampun, itu pemandangan latarnya, kece banget. Eh, makanan segitu murah gak sih? Secara kafe, ya harganya begitu, padahal katanya klo di Jawa, makanan murah-murah, hehe ...

    BalasHapus
  25. waaaaaah area outdor-nya bagus banget ini. oke lah, bisa jadi referensi tempat nongkrong dan makan pas maen ke ungaran. semoga corona segera berakhir, udah kangen jalan-jalan, hahahahaha

    BalasHapus
  26. Hm... lihat view kayak gini auto pengen photoshoot deh mbak heheheh. menu-menunya juga enak-enak ya kayaknya... . deket rumah juga ada Janji Jiwa, tapi makanan yang tersedia cuma roti-rotian

    BalasHapus
  27. Wah enak ini tempat ngopinya. Kalau janji jiwa di Bandung kayanya cuma gerai ngopi biasa aja, dam yg hits nya toast nya katanya enak itu~

    BalasHapus
  28. Wahhh.... luas banget mba... baru tau janji jiwa ada makanannya. Di Bogor kayaknya cuma kopi aja sama janji jiwa toast enak ituuuu.

    BalasHapus
  29. Wah, aku jadi amazing liat Janji Jiwo yang ini. Maklum kalau di Jakarta aku liatnya yang bentuknya cafe2 kecil gitu cenderung berbentuk outlet. Tapi yang ini beda banget, sudahlah luas, sentuhan arsitektur dan interior Jawa bikin suasananya juga beda. Apalagi ada yang outdoor di ketinggian dengan pemandangan yang kece, bisa bikin betah berlama-lama. Menunya juga gak cuma2 minum2an kekinian ya ada juga menu beratnya. Seharian di sini sambil nulis gak khawatir soal urusan perut deh. Semoga bisa mampir ke sini suatu hari nanti.

    BalasHapus
  30. Waah aku suka nih mbak tempat nongkrong dengan tema alam luas gini.. sambari menunggu kopi dan camilan bisa menghirup udara segar.. di Jakarta sayangnya kedai Janji Jiwanya tidak semegah dan sebesar ini.
    Seru-seru mbak, seneng bisa melihat kopi Indonesia semakin maju :)

    BalasHapus
  31. Enak banget suasananya, Mbak Dew. Kangen Ungaran jadinya, terakhir 2019 apa ya pas ke Umbul Sidomukti. Sejuknya hawa di sana jadi bikin kangen. Apalagi bisa ngopi cantik di Janji Jiwa, penasaran sama nasi daging bumbu hitam. Nuansa Jawa juga bikin betah, unik banget.

    BalasHapus

Posting Komentar