Borong Bunga-Bunga Cantik di Pasar Tanaman Pingli di Ungaran

Morning Sedulur,

Bagaimana kabarnya? Masih semangat beraktivitas di rumah? Alhamdulillah, sebagai blogger pekerjaan bisa dilakukan di rumah jadi situasi di rumah saja tak terlalu berpengaruh pada pekerjaan. Tapi, memang ada kalanya aku jenuh sekali di rumah tapi tak berani pergi jauh-jauh. Nah, minggu lalu aku mengunjungi suatu tempat untuk mengusir kejenuhan. Tempat apakah itu? Mal? Hehe, belum berani kalau akhir pekan.


Pasar Tanaman Pingli di Ungaran
Pasar Tanaman Pingli di Ungaran

Ya, aku mengunjungi Pasar Tanaman Pingli di Jalan Pattimura, Ungaran. Lokasinya tak begitu jauh dari Melva Balemong Resort. Sudah tahu kan kalau hobi bercocok tanam sekarang masih tren di kalangan kaum rebahan gara-gara pandemi, hehe. 

Baca Juga: Janji Jiwa Ungaran

Ya, memandangi tanaman memang menghibur dan bikin rileks ya. Merawatnya juga membuat kita semangat. Tak heran, kalau kios tanaman menjadi laris-manis dikunjungi orang.

Termasuk Pasar Tanaman Pingli yang setiap akhir pekan ramai dikunjungi orang. Memang agak telat ya aku main ke sini, maklum pencinta tanaman newbie jalur corona, hihihi. Baru tertarik tanaman ya baru-baru ini saja. Pasar Tanaman Pingli ini sudah berdiri sejak 2017. 

Pasar Tanaman Pingli di Ungaran
Salah satu kios yang menjual buah-buahan

Mengapa namanya Pingli? Karena lokasinya memang terletak di pinggir kali atau sungai. Pasar tanaman ini terdiri dari banyak kios tanaman yang berjejer rapi saling berhadapan. Pemiliknya pun berbeda-beda. Ada nama kiosnya masing-masing, lho. Hanya aku tidak terlalu memperhatikan plang nama kiosnya, hehe.

Saat aku ke sana, memang cukup ramai pengunjungnya. Tapi, tetap jaga jarak dan pakai masker, kok. Parkiran juga cukup luas dan kita akan dipandu tukang parkir. Pemandangannya cantik lho, Gunung Ungaran nampak jelas kalau cuacanya sedang cerah. Kami pun memarkir motor dan berjalan kaki menuju salah satu kios tanaman.

Pasar Tanaman Pingli di Ungaran

Duh, asli menggiurkan. Tanamannya beraneka ragam. Mulai dari pohon buah, tanaman hias hingga jenis tanaman obat seperti jahe, kunyit, sirih, serai, dan banyak lagi lainnya. Apalagi ada salah satu kios yang menjual aneka anggrek cantik. 

Baca Juga: Staycation Nyaman di The Wujil

Berbagai jenis tanaman yang sedang hits nampak makin cantik dalam pot mulai dari janda bolong, aglonema hingga lidah mertua. Beberapa pengunjung antusias menanyakan jenis dan harga tanaman yang dipajang. Menurut salah satu pemilik kios, yang laris diborong saat pandemi adalah tanaman hias dan tanaman empon-empon.

Pasar Tanaman Pingli di Ungaran
Bunganya cantik dan bisa ditawar

Pasar Tanaman Pingli di Ungaran
Peralatannya lengkap

Ada juga beberapa kios yang khusus menjual aneka pot, tanah, pupuk dan berbagai perlengkapan untuk bercocok-tanam dan juga ramai dikunjungi pembeli. Aku lihat kiosnya cukup lengkap ya isinya mulai dari aneka pot hingga berbagai tanaman dalam pot. Menggiurkan sekali untuk pencinta tanaman untuk jajan. Hehe. Jadi, jangan lupa bawa uang tunai yang banyak yaaa.

Setelah berkeliling, ternyata ada dua warung makan di area Pingli ini. dan kalau tidak salah lihat, ada musala ya di pojok area. Aku memasuki salah satu kios tanaman dan tertarik dengan salah satu tanaman keladi putih yang subur di dalam kantong. 

Ternyata, harganya bisa ditawar lho dan kita dipilihkan penjualnya mana yang bagus untuk diangkut pulang. Aku juga membeli sekarung tanah untuk media tanam seharga Rp10.000. Aih, senangnya hatiku!

Pasar Tanaman Pingli di Ungaran
Angkringan Kembang

Kalau capek berkeliling, kamu bisa mampir ke Angkringan Kembang masih dalam area Pingli. Menunya cukup banyak lho mulai dari nasi ayam bakar, nasi bakar pedo hingga indomie rebus. Makanan ringan juga beraneka ragam misalnya kentang goreng, ceker bakar, tahu kemul dan tahu isi. Harganya pun terjangkau kok. K
alian bisa duduk-duduk di sini menikmati taman bunga dan gemericik air di kolam ikan depan angkringan. Jadi, ingin piknik tipis-tipis, bisa main ke Pasar Tanaman Pingli di Ungaran, ya. 

Pasar Tanaman Pingli 

Jalan Pattimura Ungaran (Seberang Melva Balemong Resort)

 

 

Komentar

  1. Aduhaiii, menyenangkan sekali kalo jajan tanaman kayak gini mbaaa
    aku pas pandemi ini juga demen bgt lihat TOGA, tanaman serba ijo, bunga2
    tapi yg gemar bercocok tanam ibu mertuaku siih, aku bagian siram2 doang wkww

    BalasHapus
  2. Duh, jadi mupeng sarapan di Angkringan kembang nihh, mau nyemil tahu kemul.
    Ini tuu surganyaa bagi mereka pecinta tanaman, lengkap banget.

    BalasHapus
  3. Cakep-cakep banget bunganya, pantesan mbak Dedew sampai ngeborong :)
    Janda bolongnya di sana berapa mbak hehehe

    BalasHapus
  4. aku baru ketemu sama salah satu orangtua yang ikhtiar jualan bunga tapi terkena dampak luarbiasa saat pandemi seperti sekarang ini

    BalasHapus
  5. Di mana mana sama ya, tanaman menjadi penghibur diri dan semua harga jadi berubah.

    Di sini juga ada, kios tanaman yang pinggir kali, apa memang konsepnya begitu ya. Hehhe mungkin pas saja.

    Aku juga mulai kembali semangat lagi merawat tanaman dan rutin menyirami. Soalnya suamiku bilang, beli pot mahal, masa enggak dirawat.

    BalasHapus
  6. Walopun toko-toko tanaman ada di beberapa titik lokasi di kotaku tapi kalo tiap weekend (Sabtu & Minggu) udah ada lokasi khusus bagi penjual & pembeli dengan minat tanaman juga hewan peliharaan. Baca artikel ini, tentang pasar tanaman Pingli, makanya jadi teringat dengan lokasi yang jualan tanaman tiap weekend di kotaku hehe.

    BalasHapus
  7. dudududuu masuk sini bawa uang segepok juga ambyar ya Dew,
    Ibuku menolak tuh dibawa ke tempat kayak gini, katanya bisa kalap hihiihiiii

    "untung " juga ada pandemi, buat para pedagang tanaman hias pingli,
    semakin mempertebal pundi pundi ya

    BalasHapus
  8. Cantik banget bunganya. Fan terlihan sederhana n simple. Aku suka liat begini tp gak telaten urusan nyiramnya. Heu

    BalasHapus
  9. sekarang lagi tren ya, Mba kegiatan menanam ini. Tapi saya tuh bertanya2, kenapa ya kok saya nggak pernah sukses dalam urusan tanam menanam.. hiks

    BalasHapus
  10. Saya belum telaten mengurus tanaman. Tetapi, tetap suka kalau diajak melihat tanaman yang bagus-bagus kayak di sini. Kayaknya segala jadi pengen dibeli :)

    BalasHapus
  11. Sekarang menanam tanaman hias memang lagi ngetrend ya, banyak yang senang membuat rumahnya terlihat asri. Saya sendiri gak borong bunga, karena sudah ada sejak dulu hehehe.

    BalasHapus
  12. Senangnya lihat banyak tanaman, gemes ya mbak pengen diborong semua. Hobi yang bermanfaat ini tanam-menanam buat mengurangi stres

    BalasHapus
  13. duhh pasti pengen beli semuanya ini klo aku jalan jalan kesana
    hehe sejak pandemi aku lagi hobi berkebun mbak, nanam sayuran dan kaktus

    BalasHapus
  14. Aku kok malah pengen ke angkringannya aja ya. Kan asik makan sambil nikmatin suasananya

    BalasHapus
  15. Namanya koq lucu banget sih Pingli aliasnya itu yang bikin tambah ketawa hehehe. Aku pun senang datang ke tempat jual bunga seperti ini.

    BalasHapus
  16. Yuhuiiii, minggu lalu dari tawangmangu juga lihat banyak tanaman hias yang lucuk-lucuk. Btw, jadi mupeng pengen ke Ungaran dan berharap bisa mampir ke Pingli ini, lagi suka mbawa pulang tanaman hias yang ijo-ijo (pdhl gak pinter merawat sih)

    BalasHapus
  17. Aku kalau ke tukang tanaman gitu happy banget, apalagi lihat anggrek tapi aku gak mau beli karena takut patah hati. Hahahahaa.. Jadi selama ini tanaman di rumahku gak ada yang mengeluarkan bunga, rata-rata daun semuanya.

    BalasHapus
  18. Aku paling suka sama hijau-hijau, tapi paling gak bisa merawatnya.
    Heuheuu, kapan lalu nanem bunga, sekarang bunganya uda di surga, hiiks~

    Alhamdulillahnya,
    Dirumah suka ada Pak Kebun yang kerap mampir sebulan sekali buat membantu menata kebunku.

    Pingli Ungaran asik yaah..
    Bisa lihat-lihat dan menikmati sajian restorannya.

    BalasHapus
  19. Wah, koleksinya banyak banget. Jadi bisa pilih bermacam macam bunga. Sekarang nggak zaman belanja ke mall, ganti haluan belanja bunga ya mbk. Asik banget ada angkringannya, kalo laper atau haus tinggal pesan.

    BalasHapus
  20. Duh bikin mupeng. Kepengen deh ih belanja tanaman. Halamanku masih banyak yang kosong. Tapinya, aku kurang telaten ngurus tanaman. Huuhuhu

    BalasHapus
  21. Kalau suami ke pasar pingli, duu bisa seharian betah lupa pulang kayaknya hehe sementara saya nungguin di angkriman sambil olahraga gigi😁

    BalasHapus
  22. Byuuuh
    Kalau dilihat mamaku bakalan kalap banget ini belanjanya bahkan dikirim kargo karena saking sukanya

    BalasHapus
  23. potnyaaaaa pilihannya banyaaakk, waini godaan di masa pandemi adalah merawat tanaman.

    BalasHapus

Posting Komentar