Collabox Creative Hub Coworking Space di Semarang

Morning Sedulur,

Beberapa hari lalu, aku ikutan acara belajar bareng Mas Tony Trax, penulis komik Real Masjid di Collabox Creative Hub Coworking Space di Semarang. Pesertanya nggak banyak, hanya teman-teman sepermainan, hehe. Pertemuan yang bikin semangat untuk berkarya lagi. Nah, kali ini aku ingin bahas tempat kami berkumpul yaitu Collabox Creative Hub Coworking Space. Beralamat di Jalan Indraprasta No.74, Pendrikan Kidul. Depan SMK Muhammadiyah, Semarang.

Collabox Creative Hub Coworking Space di Semarang
Collabox Coworking Space Semarang

Saat itu, aku ke sana bareng dua anakku. Butuh waktu untuk menemukan tempatnya karena agak tersembunyi, hehe. Gedungnya terlihat nyaman dan bersih. Coworking Space seperti ini memang sudah mulai menjamur di Kota Semarang dan cukup diminati juga. Bagi freelancer sepertiku, tempat ini bisa jadi alternatif untuk lebih fokus bekerja jika sumpek di rumah daripada kafe yang bising, ya.

Acara belajar bareng ini berlangsung di lantai satu Collabox. Sebuah ruang rapat yang cukup luas dengan meja-meja dipasang saling berhadapan layaknya rapat. Selain meja dan kursi, tersedia juga proyektor dan papan tulis. 

Baca Juga: Foodpedia Ungaran


Collabox Creative Hub Coworking Space di Semarang
Ruangan ini bisa digunakan untuk workshop kecil

Terus, AC nya juga dingin. Asyik buat rapat dan belajar bareng. Tersedia beberapa ruang rapat berbagai ukuran sesuai kebutuhan pelanggan. Saat aku di sana, beberapa ruangan terisi pelanggan yang sedang serius rapat.

Menurut Mbak Dini pegawai Collabox, walaupun masa pandemi animo pelanggan untuk menggunakan ruang rapat di sana tetap bagus. Yang agak berkurang adalah pelanggan yang menggunakan ruangan coworking space. Mungkin karena anak muda pengguna coworking space kebanyakan work from home atau mahasiswanya juga mudik ya, school from home?

Selain  ruang rapat, ada ruangan co working space untuk bekerja sendirian di lantai bawah. Interiornya menyenangkan ala kafe modern untuk anak muda. Ada banyak kursi dan meja tersedia untuk pelanggan yang ingin khusyuk bekerja. Wifi mereka juga cukup kencang. Ruangan ini juga bisa digunakan untuk workshop mini, nyaman juga. 

Baca Juga: ASUS Zenbook 13 Terbaru

Apa saja fasilitasnya? Hm, ada dua toilet yang bersih. Juga, musala mungil di lantai bawah. Tersedia juga beberapa buku dan majalah untuk dibaca mengisi waktu setelah lelah bekerja. Kalau kalian lapar atau haus, tersedia gerai kecil yang menyediakan makanan minuman dengan harga terjangkau. 

Collabox Creative Hub Coworking Space di Semarang
Ruang bekerja yang nyaman

Makanannya ada burger, mendoan, kentang goreng hingga Indomie rebus plus telur. Minumannya juga beragam mulai dari es teh hingga kopi panas. Harga teh panas seteko Rp15.000. Sedangkan mendoan misalnya. Hanya Rp5000 per porsi. Murah banget kan?

Bagaimana dengan tarifnya? Untuk penggunaan ruang rapat dikenakan Rp.30.000 per orang per tiga jam. Menurut sahabatku Rahmi Aziza, ia membayar Rp55.000 per orang karena ruangannya digunakan selama 6 jam. Dengan tarif segitu, kami mendapatkan minuman infuse water dan dua jenis keripik. Lumayan untuk teman belajar, ya. Saat itu, peserta belajar bareng berjumlah tujuh orang. Tapi, harga itu belum termasuk sewa proyektor Rp100.000,- dan papan tulis Rp25.000.

Collabox Coworking Space Semarang
Ruang Rapat yang Luas

Collabox Coworking Space Semarang
Belajar bareng di Collabox Semarang

Kelebihannya, kita dapat ruang rapat yang luas dan bisa memesan makanan dam minuman dari gerai dengan harga terjangkau. Kan ada tuh co working space yang tarif makanan dan minumannya seharga kafe. Nggak jadi ngirit, dong ya. Hehe. Tempat parkir kendaraannya juga cukup luas jadi Sedulur tidak kesusahan cari tempat. So, kalau butuh ruangan untuk meeting atau kerja di Semarang, bisa nih meluncur ke Collabox Creative Hub Coworking Space di Semarang. 

Foto: Rahmi Aziza

Komentar

  1. Berartiiii kalo aku ke Semarang, bisa meet up di sini kita ya Maaak.
    Duh, seru nih. lokasinya, makanannya, semua serba cihuyy!
    Affordable price pulaak.
    Senangnyaaa

    BalasHapus
  2. Wow manyap ini. Tempatnya nyaman, makanannya murah dan enak. Saya juga suka coworking space seperti ini.

    BalasHapus
  3. setuju sekali mbak dewi, sekarang coworking space sudah menjamur di kota semarang. Harganya juga sangat bersaing. Tentu saja fasilitas yang ditawarkan juga bagus.

    BalasHapus
  4. Bagus tempatnya. Jadi alternatif memang pas mau kerja tapi dengan suasana yang berbeda ya mba

    BalasHapus
  5. Kehadiran coworking space ini juga sangat membantu bagi kami para pebisnis umkm. Kalau mau ketemu klien atau mau membuat workshop kecil2an gak pusing lagi cari tempat. Karena usaha kecil emang banyak kekurangan untuk fasilitas seperti ini. Bersyukur ya di Semarang juga ada

    BalasHapus
  6. Keren banget andai di Majalengka sudah ada tempat dengan konsep seperti ini, pasti saya sering2 mampir deh :) apalagiiii kalau soal harganya yang sangat terjangkauu :)

    BalasHapus
  7. Co-working space banyak yang bagus-bagus. Tidak hanya nyaman, tetapi juga cakep desainnya. Ada gerai makanan pula. Udah gak usah ke mana-mana lagi kalau saat kerja trus lapar

    BalasHapus
  8. Asyik ya, kalau bisa belajar dan kerja bareng di coworking space. Apalagi didukung dengan suasananya yang asik, makanan dan minuma yang murah meriah, pasti makin betah ya...

    BalasHapus
  9. Iya mbak, nyaman banget tempatnya apalagi teh seteko cuma 15rb, betah banget kalo aku duduk disitu

    BalasHapus
  10. Tempat yang nyaman adalah koentji untuk bisa belajar dengan tenang ya mba. Kusuka nih tempat yang cozy seperti ini..keren

    BalasHapus
  11. keren Semarang! Collabox Creative Coworking Space ngebantu banget buat penggiat digital kreatif ataupun usaha bisnis lokal buat meeting

    BalasHapus
  12. Pandemi gini bener-bener menurunkan pendapatan banyak orang dan usaha ya mba. Ikut sedih aku pas tadi mbanya cerita, kalau bagian yang biasa dipake anak mudah berkurang. Semoga pandemi segera berlalu biar perekonomian kembali hidup

    BalasHapus
  13. Bagus mba tempatnya. Dan harganya terjangkau. Kalau mak emak low budget macam aku mau meet up n belajar bareng rekomended nih kesini. Tp jauh. Huhu

    BalasHapus
  14. sekarang emang lagi banyak bermunculan coworking ya mbak
    klo tempatnya nyaman pasti kerja jadi lebih fun

    BalasHapus
  15. oh, i see that, jadi itu ya teman sepermainannya Mba, hahaha. sala dong sama orang produktif nih, moga makin bermanfaat

    BalasHapus
  16. Wah bener mbak. Harga makanannya terjangkau. Jauh lah dibandingkan cafe2 yang segelas teh bisa lebih dari 20.000. Ini mah seteko 15rb hehehe. Pastinya kerja di situ jadi enak dan irit :)

    BalasHapus
  17. Kapan-kapan pengin juga menyepi ke situ untuk kerja. Kadang-kadang kalau di rumah tuh adaaa aja iklan lewatnya. :)

    BalasHapus
  18. Bisa jadi tempat meeting komunitas juga nih. Daripada di kafe malah nggak fokus ya.

    BalasHapus
  19. Enak mbak kalau ada tempat seperti itu bisa buat meeting dan ngerjain kerjaan di suasana baru, ketimbang di rumah mulu ya.
    Bisa sambil menikmatin makanan dan minumannya pula :D

    BalasHapus
  20. Kangen kerja di co working space.
    Senang sekali zaman sebelum pandemi bisa bekerja di co working space . Tapi di tempat aku, gak ada yang jual makanan kaya di Collabox Creative Hub Semarang.

    BalasHapus
  21. kangen belajar di co-working space. Asik ya tempatnya, desainnya modern, dari harga juga terjangkau loh buat 3 jam cuma 30ribu. Eh kalau sendirian, yang sewa 1 meja aja, kena tarif berapa mbak? Ini kan mbak Uniek di ruang rapat.

    BalasHapus
  22. Zaman sekarang ya, segala hal sangat dimudahkan. Termasuk kantor keren dengan fasilitas bagus. Anak-anak muda yang ingin punya usaha, tak perlu bingung nyari kantor. Ada semacam coworking space kayak gini. Sangat disayangkan jika disia-siakan.

    BalasHapus
  23. wah Semarang ternyata ada tempat super cozy yang bisa buat kumpul dan kerja bareng atau ngadain mini workshop ya Mba. Mau ah kapan kapan ke sini juga

    BalasHapus
  24. Kapan-kapan kalau ke Semarang dan menginap, mau ke sini deh buat kopdaran sambil kerja ya. Sesekali butuh suasana baru memang buat kerja ya.

    BalasHapus
  25. Teh panas seteko 15 ribu? Murmer banget mba. Terjangkau buat mahasiswa juga ya ini. Lumayan jadi punya referensi co working space kalo mau bikin acara di semarang

    BalasHapus
  26. bisa jadi referensi yang bagus, sepertinya saya mulai tertarik dengan ruang rapat alternatif seperti itu.

    BalasHapus

Posting Komentar