Resep Bahagia Lewat Ketawa Komika Ardit Erwandha

Dear Temans, 

Walaupun di rumah saja, kita bisa tetap bisa menambah wawasan lho dengan mengikuti berbagai kelas daring yang bertebaran di dunia maya. Kita bisa memilih topik yang kita sukai dan memilih kelas gratis atau berbayar.


Resep Bahagia Lewat Ketawa Komika Ardit Erwandha
Resep Bahagia Lewat Ketawa Komika Ardit Erwandha

Masa pandemi ini selain aku membuka kelas menulis daring, aku juga suka mengikuti berbagai kelas yang sesuai dengan topik yang kuminati diantaranya investasi, parenting, literasi dan banyak lagi.


Salah satu acara yang kuikuti dua hari lalu adalah Fun Talkshow #AyoMajuBersama di Live IG @homecreditid bersama komika @arditerwandha. Temanya menggelitik dan bikin penasaran nih Resep Bahagia Lewat Ketawa.


Baca Juga: 7 Rekomendasi Drakor Komedi


Aku jarang mengikuti sepak terjang komika dan stand up comedy yang mulai berkembang di Indonesia. So, aku pun buka internet untuk kenal lebih jauh dengan pemuda ganteng berusia 28 tahun, Ardit Erwandha yang jadi narasumber malam itu.


Resep Bahagia Lewat Ketawa Komika Ardit Erwandha

Pemuda kelahiran 09 Oktober 91 asal Samarinda ini punya komunitas stand up Indo Samarinda dan berhasil menjadi Runner up SUCI 6 2016 Kompas TV, ajang bergengsi pencarian bakat para komika Indonesia. Keren ya!


Sepak terjang Ardit tak hanya itu. Selain tampil sebagai komika, Ia juga aktif berakting di beberapa film komedi dan FTV diantaranya Insya Allah Sah, Gile Lu Ndro, Ngenest, hingga Milly dan Mamet. 


Baca Juga: Kelas Menulis Ruang Aksara


Ardit yang menikahi kekasihnya, Suci Asmarani tahun 2018 dan telah dikarunia anak pertama ini juga bekerja sebagai konsultan komedi pada sebuah rumah produksi. 


Ya, Konten lucu dan menghibur sangat kita butuhkan  selama tinggal di rumah saja karena pandemi. Itulah sebabnya ini saat yang tepat buat komika, penulis dan konten kreator lebih semangat berkarya.


Menurut Ardit, sebuah cerita komedi itu butuh korban. Kalau nonton Srimulat atau lawak di TV jika pelawaknya jatuh terpeleset jadi lucu, nah dia jadi korban untuk menghadirkan tawa penonton. Hehe. Korban ini bisa diri sendiri atau orang lain. 


Jadi, komedi itu sebenarnya tragedi yang ditertawakan ya, hihi. Apapun masalah yang terjadi, bisa jadi komedi bagi Ardit. Misalnya ia mengalami tabrakan eh ia malah berpikir hal itu bisa jadi materi stand up. Eaa. Ia berusaha mencari hal lucu dan menggelitik di dalamnya. Akibatnya, Ardit jadi jarang sedih saat ini karena ia selalu mencari hal lucu itu, haha. Kamu jadi selalu positif thinking ya, Dit.


Sebagai komika, ia juga mengalami masa sulit saat pandemi ini karena job komika offline semua dibatalkan sehingga mempengaruhi pendapatannya. Tapi, ia berusaha mengambil hikmah dan menjalani hidup dan beradaptasi. Apalagi, ia punya bayi sehingga harus lebih hati-hati tidak keluar rumah untuk nongkrong sembarangan. 


Resep Bahagia dengan Ketawa


"Ya, dijalani saja tanpa susah dan sedih hati," tawanya renyah. 




Bagi Ardit, tinggal di rumah saja malah membuat produktif sebagai content creator karena ia menganggur, haha. Ia jadi lebih banyak membuat materi komedi di media sosialnya yaitu Instagram. Hal ini juga menjadi peluang baginya karena ia mendapat banyak pekerjaan sebagai buzzer produk. Jadi, pekerjaan content creator juga menghasilkan ya. Alhamdulillah. 


Sebagai penulis cerita lucu aku jadi ikutan belajar dari tips Ardit nih bagaimana menciptakan konten lucu dan menarik minat pembaca dan penonton yaitu jadilah diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri, maka kamu akan menulis materi lucu dari hati. Dan apa yang disampaikan dari hati akan sampai pula ke hati pembaca. 


Duh, makasih ya Ardit tipsnya aku jadi makin semangat untuk menyelesaikan novel komediku. Setuju banget dengan Ardit, walaupun masa sulit #AyoMajuBersama, kita tetap semangat berkarya di bidang masing-masing, yakin deh rakyat Indonesia mampu menghadapi kesulitan ini bersama-sama.


Jadi nggak sabar deh nonton IG Live @homecreditid minggu depan, apa ya topiknya? Jangan lupa nonton ya, Temans!

Komentar

  1. Selalu ada hikmah disetiap kejadian ya, termasuk saat ini yg membuat siapapun harus tetap semangat dan produktif

    BalasHapus
  2. betul juga sih saya merasa selama stay at home memang malah jadi sangat produktif, banyak nulis, banyak melakukan yang bermanfaat. kalau udah mumet biasanya memang saya nonton acara-acara lucu, buat balikin moodnya lagi

    BalasHapus
  3. Owh yang adain Fun Talkshow ini Home Credit ya.
    Bagus ya karena narsum yang dihadirkan emang menginspirasi.
    Kisah Ardit yang selalu tersenyum dan berpikir positifi di saat sulit bisa jadi contoh buat kita.

    BalasHapus
  4. Arrdit itu sepertinya memiliku 1/4 dunia. Sudah ganteng eh kreatif pula. Semoga ia selalu sukses dengan bidang yang digeluliti, entah sebagai stand up comedy atau content creator. Karena saya percaya apapun yang kita lakukan, passion, dan tak mudah menyerah, pada akhirnya akan membawa kita ke tujuan

    BalasHapus
  5. Bagus tips nya. Masih muda sekali ya dibanding aku hahaha. Tapi umur bukan jadi patiokan buat kita belajar

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah nih nyimak ardi erwandha. Jadi penasaran mba. Dna kondisi skarang juga dbutuhkan hiburan untuk diri sendiiri ya biar tetap happy

    BalasHapus
  7. Ardit Erwandha ini aslinya memang ganteeengg, manis, baik hati dan ramah gitu Mba
    Aku pernah ikutan talk show HomeCredit di Surabaya, dan Ardit yg jadi HOST-nya

    BalasHapus
  8. loh..loh..loh kok aku baru tahu ada komika cakep wkwkwk *semoga akang suami ga baca komen ini* :D sama mba aku juga ga ngikuti sih perkembangan dunia komika jadi terheran2 nih ada yang bening :D kece yah runner up plus bintangin FTV skrg konsultan komedi juga wow..

    BalasHapus
  9. Salah satu komika yg tampangnya oke banget ya dia ini 😁 jarang2 orang cakep milih jadi komedian.
    Acara ig live nya pasti seruuu ya ini mba

    BalasHapus
  10. Emang betul Ardit ya bahwa setiap kejadian, apapun, dalam hidup kita pasti ada sisi lucunya. Bahkan tragedi. kalau sudah ngomong soal tragedi, kitanya kan hanya selalu mengedepankan sedihnya. Jadi lupa deh sisi-sisi lain dari cerita :)

    BalasHapus
  11. Sukses buat zardit. Buat .bak Dedew, ditunggu novel komedinyaa. 😍

    BalasHapus
  12. Membuat orang lain ketawa itu saja sudah bikin bahagia kak, karena tertawa juga adalah obat bahagia. Aku udah lama banget gak nonton stand up comedy, jadi pengen cari video-videonya Ardit saat sedang stand up comedy.

    BalasHapus
  13. Cerita lucu tuh butuh korban...iya banget ya, stand up comedy tuh kadang mengupas sisi-sisi tragedi / pain seseorang tapi bisa dikisahkan dalam nuansa yang lucu...Keren banget emang para stand up comedian seperti ardit ini, harus kreatif

    BalasHapus
  14. Waaah...aku kudet nih, belum tau Ardit ini hahaha :) Ya kalau gitu kita belajar deh sama dia cara menghibur diri saat rungsing di rumah apalagi PJJ anak2 kita wkwkwkwk, biar ga senewen terus ya mbak Dew.

    BalasHapus
  15. Pertama kali liat bannernya Ardit ini, aku pikir bintang drama Korea loo.. Lee Jong-suk.
    Asa miriipp~

    Sukses terus untuk Ardit.
    Dan salut sama kegiatan berbagi ilmunya. Aku yakin siih...kalo mau jago kaya Ardit, jam terbang gak bisa menipu.

    BalasHapus
  16. Aku pernah ikut talk show tentang keuangan. suasanya agak tegang waktu itu. Ya kan memang tema keuangan ini agak berat. Beruntunglah Ardit ini jadi MCnya, jadi lebih mencair suasananya

    BalasHapus
  17. Aku pernah datang ke talkshow yang bahas keuangan. Dengan Ardit jadi MCnya. Bahas keuangan kan tegang ya, sama Ardit bisa cair suasanya.

    BalasHapus
  18. tipsnya mas Ardit ini boleh dipraktekin supaya tiap harinya ga sedih2 atau kesel2 mulu yaa.. semoga kita bahagia dan sehat selalu.. Aamiin..

    BalasHapus
  19. Bah, satu propinsi aku sama si Ardit ini rupanya!
    Baiklah.

    Baidewei, subway,
    Aku setuju banget terutama di bagian ini:

    "... dan apa yang disampaikan dari hati akan sampai pula ke hati!"

    Iyes, segala sesuatu yang dilakukan dari hati, Insya Allah akan sampai ke hati.

    Catat, Hayati!


    BalasHapus
  20. Bikin cerita lucu ga gampang, harus bener2 ahli ya spy bikin org ketawa. Wah pas aku masi di samarinda gak tau sama dia ini malahan

    BalasHapus
  21. Menarik nih ceritanya.. Ttg yg butuh korban itu. Thats why suka banget temenan sm org2 yg lucu. Mrk sk bgt bikin org2 yg jengkelin jd versi lucu

    BalasHapus
  22. Aku belum pernah tau Ardhit Erwandha xixi. Taunya yang sering nongol di tv. Apa jangan jangan udah pernah lihat tapi nggak tau namanya haha.

    BalasHapus
  23. Kalau menurut saya, jadi stand up komedi itu gak gampang. Karena harus bisa membuat cerita lucu, sendirian, tanpa ada kawannya. hehehe
    Salut dengan Ardit yang terus berkarya di masa pandemi seperti sekarang ini

    BalasHapus
  24. Wuiih mimin mau munculin buku komedi baru lagi nih... ditungguin ya Min. Bener juga nih, harus bisa memandang segala permasalahan dari 'sisi lucu'nya yaaa... *phewww...

    BalasHapus
  25. I and my husband like komika. We are watching in television and we are laugh together. Komika is good entertaintment

    BalasHapus
  26. Baru kenal dari sini ada Komika Erdit, aku kenalnya sama Ge Pamungkas, Ernest Prakasa, Kemal Pahlevi, Zawin, Bintang Emon, Babe Cabita, Abdur, mamat Al Katiri dll. Haha malah ngabsen.

    BalasHapus
  27. Aku jarang banget ngerti dunia komika. Tapi Ardit ini ganteng banget ya sebagai komika. Cocoknya jadi artis sinetron. Hihihi. Sukses terus ya Adit. Salut sama semangatnya bertahan dan kreatif di masa pandemi

    BalasHapus
  28. Iya banget, supaya hidup selalu bahagia, kita kudu banyak tertawa. Apalagi di masa pandemi yang kalo dipikirin ini itu gampang bikin stres. Ketawa kudu lebih dibanyakin. Biar selalu bahagia, awet muda, dan gak stres. :D

    BalasHapus
  29. Udah mulai jarang merhatiin komika, pdhl dulu di awal2 kemunculannya suka jg hehe.
    Emang komedi butuh korban, asal gak keterlaluan aja hehe.
    Setuju banget, jd diri sendiri lbh menyenangkan drpd harus berpura2 jd org lain ya mbak :D

    BalasHapus
  30. Pandemi ini emang bener2 memberikan dampak ke semua orang termasuk komikus, influencer juga ya. Pinter2nya kita aja biar bisa tetap terus kreatif dalam berkarya. Dan bener banget, dalam situasi seperti ini kita tetap harus menjalaninya dengan ceria tanpa rasa susah dan sedih

    BalasHapus
  31. Wow masih mida banget ya belom ada 30 tahun 😁

    BalasHapus
  32. Baru tau namanya komika erdit aq kenalnya ge pamungkas gitu kak, pastinya lucunya sama2 yah

    BalasHapus
  33. Kalau soal lucu, Ardit ini menurut saya masih di bawah komika seangkatan dia seperti Bintang Emon atau bahkan Marsel. Tapi, dia memang punya persona sebagai komika ganteng yang rupanya sangat mendukung karirnya. hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar