3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon

Dear Temans,
Selama #StayAtHome di masa pandemi corona ini apa saja yang jadi hiburan kalian? Ya, menjalani kehidupan di rumah saja tak bisa kemana-mana tentunya menimbulkan kejenuhan ya. Maka kita butuh hiburan agar tidak jenuh dan stres. 

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon
3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon 


Ada yang menghibur diri dengan menonton drama Korea, ada yang suka main musik, main gim, menggambar, Tiktokan, hingga menulis cerita pendek. Apa saja hiburan kalian sah-sah saja kok asal tidak melanggar norma dan hukum yes, hihi.  

Nah, beberapa bulan ini aku suka nonton drama Korea. Beberapa drama berhasil kutamatkan seperti Itaewon Class, Doctor Romantic 2 hingga Black Dog. 

Selain itu, aku juga menamatkan buku bacaan seperti Mantappu Jiwa karya Jerome Polin dan serial Anne of The Green Gable, lalu membaca ulang Bumi Manusia milik Pramoedya Ananta Toer. Membaca buku dan nonton drakor ampuh banget untuk jadi obat anti jenuh selama di rumah. 

Setelah seharian mendampingi anak-anak belajar online, mengerjakan tugas rumah dan mengerjakan job menulis, hiburan banget deh nonton dan baca buku. Apalagi genrenya komedi, yes!  Suka!

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon
Baca komik lewat HP

Beberapa waktu lalu, aku lihat IG story seorang teman dan ia mengulas komik yang dibacanya di Webtoon. Menarik juga ya baca komik online. Aku juga penggemar komik tapi konvensional alias berbentuk buku cetak. 

Mulai dari serial Tintin, Smurf hingga serial Hai Miiko, Slamdunk, Barakamon, hingga Death Note. Kesukaanku membaca komik pun menular pada kedua anakku, mereka suka baca komik dan manga seperti Hai Miiko, Yatsuba, Smurf, hingga Ghost School Day dari Dar! Mizan. 

Jangan lupa, ada komik Emak Irits yang kocak dan menggelitik karya Rahmi Aziza, sahabatku. Komik ini sekarang terbit di KaryaKarsa.com. Tokoh Emak Irits ini ikon mamak zaman now yang mampu hidup bahagia dan nyaman dengan cara sederhana dan irit. Hehe. Kita banget, kan!

Ya, membaca komik memang menyenangkan karena kita tak hanya disuguhi tulisan tapi juga gambar yang menarik. Lebih mudah dibaca dan dicerna daripada novel. 

Tak heran, kalau kini bahan pelajaran anak-anak di sekolah pun berwujud komik. Seperti seri Confidence in Science, seri komik sains untuk anak SD dari Korea Selatan. Keren banget, ya? 

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon
Baca komik Real Masjid 

Dulu, buku pelajaran sekolah terasa membosankan untuk dibaca dan bikin mengantuk. Komik seolah jadi barang haram untuk anal-anak karena dituding penyebab anak malas belajar. Dan sekarang komik malah jadi media pembelajaran? Daebak! 

Akhirnya, aku pun mengintip aplikasi yang ia gunakan untuk membaca komik online. Ternyata, ia baca komik di Webtoon, aplikasi membaca komik online yang sudah tersohor. Gimana tidak beken, beberapa drama Korea seperti Itaewon Class dan Cheese in The Trap diangkat dari komik online Webtoon. Keren, ya? 

Komik Seru Emak Irits

Jadi berkhayal, coba ya serial Anak Kos Dodol Dikomikkan bisa diterbitkan di Webtoon, Mau! Colek #KJati, hehehe. 

Setelah instal aplikasinya aku pun menjelajahi Line Webtoon. Seru juga lho ternyata. Komik dibagi menjadi kategori atau genre, mulai dari aksi, komedi, romantis, drama hingga fantasi serta slices of life. Setelah klik kategorinya bakal muncul tuh beberapa judul komik yang memiliki peringkat teratas. 

Nah, ada 3 komik rekomendasiku di Webtoon. Apa saja judulnya? Kita intip bareng ya!

1. Dulu Gwen, (Pernah)

Komik Gwen ini direkomendasikan oleh my girl Nailah yang suka baca serialnya duluan. Ditulis dan dikomikin oleh kreator Indonesia Sisifafa dan Romy Hernadi. Kini ceritanya sudah mencapai episode 275 dan tetap banyak penggemarnya, lho. 

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon



Berkisah tentang Gwen, seorang anak SMA yang bertubuh gendut. Komik ini masuk dalam kategori Slice of Life yang berisi kisah-kisah pendek tentang kehidupan tokohnya. Ceritanya lucu tapi kadang bikin miris.

Seperti dalam salah satu episode. Diceritakan Gwen pernah belajar kelompok di rumah temannya.  Ketika ibu temannya pulang kantor, ia mengangguk hormat pada Gwen. 

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon
Komik Gwen yang kocak

Bahkan saat diberikan camilan, ia pun diistimewakan di piring tersendiri. Gwen keheranan tapi tersanjung. Ternyata, pas akan pulang, ibu temannya bertanya dengan hormat, bagaimana pelajaran anaknya di sekolah? Doeng! Ternyata ia disangka ibu guru! Arggh!

2. Lazy Cooking

Komik berikutnya adalah Lazy Cooking karya Sibbil. Sesuai namanya, komik ini berisi resep sederhana untuk dipraktekkan. Taglinenya Dapur Sederhana untuk Anak Kos. Biarpun sederhana, komik dengan gambar manis ini sudah dibaca 1.2 juta orang dan sudah masuk season kedua, lho. 

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon
Komik Lazy Cooking

Salah satu ceritanya berjudul Banana Roti. Tokoh komiknya antre membeli Rotti India terkenal. Pas gilirannya, eh bapaknya garuk pantat dong! Huaa. Akhirnya, ia coba membuat roti pisang sendiri di kos dengan bahan yang ada. Hihi. Kata Nailah, baca komik ini bikin perut lapar! 

3. Top Corner

Komik aksi karya Yoon Sung dan Lagoon ini terbilang baru tayang di Webtoon. Episodenya baru 33 episode. 

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon
Komik Top Corner 

Bercerita tentang Sijun Ahn, seorang anak SMA jenius matematika yang terjun jadi pesepakbola karena ingin menyelesaikan kasus kekerasan di sekolahnya. Ia bermain sepak bola sesuai perhitungan matematis. Seru juga lho walau aku baru baca beberapa episode awal. 

Nah, itu beberapa komik yang aku baca di Webtoon. Ternyata, baca komik online seru ya, hehe ketinggalan eyke! Jadi berkhayal, nanti aku bisa berkolaborasi dengan komikus untuk bikin serial sendiri di Webtoon dan dibaca jutaan orang. Aamiin!




3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon
Beli koin di Webtoon dengan GoPay

Oh iya, saat ini kan aku mengikuti serial Top Corner. Setelah episode 35, ternyata ceritanya berupa preview. Untuk kalian yang ingin baca episode lanjutan harus membeli koin di Webtoon. Atau menunggu 20-33 hari agar episodenya bisa dibuka untuk umum. 

Duh, nggak sabar dong harus menunggu baca episode selanjutnya apalagi kalau sedang seru-serunya, ya! Lebih baik beli koin daripada penasaran! 

Beli Koin Webtoon Pakai GoPay

Ternyata, beli koin Webtoon lebih mudah lho pakai GoPay. Penasaran bagaimana caranya? Intip ya!

1. Masuk ke Google Play Store lalu ke menu “Metode Pembayaran”.

2. Pilih “Tambahkan GoPay” sebagai metode pembayaran.

3. Klik lanjut.

4. Masukkan PIN GoPay. Bila PIN belum terpasang maka pasang PIN GoPay sebanyak 6 digit.

5. GoPay sudah terhubung untuk metode pembayaran di Google Play. Untuk membeli koin, masuk ke aplikasi Line Webtoon klik Beli Koin dan pilih metode pembayaran dengan GoPay dan klik. Mudah!

3 Rekomendasi Komik Segala Umur di Webtoon


Komentar

  1. Waaahhh, GoPay keren buangett banyak promo yg menggiurkan ya Mak.
    Mau ceki-ceki ahhh
    Biar ada kegiatan selama #dirumahaja

    BalasHapus
  2. Wah lucu2 komiknya. Saya belum pernah baca webtoon hahahaha ndeso lha pokoke, soalnya emang dasarnya suka baca fisiknya. Tapi suamiku juga berlangganan krn dia suka komik2 anime jepang gtu mbak. Kdng ketawa2 dewe haha. Wah skrng beli koinnya praktis ya bisa pakai gopay

    BalasHapus
  3. Aku taunya Smurf, Tintin sama Mak Irits. Yang laen ga mudeng hahaha. Komik Lazy Cooking itu kayaknya worth to try. Try to read maksudnya. COba jaman sd pelajarannya udah kayak komik gini asik banget ya *ya udah lah sadar umur aja*

    BalasHapus
  4. Rekomendasi adekku favorit part mak tapi aku juga belum baca sih. Eh ada komik Mak Irits di sini 🤩🤩

    BalasHapus
  5. Nah ini dia kalo kudu beli koin harus pikir2 dulu 🤣 temenku udah banyak nih yg baca webtoon. Akunya aja blm keracunan. Btw creator webtoon di Korea tuh ada bbrp yg mayan terkenal bisa sampe setara artis lho, fans nya. Keren ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rasanya kayak gimanaaa gitu pas di tengah-tengah cerita kok disuruh beli koin. Mendingan langsung bayar pake Gopay gini biar cepet kelar bacanya dan enggak penasaran.

      Hapus
  6. Waaah boleh banget nih rekomendasi komik segala umurnya. Anak2 gadisku suka bgt komik ketimbang baca buku cerita. Wah bayarnya bs pake gopay ya asik jg nih. Jd gampang

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah nih baca komik online gini.. ternyata ada webnya yak hehe kemana aja yak.. mungkin karena aku ngga terlalu suka baca komik juga kali ya jadi ngga update tentang komik digital gini.. beda banget sama adikku dia suka banget baca komik hihi.. sip sip aku info juga deh ke adikku dan anaknya kebetulan juga suka baca komik

    BalasHapus
  8. asyik ya Mak sekarang GoPay bisa buat bayar apa aja, nggak cuma gojek, gofut, hehehe, pokoknya makin memudahkan deh

    BalasHapus
  9. saya pembaca komik Hai Miko, salah satu favorit komik dn blum pernah baca komik yang lainnya hihi tetapi kok ini rekomenadasi komiknya lucu dn seru ya.. jdi penasaran

    BalasHapus
  10. Ya ampyuuuuuunnn seru amat sih kita bisa baca komik lucu bayarnya pakai GoPay. Emang zaman canggih bener deh, hiburan kita bisa ngakak2 sendiri nih. Segala usia ini ya aman kan?

    BalasHapus
  11. Hahahha andalanku kalau lagi bosen buka webtoon keasyikan baca ini itu koin abis alngsung beli koin via gopay dna biasanya dapet cashback lumayan ehehehehe

    BalasHapus
  12. Lhaah..aku kok blom kenalan sama Webtoon ya? Hihi.. kepoin dulu ah..

    BalasHapus
  13. kesukaanku tuh lazy cooking. baca komik tapi sambil belajar masak hehe.. idenya kreatif bgt sih webtoon yang satu itu.

    BalasHapus
  14. Yang seneng mbaca komik di rumah anakku sulung mba. Termasuk real masjid, dia punya bbrp seri. Klo yang IPTEK, mbeli yang Why itu.. klo aku seneng novel..entah knp, klo komik ga bisa fokus bacanya..Krn mesti misah tulisan sama gambar...

    Btw, klo di Webtoon..komik2nya udah bahasa Indonesia, atau masih bahasa asli mba?

    BalasHapus
  15. Seru ya, sekarang beli aplikasi di Google Play bisa pakai Gopay, apalagi ada promo-promo yang menarik. Jadi ada alternatif buat beli konten yang edukatif, sebagai akternatif game online utk anak lanang yang lagi full learning from home neh

    BalasHapus
  16. Akutu udah kenal webtoon dari anakku, mbak. Tapi terus hapeku eror jadi ilang. Kemarin akhirnya aku install lagi dan asik dong bisa baca komik lucu. Ngakak dewe, hahahaa.

    BalasHapus
  17. Ajak jav baca top corner ah... Icip dulu sampai 35, kalau seru baru beli koinnya hihihi... Praktis ya bisa beli koin webtoon pakai gopay...

    BalasHapus
  18. Wah makasih mbak rekomendasi komik segala umurnya, anakku kalau disuruh baca buku agak masalah nih, kalau suruh baca komik cepet banget haha cuma kayaknya kudu pinter ngelola yaa, karena tentu juga jadi tambahan biaya

    BalasHapus
  19. Aki paling suka dengan genre slice of life, ngikutinnya enak dan ngga banyak menguras emosi... Klo komik2 masih jrg bgt kusentuh nih, masih sukanya buku ato film

    BalasHapus
  20. Tampilan komiknya unyuk unyuuk yaaa... Aku jarang banget nih baca komik. Vivi juga kok kebetulan sukanya novel, ga pernah baca komik. Tapi pernah ya aku buka-buka ig, eeeh ketemu komik yang tokohnya cewek, Nyinyi namanya, koq ya jadi suka untuk ngikutin postingan selanjutnya.

    BalasHapus
  21. nanti kalo adek yaya udah bisa baca, bunda kasih tau ke adek yaya ya bude, komik webtoon ini. makasih ya bude udh berbagi info sekeren ini..

    BalasHapus
  22. Aduhh ke mana aja ya.. udah lama dengar webtoon tapi belum kesampaian lirik. Ternyata kece2 juga ya mba koleksinya.. hmm pada waktunya boleh nih dikenalkan ke anak2.. pembeliannya juga mudah ya bisa pake gopay aja.. sip sip. Catat..

    BalasHapus
  23. Aku juga sekarang suka beli2 di apps pakai gopay, praktis banget.

    Btw aku blm pernah baca komik di webtoon, ternyata mengasyikkan juga ya

    BalasHapus
  24. Wah kita sama mb penyuka komik Tintin, smurf dan haji miiko...aku jg udh beli komiknya Mak irits lucu n gemesin.anakku jg ketularan suka bc komik

    BalasHapus
  25. OMG beli coin webtoon bisa pake gopay?!!! Asyiik. ngikutin komik web toon banyak banget, tapi yg paling bikin penasaran tuh The Secret of Angel. Lagi seru2nya eeeh bersambung minggu depan. Bikin gregetan.

    BalasHapus
  26. Yang ga bayar banget semua serial ada ga sih di webtoon. Mo baca dari dulu mikir2
    Mending baca bukunya. Tapi seru ya skrg bisa gopay juga buat bayar

    BalasHapus
  27. Aku mauuu...
    Nyari-nyari rekomedasi baca komik dimana yaa...soalnya kangen sama serial cantik, serial misteri, kaya jaman aku muda dulu.
    Ehhehe~

    BalasHapus
  28. Wah sekarnag baca komik jadi lebih mudah ya. Aku nggak begitu suka baca komik sih. Tapi sekalinya nemu komik yang asyik nggak bisa berhenti wkwk.

    Komik favorit sepanjangssepanjang Masa Detective Conan sama The Glass Mask. Oh yaa.. sama Mak Irit dong hehe. Ayo mbak Dedew novelnya dikomikin.. aku siap baca..

    BalasHapus
  29. Wah sy blm pernah nih buka webtoon...mau akh coba , pengen baca komik lucu

    BalasHapus
  30. Haish ... Webtoon, si Anya yang suka nongkrongin webtoon. Betah banget dia kalau udah mantengin. Suka pake ngikik ngikik sendiri pula

    BalasHapus
  31. aku tuh pecinta komik lhooo mba dan seneng koleksi jugaa..mauu ah baca yang seru -seru di webtoon

    BalasHapus
  32. bagus bagus ya mba komiknya ? koko juga lagi suka baca komik, ntar install webtoon juga

    BalasHapus
  33. Aku tuh baca online ya hanya baca-baca komik seperti di webtoon itu. Malah baca komiknya Itaewon Class dulu baru nonton dramanya :)
    Pulsa habis karena kebanyakan beli komik di Googlebooks by Google Play.

    BalasHapus
  34. Ya ampuun... komik mah bacaan saya pas SD Mak, eh jangan-jangan kita seumuran, hihihi. Btw, anak kos dodol nih lucu banget. Dibaca bolak balik pun daku pasti ngakak. Gak tahunya yang nulis bloger juga, hehehe. Cuss ah ke webtoon cobain rekomennya

    BalasHapus
  35. keren ini jadi pengen ikutan deh mbk seru banget baca komiknya. kalau komik mak irit belum pernah baca, pakai aplikasi jadi mudah ya

    BalasHapus
  36. Wah lucu ya komuk-komiknya. Jadi tertarik buat rekomendasiin ke Mba Lintang. Lumayan buat mengisi waktu selama di rumah aja

    BalasHapus
  37. Waah ternyata bisa juga ya mbak baca komik online. Aku belum pernah loh meski pernah dengar webtoon ini. Jadi pengin coba baca juga

    BalasHapus
  38. Setuju buanget, Mbak. Sampai typo ya, ingin menunjukkan bahwa setuju sekali dengan Kakak mimin, kalau setelah seharian berkutat dengan mendampingi anak dan bekerja, enak sekali drakor dan buku. Nah sepertinya saya ingin ke komik online ini deh. Karena belum sama sekali nyoba kesitu. Terima Kasih ya informasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar