Menikmati Tahu Serasi Oom Shin Khas Bandungan di Kabupaten Semarang

Morning Sedulur,
Bagaimana keadaan Sedulur? Bagaikan mimpi buruk, pandemi Corona merebak dan korban berjatuhan di dunia, Indonesia tak luput dari pandemi ini. Korban yang terjangkit sudah mencapai 700 an orang ya, Astaghfirullah.

Tahu Serasi Oom Shin Bandungan
Tahu Serasi Oom Shin Bandungan

Anak-anak dan karyawan akhirnya harus sekolah dan kerja di rumah. Di Ungaran, mobil patroli rutin berkeliling untuk menghimbau masyarakat tidak nongkrong dan kembali ke rumah masing-masing. 

Para sedulur diwajibkan pemerintah untuk pembatasan sosial dan stay at home untuk mengurangi penularan virus. Sudah sekitar 10 hari di rumah, rasanya kangen ingin jalan-jalan dan ngobrol di kafe dengan sahabat ya, huhu. Sabar ya Sedulur, ayo kita patuhi arahan Pemerintah dan jadi pahlawan dengan stay at home and stay healthy.  Semoga situasi cepat membaik ya, aamiin! Stay safe, Sedulur!

Tahu Serasi Oom Shin Bandungan
Harga tahun lalu hehe 

Nah, kali ini Mimin Semarang Coret ingin berbagi tentang kelezatan tahu Bandungan yang sudah tersohor. Sudah tahu kan daerah Bandungan di Kabupaten Semarang? Sering dijuluki daerah Puncaknya Semarang. Jika Bogor ada Puncak, Semarang punya Bandungan, hehe. 

Beberapa waktu lalu, Mimin Semarang Coret diajak untuk menikmati tahu khas Bandungan langsung di tempat asalnya, Bandungan. Ya, tahu asal Bandungan ini cukup tersohor di Jawa Tengah dan kerap dijadikan oleh-oleh. 

Tahunya enak dan tidak terlalu kenyal. Dimakan panas-panas saat baru selesai digoreng dengan cocolan sambal kecap, enak tenan. Apalagi, udara Bandungan yang dingin sangat mendukung ya, bikin cepat lapar!

Tahu Serasi Bandungan Oom Shin Kab. Semarang

Selain tahu, juga ada susu sapi dan susu kedelai. Banyak juga lho kedai yang menjual tahu khas Bandungan ini. Tinggal pilih mau nongkrong di mana. 

Nah, Saat itu Mimin mampir bersama teman-teman di Tahu Serasi Oom Shin Bandungan. Selain menjual tahu, dan susu, kedai ini juga menjadi tempat produksi tahu. Jadi, sambil duduk menikmati susu kedelai dan tahu, kita bisa melihat langsung proses pembuatannya. Sayangnya, saat itu masih terlalu pagi jadi belum ada aktivitas produksi. 

Tapi, tak mengapa karena beberapa tahun lalu, Mimin pernah menyaksikan cara membuat tahu langsung di Bandungan ini bersama anak-anak Sekolah Kucica. Kami bahkan sempat mencoba membuat tahu sendiri lho, seru! 

Saat Mimin tiba pagi itu, kesibukan mulai terasa  di kedai. Beberapa pegawai mulai merapikan meja dan menyusun barang dagangan. Satu-persatu pelanggan datang  memesan tahu dan susu kedelai untuk dibawa pulang. 

Tahu Serasi Bandungan Oom Shin Kab. Semarang

Tahu Serasi Bandungan Oom Shin Kab. Semarang

Berhubung perut lapar,  langsung deh kami memesan beberapa  susu kedelai dan sepiring tahu goreng. Tak lama, pesanan kami diantar. Wah, susu kedelainya nampak segar dan panas banget! Hihi, kayaknya kalau langsung diminum, bibir dan lidah langsung melepuh, Lur! Hihi. 

Akhirnya, kami mengobrol ngalor-ngidul dulu sebelum bersantap. Alhamdulillah, tak lama kami pun bisa menyantap tahu dan susu kedelai yang lezat ini. Ah, rasanya memang juara! Pantas saja tahu Bandungan selalu dirindukan oleh yang pernah mencicipinya. 

Ya Allah, Semoga saja wabah Corona ini segera berlalu, dan aktivitas bisa kembali berjalan seperti biasa. Kita bisa kembali piknik, jalan-jalan, dan menikmati kuliner Tahu Bandungan di Kabupaten Semarang, aamiin! 


Komentar

  1. Ngiler ya Teh, pengen mencicipi lagi wkwkw masih anget pula
    aku pengne juga ngincip tahu sama susu kedelainya teh. Lezat pasti ya
    semoga wabah corona segera hilang aamiin

    BalasHapus
  2. aku juga suka aneka tahu mbak, malah lebih suka yang putih biasa gini, diapain aja bisa tetap enak ya hehehe

    BalasHapus
  3. aku juga suka aneka tahu mbak, malah lebih suka yang putih biasa gini, diapain aja bisa tetap enak ya hehehe

    BalasHapus
  4. sekarang kasus di Indonesia sudah mencapai 1000lebih huhu semoga segera berahir, sebagai pecinta gorengan dengan cocolan jdi pengen nyobain rasa tahu khas bandungan ini hehe

    BalasHapus
  5. Saya pernah dua kali ke Bandungan dan pulangnya beli tahu serasi buat oleh-oleh, mbak. Tapi belum sempat mampir di kedai dan makan tahu goreng serta minum susu di sana. Wah, kayaknya enak ya, apalagi bareng keluarga hehe.

    Kapan-kapan kalau ke Bandungan lagi semoga bisa nongkong di Kedai Tahu Serasi Om Shin, biar tambah gayeng :)

    BalasHapus
  6. Waah pengen nyicip juga nih Tahu Serasi khas Bandungan ini. Catat dulu tempatnya aah..

    BalasHapus
  7. Enak tenan tahu bandungan. Mendut dan empuk rasanya. Bener kalo dicocol sambel kecap enak

    BalasHapus
  8. Selain tahu serasi Ungaran aku juga suka tahu Bandung. Yummy semua, susah berhenti kalau sudah ngemilin tahunya

    BalasHapus
  9. Aku juga suka tahu Bandungan. Tekstur dan rasanya memang beda ya. Apalagi tahu Bandungan om Shin ini, pengen deh cobain

    BalasHapus
  10. Iya nih min, udah pengin ke Bandungan lagi beli susu kedelai yang gurih gurih nyoiyy itu dan makan tahu panas-panas dicocolin sambel kecap

    BalasHapus
  11. Tahun lalu sempat mau kesini sama teman-teman kursus masak, tapi malah diubah ke kampung pembuatan intip. Ya semoga tahun ini bisa main kesini. Kalau rasa tahunya hampir sama kayak tahu Singkawang. Sering beli di warung dekat rumah juga jual

    BalasHapus
  12. Mimin.. itu coba tahu dikirim kesini, saya suka banget sama tahu loh min.. jadi laper nihhh

    BalasHapus
  13. ouu udah lama banget ga makan tahu bandungan ini min, padahal lumayan deket loh kalau dari tempatku.

    BalasHapus
  14. Kalo ada kesempatan ke semarang lagi aku pengen nyoba deh, tapi yg udah di goreng aja biar langsung hap

    BalasHapus
  15. Aku paling suka sama tahu dan olahannya. Tapi kalo tahu gini aku baru tau nih, Tahu Serasi Oom Shin. Sama gak sih sama tahu bandung biasa gitu?

    BalasHapus
  16. Mbaaaa, aku blum pernah ke Bandungan *CRY*
    Dulu pernah aku ada kerjaan di Semarang, trus bossku kok lamaaaaa ngga muncul2, eh ternyata doi malah cuss ke Bandungan hahahahah
    Nanti kalo corona udah berakhir, aku mauuuk banget ke Bandungan, maem tahuuuu!

    BalasHapus
  17. sedih memang pandemi Corona ya mbak.. update sekarang malah udah 1000 lebih penderitanya huhu semoga cepat berlalu, btw aku awal maret lalu ke Semarang sayang nggak nyobain tahu ini soalnya memang nggak tau mudah2an next ke Semarang lagi wajib nyobain

    BalasHapus
  18. Waktu main ke Bandungan, Mamin Arenga gak lupa dong mencicipi tahu ini. Termasuk susu kedelenya. Jadi kangen Bandungan :)

    BalasHapus
  19. Jadi kangen Semarang. Kangen jalan2 sambil berbagi lagi. Semoga ada jesempatan ke sana lagi, biar sekalian nyobain tahu ini

    BalasHapus
  20. Oh itu namanya Tahu Serasi. Mbakku kemarin habis piknik dari Semarang dan beli itu tahu. Lha kok gak kaya tahu biasanya gitu. Tapi enak memang sih

    BalasHapus
  21. Daku pernah dioleh-olehi Tahu Bandungan ini, dan benaran suka, anak-anak sampai minta beli tahu itu kalau misalnya ada yang ke Semarang dan mampir Bandungan.

    BalasHapus
  22. Pernah dengar daerah Bandungan di Semarang, katanya semacam daerah puncak. dan ternyata juga ada kuliner yang khas Bandungan, Tahu serasi ini. Bentuknya sekilas spt Tahu kediri tapi warnanya broken white (tahu kediri warna kuning kunir)

    BalasHapus
  23. Duh, lagi kangen deh aku sama tahu langganan. Mirip sama tahu ini. Tapi saying, sekarang gak jualan. Btw, jadi penasaran dengan rasa Tahu Serasi Om Shin ini.

    BalasHapus
  24. Aku suka banget makan tahu goreng, tapi belum pernah nyobain tahu oom ini mbak, jadi penasaran banget, nanti kalau saudaraku ke Semarang coba mau nitip ah

    BalasHapus
  25. Takpikir tahu bandung ternyata bandungan semarang. Coba coba dikirim ke tangerang siap menerima

    Amiin moga badai ini segera berlalu

    BalasHapus
  26. Jadi inget deh kapan hari piknik ama ibu2 PKK pada ke Bandungan. terus pada turun beli tahu...saya malah cuek aja. Dalam hati yaelah, tahu juga di solo ada.. eh, ternyata beda yak tahunya...huhuhuuh

    BalasHapus
  27. Hmmm kebayang nikmatnya makan tahu hangat dan susu hangat juga. Apalagi kalau tahunya dicocolin dengan sambal, wuih terasa nikmatnya ya

    BalasHapus
  28. Wah enak banget nih. Makan tahu lalu minumnya susu kedelai. Anak-anakku suka banget susu kedelai dibandingkan susu sapi.

    BalasHapus
  29. Susu kedelainya itu menggoda banget mba, duuh seger pasti nih.

    BalasHapus
  30. Wah bisnis tahunya nih keren, gak cuma jual tahu tapi jualan susu kedelai juga ya :D
    Itu kalau tahunya dibawa ke Jakarta buat oleh2 dr Semarang gyu kira2 tahan gak ya mbak? :D Eh tapi kalau naik pesawat ya tahan2 aja sih ya kyknya :D

    BalasHapus
  31. pabriknya bersih..., makanan tahu jadi pavorite, berprotein dan murah. terus banyak cara untuk mengolahnya gak ngebosenin makan tahu..

    BalasHapus
  32. Saya tuh suka sama kacang2an. Makanya saya pun suka banget sama tahu atau tempw, tapi kalau disuruh milih saya milih tahu. Lebih enak aja sih menurut saya.. xixixi.. ini nanti bisa jadi rekomendasi nih beli tahu serasi kalau ke semarang.

    BalasHapus
  33. Wah belum sempat ke Bandungan waktu tinggal di Semarang, jadi kangen Semarang nih. Pengen nyobain tahu om Shin, udah krbayang enaknya

    BalasHapus
  34. Aku yakin ah baru tahu ada rahu ini. Ke amna aaja. Mungkin ufah pernah makan tapi belum ngeh aha kali ua

    BalasHapus
  35. Wow enaknya, kalau ke Semarang saya harus nyobain ini. Cemal-cemil tahu juga bisa menjadi kegiatan yg asyik ya di rumah.

    BalasHapus
  36. Enak banget ini buat menemani kegiatan sehari-hari di rumah, wah jadi pengen ke bandung

    BalasHapus

Posting Komentar