Rabu, 05 Februari 2020

Tips Membuat CV Berbahasa Inggris Yang Memikat

Morning Sedulur,
Ada yang sedang berburu pekerjaan? Semangat ya! Bagi para pelamar kerja yang akan melamar di perusahaan internasional atau multinasional tentunya harus membuat CV Bahasa Inggris.

Perusahaan biasanya lebih mengutamakan para pelamar dengan CV yang menggunakan bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. 
Soalnya, hal ini dapat jadi tolak ukur calon pelamar akan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Padahal belum tentu juga ya, kan sekarang bisa mencontoh CV dari mana saja, hihi. 
Tidak perlu bingung, inilah contoh CV bahasa Inggris yang bisa dijadikan referensi. 
Apa itu Curicullum Vitae? 
CV atau curriculum vitae adalah suatu dokumen yang berisi kualifikasi dan pengalaman seseorang beserta latar belakang pendidikannya. 
Sebuah CV akan memudahkan perusahaan dalam menilai apakah pelamar kerja bisa memenuhi kualifikasi yang diinginkan perusahaan. Jadi, jangan asal bikin ya karena CV berpengaruh terhadap diterima tidaknya Sedulur pada perusahaan idaman.
Fungsi CV adalah  media untuk memperkenalkan diri kepada pihak perusahaan tempat mengajukan lamaran pekerjaan. Melalui CV, perusahaan bisa mengetahui nama, pendidikan, keahlian dan sertifikat yang dimiliki oleh pelamarnya. Jika sudah memiliki pengalaman kerja juga bisa dicantumkan dalam CV.
Kalau Mimin Semarang Coret sebagai blogger, pakainya rate card dan portofolio hehe untuk memperkenalkan diri Mimin. 
1. Gunakan Format yang Tepat 
Hindari format yang bertele-tele. Tuliskan daftar riwayat hidup dengan ringkas, padat dan jelas. Pastikan informasi pribadi, seperti nama, alamat, email dan nomor telepon dicantumkan dalam CV. 

Tuliskan juga skill dan strong point yang dimiliki oleh Sedulur dengan jujur. Selain itu, cantumkan pendidikan, prestasi dan pengalaman kerja.
2. CV untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman
Walaupun Sedulur belum punya pengalaman kerja, tetap bisa memikat tim HRD perusahaan, lho.  Tambahkan kegiatan positif yang pernah dilakukan ketika masih sekolah atau kuliah. Seperti menjadi volunteer, Ketua BEM dan sebagainya. Juga masukkan berbagai prestasi yang pernah diraih. Hal ini akan jadi nilai tambah. 
3. Gunakan Desain yang Simpel 
Sebelum membuat CV, jangan lupa melakukan riset kecil-kecilan pada perusahaan yang dilamar. Jika melamar dalam bidang banker, finance sebaiknya gunakan CV dengan desain yang simpel. 
Beda ceritanya jika Sedulur melamar pada perusahaan yang bergerak di bidang kreatif seperti perfilman, desain grafis, pelriklanan, dan lainnya, sebaiknya gunakan desain unik dan menarik untuk memikat perusahaan dan menunjukkan keahlian dan imajinasi Sedulur.
Apa saja isi CV Sedulur? 
1. Rincian Pribadi (Personal Details)
 Di dalam CV tentu saja memuat data diri dan juga informasi pribadi. Seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, email dan nomor HP yang bisa dihubungi. Pastikan juga alamat email yang dicantumkan menggunakan nama jelas. Jangan pakai nama alay ya, hehe. 
2.  Rincian Pendidikan 
Poin lainnya yang harus ada dalam CV adalah riwayat pendidikan. Sedulur bisa menuliskan riwayat pendidikan mulai Sekolah dasar sampai pendidikan terakhir yang ditempuh. Cara penulisannya bisa diurutkan mulai dari pendidikan yang terakhir terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah perekrut untuk melihat latar belakang pendidikan. 
3. Sertifikat Keahlian  
Apabila memiliki keahlian yang tersertifikasi bisa dicantumkan juga dalam CV. Hal ini bisa memberikan nilai tambah, lho. Semakin lengkap keterampilan yang dimiliki akan semakin besar peluang untuk diterima. Terlebih sertifikat yang dicantumkan sesuai dengan posisi yang dilamar.


4. Pengalaman Kerja 
Apa saja pengalaman kerja Sedulur yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar? Jangan lupa cantumkan di bagian pengalaman kerja. Pengalaman kerja ini bisa membantu dalam mendapatkan poin plus yang bisa dipertimbangkan. 
5. Kepribadian 
Dalam bagian CV yang satu ini bisa mencantumkan beberapa karakter pribadi. Misalnya menuliskan hobi yang dimiliki dan hal-hal lain yang berkaitan dengan itu. Seseorang yang memiliki work-life balance akan lebih dipertimbangkan oleh perusahaan. Alasannya karena memiliki kemampuan menghadapi tekanan kerja dengan baik. 
Itulah informasi mengenai contoh CV Bahasa Inggris. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal CV? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

Sumber Foto: Pixabay.com



20 komentar:

  1. kirain ada form englishnya, tinggal ganti2 gitu. hehe

    BalasHapus
  2. Sekarang nggak cuma butuh CV bahasa Indonesia ya..
    Penting banget bisa bikin cv in english..
    Mau dong contohnya heheh

    BalasHapus
  3. Betul y mb jgn asal bikin CV Krn berpengaruh diterima/tidaknya kita di perusahaan.minimal dipanggil u wwcr

    BalasHapus
  4. kemampuan atau skill yang dikuasai juga bisa ditambahkan dalam CV. biasanya itu juga jadi acuan sebuah perusahaan.

    BalasHapus
  5. makasih mak, perlu kukasih ke ponkanku yang barusan lulus nih. kalau aku sudah ketuaan kali ya lamar-lamar gini hihihi

    BalasHapus
  6. Sekarang banyak juga template2 yg keren mbak tinggal diikuti aja dan dimodif sesuai kepribadian kita

    BalasHapus
  7. Bagus nih buat yang mau bikin cv apalagi kalo pakai bahasa inggris pasti punya nilai plus dan smoga makin besar peluangnya

    BalasHapus
  8. Bisa jadi referensi nih, kalau Anya udah lulus kuliah nanti. Ya ampooonnn ... Anak belom lulus SMA juga hahaha

    BalasHapus
  9. Aku punya CV yg bagus, tapi CV ku gak pernah kubuat lamar kerja dong 😂 aq terjebak di zona nyaman 😂 kasian sama ijazahku gak si gak pernah kepake huhu

    BalasHapus
  10. Bikin CV bahasa inggris & bahasa Indonesia prinsipnya sama kan, CV itu harus bisa menjelaskan tentang kemampuan diri kita yg dibutuhkan perusahaan.

    BalasHapus
  11. Jadi ingat zaman lulus kuliah dulu, nyiapin CV Dan lamaran kerja selalu dua versi; Inggris dan Indonesia. Lihat jenis kerjaannya...kalau Cari yang bisa bahasa Inggris/ lowongannya pakai bahasa inggris.. kirim pakai CV Inggris hehe.

    BalasHapus
  12. Yup, sekarang banyak template loh, di canva juga ada. Tinggal edit-edit aja.

    BalasHapus
  13. ((Ketua BEM))

    Jadi penasaran gimana CV kaum rebahan, wkwkwk

    BalasHapus
  14. Suka deh poin no. 3, 👍 nambah ide baru perkara nulis CV 😍

    BalasHapus
  15. Saya kalau nulis CV memang suka masukin pengalaman organisasi gitu. Sekadar mau kasih tahu kalau ketika kuliah pun saya juga terbiasa sibuk

    BalasHapus
  16. Aku jadi ingat diajari bikin CV sama pacar (yg skrg udah jadi suami). Kebetulan dulu dia Kepala HRD, jadi malah diajarin bikin CV (mungkin dulu dia modus juga), wkwkwk

    BalasHapus
  17. aku punya 2 cv. satu bahasa inggris, satu bahasa indonesia. nanti disesuain sama cover letter yang mau aku kasih pake bahasa apa

    BalasHapus
  18. Siap teh, wahh englishku aja jeblok
    tapi kan ada panduan ya kan, jadi aman deh,

    BalasHapus
  19. Penting banget punya CV yang bisa dikasih sewaktu2 butuh. Kalau punya CV yang bagus, tinggal kasih saat mau apply kemana2. Tips2 di atas cocok banget dipraktikkan.

    BalasHapus
  20. Tips dan trick yang sangat membantu.
    Kalau boleh menambahkan, untuk posis admin, CV padat satu halaman, seringkali menarik minat para pemberi kerja.
    Tentu juga proses wawancara yang smooth dan dan lancar, penentu lainnya.

    BalasHapus