Sabtu, 01 Februari 2020

10 Bahaya Rokok Elektrik Vape Bagi Tubuh yang Harus Diwaspadai

Morning Sedulur, 
Hari demi hari pengguna rokok elektrik vape semakin meningkat. Banyak yang menggunakannya dengan dalih ingin beralih dari rokok tembakau.
Merokok itu berbahaya (Foto: wmsmile.com)
Bahkan mayoritas orang beranggapan jika rokok elektrik vape lebih aman jika dibandingkan dengan rokok tembakau.
Padahal, nyatanya rokok jenis ini juga tetap memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut ini beberapa bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh yang harus diwaspadai. 
1. Berbahaya Bagi Kesehatan Paru-paru  
Bahaya rokok elektrik vape terutama kesehatan paru-paru. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nikotin dalam rokok. Keberadaan nikotin sangat berbahaya bagi paru-paru. Selain itu, zat kimia yang terkandung dalam rokok elektrik vape dapat menimbulkan peradangan dan kerusakan pada jaringan paru-paru.
2. Menimbulkan Sel Kanker 
Rokok elektrik vape memiliki kandungan formaldehid yang bersifat karsinogenik. Kandungan tersebut bisa menjadi salah satu pemicu kanker. Zat formaldehid ini bisa masuk ke dalam tubuh dan terserap ke dalam paru-paru. 
3. Tidak Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut 
Bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh juga memberikan dampak negatif pada kesehatan mulut. Bahkan paparan aerosol dalam rokok elektrik vape membuat permukaan gigi berisiko terhadap bakteri, terlebih jika rokok ini digunakan oleh lebih dari satu orang.
Foto: medicalnewstoday.com 

Selain itu, rokok elektrik vape juga bisa meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang dan menimbulkan peradangan gusi.
4. Menyebabkan Penyakit Jantung
Perlu diketahui jika rokok elektrik vape juga memiliki kandungan tembakau meski tidak sebanyak rokok biasa. Meski tidak memiliki jumlah yang banyak, zat nikotin yang terkandung di dalamnya bisa menimbulkan gangguan pada pembuluh darah arteri.

Kondisi ini bisa mempengaruhi kinerja jantung serta meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Hal ini menjadi salah satu bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh
5. Menyebabkan Kecanduan 
Kandungan nikotin dalam rokok elektrik vape bisa menimbulkan efek ketergantungan. Penggunanya mungkin saja bisa berhenti merokok tembakau tetapi akan kecanduan rokok elektrik vape.

Padahal rokok ini sama-sama berbahaya, terlebih mengandung zat kimia berbahaya sehingga bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh. 
6. Berisiko Terserang Penyakit Pneumonia Lipoid 
Ada seorang wanita yang baru saja menjadi pengguna rokok elektrik vape justru terserang pneumonia lipoid. Kejadian ini disebabkan oleh adanya reaksi peradangan terhadap keberadaan zat lipid dalam paru-paru atau timbunan lemak di jaringan paru-paru.
Dalam rokok elektrik vape juga ditemukan minyak berbasis gliserin yang ada hubungannya dengan kejadian ini. 
7. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh 
Pengguna rokok elektrik vape menunjukkan tanda-tanda berkurangnya aktivitas 594 gen yang selama ini diketahui bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.


Foto: Pixabay.com

Hal ini menjadi bukti bahwa senyawa dalam cairan rokok elektrik vape yang berfungsi menciptakan uap ternyata memiliki efek imunosupresan pada tubuh. 
8. Menyebabkan Bronchiolitis Obliterans atau Popcorn Lung 
Bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh selanjutnya adalah berisiko mengidap penyakit bronchiolitis obliterans atau dikenal dengan nama popcorn lung.
Kandungan kimia dalam rokok tersebut secara sistematis bisa menghancurkan saluran udara paru-paru terkecil. Penyakit ini tidaklah sepele karena hanya bisa disembuhkan dengan cara transplantasi paru-paru.
9. Bisa Meledak dan Menyebabkan Kematian
Apabila rokok elektrik vape dalam keadaan panas berlebihan pada baterai lithium ion bisa menimbulkan ledakan. Ledakan ini sangat berbahaya karena bisa membunuh dan menyebabkan kematian. Ledakan dari rokok elektrik vape bisa merobek lidah, luka bakar pada tangan dan menyebabkan gigi hilang.
10. Menyebabkan Keracunan 
Keracunan juga merupakan salah satu bahaya rokok elektrik vape bagi kesehatan. Seperti yang diketahui jika cairan rokok elektrik vape yang mengandung zat kimia sangat berbahaya.

Efek sampingnya bisa membuat otot berkedut, muntah, detak jantung meningkat, dan berkeringat. Bahkan jika cairannya mengenai kulit bisa menyebabkan sensasi terbakar. 
Itulah informasi mengenai bahaya rokok elektrik vape bagi tubuh. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal rokok elektrik vape? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.


25 komentar:

  1. duh bahayanya ternyata banyak banget ya. heran akutu kok masih ada aja yang pada suka ngerokok elekrik vape n bahkan banyak jg kedainya skr

    BalasHapus
  2. Nah, orang banyak yang mengira kalau rokok elektrik ini lebih aman dari tembakau karena aromanya yang tidak menyengat. padahal namanya rokok juga sama aja berbahaya untuk kesehatan, huft. Makasih infonya mbak, langsung aku share ke grup keluargaku deh

    BalasHapus
  3. tuh kan kata siapa vape lebih aik drpd rokok. sama saja, banyak kandungan yg malah picu kanker. hiii. mending nyemil buah ajah deh

    BalasHapus
  4. Nahkan menggunakan vape itu sama juga bahayanya kayak rokok biasa ya, kadang orang yang beralih ke vape ini merasa lebih aman.

    BalasHapus
  5. Ternyata se-BERBAHAYA ituuu ya Mba
    Tapi oh tapiii, kenapa masih buanyaaakk yg hobi pake rokok elektrik enih

    BalasHapus
  6. Whuaahh banyak bahayanya. Wkwkwk.. aku mau rokok atau vape keduanya aku sebel, apalagi vape asapnya banyak bgt

    BalasHapus
  7. Saya belum banyak tahu tentang pengguna rokok vape ini. Tapi di sekolah anak saya, yang SMP sudah kena razia temannya bawa dan menggunakan vape.
    Ternyata bahayanya banyak ya
    Ngeri..semoga makin sadar orang akan bahaya rokok baik konvensional maupun vape.
    Syukur suamiku bukan perokok

    BalasHapus
  8. Iya, menurut artikel yang aku baca, masih banyak di luar sana yang menganggap rokok elektrik/vaping lebih ringan dibandingkan dengan rokok tembakau.
    Ternyata kurang tepat ya.

    BalasHapus
  9. Mau vape mau rokok sebenarnya sama-sama berbahaya ya. CUma kamuflase aja, katanya lebih aman. Aslina mah ya nggak kalah gede risikonya.

    BalasHapus
  10. Klo aku beranggapan, mau rokok atau vape, dua-duanya sama bahayanya bagi kesehatan. Jadi better sih nggak dua-duanya.

    BalasHapus
  11. Ya ampun, ternyata banyak banget ya bahaya vape... Orang-orang harus tau nih...

    BalasHapus
  12. duh duh duh.. aku langsung share ke keponakan aku, ini... kok serem ya
    mungkin dipikir ga seperti rokok tapi kan bahaya juga

    BalasHapus
  13. Serem banget ini emang rokok vape kalau dia emang aman kenapa ga di jual bebas juga... Bahaya soalnya memang ini

    BalasHapus
  14. Selama ini banyak yang berpendapat vape lebih aman daripada rokok biasa. Ternyata sama saja bahayanya. Padahal banyak perokok yang pindah jalur ke vape. Kayaknya emang harus berhenti merokok atau pakai vape.

    BalasHapus
  15. Waaah rokok elektrik ternyata berbahaya banget ya. Tapi kenapa juga masih diproduksi? Seharusnya karena tergolong baru, pemerintah bisa segera mengendalikan penyebaran dan penjualannya jika memang terbukti merugikan kesehatan rakyat.

    BalasHapus
  16. Nah kan, sama aja bahayanya dengan rokok biasa. Kadang saya malah lebih terganggu dengan yang ngevape. Karena kan mereka biasaya mikir ini lebih aman, jadi sering gak sopa gitu..asapnya malah dihembuskan ke arah kita :( ih sebel.

    BalasHapus
  17. Ya Allah. Serem aku bacanya. Kemarin siapa ya yg bilang kalau yg elektrik ini lebih aman. Duh, hoax banget. Harus disebarluaskan bahayanya ini.

    BalasHapus
  18. tahu gak sih mak, kantor lamaku cowok-cowoknya pada vape semua, katanya sih lebih mending dibanding ngerokok langsung hehehe.. tapi sih kalo dari tulisanmu ku percaya ada efek samping gak baik buat kesehatan tubuh dari vape

    BalasHapus
  19. Ternyata bisa meledak ya, Dew? Soal ini banyak yang ga notice atau cuek karena kadung ga bisa lepas dari nikotin gitu ya?

    BalasHapus
  20. Iyap bener bngt bapakku almarhum meninggal jugs krn rokok, jantungnya penuh asap, Dan mngalami stroke sedih memang sih rokok itu racun sebenarnya

    BalasHapus
  21. Jauh-jauh deh ya mending hidup sehat aja untuk keluarga juga ke depannya. Walaupun aromanya macem2 tapi tetap aja membahayakan ya vape

    BalasHapus
  22. Entahlah apa yang merasuki org2 yang ngevape dan menganggap mereka lbh baik dr org yang merokok. Padahal ya gak ada bedanya dan sama buruknya. Saya pribadi suka sebelk ngliat org kebal kebul gak jelas kek gtu #komenesmosi hahah

    BalasHapus
  23. Serem yaa..
    Aku tapi heran loo..Vape ini asapnya kan lebih banyak dihasilkan untuk sekali hisap, dari situ aja..kayanya aku uda gakkuat kalo deket-deket.
    Jadi ternyata bener kan...bahaya banget.

    BalasHapus
  24. Kalau kaya gitu vape udah jelas dampak dan efek yg ditimbulkan tapi kok masih banyak penggunanya ya mbak. Kadang malah dibikin gaya gayaan. Ahhh.
    Asap rokok aja bikin sesek ndehne asap dari Vape ya

    BalasHapus
  25. menyebabkan halu. kekerenan semu. tapi klo sudah candu, ribet juga sih!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...