Laman

Minggu, 03 November 2019

SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran Meramaikan Expo Disdikbudpora 2019 di Kab. Semarang

"Ayah, terima kasih sudah bekerja keras untukku.."

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Kemeriahan acara kuis dipandu Pak Yudi 
Bimo, seorang anak lelaki berusia sekitar 7 tahun, terbata-bata membaca puisi berjudul Ayah di panggung kecil. Puisi indah ini ia pilih dari buku kumpulan puisi karya anak SD Hj. Isriati Moenadi, Ungaran. Sekolah yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No 29, Ungaran ini berpartisipasi di Festival Literasi Kabupaten Semarang 2019.

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Kebahagiaan Bapak ibu guru 

Tak hanya Bimo yang antusias, beberapa anak usia sekolah dasar juga nampak sumringah memilih puisi dan pantun yang akan mereka bacakan dengan lantang di stan SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran. 

Berbagai stan di Festival Literasi sore itu nampak ramai dikunjungi anak-anak dan orangtuanya. Jadi, siapa bilang anak-anak zaman sekarang tak tertarik dengan literasi? Hal ini tergantung cara kita mengemasnya untuk dinikmati oleh anak-anak. 

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Suasana stan SD Isriati Moenadi Ungaran 

Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, Disdikbudpora Kabupaten Semarang mengadakan acara Expo Disdikbudpora yang meriah di GOR Wujil, Ungaran. 

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Kumpulan karya siswa SD Isriati

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Tulisan karya siswa SD Isriari

Salah satu rangkaian acaranya adalah Festival Literasi Kabupaten Semarang yang diikuti oleh berbagai SD, SMP, Unit Pendidikan hingga Taman Baca Masyarakat di Kabupaten Semarang.

Tahun ini, Mimin Semarang Coret ikut berpartisipasi di acara meriah ini dengan ikut menjaga stan SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Tahun ini, empat SD di Kabupaten Semarang yaitu SD. Isriati, SD Assalamah, SDN Sidomulyo 3 dan SDN Reksosari 01 Suruh berkesempatan membuka stan sendiri.

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Tampil membaca puisi

Jadi, jangan lupa mampir ke stan SD Isriati ya di hari terakhir pameran ini, Sedulur akan menemukan berbagai aktivitas menarik di sana. Mulai dari membaca berbagai karya berupa cerpen, puisi, pantun serta komik para murid anggota Kelas Jurnalistik serta murid SD Isriati. 

Tak hanya itu, Sedulur bisa mengajak anak-anak untuk menempel cita-cita mereka di pohon harapan. Ada pula penampilan anak-anak berbakat SD Isriati seperti melakukan percobaan sains, menyanyi, baca puisi, pantomim hingga mendongeng. 

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Mewarnai gambar 

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Duta Literasi Kabupaten Semarang 

Untuk yang suka mewarnai dan melengkapi gambar, ada juga lho disediakan kertas untuk mewarnai dan krayonnya. Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa memutar wheel of fortune lalu harus mengikuti petunjuk yang tertera di sana. Pengunjung kecil akan diajak unjuk bakat, menceritakan buku yang pernah dibaca hingga menjawab pertanyaan bapak ibu guru untuk mendapat hadiah menarik. Seru, kan!

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Tulisan karya Siswa Kelas Jurnalistik 

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Majalah SD Isriati Moenadi

Literasi SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Cerita pengalaman menulis 

Selain stan, acara kemarin tak kalah menarik lho, di panggung ada acara fashion show siswa dan guru, mendongeng oleh Nailul Mazaya, siswi berprestasi dari SD Assalamah, Ungaran. Dan banyak lagi keseruan tiga hari di Expo Disdikbudpora. Alhamdulillah, Stan SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran meraih juara 2 kategori Sekolah Dasar di Expo Disdikbudpora tahun ini. Selamat!

25 komentar:

  1. Aaakk, seruu banget nih EXPO Disdikbudpora-nyaaa
    Anak2 jadi bisa berkreasi sekaligus menambah wawasan dan pengalaman yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. SD Isriaty... The best pokoknya.. 😍

    BalasHapus
  3. wah judul puisinya bikin mules bacanya hehehe apalagi kalau dengerin langsung Bimo baca puisi tentang AYAH :) seru nih mba

    BalasHapus
  4. Menurutku acara dan apresiasi literasi zaman sekarang malah lebih bagus dan banyak ketimbang zaman aku kecil dulu. Dulu pas aq sekolah. paling mentok juga lomba mengarang ama mading. Kalau sekarang malah lebih seru.

    BalasHapus
  5. Wah...skrg banyak sekolah yg juga memperingati Festival Literasi, ya. Senang lihatnya. Kemarin di sekolah anakku juga. ADa lombs2, puisi dan poster juga.

    BalasHapus
  6. Anak sekarang tuh keren2, literasinya juga oke. Aku umur segitu masih gak ngeh soal tulis menulis, puisi. Maju di depan ya takut2

    BalasHapus
  7. Nah bener, kayaknya memang itu. Anak-anak bukannya gak suka dengan literasi, tapi acaranya yang kurang menarik buat mereka. Dengan dibuat acara yang menarik, terusnya juga mereka dilibatkan seperti di expo itu, baik karya tulis mereka atau karya kriya mereka, mereka pasti pada antusias. Kudu sering-sering nih dibuat acara begini.

    BalasHapus
  8. Wah keren banget acaranya, enggak tau deh kalau di bandung ada enggak ya acara kaya gini, kan seru...

    BalasHapus
  9. Seru banget acara Expo Disdikbudpora. Anak-anak jadi semakin mencintai literasi. Mereka nggak akan bosan dengan berbagai pengalaman seru yang didapatkan. Bisa jadi kenangan manis buat anak-anak.

    BalasHapus
  10. Acara Festival Literasinya kereen sekali, deh! Bisa mengajak anak-anak untuk mencintai literasi sejak dini.
    Semoga daerah lainnya juga bisa seperti Semarang

    BalasHapus
  11. Acara yang menarik nih, apalagi ada pameran hasil karya anak juga. Semoga dengan acara-acara seperti ini bisa meningkatan kesadaran literasi anak-anak secara khusus dan semua orang secara umum.

    BalasHapus
  12. Kayaknya waktu tiga hari di Expo Disdikbudpora. Kurang ya mba biar lbih semangat lagi siswa2nya mnunjukkan bakatnya masing2 bangga bngt deh

    BalasHapus
  13. Iih keren ih, anak SD bisa ikut buka stand literasi di acara expo. Semoga bs jadi pengalaman buat mereka, kelak pas dewasa. Gutlak adek2 Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Perkaya terus ya literasi Indonesia.

    BalasHapus
  14. Seneng yah menempelkan cita2 di pohon harapan, semoga semua cita - cita nya tercapai, aamiin.

    BalasHapus
  15. Buat anak-anak, acara seperti ini membuat bahagia. Apalagi bisa tampil di hadapan umum ya Min.

    BalasHapus
  16. Aku seneng banget ada acara yang mengajak anak-anak untuk dekat dengan buku.
    karena kan zaman sekarang anak-anak paling seneng apa...?
    Nonton.

    Semoga acara Expo ini gak hanya berlangsung di Semarang.
    Tapi juga di daerah-daerah lain di Indonesia.

    BalasHapus
  17. udah lama gak datang ke eventt setipe expo disdikbudpora deh mba, banyak hal yang bisa didapat pastinya

    BalasHapus
  18. Acaranya edukatif banggett yak.. Anak2 bisa belajar banyak dengan cara yang menyenangkan

    BalasHapus
  19. wow 7 tahun sudah bisa berpuisi, hebat juga. memang sedari kecil bagus diajarkan literasi, sehingga kebawa sampai besar. karena memang kesadaran literasi kita agak kurang

    BalasHapus
  20. Inspiratif banget ini acaranya ya mbak, anak anak kalau diajak seseruan kayak gini seneng ya, jadi muncul deh kreatifitas dan bakat mereka. Moga diikuti oleh sekolah sekolah yang lainnya

    BalasHapus
  21. Anakku pasti suka kalo ada beginian. Apalagi ada mewarnai. Keren loh mba acaranya edukatif.

    BalasHapus
  22. Seru ya...jadi ingat pas SD dulu saya juga paling suka baca puisi. Puisi favorit krawang bekasi..hihi..lumayan sering ikutan lomba. Memang baca puisi tu favorit anak2 ya..

    BalasHapus
  23. Ternyata banyak juga ya anak-anak yang sangat tertarik dengan dunia literasi. Semoga akan semakin banyak wadah seperti ini.

    BalasHapus
  24. Mungkin karena sekarang yang sering muncul di media adalah anak-anak yang enggak begitu ngeh dengan literasi sehingga kita berpersepsi kalau dunia literasi ga begitu diminati ya mbak. Padahal malah kebalikannya, skrg banyak anak-anak yang suka banget dengan dunia ini

    BalasHapus
  25. Wah keren yah festival Literasi juga ada di Semarang..semoga anak-anak Makin banyak yang suka baca buku karena belakangan ini semakin berkurang peminatnya.

    BalasHapus