Rabu, 04 September 2019

Mencicipi Gelato Rasa Charcoal di El Primo Gelatio Semarang

Morning Sedulur,
Kali ini Mimin Semarang Coret mengajak Sedulur mencicipi gelato enak di El Primo Gelatio di Ngesrep, Semarang. 

 El Primo Gelatio Semarang
 El Primo Gelatio Semarang

Nah, Berbeda dengan Toko Oen dan Mondo Gelato yang lokasinya di Semarang bawah, El Primo Gelatio beralamat di Jalan Ngesrep Timur 5 No 33 Semarang tak jauh dari kampus Universitas Diponegoro.

Yes, Lokasinya di Semarang atas! Jadi, Mimin yang tinggal di Ungaran aka Semarang Coret nggak perlu jauh-jauh turun gunung untuk menikmati gelato.

Ya, Kota Semarang memang jadi lokasi yang tepat untuk berburu makanan dan minuman dingin. Udaranya memang luar biasa, Lur! Hot hot potato! Panasnya ngentang-ngentang!

 El Primo Gelatio Semarang
Suasana El Primo siang itu 

 El Primo Gelatio Semarang
Kedainya asyik untuk nongkrong

 El Primo Gelatio Semarang
Gelato is Cheaper Than Therapy
Jangan lupa bawa topi, kacamata hitam, masker atau payung, apa saja yang melindungi muka kalau main ke Semarang, hehe. Daripada mukanya jadi belang, kan susah perawatannya, eh ini Mimin Semarang Coret atau kapster salon? Hihi.

Ya, kita bisa menemukan banyak kedai es krim, gerobak es buah dan kedai gelato lho di Semarang. Toko es krim yang legendaris di Semarang misalnya Toko Oen. Sedangkan kedai gelato ada Mondo Gelato dan Otello Gelatology

Oh iya, selain di Ngesrep, El Primo juga ada gerainya lho di Jalan Papandayan No. 7, Semarang. Kalau naik BRT, turun di daerah Kagok, cari deh Jalan Papandayan. Di sana, gerainya lebih luas dibandingkan yang di Ngesrep.

Hm, sebenarnya apa saja ya perbedaan es krim dan gelato? Sama-sama es yang terbuat dari krim juga kan? Setelah cari wangsit di Mbah Gugel, Ternyata, gelato dan es krim memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaannya?

 El Primo Gelatio Semarang
Daftar menu El Primo 

Iyaa, Arti Gelato ternyata adalah es krim dalam Bahasa Italia. Tapi bahan dan cara pembuatannya berbeda. Es krim terbuat dari krim, kepala susu dan kuning telur yang diaduk cepat dengan mesin hingga mengembang sehingga teksturnya menjadi lembut dan tahan lama.

Sedangkan gelato terbuat dari susu, gula dan telur. Cara membuatnya diaduk pelan sehingga teksturnya lebih padat, mudah cair dan tidak tahan lama.

 El Primo Gelatio Semarang
Berbagai pilihan rasa

 El Primo Gelatio Semarang
Jadi bimbang nih hihi

Langsung deh, kami mampir. 
Kedai El Primo terletak di sebuah bangunan ruko di tepi jalan tak jauh dari patung Pangeran Diponegoro UNDIP. Berlantai dua dengan desain interior yang ceria layaknya toko es krim. Hanya saja, Mimin belum pernah naik ke lantai dua, nih. Kami lalu memesan gelato.


 El Primo Gelatio Semarang
Topping yang kiyut 

Sedulur bisa memesan 1 rasa hingga 3 rasa dalam wadah cup atau cone. Nah, yang bikin bingung dalam memilih gelato adalah ada 24 rasa gelato! Jreng, hayo lho, jadi bimbang dan galau kan, Sedulur!

Apa saja pilihan rasanya? Mulai dari varian Taro Oreo yang jadi andalan di El Primo,  ada pula rasa Yakult, Lemon Tea, Wijen Hitam, Salted caramel brownies, hingga Red Velvet yang nggak kalah menarik untuk dicoba. Oh iya, ada juga gelato dengan kandungan alkohol, yaitu Rhum Raisin, Beer, dan Irish Ice Cream. Yang muslim, hati-hati dan tanya ke pramuniaganya ya! 

 El Primo Gelatio Semarang
Happiness for Me

 El Primo Gelatio Semarang
Suatu siang di El Primo 

Siang itu, El Primo cukup lengang. Anak Mimin memilih gelato rasa Bubble Gum, Lemon Tea, dan Charcoal, iya ada gelato rasa charcoal dong dan warnanya hitam legam! Duh, Nduk padahal masih banyak rasa yang lain lho, hihi. Harganya cukup terjangkau mulai harga Rp15.000-Rp28.000.

Mamaknya memililih es kopi susu saja seharga 15 ribu rupiah. Dari beberapa hari lalu mengidamkan es kopi. Selain es kopi dan gelato, ada pula sorbet yang rasanya segar dan ringan. Tak hanya itu ada juga pilihan makanan seperti Rice Bowl, Kentang Goreng, American Risoles hingga Churros buat Sedulur yang kelaparan, hehe. Jadi, kalau main ke Semarang Atas, jangan lupa mampir ke El Primo Gelatio Semarang ya, Sedulur!

El Primo Gelatio 
Jalan Ngesrep Timur 5 No 33 Semarang 
Buka Setiap Hari Pukul 11.00-22.00 WIB


32 komentar:

  1. Wah aku suka Gelato, apalagi yang mix fruits, gelato spiegel pernah 2x nyoba yang buah2an, kalau El primo belum pernah nyobain. Tetapi harga Gelato di Semarang dan Yogya itu lebih murah, daripada Gelato di Jakarta dan Bogor heuheu.

    BalasHapus
  2. Sekarang makin banyak ya menunya el primo gelatio. Gimana rasa gelato arangnya nih?

    BalasHapus
  3. Dulu pas lebaran pertama kali anak-anak liat gelato juga dibilang es krim hihiii. .Enaknya sama, dinginnya juga sama tapiii lebih kerasa dan tebel susunya kalo dilidahku.

    BalasHapus
  4. Duh..duuh..langsung pengen ke Semarang nyamperin gelato nikmat iniih! Apa milih dulu dari skg biar nanti sampai sana gak bingung ya? Hehe..

    BalasHapus
  5. Penasaran euy sama rasa charcoal. Aku sering ke el primo biasanya kalo capek abis ngajar mampir bentar ke sana cari yg seger2

    BalasHapus
  6. Kemasan es kopinya kok lucu. Hihi.

    Dijamin bingung deh ya kalau sudah ada di depan mata, 24 rasa lho ya. Wong, beli es krim di minimarket yang macam rasanya tak terlalu banyak saja sudah bingung.

    BalasHapus
  7. Aku pernah ke El Primo ini. Emang enak dan variannya banyak. Sayangnya jauh lokasinya dari rumah ku

    BalasHapus
  8. Kebayang panasnya yang hot potato kemudian menikmati gelato yang pasti mudah leleh karena udaranya puanas, enak tenan. Bisa jadi referensi kalau main ke daerah sana nih :)

    BalasHapus
  9. Eh, saya baru tau Mba perbedaan gelato sama es krim. Ternyata es krim dr kepala susu ya bukan susunya. Gelato awalnya saya pikir adonan eskrim tapi pakai gelatin. Ternyata salah.

    Berarti lebih padat gelato ya gizinya. Aaah jafi mau cari gelato deh.

    BalasHapus
  10. Aku suka gelato. Asyik banget ini ya varian rasanya banyak, 24 rasa. Gelato yang biasa aku beli di kotaku, pilihan varian rasanya dikit, paling banyak 10 rasa, tapi kadang kurang dari itu.

    BalasHapus
  11. Yang rasa charcoal ini bahannya memang benar-benar arang ya Min? Atau ada bahan lain yang mirip?

    BalasHapus
  12. aku baru tahu perbedaan gelato dan es krim. Lah kalo tidak tahan lama teruuussss kenapa ya dibuat *dikeplak

    beneran ya aku mau ke semarang loh, anterin ya ke El Primo Gelatio Semarang

    BalasHapus
  13. SEger banget es kopinya, pake gula aren ya?

    BalasHapus
  14. Wkwkwk. Mbaca sambil ngikik. Emang orang semarang coret kalo mau turun ke pusat kota jauh bingits ye? Aku bisa mbayangin. Selamat ya Mak. Ada tempat 'ngadem' yang terjangkau.

    BalasHapus
  15. Mauuukkk coba aneka Gelato-nya Mbaaaa
    Aku baru pernah coba gelato di Prawirotaman Jogja
    Next, bisa kusamperin deh lokasi Gelato kalo pas ke SMG
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  16. Oh...gelato itu justru mudah cair yaa...
    Aku pikir kebalikannya.

    Tapi asik juga makan gelato di teriknya siang hari ini...

    BalasHapus
  17. Siang terik gini terdampar di sini. Ku jadi mau es krim gelato jadinya. Bisa diteleportasiin ga, Mak? hahaha venuenya instagramable pula ya. Bikin betah lama-lama di sana

    BalasHapus
  18. wah gelato charcoal...ada ada aja ya inovasinya... bikin orang penasaran pengen nyobain

    BalasHapus
  19. Ah aku belum sempet kesinii. Pas ke Semarang Juli lalu sempat ke Gelato juga tapi aku lupa namanya hehe.
    Makan gelato di siang yang panas memang ngga ada duanya deh, bikin adem seadem-ademnya

    BalasHapus
  20. Waaaww Gelato, bikin mupeng banget mba. Btw kalau di jakarta mana dapat harga Gelato diharga 15000 - 28000 mba, bisa tiga kali lipatnya

    BalasHapus
  21. Semarang panasnya ngentang-ngentang, hahahaa. Jadi kangen kota Semarang, sudah lama banget, enggak main ke Ibu Kota Jateng. Wah, ada Gelato juga, di sana, emang cocok banget sih dinikmati di suasana panas. Bagi saya, awalnya gelato dan es krim yo pada bae, ternyata Gelato itu dari Italia dan memiliki tekstur yang lebih padat serta mudah cair. Hmm, aku pengen..

    BalasHapus
  22. Wah di Semarang ada es krim gelato juga yak. Kapan2 harus mampir kesini pas di Semarang. Soalnya anak2 suka banget sm es krim

    BalasHapus
  23. Kalau lihat penampakannya, kirain gelato itu nama milenials buat es krim, ternyata beda ya. Dan saya baru tahu perbedaannya setelah baca tulisan ini. terimakasih pencerahannya Mak

    BalasHapus
  24. Itu yang charchoal rasaya kayak apa mbak? Jadi penasaran deh.

    BalasHapus
  25. Udah 3x ke Semarang tapi agak bingung aku yg Semarang Atas yg mana :)
    Dan emang beda dikit ya, antara es krim sama gelato. Dan ada juga yg nikmatin gelato pakai kopi dituang diatasnya gitu :)

    BalasHapus
  26. Belum pernah sama skali nih aku makan ice cream Gelato. ENaknya bisa mencobanya langsung mba. DUh jadi pengen :)

    BalasHapus
  27. Wouw, harganya bersahabat banget yah, duh jadi pengen makan gelatoo tp syg blm ad cabangnya di sini, hiksss

    BalasHapus
  28. Belum pernah nyobain nih kalau yang di Tembalang. Kayaknya menunya lebih banyak deh dari yg di Papandayan. Klo yg di Papandayan sebenarnya cuma bagian kecil dari resto lain, nempel gitu.

    BalasHapus
  29. Charchoal itu lagi hits ya. Semua makanan menggunakan charcoal sebagai pewarna. Selain alami, konon bisa menyerap racun ya? Jadi pengen ngicipi charcoal gelato...

    BalasHapus
  30. Aku belum pernah ke Gelato mba. Pengen jadinya. Jalan jalan asyek di sana emwng ngangenin ya

    BalasHapus
  31. Mbak di sini gelato 45ribu. Di sana murah men huhuhu

    BalasHapus
  32. gelato ini enak mba, es creamnya lama cairnya, jadi buka minum busa, hahaha. Satu lagi, gak gampang netes kemana-mana, apalagi kalo kena angin, encer, hihihi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...