Kamis, 22 Agustus 2019

Roadshow IDCamp di UNDIP Semarang, Meraih Impian Jadi Programmer

Morning Sedulur,

Hari Selasa siang (20/08), terdengar kemeriahan dari auditorium gedung ICT Undip ketika Mimin Semarang Coret tiba di lantai lima. 

Roadshow IDCamp Indosat Ooredoo di UNDIP
Roadshow IDCamp Indosat di UNDIP
Rasa penasaran membawa Mimin mengintip ke dalam auditorium. Ada acara apa gerangan kok ramai sekali? 

Tak lama, Mimin diajak makan siang oleh panitia yang menunggui meja registrasi. Wah, kebetulan, perut Mimin sudah protes minta diisi dari tadi! Hehe. Alhamdulillah. Setelah makan siang yang lezat, Mimin dan rekan media dan blogger diajak masuk sebuah ruangan untuk mengikuti acara Kumpul Media.

Ya, kemeriahan acara yang baru saja selesai siang itu ternyata adalah Roadshow IDCamp atau Indosat Ooredoo Digital Camp di UNDIP Semarang. Universitas Diponegoro menjadi kampus pertama yang didatangi dalam rangka roadshow Indosat ini. 

Sudah hadir di depan adalah Pak Pras Korkom Indosat beserta Pak Irsyad Syahroni, Director & Chief Human Resource Officer Indosat Ooredoo dan Pak Andri dari Indosat Ooredoo Jawa Tengah. 


Seperti diketahui, bidang digital sangat berkembang pesat. Saat ini, berbagai hal telah didigitalisasi. Bahkan menurut informasi Kominfo, Indonesia membutuhkan 600 ribu orang tenaga digital per tahun. Karena tingginya kebutuhan itu, kita membutuhkan ribuan programmer untuk mengisi ceruk itu. 

Apa sih Program IDCamp ini?
Ya, Menjawab tantangan pekerjaan masa kini yang semakin membutuhkan tenaga di bidang digital. Maka Indosat Ooredoo pun memfasilitasi sebuah program untuk mencetak para programmer muda Indonesia yang bersertifikat global. Beasiswa pelatihan gratis ini menargetkan 10.000 peserta.

Sayangnya, SDM kita cenderung tertinggal dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Vietnam. Sehingga banyak perusahaan lebih tertarik merekrut tenaga ekspatriat dibandingkan pemuda Indonesia. Sedih, bukan? 

Tapi, kualitas pendidikan memang termasuk masalah besar di negara ini. Masalah pengangguran juga masih membayangi. Indosat Ooredoo ingin memberikan solusi dari permasalahan pelik bangsa ini.

Untuk itu, Indosat serius menggarap program pengembangan untuk meningkatkan kemampuan anak muda yang tertarik dengan bidang program/ coding. Ya, Indosat memiliki visi leading digital Telco. Hal ini diwujudkan melalui community development dan pendidikan. 

Roadshow IDCamp Indosat Ooredoo di UNDIP

Program ini diberi nama Indosat Ooredoo Digital Camp atau IDCamp. Program ini merupakan bagian dari kegiatan CSR Indosat yang berfokus pada masyarakat dan upaya meningkatkan kualitas masyarakat lewat pendidikan.  

Untuk meningkatkan animo para pemuda pada program ini, maka diadakan roadshow ke 20 kampus di seluruh Indonesia. Dan UNDIP mendapat kehormatan sebagai kampus yang pertama dikunjungi. Roadshow ini berisi sharing session dan talkshow

Dengan berjalannya program IDCamp ini ditargetkan akan muncul 10.000 orang programmer muda yang berbakat dan berkualitas. Melalui program IDCamp, Indosat mengadakan pelatihan developer online tingkat dasar. Modulnya mencakup menjadi Android developer expert, kotlin android developer expert dll. 

Apa syarat untuk bisa mengikuti pelatihan programmer ini? Beasiswa ini dapat diikuti anak muda yang berusia dibawah 29 tahun dan  tekun mengikuti program ini secara online. Dengan program online, maka pemuda dari daerah pun dapat mengikuti kegiatan ini tanpa terhalang jarak. 

Dengan syarat itu pula, maka tak ada halangan untuk para pelajar sekolah menengah yang berminat menguasai programming untuk ikut serta, Sedulur. Tidak harus mahasiswa, ya. Tak hanya itu, disediakan program tatap muka bagi peserta difabel. 

Bagi peserta yang berhasil lulus pelatihan dasar, dapat melanjutkan pelajarannya di tingkat expert. Program ini berlangsung dari 2 Agustus 2019-2 Februari 2020. Diharapkan dalam waktu 6 bulan, para peserta akan berhasil mendapatkan sertifikat berstandar global, yang dapat membantu para anak muda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai impiannya. 

Jadi, jika Sedulur berusia dibawah 29 tahun dan tertarik untuk menjadi programmer, segera daftarkan diri ya. 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat Sedulur  akses di www.idcamp.indosatooredoo.com. Jangan takut bermimpi dan segera kejar cita-cita kalian ya, Lur! 

Sumber Foto:
Agustina DJ


23 komentar:

  1. Beughh, kalo baca artikel gini, jadi pengin balik mahasiswa lagi akutuuuuu :D
    Semoga berkaahhh buat Indosat juga yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Aku penasaran ingin tahu dan belajar terkait coding, Mbak
    Antusias banget dehh,, mau cba melipir untuk lihat informasi di idcamp indosat ooredoo nya nih hehheee. Makasih sharingnya ya mba
    -rurohma[dot]com-

    BalasHapus
  3. waduh. acaranya keren banget ini.. semoga sukses programnya.. secara profesi programer lagi dibutuhkan banget yak..

    BalasHapus
  4. Jadi pelatihannya secara online, dan sertifikat yang didapat bersifat global, ya.
    Bagus sekali program ini, semoga makin banyak bermunculan programmer muda di Indonesia.

    BalasHapus
  5. Programnya bagus banget nih, memberikan pelatihan seputar programer. Betul sih kalau dibanding dengan negara tetangga kita tertinggal loh tapi aku yakin Indonesia akan menjadi negara yang maju.

    BalasHapus
  6. KAlau ingat kualitas SDM kita memang suka jadi agak sedih. Tetapi, di situ tantangannya, ya. Terus semangat apalagi sekarang udah era digital. Persaingannya semakin global

    BalasHapus
  7. Wah, boleh nih, di share ke grup aku di Balikpapan

    Dan closingnya bikin tambah membara nih Min:

    "...jangan takut bermimpi dan kejar cita-cita!"

    BalasHapus
  8. Roadshow IDCamp ini akan terus jalan ya mba ke seluruh Indonesia buat wujudin impian generasi muda jadi programmer

    BalasHapus
  9. Wahhh...coba pas aku ada di Semarang ya. Bisa nimbrung di sini juga. Asyik programnya.

    BalasHapus
  10. AKu boleh daftar ya masih di bawah umur kok mbak :) Kalau usia minimal ada gak mbak? Banyak anak sekolah sekarang yang minat programming juga ya

    BalasHapus
  11. Bener2 yg muda yang bisa ikut ya. Bagus deh biar pada nambah skilnya krn programer banyak yang perlu di dunia digital

    BalasHapus
  12. Wah, umurnya itu lho, diskriminasi banget sama yang kepala 3, hahahaha. Ya , sih, biar yang muda-muda aja deh, lagian emang kesempatan belajar keahlian tertentu harus diperbanyak untuk anak-anak muda sekarang, mengingat persaingan makin "edan".

    BalasHapus
  13. Bisa nih aku informasikan pada si sulung, lagi pula dia punya background pendidikan programmer. Mayan kalo bisa lulus dan ikut program idCamp dari Indosat ini

    BalasHapus
  14. Waah keren sekali ya program dari insist boredom ini mbak. Programnya bagus banget. Jadi lebih banyak programmer muda jadinya

    BalasHapus
  15. Mahasiswa zaman sekarang semakin asyik nih banyak peluang menambah pengalaman dan portofolio. Keren pagi acaranya

    BalasHapus
  16. Aku dlu pernah kerja jadi programmer dikantor terus resign gak kuat akutu ngoding

    BalasHapus
  17. Menarik kegiatannya ya mba terlebih untuk anak2 muda, lumayan tambh skill ini akupun pakai im3 dari hamannkuliah ini.

    BalasHapus
  18. Haduuh Min, saya ikut pelatihan coding selama 2 minggu dan hasilnya masih blank. Susah usia segini belajar yang ribet-ribet apalagi urusan coding.

    BalasHapus
  19. Indosat benar2 peduli pada peningkatan kemampuan anak bangsa ya, terbukti dengan pelatihan menjadi programer ini. Thumbs up for Indosat.

    BalasHapus
  20. Zaman sekarang untuk pinter dan maju itu lebih gampang asal ada kemauan, kalo jamanki ada progrm ini, duh mau banget

    BalasHapus
  21. Apakah ini khusus Mahasiswa saja mbak? Kalau ada yang untuk umum aku mau donk, penasaran banget belajar koding. Biasanya kan kalau training mahal
    ---bundadzakiyyah[dot]com---

    BalasHapus
  22. Iyaaa pasti menark dan kece ikut ini, padat ilmu. Pernha ngebet bangt mau ikutbtapi apa daya umur dah lewat di situ saya merasa sedih,,,

    BalasHapus
  23. Wah mantap nih, saya ingin bisa memprogram cinta, gmana ya caranya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...