Minggu, 04 Agustus 2019

Keseruan Tim Kabupaten Semarang di FL2N SD 2019 Tangerang

Morning Sedulur,
Piye Kabare? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin. Sudah tahu belum Sedulur kalau ada beberapa perhelatan seru yang diadakan Kemdikbud baru-baru ini? Salah satunya adalah FL2N Tingkat SD. 

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N 2019
Kontingen Kabupaten Semarang FL2N 2019

Ya, pada tanggal 25-29 Juli 2019 diadakan Festival dan Lomba Literasi Nasional Tingkat SD di Tangerang, Jawa Barat. Pesertanya sekitar 170 siswa SD dari seluruh Indonesia. Peserta ini terpilih dari 5000 an naskah yang masuk ke website Kemdikbud. 

Alhamdulillah, tahun ini Kabupaten Semarang berhasil mengirimkan empat siswi untuk mewakili Kabupaten Semarang di ajang nasional tahunan ini. Dan Mimin Semarang Coret ikut hadir di ajang ini untuk memberi semangat pada peserta. 

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N 2019
Pelepasan Kontingen Kabupaten Semarang 

Keempat siswi itu adalah Nailah Aieola Nabihah dari SD. Hj. Isriati Moenadi dan Aisyah Nurul Fathiyah dari SD Reksosari 1 Suruh untuk lomba cerpen, Sekar Tunjung Wisnu Putri dari SDN Sidomulyo 3 Ungaran lomba pantun serta Nailul Mazaya dari SDIT Assalamah Ungaran untuk lomba mendongeng. 

Sebelum berangkat menuju lokasi lomba FL2N 2019 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang. Keempat anggota kontingen Kabupaten Semarang dilepas oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, mereka disemangati agar semangat dan tidak minder dengan peserta lain. Pendamping mereka adalah Kak Dian A. Praptiwi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. 

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N 2019
Pembekalan Kontingen Provinsi Jateng 

Setelah itu, Kontingen Kabupaten Semarang bertolak ke Semarang untuk mengikuti pembekalan bersama peserta dari  Provinsi Jawa Tengah. Sekitar 44 siswa-siswi dari berbagai daerah di Jateng menjadi perwakilan Jateng di ajang FL2N tahun ini. 

Berbagai rangkaian acara menarik para peserta FL2N 2019 ikuti diantaranya acara pembukaan FL2N dan Festival Literasi Sekolah di Aula Insan Berprestasi Kemdikbud Jakarta, Seminar Anti Narkoba bersama Kapten Benn dan BNN, hingga acara piknik di Museum Indonesia dan Skyworld di TMII Jakarta. Seru!

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N 2019
Festival Literasi Sekolah 2019

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N SD 2019
Rombongan SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran

Acara lombanya sendiri diadakan pada Hari Sabtu 27 Juli di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang. Para peserta lomba menulis cerpen, diberi tiga tema untuk dipilih dan ditulis di tempat lomba dalam waktu sekitar tiga jam. Begitu juga lomba pantun dan syair. 

Sedangkan lomba Baca Puisi dan Mendongeng, tampil di depan juri dan penonton. Kesemarakan acara lomba sangat terasa. Para peserta nampak sumringah. 

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N SD 2019
Mendongeng Squad

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N SD 2019
Suasana Lomba Cerpen 

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N SD 2019
Naya ikut Lomba Mendongeng 

Pada acara penutupan, seluruh peserta lomba tampil dalam balutan busana daerah masing-masing. Kontingen Kabupaten Semarang tampil manis dalam balutan kebaya merah dan kain batik lumintu khas Kabupaten Semarang. 

Para peserta yang masih berusia SD ini bergantian ikut pentas di atas panggung dengan penuh percaya diri. Detik-detik menegangkan terasa saat pengumuman pemenang. 

Museum Indonesia TMII

FL2N SD 2019
Sky World TMII

Sayangnya, peserta dari Kabupaten Semarang belum berhasil meraih juara namun seperti kata sambutan dari Bapak Khamim, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, para finalis yang berlaga di ajang FL2N 2019 di Tangerang ini semuanya adalah juara dan didaulat menjadi Duta Literasi di daerahnya. 

Berikut ini adalah pemenang masing-masing lomba
Juara 1 Lomba menulis cerpen Nurkamila Adinda dari Jambi, Juara 1 Lomba Cipta Syair Elmira Khairunnisa dari Jabar, Juara 1 Cipta Pantun Muhammad Daffa dari Jambi, Juara 1 Mendongeng Ghazy Khairan dari Aceh serta Juara 1 Lomba Baca Puisi Naufan Zaka dari Jabar. 


Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N SD 2019
Berkebaya Lumintu

Wajah sumringah 

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N SD 2019
Tiba di Semarang 

Ya, 170 orang finalis FL2N tahun ini berhasil terpilih dari sekitar 5000 an naskah dan video yang masuk saat seleksi. Alhamdulillah, kegiatan ini akan menjadi pengalaman berharga untuk anak-anak. Bertemu teman baru, melatih kemandirian dan sportivitas peserta serta menyemangati mereka untuk terus berkarya.

Keseruan Tim Kabupaten Semarang FL2N SD 2019
Bersama Kak Andi Juri Mendongeng 

Terima kasih Mimin Semarang Coret ucapkan kepada para juri, panitia, pihak Kemdikbud  atas pengalaman serunya. Juga terima kasih tak terhingga untuk pihak sekolah SD Isriati Moenadi Ungaran, Kak Dian dan Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, para bapak dan ibu guru pendamping, juga para mama paguyuban, saudara-saudara, dan sahabat-sahabat tersayang atas dukungannya untuk Nailah dkk.  

Semoga anak-anak makin terinspirasi untuk berkarya lebih baik lagi, aamiin! Salam Literasi! 




30 komentar:

  1. Yang penting semangatnya & bisa mendapatkan pengalaman ya, juara lain kali Insya Allah bisa dicapai. Selamat buat tim Semarang ya

    BalasHapus
  2. waduh..senengnya lihat anak-anak pegiat literasi brprestasi ini...Semangat berkarya anak-anak Indonesia...

    BalasHapus
  3. sedikit bangeeeet! 170 orang finalis FL2N tahun ini berhasil terpilih dari sekitar 5000 an naskah dan video yang masuk saat seleksi. Ckckckckckk pasti ketat banget itu persaingannya

    plus mata juri jadi agak jeri sedikit

    BalasHapus
  4. Masya Allah, anak SD sekarang kegiatan dan lombanya banyak dan beragam ya. Jaman saya SD kayaknya lombanya cuma itu-itu saja, hihi. Seneng deh liat generasi muda yang aktif dan apalagi melek literasi kayak gini. Semangat terus, kiddos!

    BalasHapus
  5. Nai hebat nih, masih kecil udah punya prestasi maju ke tingkat nasional. Semoga tahun depan bisa terus berprestasi di FLN ya. Aku ikutan bangga baca cerita perjuangan Nai dan teman-teman dari Kabupaten SEmarang. Keren juga ya kontingen Jateng bawa 44 anak-anak ini ke tingkat nasional

    BalasHapus
  6. tetap semangat tim Semarang... trus coba lagi dan lagi, jadikan ini sebagai pengalaman yang berharga, dan tentu membanggakan apapun hasilnya

    BalasHapus
  7. Pengalaman luar biasa pastinya untuk peserta FL2N ini ya Mbak dan bakaln bisa untuk bekal mereka di hari kemudian. 😁

    BalasHapus
  8. Keren yaa.. kecil-kecil udah pinter nulis. Pengen deh anakku juga.gitu. Memang literasi harus dididik dari kecil biar besarnya pinter. Semangat terus berkarya anak-anak kabupaten Semarang dalam tulisan

    BalasHapus
  9. Meskipun nggak menang, tapi anak2 ini dah berhasil membuat bangga + seneng banyak orang mba. Semoga next event serupa...mereka bisa berlaga kembali, trus dengan hasil yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  10. Hebat bisa ikut berpartisipasi di ajang yang kereen ini ya mba.. Semoga anak - anak semakin terpacu untuk berprestasi lebih baik lagiii

    BalasHapus
  11. Seru banget ya acara seperti ini. Menumbuhkan rasa cinta ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan pastinya. Ada kebanggan dan kecintaan pada ilmu

    BalasHapus
  12. Wah, calon penulis dan konten kreator handal nih... Kira-kira mereka tertarik buat ngeblog ga ya? Keren-keren... Aku yang setua ini saja belum pernah bikin cerpen... Jempol deh..

    BalasHapus
  13. Aku tuh ya punya mimpi kalau anakku Salfa bisa beraktivitas seperti ini juga, senang sama literasi juga
    Tetapi saya juga tidak mau memaksa.
    Lihat apa kata nanti.

    Sukses terus buat event event selanjutnya...

    BalasHapus
  14. Ahhh seru banget acaranya. Itu tahapan seleksinya dimulai dari sekolah masing-masing ya mbak?

    BalasHapus
  15. Senangnya bisa ikut acara yang bermanfaat gini, semoga jadi inspirasi ya. Aku seneng klo acara seperti ini

    BalasHapus
  16. oh ada juga ya Festival Literasi untuk tingkat SD. Aku datangnya yang di Kemdikbud untuk tingkat SMA. Hebat yaa udah jadi duta sekolah sejak kecil

    BalasHapus
  17. Keren banget yam bisa menambah kreativitas anak mengikuti acara beginian. Bakal jadi pengalaman yang luar biasa ya, selamat ya.

    BalasHapus
  18. Menang atau gak menang semua anak ini hebat krn udah berani berkompetisi di ajang kyk gini ya mbak. Pasti akan jadi bekal pengalaman yg oke buat mereka saat dewasa kelak :D

    BalasHapus
  19. Anak-anak hebat deh semuanya. Berprestasi dan semoga kelak menjadi generasi bangsa yang cerdas-cerdas.

    BalasHapus
  20. Waah...ketemukak Andi Picu-Pacu.
    Aku suka banget sama dongengnya kak Andi.

    Semoga semangatnya tidak luntur dan makin giat belajar.
    Suksees!

    BalasHapus
  21. Luar biasa anak2 ini membuat bangga orang banyak dan hasil karyanya memberikan kebanggaan orangtuanya

    BalasHapus
  22. Aamiin.. semoga makin berkibar ya semangat literasi di kalangan anak-anak. Luar biasa nih anak-anak hebat dari Kabupaten Semarang. Go goo.. terus semangat dalam berkarya.

    BalasHapus
  23. Sudah bisa terpilih dari 5000 yang kirim sudah luar biasa ini setidaknya bisa dijadikan pengalaman buat mereka meski gak menang.

    BalasHapus
  24. Selamat utk anak2 hebat dari kabupaten Semarang. Moga tahun depan kakak Thifa bisa ikutan.

    BalasHapus
  25. Festival yang sangat baik untuk mengenalkan dunia literasi kepada anak-anak. Sekarang acara begini sudah banyak ya, pas saya kanak-kanak juga masih jarang, hhe

    BalasHapus
  26. Bangga banget melihat anak kayak gini suka sekali. Meaki kadang ga ngerti juga mau bantu apa. Yah doa lah ya paling mudah. Sebab pengalaman bawa anak ngelomba itu sesuatu

    BalasHapus
  27. Selamat ya...
    Jadi ingat, dulu anak saya Anis pernah ikutan 2 kali saat namanya masih KPCI. Semoga anak2 kita diberikan keistiqomahan dalam berkarya

    BalasHapus
  28. Wah keren anak-anak ini. Semangat terus ya Nak. Semoga sukses ke depannya

    BalasHapus
  29. Kebanggan para ayah dan bundanya nih. Bangga banget pasti mereka. Kalah menang kalian tetap juara.

    BalasHapus
  30. Wah, cukup panjang persiapannya ya. Biarpun ga menang, anak-anak yg terpilih tetap juara

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...