Laman

Jumat, 19 Juli 2019

Uniknya Dusun Semilir Eco Park Yang Hits di Bawen, Kabupaten Semarang

Morning Sedulur,
Ada yang sedang jadi bahan obrolan seru nih di Kabupaten Semarang. Ya, ada tempat wisata Semarang baru yang hits walaupun belum diresmikan. Namanya adalah Dusun Semilir Eco Park yang termasuk wisata ecopark atau bernuansa alam.

Dusun Semilir Bawen Kabupaten Semarang
Dusun Semilir Bawen Kabupaten Semarang 

Dari kejauhan, bangunannya sudah menarik perhatian. Sehingga menarik minat wisatawan untuk mampir. Ya, bangunan yang terbuat dari bambu ini berbentuk unik, menyerupai stupa Candi Borobudur di Magelang. Keren sekali, Sedulur!

Sebenarnya, tempat apa sih yang bernama Dusun Semilir itu, dan mengapa dinamakan Semilir? Jadi penasaran kan Lur, terus simak tulisan Mimin Semarang Coret ya!

Buat Sedulur yang ingin berkunjung ke sana, Lokasi Dusun Semilir Eco Park ada di Jalan Soekarno-Hatta di Ngemple, Kecamatan Bawen, Semarang. Berjarak sekitar 30 km dari Kota Semarang dan hanya sekitar 13 km dari pusat Kota Ungaran, ibukota Kabupaten Semarang.

Dusun Semilir Bawen Kabupaten Semarang
Dusun Semilir di waktu senja 

Letaknya strategis, mudah dijangkau kendaraan dan tak jauh dari gerbang tol Bawen. Jadi, Dusun Semilir berlokasi di pinggir jalan utama Solo-Semarang. Apalagi bangunannya unik, jadi mudah terlihat, deh! Lokasinya juga luas sekali, Mimin Semarang Coret jadi tercengang.

Saat liburan Lebaran, Dusun Semilir ramai dikunjungi wisatawan padahal belum diresmikan lho. Menurut informasi dari akun Instagram Dusun Semilir, tempat wisata ini akan selesai dibangun sekitar Desember 2019 dan sekaligus akan diresmikan saat itu.  Dinamakan Semilir mungkin karena bangunannya yah ramah lingkungan memberikan kesan sejuk, ya. Hehe.

Ya, Dusun Semilir ini belum rampung dibangun. Baru pada tahap awal pembangunannya. Kebayang deh kerennya kalau semuanya selesai dibangun. Ada jembatan senggol, tempat beli oleh-oleh, danau buatan hingga tempat outbound dan resort dengan kolam renang ya, makin seru!

Dusun Semilir Bawen Kabupaten Semarang
Bangunan bambu yang ramah lingkungan 

Salah satu daya tarik ecopark ini adalah bentuk bangunannya yang unik berbentuk stupa namun terbuat dari anyaman bambu. Kata teman Mimin jadi seperti berada dalam kurungan ayam raksasa hehe. Iya, sama-sama terbuat dari anyaman bambu, ya! 

Tak hanya bangunan yang unik, bagian dalam Dusun Semilir juga menarik perhatian. Banyak spot foto keren, lho. Ada pohon pule yang menjulang dan menarik minat pengunjung untuk mengabadikannya. Pemandangan indah pegunungan juga terlihat jelas. Amazing!

Dusun Semilir Bawen Kabupaten Semarang
Salah satu spot menarik di Semilir

Oh iya, Tiket masuk ke tempat wisata di Kabupaten Semarang ini terbilang masih murah yaitu Rp5.000,00 per orang. 

Keunikan lainnya, kalau Sedulur ingin menikmati menu makanan serta minuman di Resto Sepoi-Sepoi tidak menggunakan uang tunai untuk pembayaran. Tetapi, menggunakan kartu yang bisa diisi ulang.  Seperti sistem bertransaksi di beberapa foodcourt di mal Jakarta, ya. 

Dusun Semilir Bawen Kabupaten Semarang
Jajanan tahu baxo yang nikmat 

Kita cukup membeli kartu seharga Rp50.000. Untuk deposit kartu Rp10.000, sisanya bisa digunakan untuk belanja. Jika kurang, bisa diisi ulang dan bisa dikembalikan depositnya jika selesai digunakan. 

Gimana, bikin penasaran kan? Apalagi kalau mengintip foto-foto keren para pengunjung Dusun Semilir, Bawen Kabupaten Semarang di Instagram. Jadi ingin cepat-cepat berkunjung ke sana. Untuk jam buka,  hari biasa mulai pukul 09.30 sampai 21.00 WIB. Khusus akhir pekan dan liburan, tempat wisata ini tutup lebih malam yaitu pukul 22.00 WIB. Jangan lupa berkunjung ke Kabupaten Semarang, ya Sedulur!

Sumber Foto:
Instagram Dusun Semilir

Dusun Semilir
Jalan Soekarno Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang
Nomor Telpon 0821-3521-6158
Jam Buka: Senin-Jumat pukul 09.30- 21.00 WIB
Sabtu-Minggu pukul 09.30- 21.00 WIB

38 komentar:

  1. Duh aku lihatnya malah seperti kurungan burung mbak,
    Ehhh tapi ada benernya juga hampir sama seperti kurungan ayam tapi bentuknya besar heheee
    Spot di Semilir Eco-Park yg ada danau buatan itu juga menarik banget mbak, hehehee
    TFS yah Mbak ^_^

    BalasHapus
  2. Maaakk, aku mauuu cuss ke sini.
    InsyaAllah anakku juga bakal hepi nih dolan ke sini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Bentuknya kok unik sekali ya ini, kalo malam tambah cakep kayaknya karena ada lampu-lampunya ya. Aku baru tau di daerah Semarang ada tempat wisata unik ini :)

    BalasHapus
  4. Lebaran kemarin Aku udah kesana mak, lumayan bikin ngowoh karena nemu tempat wisata keren begini di Ungaran. Kalo gak salah nanti bakalan dibangun buat glamping juga.. jadi gak sabar pingin lihat hasilnya kayak gimana

    BalasHapus
  5. aaw ... cantiknyaaa Semilir Ecopark ini, diberi nama semilir pasti karena anginnya semilir yaaa (sepoi sepoi kalau bahasa Indonesia) nuduh banget hahahahhaa...

    tapi kalau ke SEmarang jadi salah satu itlist deh

    BalasHapus
  6. Oalah ini to yang diceritain temen sy kemarin. Katanya mau ke Semilir sama keluarganya. Saya belum pernah kesini padahal sering lewat daerah Bawen. Kapan2 bisa jadi obyek wisata keluarga pas weekend nih

    BalasHapus
  7. Cakep banget, Mbak. Dusun Semilir, cocok banget nama yang digunakan. Wisata ecopark dengan bangunan terbuat dari bambu, jadi epik dan sangat insatagramable. Belum diresmikan aja udah ramai, gimana nanti kalau udah diresmikan,ya? Pasti jadi kekinian dan makin hits deh. Tiket masuknya murah meriah juga, cuma Rp 5.000

    BalasHapus
  8. Makmin kapan ke sananya tuh? Kok bisa sepi gitu. Aku pas ke sana uyel-uyelan saking ramenya wkwkwk.. Eh tapi sekarang HTM nya naik lho, jadi 8rb dan 10rb

    BalasHapus
  9. Penasaran bangeeyyt... Unik dan cantik ya tempatnya. Moga suatu saat bisa berkesempatan ke sana.

    BalasHapus
  10. Waaah destinasi baru lagi nih di Semarang. Keren banget min bentuk bangunan dari tiang bambunya. Instagramable banget.

    BalasHapus
  11. Aku gagal ke Semilir, mbak. Lah antrian masuk parkir aja luamaaa, dan bikin macet jalan raya Semarang Bawen. Akhirnya balik deh ke rumah. Rencananya nanti kalo weekdays aja kesananya, kemarin itu gagal karena hari Minggu. Tempat hits beneran deh Semilir ini ya

    BalasHapus
  12. Konsepnya unik banget.
    So brilliant!

    Tapi...
    Beberapa hari lalu aku pernah membaca artikel tentang kerajian bambu yang viral di Jakarta itu, mba, Bambu Getah-Getih yang hanya bertahan 11 bulan dan akhirnya dibongkar karena sudah lapuk.

    Apakah Dusun Semilir sudah melakukan kajian?
    Takutnya, akan bernasib sama.

    BalasHapus
  13. Tempatnya lucu banget ya. Sayang kemarin pas ke semarang, justru kitanya mager. Adanya kebanyakan goler2 manjyah aja di rumah sodara. Wkwkwk. Jalan coma di sekitar pusat kota aja.

    BalasHapus
  14. Wah, unik banget ya. Bentuk bangunannya mirip candi. Penasaran jadi pengin nyobain ke sana kapan-kapan :)

    BalasHapus
  15. Ih iya mba ini beneran unik. Pengen banget kalau ke Kabupaten Semarang, mampir ke sini. Tempatnya juga nyaman ya mba buat keluarga

    BalasHapus
  16. Waah..makin ingin ke sini nih.. Blm selesai 100% saja sudah cantik ya..apalagi kalau sudah siap semua..

    BalasHapus
  17. Instagramable bnget ya mba huhu bagus bnget jadi mau kesana,, Blum petnahbke daerah Baeean sebelumny mudah2an dlm waktu dket kpingin explore juga

    BalasHapus
  18. Wah makasi atas infonya tentang desa wisata Semilir nih mba, karena keluarga besarku belum pernah kesana

    BalasHapus
  19. Padahal pas lebaran kemaren aku masuk pintu tol Bawen dari Temanggung. Sayang banget belum tahu soal Desa Semilir ini. Penasaraan banget ingin lihat bangunannya yang unik dari anyaman bambu. Semoga lakn kali kalau lewat Semarang bisa mampir ke sini.

    BalasHapus
  20. Ini cakep amat tempatnya, kayaknya aku kudu mengagendakan kembali untuk ke Semarang nih. Karena banyak tempat yang ingin aku kunjungi.

    BalasHapus
  21. Semilir Ecopark ini memang lagi jadi pembicaraan hangat ya. Wajar aja, tempatnya memang unik dan instagramable.

    BalasHapus
  22. Wuih tiketnya murah yaaa. Aku kyknya kapan hari baca review siapa gtu ttg Bawen ini juga, Ternyata malam di sana bagus banget ya lampu2nya itu :D
    Oh ya apa ada penginapan deket sana mbak?

    BalasHapus
  23. Mbak bulan depan aku sama anak-anak mau main ke Semarang nih, pas banget dapat info ini. Makasih ya

    BalasHapus
  24. murah bingits mba tiket masuknya, padahal cantik lho tempat wisataya. Semoga bisa makin berkembang ya mbak Semilir Ecopark

    BalasHapus
  25. September besok rencana mau melipir ke Salatiga. Tempat ini wajib dimasukkan dalam daftar kunjung nih. Seru sepertinya.

    BalasHapus
  26. Fix..kaloke Semarang wajib mampir sini, nanti anterin akoo yaaa kita poto2 ditempat yang kece ini, pengennya pas senja biar makin sendu hihiii

    BalasHapus
  27. Spot yang unik banget. Instagrammable banget pula.

    Bisa nih jadi rujukan spot-spot bertema Eco. Bisa Ecopark, atau Ecotourism

    BalasHapus
  28. Semilir nih lagi hits banget ya..seneng liatnya dulu pas lagi proses pembangunan penasaran sama hasil akhirnya ternyata memang bagus

    BalasHapus
  29. Pertamakali rame dusun Semilir, aku lihatnya kek kurungan ayam 😁

    Konsepnya keren ya Mbak. Pas mudik kemarin pengen ke sana, tapi masih rame banget.. Males jadinya 😁

    BalasHapus
  30. Ternyatq kalo sore cantik juga ya. Baeklah diagendakan ke sana weekend ini

    BalasHapus
  31. Kartu 50rb itu hanya bisa digunakan di dusun semilir aja ya mbak? Atau ada kegunaan lain dari kartunya?

    BalasHapus
  32. Ayok mbak main ke Semilir, aku nggak jadi gara-gara antriannya panjang buat parkir. Kelihatan juga dari atas, tempat perkir juga penuh

    BalasHapus
  33. Wah,, yg bentuk raksasa itu udah jadi. Cakep yaaa. Aku nungguin Desember ah buat balik lagi. Pasti lebih keren kalo jadi.

    BalasHapus
  34. Udah kasak kusuk sama si matt nih pengin ke Semilir. Nunggu enggak rame banget dulu katanya. Mau nyobain jalan-jalan dan jajan di sana.

    BalasHapus
  35. Arrgh aku belum kesini. Tapi nantiblah nunggu ga rame. Eh kapan ya ga ramenya. Mungkin kalo lagi tutup. Hehe

    BalasHapus
  36. Kota yang menjadi mimpi untuk saya kunjungi adalah Semarang. Semoga suatu hari nanti bisa sampai kesini.

    BalasHapus
  37. Wah keren banget tempatnya! jujur aku baru pertama kali dengar mbak. Masuk wishlist nih buat dikunjungi hehe

    BalasHapus
  38. Ini hits banget tapi malah belum pernah kesana. Bagus banget dilihat dari artikel ini, mbak.

    BalasHapus