Rabu, 26 Juni 2019

Blog Kita Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Bagaimana Caranya?

Morning Sedulur,
Saat ini, blog menjadi kebutuhan banyak warganet. Ya, blog yang awalnya hanya menjadi tempat curhat para pemilik blog diawal kemunculannya ternyata kini bergeser ke arah yang mengejutkan. Ya, Blog kita bisa jadi sumber penghasilan, bagaimana caranya?

Blog Kita Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Bagaimana Caranya?
Blog Sebagai Portofolio Karyamu


Bagaimana tidak, kini penggunaan blog lebih luas. Tak hanya untuk bersilaturahmi dan tempat curhat, blog ternyata bisa menjadi sumber pengetahuan serta sumber penghasilan bagi blogger.

Hah, yang benar? Benar!
Mimin Semarang Coret pun sudah menikmati pendapatan dari blog, dari tulisan yang Mimin unggah atau bagikan di blog. Apa saja kegunaan blog di masa kini? Yuk, kita bahas satu-persatu.

1. Blog sebagai healing therapy

Menulis bisa menjadi obat bagi yang sedang bersedih. Dengan menulis di blog, mencurahkan perasaan, maka hati yang sedih dan sumpek akan lebih lega. Ada seorang teman blogger yang menuliskan rasa kehilangannya sejak pasangan meninggal, dan perlahan membaik. Blog menjadi penyembuh luka batinnya.

2. Blog sebagai aktualisasi diri

Punya uneg-uneg terhadap suatu hal, memiliki banyak ide dan pemikiran terhadap suatu masalah atau kasus, menulis di blog bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sedulur bisa mengungkapkan perasaan dan ganjalan terhadap kasus kisruhnya PPDB SMP tahun ini di kota Sedulur, misalnya. Tidak usah menunggu artikel kita dimuat media massa tapi kita sudah bisa posting di blog dan dibaca banyak orang.

3. Blog sebagai portofolio pemiliknya

Sedulur suka menulis cerita, atau bercita-cita ingin jadi illustrator buku anak dan lainnya? Blog bisa menjadi portofolio Sedulur lho secara online.

Pajang saja tulisan, gambar, hasi editing atau terjemahan Sedulur pada suatu karya. Maka para pembaca blog akan melihat karya Sedulur. Bahkan orang-orang dari pihak terkait bisa dengan mudah mengakses blog Sedulur dan menghubungi bila tertarik untuk bekerjasama.

Blog menjadi portofolio Mimin Semarang Coret untuk kerjasama dengan berbagai brand menulis artikel. Blog juga menjadi tempat memajang karya bagi Aga, illustrator muda berbakat dari Semarang.

Ingin menjadi penerjemah buku? Sedulur bisa memajang artikel atau cerita terjemahan Sedulur. Lalu, rajin posting link tulisan di akun media sosial maka akan semakin banyak pembaca dan calon klien berkunjung ke blog kita. Asyik, kan, lambat lain blog bisa menjadi sumber penghasilan kita.

4. Blog Sebagai Etalase

Ya, blog juga bisa menjadi etalase untuk produk yang Sedulur jual. Misalnya, Sedulur menjual buku-buku anak dari berbagai penerbit, selain memajangnya di akun media sosial, blog juga bisa menjadi toko Sedulur, lho.

Jangan lupa untuk selalu rajin memperbarui blog dan posting artikel menarik dengan tema tak jauh dari produk yang dijual. Misalnya jual buku anak, Sedulur bisa mengunggah artikel seputar dunia anak atau pengasuhan.

Blog Kita Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Bagaimana Caranya?
Blog bisa jadi etalase produk kita

5. Blog Sebagai Rujukan Warganet

Ya, blogger kini menjadi profesi yang cukup bergengsi. Blogger bahkan kerap didaulat sebagai influencer karena blognya kerap menjadi rujukan warganet. Ingin membeli laptop atau ponsel baru, ingin wisata kuliner dan mencoba tempat wisata baru, bahkan ingin mencoba skincare terbaru, warganet tak jarang mencari informasi di blog kita. Keren, bukan? Hehe.

Tapi, untuk memiliki blog yang menarik dan banyak dikunjungi pembaca, tentu saja tidak serta-merta terjadi seperti sulap, pembaca kita tahu-tahu menyerbu blog kita. Bahkan meninggalkan puluhan komentar positif disetiap postingan.

Proses menjadi dikenal dan punya pengaruh kuat ini, membutuhkan waktu yang cukup lama dan blogger harus konsisten agar dilirik pembaca dan brand. Sebut saja Grace Melia dengan blog parenting www.gracemelia.com, Katerina dengan blog travelingnya www.travelerien.com. Keduanya punya brand image yang kuat.

Tak hanya menyajikan artikel berkualitas secara rutin, dalam artian blog harus rajin diperbarui dengan artikel menarik yang dapat mengundang pembaca mampir.  

Tapi, blog juga harus mudah diakses, tidak berat saat dibuka dan tampilannya bersih. Blog yang seperti inilah yang menarik minat pembaca dan brand untuk bekerjasama.

Sebaiknya blog juga tidak mudah down. Karena jika blog kita berat dan susah diakses, atau sering down, maka pembaca akan malas berkunjung ke blog kita. Untuk itu, blog dengan hosting sendiri bisa menjadi pilihan para blogger zaman now.

Blog Kita Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Bagaimana Caranya?
Blogger Zaman Now Adalah Influencer

Di domainesia.com, Sedulur bisa menyewa domain dengan harga terjangkau. Tinggal mengetikkan domain yang Sedulur inginkan di website, maka akan keluar biaya yang dibutuhkan untuk memilikinya. Praktis, bukan? Untuk domain dotkom hanya 99 ribu per tahun. Sedangkan untuk dotnet adalah 109 ribu per tahun. Miring banget, ya!

Begitu juga jika ingin hosting murah Domainesia menyediakan berbagai paket hosting blogspot dan wordpress login yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, yang cocok untuk blogger, toko online hingga startup.

Domainesia menyediakan Web hosting dengan SSD performa tinggi dalam infrastruktur Cloud. Harganya mulai Rp.8000,- per bulan untuk paket Lite hingga Rp.640.000 per bulan untuk paket Exa. Untuk Paket Exa mendapat fasilitas bulanan berupa 48 GB Space, 2 GB RAM, Unlimited Bandwidth, 2 CPU Core, Unlimited Website, Unlimited Email, Gratis Domain dan Akses SSH.

Sedulur tinggal memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan menghubungi Customer Service Domainesia melalui Nomer Watsapp yang tertera di website. Jadi, tak ada lagi alasan untuk menunda, mulailah berkarya hari ini. Ingat, Blog Kita Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Sudah tahu kan, Caranya? Hehe.


24 komentar:

  1. Buat aku pribadi sih semua yang dipaparkan betul semua mba dari mulai etalase sampe juga healing hahaha..tapi buatku utamanya adalah bisa ungkapin dan sharing yang aku rasakan semoga pengalaman yang pernah aku alami bisa dijadikan pelajaran diambil hikmahnya..selebihnya bisa nambah fee alhamdulilah banget mba

    BalasHapus
  2. Wah br tahu ada domainesia
    Pilihan paketnya variasinya banyak yaa?
    Ada yg paket minimalis segala yaa

    BalasHapus
  3. Website dengan performa tinggi bakal gampang diakses pengunjung ya. Dan siapa tahu mereka juga berlama-lama nyari artikel lain karena lancar jaya saat klik klik artikel berikutnya

    BalasHapus
  4. Bener banget, menulis di blog bisa banyak banget manfaatnya. Paling utama memang untuk aktualisasi diri yaaa... Apa2 yang menjadi uneg2 bisa dituangkan dengan bebas. Kalau bisa kelola dengan baik, malah bisa jadi ladang pendapatan.

    BalasHapus
  5. Wah boleh juga tuh harga paketannya.. Alhmdulillah sudah punya blog juga.. semoga blog kita bermanfaat dan kita manfaatkan sebaik2nya untuk menyebarkan kebaikan.

    BalasHapus
  6. Yuhuuu..dulu blog cuma tempat syurhat manjah, kini jadi ladang pencarian, bahkan emang dibidik brand utk mempromokan produknya melalui tulisan tangan blogger :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah blogger kini menjadi profesi yang cukup bergengsi. Beberapa blogger jadi narasumber bergengsi juga
    Dan.. kerap didaulat sebagai influencer karena blognya kerap menjadi rujukan warganet.

    Untukku yang memutuskan tidak bekerja di satu instansi, blog menjadi sumber inspirasi untuk berkarya dan mendapatkan banyak informasi

    BalasHapus
  8. Setuju nih, blog bisa jadi media aktualisasi diri yang memberi penghasilan. Sayangnya aku masih kurang konsisten sih ngisi blog. Jadi ya gitu deh, beberapa tahun ngeblog, hasilnya masih gitu-gitu aja.

    BalasHapus
  9. Saya beli domain di domainesia loh. Waktu itu domain .com gak sampai 50 rb promonya, haha. Awet perpanjangan sampai sekarang

    BalasHapus
  10. Di zaman sekarang ngeblog itu memang bisa jadi sumber penghasilan. Bener banget, Mbak, blogger zaman now itu Influencer. Hihihii

    Ya begitulah dunia blogging saat ini, dulu awal saya ngeblog juga hanya untuk curhat atau menulis diary saja. Tapi lama kelamaan bisa dapet duit. Hahhaa

    BalasHapus
  11. Setuju, buat blog itu mudah, semudah menjentikkan jari!

    Tapi eh tapi, buat blog sukses itu tidak mudah, karena kita harus bersaing dengan hampir 5 juta blog post perhari.

    Sssst, aku sudah menuliskannya di blog aku, alasannya (^_^)
    Nih, aku lampirkan URLnya di URL komentar ya


    BalasHapus
  12. Banyak yang didapatkan dari aktivitas ngeblog ya mulai dari ilmu, teman, penghasilan , dan unjuk gigi. Aku awalnay dulu juga buat iseng aja ngisi waktu, sampai sekarang malah ketagihan

    BalasHapus
  13. Bener sih, sekarang itu blog/website pribadi udah kayak CV aja. Semua bisa ditulis di situ. AKu juga ngerasain banget manfaatnya setelah 2 tahun terakhir fokus ngeblog. Berasa banyak manfaat dari segi materi dan nonmateri. Pokoknya aku berjuang terus konsisten deh, biar bisa kayak MBak-mbak blogger senior.

    BalasHapus
  14. Bener banget ya, blog sebagai media sosial dan media peyebar bisnis yang dapat digunakan sebagai sumber pamsukan. Bagaimana lagi, karena bisnis sekarang sudah berubah dari offline sekarang online

    BalasHapus
  15. dulu aku cuma suka mengulas tempat2 yg aku datengin, juga suka bikin tulisan itin di blog tapi gaya buku diary gitu. eh ga nyangka bakal banyak yg baca dan malah jadi laris. hahaha

    BalasHapus
  16. Alasanku nulis blog juga sama kayak di artikel ini mbak 😁😁 salah satunya sebagai portofolio ,biar dikata IRT tapi tetap bisa berkarya lewat blog. Btw seneng banget ada Domainesia yang ngasih harga promo murah.ah jadi pengen nih😁

    BalasHapus
  17. Setuju banget mbak... Awalnya saya ngeblog krn suka cari review2 dr blog, makanya jd ingin nulis dan ikut berbagi di blog juga...

    BalasHapus
  18. Ternyata kegunaan blog banyak banget ya. Jadi makin semangat buat ngeblog. Siapa tau malah bisa jadi sumber penghasilan utama.

    BalasHapus
  19. Awal Blogging, sama sekali gak kepikiran kalau dari Blog ini dapat menghasilkan pundi-pundi. Dulu hanya nulis apa yang ada di hati, apa yang dipikirkan, pokoknya numpahin ide dan uneg-unegnya. Lama kelamaan hobi yang memang berasal dari passion ini Alhamdulillah menemukan takdirnya sehingga menjadi salah satu penghasilan. Semenjak itu memutuskan untuk merawat Blog lebih baik lagi dari mulai memberikannya hadiah domain, mengganti template-nya menjadi lebih ramah SEO, mengurangi kalimat-kalimat yang kurang berfaedah dan lebih banyak sharing hal-hal positif dengan harapan bisa menjadi penyemangat ke diri sendiri juga. Tetap semangat Blogging, tetap berkaryaaaa..

    BalasHapus
  20. Kelimanya memang pas banget sama tujuan saya ngeblog selama ini. Terutama tentang aktualisasi diri dan untuk healing terapi

    BalasHapus
  21. Waduh, blogku masuk yang mana ya? Hehe, jadi malu. Aku sih penganut ajaran blogku suka-sukaku. Jadinya isinya sesuka aku. Ada curhat, ada jualan, ada review, dll. :)))

    BalasHapus
  22. Blog memang sebagai sarana berbagi...
    Senang rasanya mendapat feedback dari beberapa sahabat blogger yang udah kenal deket bahkan yang ga kenal sama sekali.

    Jadi infonya sampai ke yang membutuhkan informasi.

    BalasHapus
  23. Aku sekarang malah keasyikan nulis blog daripada nulis buku nih wkwk... Mau tobat kok susah.

    BalasHapus
  24. Pernah ditawari pakai jasa domainesia tapi masih belum mulai.
    Mau stalking lebih dalam lagi soal jasa domain satu ini

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...