Rabu, 08 Mei 2019

Wisata Religi di Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Morning Sedulur,

Beberapa waktu lalu,  kami mengunjungi tempat Manasik Haji Firdaus Fatimah Zahra di Gunung Pati. Ya, Suami Mimin akan umrah dan manasiknya berlokasi di Gunung Pati. Lokasinya seluas kurang-lebih 3  hektar dan berada sekitar 15 km dari Kota Semarang.
Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Replika Ka'bah di Firdaus, Bikin Kangen
Kompleks manasik haji-umrah eksekutif ini mulai aktif digunakan jamah pada tahun 2014. Nama tempatnya adalah Firdaus Fatimah Zahra dan dibangun oleh PT. Fatimah Zahra, sebuah biro perjalanan haji dan umrah di Semarang.

Menurut pegawai Biro Fatimah Zahra, masyarakat umum  juga bisa mengunjungi Firdaus, jadilah kami sekeluarga piknik ke tempat ini. Kemana saja Mimin Semarang Coret hingga baru tahu tempat ini, ya? Hehe.

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Bus-bus besar memenuhi Firdaus Fatimah

Begitu tiba di lokasi, ternyata tempatnya luas sekali dan halamannya dipenuhi  bus-bus besar pengunjung. Ya, tak hanya jamaah biro Fatimah Zahra yang manasik disini. Jamaah biro lain dan masyarakat bisa masuk. Setiap orang dikenai biaya Rp40.000 dan mendapatkan tiket masuk sebuah buku kecil menyerupai paspor.

Kami memasuki lokasi setelah terlebih dahulu mengecap paspor di loket yang menyerupai bagian imigrasi sebuah bandara. Suasananya pun dibuat seperti bandara. Dengan deretan koper dan ruang tunggu.
Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Pintu masuk dibuat menyerupai bandara

Awalnya, Tempat ini dibangun untuk latihan manasik haji dan umrah calon jemaah Fatimah Zahra tapi ternyata juga digunakan jamaah biro lain serta pengunjung umum. Bahkan kini, setiap akhir pekan ribuan pengunjung datang dari berbagai kota di  Jawa Tengah dengan bus-bus besar.

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Rombongan Jamaah Haji Ungaran 

Tujuan wisata religi di Jawa Tengah kini tak hanya mengunjungi makam para wali  dan asjid bersejarah, tapi rombongan juga menyempatkan diri menyambangi Firdaus Fatimah Zahra. Siapa tahu setelah mengunjungi  replika Ka'bah, kita bisa beribadah di tempat aslinya ya, Sedulur? Aamiin!

Untuk berkumpul disediakan ruangan berupa aula yang luas dan megah. Setelah itu, para  jamaah bisa berlatih sesuai urutan ibadah yang dilakukan nanti di tanah suci. Jadi, simulasinya lebih nyata karena keadaan disini mirip aslinya.

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Kunjungan wisata sekolah 

Setelah mengenakan ihram, jamaah mulai bersiap-siap untuk tawaf di Ka'bah didampingi pemandu. Tawaf adalah berjalan mengelilingi ka'bah sebanyak tujuh kali putaran. Arahnya, harus berlawanan dengan jarum jam.

Para jamaah berjalan dimulai dari titik hajar aswad dan kembali dihajar aswad. Tiga putaran pertama berjalan cepat dan selanjutnya berjalan biasa.

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Prosesi manasik dipandu pembimbing 

Sepanjang Tawaf membaca takbir dan doa yang dikehendaki selanjutnya dapat diakhiri dengan membaca doa selamat pada setiap akhir putaran.
Setelah tawaf, jamaah melaksanakan sai’ yaitu lari-lari kecil antara Bukit Safa dan Bukit Marwah, yang dibuat seperti aslinya yang ada di Mekah.

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Bersantai di restoran Arab Saudi

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Toko suvenir di pintu keluar

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Ada pasar seng di Gunung Pati

Melihat replika Ka'bah, Masjid Nabawi, Bukit Jabal Nur dan lainnya. Jadi kangen sekali ingin mengunjungi tanah suci kembali. Apalagi, panas teriknya juga mirip sekali, haha, panas teriknya matahari Semarang bisa buat latihan sebelum ke Mekkah ya, Sedulur!

Apalagi kalau kita mengajak anak berkunjung kesini. Mereka bisa belajar lebih dalam  tentang ibadah Haji dan Umrah serta tata caranya. Anak-anak mimin antusias sekali mengumpulkan kerikil dan ikut melempar jumroh, hihi. Seru sekali katanya melempar tugu jamarat.

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Lempar jumroh 

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Sai antara safa dan Marwah 

Selain belajar tentang prosesi haji dan umrah, kita juga bisa berfoto-foto dengan spot yang ada di Firdaus Fatimah Zahra ini. Misalnya dengan replika Ka'bah, replika restoran Arab yang unik hingga replika Masjid Nabawi.

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Bukit Jabal Nur KW

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Replika Masjid Nabawi yang ngangenin 

Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati Semarang
Padang Arafah yang panas pol

Jika lapar atau haus, kita bisa jajan di Pasar Seng, hehe padahal aslinya sudah digusur ya pasar ini di Tanah Suci. Ada banyak pernak-pernik khas Arab juga deretan kedai makanan yang bisa kita nikmati.

Di akhir perjalanan menuju pintu keluar, kita akan melewati toko yang menjual pernak-pernik seperti teko berwarna emas, kurma, sajadah hingga tasbih warna-warni. So, jangan lupa berkunjung kesini ya. Tempat ini bisa jadi alternatif tempat wisata di Semarang ya, Sedulur.

Firdaus Fatimah Zahra
Jl. Muntal, Mangunsari, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Nomor Telepon: 024 8319338

36 komentar:

  1. Wah asyik sekali ya mbak, destinasi wisata seperti ini. Berarti ini banyak dipakai buat latihan manasik buat yg mau berhaji ya mbak? Kalau bawa anak bisa banget buat ngenalin mereka tentang ibadah haji

    BalasHapus
  2. Wah konsep wisata yang sangat menarik ya mbak. Bisa belajar buat manasik dan memberi gambaran keadaan disana

    BalasHapus
  3. waaw keren ya ada wisata religi gini, biasanya anak2 di sekolah suka ada acara tawaf dan ka'bahnya bikin sendiri. Kalau gini kan jadi praktis dan anak2 + ortu juga bisa sekalian jalan2 :D

    BalasHapus
  4. Waktu melihat fotonya, ini lokasi dan kondisi panasnya disesuaikan dengan kondisi Mekah ya. Bagus ya konsepnya, jadi ada latihan terlebih dulu ya untuk calon jamaah haji dan umroh.

    BalasHapus
  5. wah keren ini tempatnya, replika kayak di sana ya. Pas awal baca heran aja kok ada pengunjung biasa juga yang masuk kesitu, berbayar pula. Lumayan mahal lho 40 ribu.

    Makin ke bawah lihat foto-foto dan baca keterangannya baru deh tahu alasannya.

    BalasHapus
  6. wah berasa ada di tanah suci. bisa latihan untuk ibadah haji yang menyenangkan :)
    jadi inget kalo anak-anak sekolah biasanya bikin miniatur sendiri dari bahan yg mudah dibongkar pasang. ini miniaturnya beneran udah ada, bagus banget :)

    BalasHapus
  7. Buagusss banget lokasi manasik Umrohnya mbaaa
    Nitip doa ke pak suami, boleh? Buat keluarga kami supaya bisa umroh bareng ya.
    Moga2 bisa Kopdar di Mekkah ama mba Dedew sekeluarga jugak, aamiiiin.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Wah, keren. Dibuat mirip seperti aslinya ya. Jadi kepengen ke sana deh sama anak-anak. Seru kayaknya ya. Sebelum bisa ke tempat aslinya.

    BalasHapus
  9. Berasa beribadah di Mekkah ya duuh jadi makin rindu berkunjung ke Baitullah

    BalasHapus
  10. Baru tau deh kalo ada tempat yang menarik kayangini di Semrang. Kalau ga berniat manasik, pengunjung umum boleh datang ga ka?

    BalasHapus
  11. Bisa buat masyarakat umum ya? Baru tau juga Mbak Dew. Wajib ke sana. Semoga nanti bisa diundang Allah jadi tamunya di mekah juga. Aamiin.

    BalasHapus
  12. dengar Gunung Pati, otak saya langsung ngait ke UNNES. dan sekarang kayaknya kalau dengar gunung pati juga bakalan ingat tempat ini. tiga hektar....luas juga ya mbak.

    BalasHapus
  13. Wah inimah bener2 disetting sedemikian rupa seperti beneran berangkat haji ya. Babakan urusan detail dari mulai cap paspor di imigrasi pun disimulasikan..

    Ya Allah, aku juga ingin umrah dan haji

    BalasHapus
  14. Pasar senh. Pernah diceritain ortu mbak. Udah digusurkah? Btw aku jan mupeng lihatnya. Moga2 bisa sampe ke Mekah beneran. Amin..

    BalasHapus
  15. Wah baru tahu di Semarang ada wisata religi kayak gini mbak. Hampir mirip sama aslinya yaa, seru. Bisa buat latian anak2 nih

    BalasHapus
  16. Eh baru tahu aku ada tempat begini. Seru ya. Bisa berasa di tanah suci padahal masih di Semarang.

    BalasHapus
  17. Wah, keren banget tempatnya, mirip yg asli jd makin asyik ya manasiknya, pantas dipakai biro lain jg :)

    BalasHapus
  18. Ya Allah, itu bisa untuk umum juga ya mb Dew? tahunya cuma buat manasik doang. Sering lewat sih, dekat tempat kerja juga. Kapan-kapan cuzz deh...

    BalasHapus
  19. Wah seru ya bisa manasik di sana :D
    Jadi sekarang buat tempat wisata ya mbak, walau jg masih dipakai buat latihan manasik gtu? :D

    BalasHapus
  20. Mirip ya kaya tempat umrah &haji pantesan dijadikan tempat wisata religi di sana. Jaraknya lupmayan juga dari Semarang ya, aku baru tau loh

    BalasHapus
  21. Kalau ke Semarang lagi mau deh buat menikmati wisata religi lagi. Apalagi kalau bisa ajak anak-anak.

    BalasHapus
  22. Mirip banget di mekkah ya,, kayak replikanya ini next mesti kesini baru tahu aku klo d Semarang Ada tempat wisata religious kyk gini

    BalasHapus
  23. Aku sering loh lewat depan sini, tapi katanya hanya rombongan yang boleh masuk. PAdahal asliii, aku pengen banget bisa wisata religi di sini, menuntaskan kerinduan pengen ke tanah suci lagi, mbak

    BalasHapus
  24. Membawa kita serasa sedang berada di tanah suci ya mbak jadi kangen sama suasana disana. Anak-anak pasti senang sekali ya diajak kesana, apalagi bisa sambil belajar. Kalau emaknya kelar kesana kudu mampir ke Pasar Seng sepertinya.

    BalasHapus
  25. Waah...simulasinya lengkap beneerr yaa..
    Berasa sungguhan.

    Selamat manasik haji yaa, kak..
    Semoga hingga saatnya tiba nanti...segalanya lancar, tanpa hambatan dan pulang menjadi haji yang mabrur.
    Aamiin~

    BalasHapus
  26. Masya Allah salut dengan idenya pembangunan Firdaus Fatimah Azzahra ini. Tentu mempermudah jamaah yang akan berangkat umroh dan haji juga berguna menambah wawasan bagi masyarakat umum. Salut!

    BalasHapus
  27. Andai ada wisata religi di kota kecil saya, pastinya bikin anak2 lebih semangat belajar agama ataupun manasik

    BalasHapus
  28. Andai ada wisata religi di kota kecil saya, pastinya bikin anak2 lebih semangat belajar agama ataupun manasik

    BalasHapus
  29. Tiket masuknya unik ya mba..jadi berasa naik haji beneran..hehe.
    Wisata religi seperti ini bagus ya mba, untuk semua anggota keluarga juga cocok..

    BalasHapus
  30. SD dan SMP nya anak-anak juga kalau pas menyambut bulan Dzulhijah juga belajar manasik haji di sana. Seruuuu ... Bisa ngebayangin kalu di sana seperti apa

    BalasHapus
  31. Lho, ada wisata beginian to di Semarang? Ini kalau ada kunjungan belajar, anak-anak diajak ke sini pasti hepiii banget ya, Mbak. Apalagi ada replika-replika yang bisa memunculkan suasana di tempat aslinya. Sampai tempat beli oleh-olehnya juga ada.

    Semoga suami Mbak Dedew lancar ya untuk perjalanan umrahnya. Selamat sampai di rumah kembali, nantinya. Aamiin.

    BalasHapus
  32. Bisa untuk umum juga ternyata ya, mbak. Maksudnya bukan hanya buat jamaah Fatimah Zahra aja. Jadi, bisa kayak wisata religi, lihat orang yang sedang manasik atau bahkan malah ikut manasik juga

    BalasHapus
  33. Wah fattimah azzahra, ajakin aku ksana mba. Aku belum pernah ksana.. Sepertinya seruu

    BalasHapus
  34. MasyaAllah Tabarakallah bisa jadi pelipur rindu kalau ingin ke Mekkah yah bisa ke Semarang, seenggaknya bisa mengobati rindu, keren ya wisata seperti ini.

    BalasHapus
  35. Masya allah aku baru tahu ada tempat ini. Ada replika nabawi nya segala ya. Seru sekali bisa wisata religi

    BalasHapus
  36. Wah tempatnya dibuat mirip banget ya sama yang dimekkah, jadi berasa manasiknya, kalau di tempatku cuma Ka'bah aja yang dibuat miniatur yang lain belum

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...