Kamis, 20 Desember 2018

Menjadi Desainer Grafis Kreatif dengan ZenBook Pro 15 UX580


Morning Sedulur, beberapa waktu lalu, Mimin Semarang Coret membawa rombongan siswa SD berkunjung ke sebuah studio animasi di Ungaran, Kabupaten Semarang. Nggak nyangka kan, kalau di kota kecil seperti Ungaran memiliki studio film animasi yang filmnya diputar di televisi swasta nasional?

ZenBook Pro untuk para profesional 


Kami mengunjungi ruang kerja para animator dan desainer yang sibuk menggarap satu film animasi baru. Anak-anak SD terlihat antusias dan takjub bagaimana lincahnya jemari para animator menggambar dengan program di laptop. Desain kasar berupa sketsa mereka percantik dengan berbagai aplikasi atau program canggih hingga menjadi gambar bergerak yang kelak anak-anak Indonesia nikmati di layar kaca.


"Om, bisa gambar Spiderman lagi bergelantungan di gedung?” tanya Koko.
Om animator tersenyum, “Bisa dong!”
“Kalau gambar saya sedang bergelantungan, Om?” Potong Diko.
“Bisa, kamu jadi Tarzan kota kan? Pakai celana dalam doang?” sambar Erina.

Om animator kontan ngakak.

Blogger Tekno Ternama 

Iya, dari kunjungan saat itu, Mimin baru tahu kalau laptop para animator ini harus memiliki spesifikasi yang canggih. Sebab mereka harus yang menggunakan software-software desain, diantaranya Corel Draw, SketchUp, Adobe (Photoshop, After Effect, InDesign, Premier, dll), dan masih banyak aplikasi lain.

Aplikasi tersebut tentu saja membutuhkan memori dan kecepatan yang tidak sedikit, ya. Masa, bikin film animasi harus terganggu laptop yang kecepatannya merayap dan punya slogan aku selow, aku selow, santai, jodoh tak akan ke mana.. kayak laptop Mimin, kapan selesainya, Marimar?

Kunjungan Sekolah ke Studio Animasi Ungaran

Ketika Mimin nimbrung obrolan di grup WhatsApp blogger Gandjel Rel Semarang, ada Aga, lulusan kampus DKV ternama di Semarang, yang ngos-ngosan menyelesaikan kuliahnya hingga 14 semester saking beratnya tugas jadi anak DKV. Tapi, perjuangannya nggak sia-sia karena di usianya yang masih muda, ia kini memiliki studio desain sendiri di Semarang. Daebak!

Ya, peluang anak DKV saat ini memang besar di bursa kerja. Dengan keahliannya di bidang desain dan digital, ia sangat dibutuhkan dan bisa bekerja di sektor apapun. Anak lulusan DKV bisa menjadi desainer grafis, ilustrator, animator, konten kreator, web desainer dan banyak lagi!

Studio Animasi di Ungaran 

Jadi, Ketika beberapa waktu lalu adik Mimin lolos masuk kuliah DKV dan mengambil jurusan desain grafis, kebutuhannya akan laptop canggih dan berspesifikasi tinggi pun harus dipenuhi segera. Maunya Abah, laptopnya canggih dan bisa mengakomodasi kebutuhan kuliah dan kerja adik Mimin kelak. Nggak pakai acara ganti laptop berkali-kali gitu lho karena spesifikasinya yang kurang. Repot!

“Pecahkan saja celengannya, Abah! Semangat!”

Kanjeng Abah garuk-garuk jidat, memeluk celengan ayam kesayangannya. Hehe.


Kerja kreatif membutuhkan laptop canggih 

Tapi, bingung juga ya brand laptop apa yang sesuai kebutuhan anak DKV sekaligus bisa ia pakai  untuk bekerja menerima pesanan klien? Dalam artian, bisa digunakan jangka panjang untuk karirnya. Yup, adik Mimin memang canggih, sejak SMA sudah menerima job dari klien untuk mendesain. Sudah terlihat bakatnya menggambar sejak kecil.


Nah, Sabtu lalu (15/12), Mimin hadir di acara ASUS Blogger Gathering Semarang di Gets Hotel, Mimin mendadak naksir Om Yahya eh laptop yang dibawa sang pembicara, blogger tekno kawakan, Om Yahya dari Jogja. Blogger yang punya rumah maya di www.yahyakurniawan.net ini merekomendasikan  ZenBook Pro 15 UX580.

Blogger Semarang antusias

Jreng, apakah ini pertanda jodoh? Mimin Semarang Coret mendapat titah Kanjeng Papi eh Kanjeng Abah untuk mencari laptop canggih yang tertukar, ups laptop mumpuni untuk adik tersayang dan ternyata Asus meluncurkan ZenBook Pro 15 UX580!

Blogger Asus in dan haus kurang Rahmi

Ya, laptop ini terhot tahun ini dan merupakan seri tertinggi dari lini ZenBook. Laptop ZenBook Pro 15 UX580 adalah laptop kelas premium, Sedulur dan khusus untuk pengguna profesional seperti video editor, fotografer dan tentu saja desainer grafis seperti impian adik Mimin.

Dilengkapi ScreenPad Sebagai Layar Kedua

Keunikannya, ASUS ZenBook Pro UX580 adalah laptop pertama di dunia yang  dilengkapi ScreenPad, alias touchpad yang berfungsi sebagai layar kedua. Jadi, Sedulur tambah produktif berkarya, dong.

Desain anggun dan elegan (Foto: Winda Oetomo)


Biasanya, teknologi touchpad pada laptop tidak banyak berubah. Produsen hanya membuatnya lebih lega, lebih responsif dan mendukung multi touch dan gesture tapi untuk ZenBook Pro 15 UX580, ASUS berinovasi tinggi!

C:\Users\UX305FA\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Outlook\2M2WOQ6S\ZenBook Pro 15 UX580_product win.jpg

Dengan menggunakan mode Screen Extender, Sedulur bisa menjadikan ScreenPad seperti layar tambahan ZenBook Pro 15 UX580 ini. Karena semua aplikasi yang ada di desktop bisa ditampilkan terpisah di ScreenPad. Duh, idaman banget ya Sedulur!

Desain Elegan dan Anggun

Tapi, Mimin paling suka desainnya. Haha, perempuan banget ya, yang diperhatikan adalah penampilannya.  ASUS ZenBook Pro 15 UX580 ini tampil elegan. Bodi laptop ramping. Ia juga punya bezel yang tipis sehingga nampak langsing dibanding laptop 15 inci lain.

Walau bentuknya kompak alias ringkas, ZenBook Pro 15 UX580 tetap punya layar lebar dan beresolusi ultra tinggi yaitu 4K. Ia memiliki ukuran bentang 15,6 inci tapi bodinya seukuran laptop layar 14 inci. Hal ini karena teknologi NanoEdge.


Terus, ASUS ZenBook Pro UX580 ini bodinya berbahan metal  dengan warna Deep Dive Blue yang elegan. Seberapa greget ASUS ZenBook Pro UX580?  Bentuknya ringkas dengan ketebalan 18,9mm dan beratnya hanya 1,88kg!

Wow, Cukup ringan dan kompak jadi mudah dimasukkan ke dalam ransel, cocok buat adik Mimin yang pelanggan setia komuter, Bogor-Jakarta PP setiap hari jika kuliah dan kerja sambilan. Nggak bakal bikin dia encok kayak Mimin yang kerap boyoken kalau kebanyakan mengangkut laptop yang beratnya kayak batu bata di ransel. Langganan tukang pijat melulu. Faktor U banget, haha. Seangkatan Patih Gajah Mada ya, Min?

Laptop Luar Biasa Tangguh

Nggak hanya Oppa Taeyang dan Daesung Bigbang dan para artis KPop yang  ikut wajib militer, hehe. ZenBook Pro 15 UX580 juga sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL STD-810G. Sertifikasi ini menunjukkan laptop ini lolos berbagai pengujian ekstrem seperti tes ketinggian dan tes suhu! Wow, wow.

Seperti yang sudah dijelaskan Om Yahya, ASUS ZenBook Pro UX580 didesain khusus untuk para profesional dan bekerja di  bidang industri kreatif seperti Aga.


So, tentu saja laptop ini telah  memiliki segudang fitur untuk memenuhi kebutuhan pekerja industri kreatif, mulai dari spesifikasi kelas premium, konektivitas lengkap, hingga layar khusus dengan reproduksi warna yang sangat akurat. Persis yang dibutuhkan oleh adikku! Yeyeye..

Menurut Om Yahya, layar sangat penting bagi pekerja industri kreatif  seperti konten kreator dan desainer grafis. Kombinasi reproduksi warna harus akurat dan dilengkapi layar sentuh sangat diidamkan  oleh mereka.

Asus Blogger Gathering Semarang

ZenBook memiliki layar beresolusi 4K UHD (3840x2160 pixel) dengan tingkat kecerahan hingga 400. Yang paling bikin Mimin ngiler, layar laptop ini mampu menyajikan warna yang sangat akurat, dengan tingkat reproduksi warna Adobe RGB hingga 100% dan Delta E < 2. Jadi, warna di layar ZenBook Pro UX580 sangat realistis.

ZenBook Pro 15 UX580 juga didukung oleh prosesor dan chip grafis super keren. Laptop idaman Mimin ini menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H dan chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Pas banget untuk kebutuhan para profesional di bidang digital kreatif.


Bagaimana memorinya?

Hm, seluas hatiku yang selalu mengingat dirimu, uhuk. Woy, memori laptop! Bukan memori si belahan jiwa! Iyaa, Laptop ini memiliki RAM DDR4 sebesar 16GB dan penyimpanan internal menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD sebesar 1TB. Tentu saja bikin laptop ini jadi wush, wush kencang tanpa ngelag!


Terus,  nggak sembarangan orang bisa membuka ZenBook UX580 milik Sedulur. Bahaya kan kalau proyek yang sedang dikerjakan mendadak dicontek orang! Soalnya, laptop ini punya sensor sidik jari yang ada di touchpad dan Windows Hello. Jadi hanya Sedulur yang bisa membukanya. Nggak tergantikan deh, kayak mantan terindah Mimin!

Seperti yang dijelaskan di atas, laptop ini ringan dan  kompak sehingga cocok dibawa bepergian keluar kota dan menghadiri rapat bisnis. Untuk itu, laptop ini dilangkapi baterai Lithium Ion 8-cell yang bertahan hingga 9,5 jam. Sedulur juga bisa mengisi 60% daya hanya 49 menit! Wush, wush!

Berapa harganya, Sedulur?  
Kanjeng Abah, tolong siapkan Rp35.999.000,- untuk menebus ASUS ZenBook UX580 ini untuk adik Mimin! Bungkuuuus!

Sumber Foto:
Blogger Semarang

8 komentar:

  1. Sebenarnya inti dari tulisan mimin diatas adalah curcol dari lubuk hati yg terdalam mimin sama daebak2 itu sampai kanjeng papih yg ga peka2 khan..khan.
    Semoga mimin segera dpt momongan ya..eh laptop yg ga bikin boyoken ya min...

    BalasHapus
  2. Udah lama mengidam2kan laptop dgn spesifikasi kek gini min, bilang kanjeng abah, belinya dua, buat saya satu #SapaElooh

    BalasHapus
  3. Duhh kok lucu sih nulisnya, gemes aku. Hahaha

    BalasHapus
  4. Wah ASUS UX580 memang kece badai..speknya bikin ngiler ini pasti para dewa desain bahagia kalau bisa punya laptop ini

    BalasHapus
  5. Daku suka banget sama Mbakdedew, gigih menedukasi untuk anak anak...semangat ya mbak...btw laptopnya mantab ya...keren

    BalasHapus
  6. Wa... aku bacanya ingin kembali ke masa lampau. Andai hidup di jaman kekinian, kayaknya aku tertarik banget sama ndesain2 ngene ki Mbak Min. Cita2 jaman dulu banget yang nyesek di hati uhuhu...

    BalasHapus
  7. Anak kreatif udah terlihat sejak masih sekolah ya mba. Kayak Naufal, sejak SMA udah dapat duit dari bantuin orang tua atau kakaknya teman bikin desain untuk logo usahanya

    BalasHapus
  8. Pengen ke studio animasi filmnya... dan pengen juga sama laptop Asus ZenBook Pro nya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...