Laman

Sabtu, 15 Desember 2018

Menikmati Gelato Kolak Setup di Otello Gelatology & Sorbetteria, Semarang

Morning Sedulur,
Sudah pernah mencicipi gelato? Minuman yang saudaraan dengan es krim ini sudah mulai banyak dijual di Semarang, lho. Yang terkenal ada Gelato Matteo yang punya dua kedai di Semarang. Yang pertama di Jalan MT. Haryono dan yang baru di Kota Lama. Ada juga Mondo Gelato dan El Primo Gelato. Tinggal di Ungaran nih yang belum ada, hehe.

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Otello Gelatology & Sorbetteria

Beberapa waktu lalu, Mimin Semarang Coret mampir ke kedai baru yang punya nama Otello Gelatology & Sorbetteria. Beralamat di Jalan Setiabudi, Banyumanik, tak jauh dari Patung Kuda Ngesrep. Letaknya strategis di tepi jalan besar  sehingga mudah ditemukan. Kedainya tak terlalu besar tapi nyaman. Kita bisa memilih duduk di dalam atau di teras juga bisa.

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Pilih-pilih gelato

Hm, sebenarnya apa ya perbedaan es krim dan gelato? Sama-sama es krim juga kan? Ternyata, gelato dan es krim memiliki perbedaan. Penasaran?

Iyaa, Gelato adalah es krim dalam bahasa Italia. Tapi ternyata bahan dan cara bikinnya berbeda. Es krim terbuat dari krim, kepala susu dan kuning telur yang diaduk cepat dengan mesin hingga mengembang sehingga teksturnya menjadi lembut dan tahan lama.



Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Daftar harganya ni Sedulur

Sedangkan gelato terbuat dari susu, gula dan telur. Cara membuatnya diaduk pelan sehingga teksturnya lebih padat, mudah cair dan tidak tahan lama.

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Suasana Otello Gelato

Berita baiknya,  lemak yang terkandung dalam gelato jauh lebih rendah dari es krim biasa. Bahkan untuk gelato berkualitas tinggi kadar lemaknya hanya 1-3% saja. Jadi, jangan takut gemuk ya menyantap gelato! Hihi.

Balik ke Otello yang desain kafenya Instagramable banget. Keistimewaan Otello adalah pemiliknya Kartika Sulistiowati belajar membuat gelato di Bologna, Italia, negara asal gelato.  Setelah jago membuat gelato, ia lalu kembali ke Semarang dan mendirikan kedai gelato Otello yang bahannya adalah bahan lokal terbaik.

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Pilihan rasa gelato banyak ya

Ada 40 jenis rasa gelato di kedai ini.
Selain rasa yang standar seperti cokelat, vanila, tiramisu, mangga, tersedia juga rasa gelato yang unik dan khas Indonesia diantaranya rasa kolak setup, es teler, bahkan tape singkong keju! Haha, penasaran nggak, Lur?

Saat Mimin Semarang Coret mampir, pengunjungnya cukup ramai lho. Wajar ya karena selain suasananya asyik untuk nongkrong, rasa gelato yang nikmat, harganya juga terjangkau.

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Ini juga banyak pilihannya

Cukup lama kami bertiga terpekur di depan etalase kedai saking bingungnya memilih rasa gelato. Duh, mau coba yang mana? Enaknya kalau datang ramai-ramai bisa saling cicip pesanan masing-masing, ya! Hihi.

Untuk rasa, dibedakan dua jenis yaitu classic dan premium. Rasa classic diantaranya banana milk, oreo, cappuccino dan lainnya. Sedangkan rasa premium diantaranya cheesecake, hazelnut dan pistachio.

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Otello Gelato Medium 3 rasa

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Rasa banana milk

Untuk harga, berbeda sekitar 7 ribu rupiah untuk classic dan premium. Ada pilihan small (2 rasa) seharga Rp20.000 untuk classic dan Rp28.000 untuk premium. Selain itu ada pilihan medium (3 rasa) dan large (4 rasa) serta cone. Harga yang tertera belum termasuk PPN 10% ya, Sedulur!

Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang
Otello Gelatology & Sorbetteria Semarang

Saat itu, kami mencicipi gelato ukuran medium alias gelato dengan tiga rasa pilihan. Kakak Nailah memilih rasa banana milk, passion yoghurt dan cappuccino. Sedangkan Alde ingin mencicipi hazelnut, stracciatella dan choco sorbet.

Setelah membayar di kasir, pesanan kami pun tiba. Rasanya cukup nendang, tidak terlalu manis dan tentu saja enak. Lebih padat daripada es krim biasa. Otello Gelatology & Sorbetteria ini cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman-teman, pasangan, atau keluarga ya, Sedulur!

Otello Gelatology & Sorbetteria
Jl. Setiabudi No.115, Semarang
Telepon : (024) – / 081225094133

Buka Setiap Hari Pukul 10.00-21.00 WIB
 

31 komentar:

  1. Waaah deket sama tempat kerjaku nih, bisa dicobain kapan-kapan..nice info ;D

    BalasHapus
  2. Banyak banget Min varian rasanya. Kalo dnegan harga 20 ribu, dapat rasa yang endes, tempat yg instagramable ya cucok abis ya.

    BalasHapus
  3. Yeay ada tempat gelato baru lagi di Semarang. Kalo ke atas nyobain ah.

    BalasHapus
  4. Deket rumah tapi blm sempat mampir nih

    BalasHapus
  5. Gelato yang baru dan belum sempat aku sambangi. Akkk sukses deh Mimin bikin aku ngileeeer

    BalasHapus
  6. BW sebelum subuh kok malah kebacanya "soto kolak" ya. *cuci muka lagi* ;D

    BalasHapus
  7. Kok aku pikir itu otello tuh terinspirasi sama nama singkong, Kalo di aku namanya Telo mbak, hehheee, trenyata bukan ya.
    Sejauh ini belum pernah mamam gelato,, mupeng pengen nyobain huhuu

    BalasHapus
  8. Kenapaaaaa kok saya pas ke Semarang belum ada ginian. Hiks hiks

    BalasHapus
  9. Wah, baru tahu ne, kalau "rumah" gelato ada di Bologna, Italia

    Ssst, aku belum pernah lho makan gelato.
    Hmmm... bangga gitu, wakakaka

    Untung saja BWnya pas sudah buka.
    Kalau siang, bisa tumpah-tumpah nih liur, bahahaha

    BalasHapus
  10. Jadi dari bahannya saja sudah beda ya dengan es krim.
    Inovatif ya pembuatnya sampai ada rasa kolak swgala, jeli menangkap peluang

    BalasHapus
  11. Harganya bersahabat mba, omg I like ice cream! Penasaran sama rasa kolak dan es teler nya

    BalasHapus
  12. Alamaak.. semoga saya enggak salah jam berkunjung di siang-siang gini melihat Gelato yang aduh.. enak sekali itu. Dulu saya berpikirnya es krim dan gelato ya sama aja, cuma beda nama biar kekinian. Tapi ternyata beda ya, rendah lemak pula ini gelato. Jadi, enggak khawatir timbangan bakalan geser ke kanan dengan cepat kalau makan gelato nih.

    BalasHapus
  13. Wah klo ke Semarang kudu mampir nih nyobain Otello Gelato 3 rasa. Itu es krim kayaknya lembut banget di mulut.

    BalasHapus
  14. Hahaha... aku ngakak baca komentar mba Triani Retno di atas ^^

    Baidewei,
    Kayaknya aku belum pernah nih makan gelato, cuma pernah lihat dari jauuuh saja.
    Beneral lho, kirain sama dengan es krim. Untung BW ke sini, jadi bisa dikatakan seperti mendapat pencerahan^^


    BalasHapus
  15. Serius mak ada gelato rada kolak, es teler...jadi mau coba juga, apalagi kadar lemaknya lebih rendah daripada es krim biasa,cocok buat emak yg doyan ngemil tapi ngak pingin BB bertambah.

    BalasHapus
  16. Wahh ngiler mbak.. enak banget tuh kayaknya.. kesukaan anak2 pasti yaa.. hhii

    BalasHapus
  17. Biar ga Cepat gemuk berarti makan gelato nih hehe,. Jadi bikin pengen makan gelato nih malam malam.

    BalasHapus
  18. Biar ga Cepat gemuk berarti makan gelato nih hehe,. Jadi bikin pengen makan gelato nih malam malam.

    BalasHapus
  19. Sekarang banyak banget di temui gerai gelato. Dan uniknya itu punya toping yang variatif biasanya. Waktu singgah ke semarang sayang tak sempat mencicipi kenikmatan gelato inj

    BalasHapus
  20. Saat pindah ke Batulicin, lagi nyari2 nih ice cream gelato, tp sygnya belum dapet hikks, padahal fav. Banget sama yg satu ini

    BalasHapus
  21. Aku belum jadi ke Gelato Otello padahal pas lewat sana niatnya mau mampir, tapi sering kebablasan. Kalo aku favorit gelato yang rasanya asem, seger jadinya

    BalasHapus
  22. Oh, jadi itu to bedanya es krim dan gelato..*manggut-manggut* Ah, ku jadi tak tahan pengin nyobain gelato rasa tape singkong keju.. :)

    BalasHapus
  23. Banyak pilihan rasa gelatonyaaaa
    Aku suka karena lemaknya emang lebih rendah. Meski gak sering makan es krim, tetep ya pengen yang jauh2 dari lemak

    BalasHapus
  24. Tempatnya nampak cozy. Kursi2nya bagus. Pas untuk kuliner bareng keluarga ya

    BalasHapus
  25. Saking penasarannya sama gelato, kami beli yang besar laah yaa...
    ((tapi dimakan beremoat, aku, suami dan kedua anakku...hahhaha...keluarga hemat))

    Dan perasaanku, mungkin karena less sugar ini yaa...jadi gak terasa kaya makan es krim.
    Anak-anak kurang lahap makannya.
    Huuhuu~
    ((nangis karena rejeki mama dweeeh...wkwkwk))

    BalasHapus
  26. wow salfok sama 40 rasa yang ditawarkan di kedainya keren sih ini mantab sekali mba pasti pengunjung sampe bingung yah apalagi harganya juga ramah kantong

    BalasHapus
  27. Wah baru tau ada gelato dengan rasa aneka minuman lokal yang indonesia banget. Aku biasanya makan gelato standar, dari yang rasa coklat atau buah-buahan doang.

    BalasHapus
  28. Asyiiik ... Ada tujuan wisata kuliner baru kalau ke Semarang. Apalagi ini gelato, favorit aku. Kapan-kapan mampir, ah. Secara Solo - Semarang kan nggak begitu jauh. Etapi kale aja yang empunya mau buka cabang di Solo. Ditunggu, lho :)

    BalasHapus
  29. Jadiii, kapan aku diajak ke Gelato yg menjamur di kotamu, mba.. Senangnya maem gelato, ga bikin batuk, krn pasti dikasih secangkir air putih saat ke cafe gelato.

    BalasHapus
  30. Kalau lemak yang terkandung dalam gelato jauh lebih rendah dari es krim biasa, berarti ngga perlu takut gemuk dong yaa.. Hihi..

    BalasHapus