Rabu, 05 Desember 2018

Kegiatan Perpustakaan Sekolah SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Yang Semarak

Morning Sedulur,
Perpustakaan sekolah SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran letaknya beberapa kali berpindah. Karena keterbatasan ruangan, akhirnya menempati pojokan ruang kepala sekolah.

Perpustakaan Sekolah  SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Perpustakaan Sekolah
SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran

Setelah itu, pindah lagi ke ruang guru. Hal ini menjadikan para siswa kurang nyaman mengakses perpustakaan. Tapi, tidak mengurangi semangat mereka untuk membaca buku. Terutama di jam istirahat. Mereka senang bergerombol di sudut ruang guru untuk membaca majalah anak atau buku cerita.

Perpustakaan Sekolah  SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Membaca mading karya kelas Jurnalistik

Alhamdulillah, tahun 2018, akhirnya pihak sekolah menempatkan perpustakaan di ruangan khusus yang nyaman. Di sinilah para siswa berkegiatan.

Saat jam istirahat, para siswa akan menyerbu perpustakaan sekolah untuk membaca. Mereka juga mengerjakan tugas dan mencari bahan di perpustakaan. Tak peduli harus umpel-umpelan karena ruangan yang kecil.

Perpustakaan Sekolah  SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Cari buku apa?

Untuk itu, lantai atas perpustakaan  juga dimanfaatkan para siswa untuk berkegiatan. Selain untuk kegiatan mengaji, lantai atas digunakan untuk bersantai sambil membaca buku. Ada rak buku sederhana berisi majalah anak diletakkan di sana.

Oh iya, para siswa anggota ekskul kelas jurnalistik juga belajar di perpustakaan. Kegiatan mereka di diantaranya membuat majalah dinding sebulan sekali, membaca buku, mendongeng dan tentu saja belajar menulis cerita.

Perpustakaan Sekolah  SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Membacakan cerita

Para siswa SD Hj. Isriati Moenadi yang beralamat di Jalan Letjen Soeprapto No. 29, Ungaran ini terbiasa menulis dan biasanya mereka ditugaskan menulis artikel dan cerita untuk diseleksi dan diterbitkan di dalam majalah sekolah yang terbit setiap satu semester. Nama majalahnya adalah Majalah Mimpi.

Perpustakaan Sekolah  SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Menulis cerita untuk Majalah Mimpi

Setiap tingkatan kelas, diberi tema untuk artikel atau cerita di majalah Mimpi. Misalnya kelas 5 Ki Hajar tahun ini ditugaskan menulis tentang penyakit batuk dan demam.

Para siswa paling suka ketika ibu guru membacakan buku cerita dengan gambar yang menarik. Ya, kegiatan ini begitu dinantikan. Sayangnya, koleksi buku bacaan di perpustakaan sekolah terbilang minim.

Perpustakaan Sekolah  SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Majalah Mimpi berisi tulisan siswa Isriati

Kebanyakan buku yang berada di rak perpustakaan adalah buku pelajaran.  Sehingga para pengunjung setia perpustakaan kadang bingung mau baca buku apa lagi karena semuanya sudah dibaca.

Alangkah bahagianya para siswa jika koleksi buku bacaan di perpustakaan sekolah kian bertambah. Semoga orangtua dan sekolah bisa bekerja sama untuk menambah koleksi perpustakaan SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Ingin mengintip kegiatan literasi di SD Isriati? Monggo klik Instagram Literasi SD Isriati ya, Sedulur! (Kontributor: Bagus Priyambada, Ungaran)

SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran
Jalan Letjen Soeprapto No. 29, 
Ungaran

16 komentar:

  1. Jamannya aku sekolah dulu, sampai ada jam perpustakan. Upaya sekolah membangun kegemaran membaca pada anak-anak. Tahun segitu lho, padahal ^_^

    BalasHapus
  2. aku sedang sibuk-sibuknya mengumpulkan buku-buku nih untuk beberapa taman bacaan incaran aku. tergelitik karena sekarang minat baca sudah amat kurang. perpustakaan di sekolah harus tetep ada gimanapun caranya, kalo menurutku karena anak-anak seumuran mereka bisa banyak baca dan mendapat bahan bacaan sebagaimestinya ketikaa berada di sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihhh semangat Bena! Emang minat baca rendah itu ga ada koo kl buat anak2 yg kenal buku. Cuma aksesnya yg ga ada. Mirisnya udh loncat aja ke gadget :(

      Hapus
  3. Penasaran dengan software yang digunakan. Misalkan belum ada softwarenya, bisa pakai Slims untuk automasi perpustakaannya. Biar enak buat sirkulasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kl SD masi dicatet manual tuh, hehe. Tapi kl ada pustakawannya ya lbh enak pake SLIMS

      Hapus
  4. asik ini sekolahnya punya kekhasan yg fokus sama literasi mbak! Sekolah swasta? Soalnya rata2 sekolah SD krg punya perpus yg layak. Boro2 punya majalah sekolah. Duh jd pengen maen sanaaaa. Mb, boleh nanti aku chat, kukirim buku hasil karya kelas menulisku bareng adek2 ya. Sekalian mrk berkirim surat gmn?

    BalasHapus
  5. Kelas jurnalistiknya bikin mupeng :)

    BalasHapus
  6. Ada ekskul jurnalistik? Kok keren ya. Jamanku dulu ekskul itu selalu seputar olahraga

    BalasHapus
  7. Perpustakaan sekolah nya keren mba, setara SD gitu. Semoga dapat ruangan lebih luas lagi dan buku-bukunya bertambah

    BalasHapus
  8. Jadi inget jaman SD saya dulu belum ada perpustakaan:( bangga sekali melihat sd sekarang sudah terfasilitasi perpustakaan dengan baik. Semangat belajar adik-adik!♥

    BalasHapus
  9. Bagus banget mba dew sekolahnya punya ekskul jurnalistik dan perpustakaan sbg media meningkatkan minat baca anak soalnya sekarang banyak anak yg kecanduan gadget

    BalasHapus
  10. Jarang lho SD punya ekskul jurnalistik di sekolah anakku jg ga ada. Klo ada pasti udah ikutan

    BalasHapus
  11. Kukira sekolah hj. Isriati itu hanya ada di Semarang Barat, ternyata ada di Ungaran juga ya mbak dew, bagus ya sekolahnya dan agak lumayan sppnya tapi sesuai dengan pendidikannya ya :)

    BalasHapus
  12. Seneng deh kalau lihat adek-adek kecil ini hobi membaca..soalnya dulu jaman aku sekolah perpustakaan tuh sepi sedikit banget yang suka kesini

    BalasHapus
  13. Wah seru2 ya kegiatannya. Seneng deh liatnya

    BalasHapus
  14. Lengkap bgt kegiatannya untuk ukuran perpustakaan SD...ada ekskul jurnalistik pula. Bisa bantu mengembangkan minat anak2 sejak dini yaa Mba

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...