Rabu, 07 November 2018

Sun Life: Ikut Asuransi Syariah Sambil Rutin Berwakaf

Morning Sedulur,
Menurut riset Badan Pusat Statistik pada Bulan Maret 2018, masyarakat miskin  di negara kita adalah 9.82% atau sekitar 25.95 juta orang. Walaupun nampak berkurang dan persentasenya hanya sedikit, tapi jumlah itu masih banyak ya Sedulur.  

Asuransi syariah Sun Life wakaf
Berasuransi syariah sambil berwakaf

Kita tahu bahwa Pemerintah Republik Indonesia bekerja keras untuk mengentaskan kemiskinan di negara ini.

Namun tahukah Sedulur, kita bisa membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan yang merajalela? Bagaimana caranya?

Pernah dengar wakaf? Jika mendengar kata wakaf, maka pikiran kita langsung tertuju pada bangunan atau tanah yang digunakan untuk kemaslahatan umat.

Misalnya wakaf tanah untuk dipakai membangun masjid atau sekolah. Atau seseorang menyumbangkan tanah dan bangunan yang dimilikinya untuk digunakan sebagai panti asuhan. Itu pemikiran kita tentang wakaf, butuh modal besar untuk melaksanakannya. Pemikiran ini membuat kita jarang memikirkan untuk berwakaf tapi lebih sering sedekah atau infak.

Asuransi syariah Sun Life wakaf
Mas Norman Nugraha dari Sun Life

Padahal, wakaf tak hanya sebatas itu saja. Segala hal yang dimanfaatkan untuk kebaikan dapat menjadi wakaf dan menjadi pahala tak putus-putusnya walaupun kita telah tiada di muka bumi.

Wow.

Ya, pengetahuan baru inilah yang dibagikan Mas Norman Nugraha Chief of Sharia Business Sun Life Financial Indonesia pada Mimin Semarang Coret dan kawan-kawan blogger Semarang di acara talk show #WakafPastiKiniNanti di Rosti Cafe Jalan Pandanaran No. 40, Semarang hari Senin, 22 Oktober lalu.

Asuransi syariah Sun Life wakaf
Kopdar Sun Life di Semarang 

Tahu tidak, Potensi wakaf di Indonesia mencapai 180 triliun rupiah. Namun hingga tahun lalu baru terkumpul sebesar 400 miliar rupiah. Sayang banget kan padahal  dana yang mestinya terkumpul ini bisa kita manfaatkan untuk membantu dan memberdayakan umat agar bisa lepas dari lilitan kemiskinan.

Untuk membantu pengentasan kemiskinan inilah, Sun Life Financial  Indonesia meluncurkan produk asuransi berbasis syariah yaitu Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (ABHM) yang menawarkan tak hanya manfaat asuransi saja tapi juga memungkinkan kita berwakaf secara rutin. Fasilitas barunya dinamakan wakaf berkala.

Asuransi syariah Sun Life wakaf
Es krim wafel ala Rosti Cafe

Melalui produk ini, setiap bulan kita dapat membayar premi asuransi sekaligus membayar iuran untuk wakaf yang kita sepakati bersama besarannya.

Produk ini diharapkan menjadi sarana penggalangan dana untuk mengumpulkan wakaf secara rutin. Jadi tak hanya bernilai pahala tapi juga memberikan kontribusi untuk membangun negara. Wow keren ya, Sedulur!

Untuk mengelola dana wakaf yang didapatkan setiap bulan, Sun Life bekerja sama dengan lembaga pengelola aset wakaf (Nazhir) terpercaya yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf serta 174 lembaga wakaf lainnya.

Dana yang terkumpul setiap bulan akan disalurkan Nazhir ke berbagai sektor sosial yang membutuhkan mulai dari pendidikan, kesehatan hingga ekonomi. Untuk bidang kesehatan, Dompet Dhuafa memiliki Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur. Melalui produk ini, Sedulur dapat melakukan ibadah berwakaf tanpa menunda lagi, pasti, kini, dan nanti.

Asuransi syariah Sun Life wakaf
Menu makan siang Rosti Cafe

Pasti karena dana wakaf yang Sedulur stor disalurkan 100% sejak pembayaran kontribusi pertama nasabah melalui badan wakaf terpercaya. Selain itu, Sun Life juga akan membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan nasabah ketika meninggal dunia.

Jadi tak hanya setoran wakaf setiap bulan, nasabah juga bisa mewakafkan manfaat asuransi beserta investasinya saat meninggal sesuai permintaan nasabah.

Asuransi syariah Sun Life wakaf
Mimin Semarang Coret dapat hadiah ngetwit

Wah, keren ya perusahaan besar dari Kanada peduli tentang ekonomi syariah dan berusaha memfasilitasi umat Islam yang jumlahnya besar di Indonesia untuk berasuransi tanpa rasa was-was.

Ya, walaupun ekonomi syariah  ini tidak berkaitan dengan keyakinan penganutnya. Hingga Bulan Juni 2018, Sun Life memiliki 2100 agen asuransi syariah di 49 kantor di Indonesia.

Apa bedanya asuransi jiwa dengan asuransi syariah? Prinsip asuransi syariah  adalah bekerja sama dan tolong-menolong sedangkan pelaksanaannya diawasi oleh Dewan Pemgawas dibawah MUI. Jadi, tenang kan menjadi nasabahnya?


Asuransi syariah Sun Life wakaf
Blogger Semarang hore-hore di Sun Life

Sekilas tentang Sun Life Financial Indonesia, merupakan anak perusahaan Sun Life Financial perusahaan ternama dari Kanada yang memiliki total aset kelolaan sebesar 944 miliar CDN.

Sun Life Financial Indonesia memiliki sederet prestasi diantaranya The Most Popular Company dari Majalah Warta Ekonomi.  Jadi, jika Sedulur ingin memiliki asuransi berbasis syariah dan memiliki fasilitas wakaf berkala, bisa mendaftar di Sun Life Financial Indonesia. Terima kasih, Sedulur semoga artikel Mimin Semarang Coret bermanfaat ya!





19 komentar:

  1. Selamat yaa mba menang live twit.. aku lagi mikir nih mba gimana caranya biar bisa punya asuransi tp penghasilanku sak uprit. Hiks

    BalasHapus
  2. Mbak Dew jadi ini kayak kita nabung biasa gitu ya, tapi nanti bisa di wakafkan ya? Bismilah moga rezeky aku namabah biar isa membantu sesama. Aamiin

    BalasHapus
  3. Wah... Solutif sekali y.berwakaf bisa bulanan bgt. Baru ngerti saya. Makasih ya mbak.

    BalasHapus
  4. Wah... Solutif sekali y.berwakaf bisa bulanan bgt. Baru ngerti saya. Makasih ya mbak.

    BalasHapus
  5. Seru y mb acrnya.byk manfaat nya ya ikutan asuransi jiwa sunlife..bs berwakaf jg

    BalasHapus
  6. Mantab nih infonya..jadi semakin ingin berasuransi sambil berwakaf..

    BalasHapus
  7. Wah.. keren ih Sun Life menggebrak lewat wakaf. Cara penguatan ekonomi di zaman Nabi nih. Bahkan dulu dari wakaf, bs utk bayar gubernur, guru dan menghidupi rakyat2nya. Semoga kelak kalau di Indonesia wakaf sudah membumi bs kembali ke Masa2 ekonomi yang berjata itu :) Di sekolah Ifa juga mulai membumikan soal wakaf nih :)

    BalasHapus
  8. Wah..sekarang merambah ke asuransi syariah ya mbaa..

    BalasHapus
  9. Wah, menarik nih, apalagi nama sun life udah terpercaya ya

    BalasHapus
  10. Aku abis ikut acara ini jadi pengen daftar asuransi yang ada wakafnya ini, mba

    BalasHapus
  11. Even yang keren sun life ini ya Teh. Asuransi berbasis syariah.

    BalasHapus
  12. Mbak Dew jelasinnya enak banget. Aku lumayan mudeng dikit2. Intinya bentuk wakaf itu macem2, termasuk asuransi syariah dari Sunlife yg bisa dipake semua orang dr semua keyakinan kan mbak

    BalasHapus
  13. Aduh, foto-foto makanannya malah bikin salah fokus, hehehe. Senang ya Teh, sering ikut acara bermanfaat begini.

    BalasHapus
  14. Programnya keren ya, asuransi sekaligus wakaf.

    Btw akutu malah baru tahu setelah ada acara ini kalau Sun life ada syariahnya

    BalasHapus
  15. Mantab nih, ga hanya kita yg dapat manfaat asuransi tp kota juga bisa sekalian berwakaf. Keren

    BalasHapus
  16. Wakaf ini sekarang memang lagi disosialisaikan ya terutama sekarang wakaf gak hanya harus berupa tanah saja, bisa dengan bisnis yang dikelola dan hasilnya diterima yang berhak mendapat wakaf, tetapi harus panjang masanya dan gak berhenti di hasilnya yang bisa dinikmatu bersama ya :)

    BalasHapus
  17. Gede juga ya potensi wakaf di Indonesia. Kalau dimaksimalkan bisa bermanfaat untuk mengembangkan SDM kita.

    BalasHapus
  18. Share tulisan bagus jg ibadah lo, dpt pahala kan ya...joss ikih morning sedulur

    BalasHapus
  19. Tulisan ini jh meretas jalan ke surga krn mencerahkan bangsa...josss kih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...