Jumat, 08 Juni 2018

Ajaibnya Buah Jambu Biji

Ajaibnya Buah Jambu Biji. Hai, nama saya Nailah, kelas 4 SD di Ungaran. Saya akan menceritakan tentang buah Jambu Biji. Di sekolah kita, banyak tanaman. 

Ajaibnya Buah Jambu Biji (Foto: Sunimpex.biz)

Salah satunya adalah buah Jambu Biji. Biasanya, di saat musim panen buah Jambu Biji, buah itu dijual di depan kantor yayasan. Jambu Biji ini, cepat habis. Banyak orang tua murid membeli buah ini. Terbukti, Jambu Biji sangatlah banyak yang suka.

Kita sering mengira bahwa, Jeruk-lah yang paling banyak memiliki vitamin C. Ternyata selama ini kita salah! Jambu Biji-lah yang paling banyak mengandung vitamin C. Jeruk hanya memiliki vitamin C sebesar 59 mg. 

Sedangkan, Jambu Biji memiliki vitamin C sebanyak lebih dari 200 mg dalam setiap buahnya. Vitamin C itu, mempunyai manfaat sangat banyak, lho! Vitamin C sangat penting untuk tubuh kita. Terutama, buat pertumbuhan dan perbaikan sel dalam tulang, gigi, dan kulit, serta jaringan lainnya. 

Oh ya, vitamin C dapat membantu peningkatan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati, membantu pencegahan kerusakan sel untuk mengurangi resiko penyakit kanker, dan lain-lain. 

Jus jambu biji sehat dan lezat

Jambu Biji yang sering disebut juga dengan Jambu Batu ini, memiliki nama latin. Yaitu, Psidium Guajava. Buah Jambu Biji adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, masuk ke Indonesia melalui Thailand. 

Jambu Biji memiliki daging berwarna putih atau merah, dan mempunyai rasa asam-manis. Rasanya enak, lho! Bisa dimakan langsung atau di buat jus. Jambu Biji juga punya banyak kandungan serat, kandungan serat dari Jambu Biji ini lebih banyak dari kandungan serat yang dimiliki oleh buah Jeruk. 

Kita disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram untuk perempuan, dan 38 gram untuk laki-laki dalam sehari. Adikku sering sariawan dan beberapa kali mimisan. Saat berobat ke dokter, kata dokter, pembuluh darah hidung adik masih tipis. Ternyata, adik kekurangan vitamin C. karena, adik tidak terlalu suka makan buah-buahan. 

Menurut dokter, ia harus banyak makan buah yang mengandung vitamin C. Sebaiknya, makan buah asli, bukan vitamin C tablet. Sekarang, setiap hari, kami selalu makan buah Jambu Biji, Jeruk, pepaya dan buah lainnya. (Kontributor: Nailah Aieola Nabihah, Ungaran)

Sumber Tulisan: 
hellosehat.com dan wikipedia.com

7 komentar:

  1. Aku suka banget jambu biji dibikin jus. Dulu juga punya tanamannya waktu masih tinggal di rumah lama

    BalasHapus
  2. Ternyata kekurangan vitamin C bisa membuat pembuluh darah di hidung menipis ya? Kalau begitu, mulai sekarang rajin kasih anak-anak buah deh. Biar kebutuhan vitamin C dan gizi lainnya terpenuhi sehingga sehat selalu :)

    BalasHapus
  3. Nailah kece udh pinter nulis.tante jg suka jus jambu :)

    BalasHapus
  4. Dek Nailah keren banget, masih kecil udah jago nulis artikel di blog. Teruskan ya dek. Makasih juga infonya kalo ternyata buah Jambu Biji lebih banyak mengandung vitamin c.

    BalasHapus
  5. Waah Nai sekarang udah mulai nulis juga yaa

    BalasHapus
  6. Tulisannya informatif banget Nai.
    Alhamdulillah Tante suka sekali makan jambu biji, nggak harus dijus. Langsung dimakan gitu aja juga suka sekali.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...