Jumat, 23 Maret 2018

ZywieLab, Jangan Asal Baca! Cari Artikel Kesehatan Yang Terpercaya

Morning Sedulur, Kali ini Mimin ingin membahas sebuah startup yang keren banget nih. Namanya Zywielab, atau Zywie Laboratorium. 


Banyak sekali website yang menawarkan informasi mengenai gizi, makanan dan kesehatan. Namun, sulit sekali menemukan website dalam Bahasa Indonesia yang bisa memberikan informasi mengenai hal tersebut yang kredibel, dapat dipertanggung-jawabkan dan mudah dicerna oleh masyarakat pada umumnya.

Kalau Mimin Semarang Coret biasanya mencari informasi seputar kesehatan di blogdokter.com milik Dokter Made dari Bali. Alangkah baiknya kalau makin banyak website seputar gizi dan kesehatan muncul di Indonesia untuk melawan serbuan artikel hoax kesehatan

Tahu kan Lur, saat ini sering sekali beredar artikel hoax yang berkaitan dengan kesehatan. Terutama di grup Whatsapp. Tanpa dijelaskan sumbernya, kita menerima mentah-mentah dan mempraktekkan apa yang tertulis di artikel. Gawat, kan! 

Artikel hoax tersebut kita jadikan rujukan padahal keliru. Bahkan kita turut andil menyebarkannya. Sebelum dibagikan, carilah informasi valid. Jangan asal membagikan dan menimbulkan kegemparan. Teliti sebelum membagikan suatu hal di media sosial. 

Arradi anak muda founder ZywieLab 

Ternyata beberapa teman-teman Arra’di Nur Rizal juga mengeluhkan hal yang sama. Ini termasuk teman yang berprofesi sebagai dokter. Dia sempat bercerita bahwa pasien yang datang kadang penyakitnya sudah parah karena membaca artikel tidak jelas di internet. Seram!

Atas dasar inilah, Arra’di Nur Rizal mengajak anak-anak muda berbakat Indonesia yang sedang belajar dan bekerja di berbagai negara, untuk turut berkontribusi terhadap penyediaan informasi kesehatan bagi masyarakat. 

Bersama-sama, tim Zywie membuat sebuah website dengan nama Zywie Laboratorium (zywielab.com) di tahun 2015 dan menulis artikel gizi, kesehatan, dan makanan yang jelas refrensinya, informatif, mudah dicerna, serta singkat dan padat informasi. 

Artikel yang ada di website Zywie pun dibuat oleh teman-teman yang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan pembahasan artikel tersebut. Sehingga, mereka berharap Zywielab dapat turut andil dalam membantu peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia. Jadi, kevalidan artikelnya terjamin karena ditulis oleh orang yang kompeten di bidang gizi dan kesehatan. 

Kelebihan Artikel di Zywie Laboratorium: 

1. Jelas referensinya. Dengan ini Sedulur bisa menelusuri asal-muasal informasinya. 

2. Informatif. Salah satu caranya adalah dengan menjelaskan bagaimana proses suatu zat yang terkandung di dalam bahan makanan dapat menyehatkan Sedulur. 

3. Dibuat oleh orang yang memang mempunyai latar belakang pendidikan yang cocok dengan pembahasan artikel tersebut. 

4. Mudah dicerna. Informasi tersebut menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam. Semua jargon kesehatan akan ada penjelasannya di artikel yang lainnya. 

5. Singkat dan padat informasi. Target panjang informasinya adalah 300 kata. Dengan ini, informasinya dapat dibaca ketika Sedulur mempunyai waktu luang 2-3 menit. 

Salah satu artikel terbaru di ZywieLab adalah sering salah kaprahnya penggunaan kata gizi dan nutrisi. Ternyata, penggunaan nutridi tidak ditujukan untuk manusia. Bingung? Baca artikelnya Lur! 


Cerita tentang “nutrisi” dari kontributor Muh. Nur Hasan Syah S.Gz., M.Kes. yang juga merupakan ketua ISAGI (Ikatan Sarjana Gizi Indonesia) karena hal ini, Zywielab menulis artikel Nutrisi Bukan untuk Manusia untuk meluruskan hal tersebut. Intip ya, Sedulur! 

Saat ini, media sosial yang mereka gunakan untuk menjangkau publik diantaranya adalah Instagram dan Twitter. Jadi jika ingin mendapatkan informasi terpercaya seputar gizi dan kesehatan, jangan asal baca artikel nggak jelas di grup Whatsapp. 

Buruan buka website ZywieLab dan follow semua akun media sosialnya ya, Sedulur! Jangan lupa sebarkan info bergizi ini bagi teman-teman Sedulur! Salam Sehat!

Sumber Foto: ZywieLab

6 komentar:

  1. Trims infonya...jadi tahu ke mana harus menuju saat perlu info gizi & kesehatan nih..

    BalasHapus
  2. Aku langsung follow twitternya, Lur. Emang butuh banget yang kayak ginu di tengah simaong siurnya kabar hoax ya. Thanks sudah sharing ilmu baru, Lur.

    BalasHapus
  3. Wah aku tahunya nutrisi untuk manusia, hehee... Baca ah agar gak keliru lagi 😀

    BalasHapus
  4. Waah bagus nih, iya kadang di internet itu banyak yg nulis artikel kesehatan tp banyak juga yg ga jelas sumber dan kebenarannya.

    BalasHapus
  5. nah.... ini nih yang dibutuhin. soalnya emang susah susah gampang cari website kesehatan yang terpercaya

    BalasHapus
  6. Pernah dimarahin pak dokter gara-gara mempercayai artikel kesehatan di internet. Aku baru tahu kalo ada Zywielab. Nice sharing mimim Semarang Coret.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...