Senin, 22 Januari 2018

Pameran Nusantara Adalah Kita, Karya Relawan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau Yang Memikat Hati

Morning Sedulur, Sudah pernah dengar Kelas Inspirasi, kan? Mimin pernah menulis artikel tentang relawan Kelas Inspirasi yang juga seniwati berbakat Chikita Fawzi di Semarang Coret.



Selain kelas inspirasi yang Mimin Semarang Coret pernah ikuti, ada pula yang namanya Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) yaitu perkumpulan relawan dengan berbagai latar belakang profesi yang peduli terhadap pendidikan dasar anak-anak di kepulauan Indonesia. KIJP ini dibentuk sejak 4 tahun lalu lho, Sedulur. 

Kegiatannya telah melibatkan sekolah, lingkungan, dan masyarakat di 15 Sekolah Dasar di Kepulauan Seribu, Banten dan Karimunjawa. Keren, ya! 

Impian untuk menguatkan pendidikan di pulau-pulau terluar Indonesia telah dirajut KIJP sejak April 2014 bersama 29 relawan dengan melaksanakan sebuah simulasi Kelas Inspirasi di Pulau Tidung dan Pulau Payung. 

KIJP berharap dapat terus menemani anak-anak Indonesia membangun mimpi mereka, memberi semangat baru, dan lebih bermanfaat bagi pendidikan anak-anak Indonesia. KIJP berkomitmen ingin terus mewadahi para profesional untuk terjun langsung sebagai relawan. 


Untuk mengapresiasi para relawan fotografer dan videografer KIJP, untuk kedua kalinya KIJP mempersembahkan Pameran Foto dan Video yang bertajuk Nusantara adalah Kita. Tema ini membawa spirit kualitas hidup, terutama dalam bidang pendidikan. Anak-anak yang berada di berbagai titik Nusantara tetap menjadi tanggung jawab kita bersama. 

Selain itu, KIJP juga ingin berbagi cerita tentang kondisi pendidikan anak-anak pulau pada khalayak. Diharapkan dengan adanya pameran ini, maka kondisi pendidikan anak-anak di pulau lebih mendapatkan perhatian dari pemerintah dan berbagai khalayak sehingga mereka bisa mendapatkan sarana dan prasarana pendidikan lebih baik dan lebih berkualitas. 

Pameran foto dan video Nusantara adalah Kita karya para relawan fotografer dan videografer yang telah berlayar di batch 6 KIJP yaitu di Kepulauan Seribu, Banten dan Karimunjawa pada tahun 2017. 

Pameran ini diselenggarakan mulai tanggal 20-27 Januari 2018 pukul 11.00-19.00 WIB di Jakarta Creative Hub yang beralamat di Jalan Kb. Melati 5 No. 20 RT 2/RW 8 Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Dari 2.304 karya yang terkumpul, akhirnya terpilih 60 karya dari 31 karya relawan fotografer dan videografer. Selain pameran foto dan video, KIJP akan menayangkan video Di Atas Genteng karya Ika Yuliana pemenang penghargaan Eagle Award 2017! 

Tak hanya itu, akan tampil para seniman dan musisi Indonesia yang juga relawan KIJP menghibur kalian juga ada sesi workshop dan diskusi. Seru, kan! 

Menurut Kurator Pameran yang juga Chief Biro Foto Internasional di Jakarta, Dita Alangkara, “Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau bukan komunitas fotografi. Tetapi barangkali KIJP punya jawaban untuk keresahan ini. Menikmati frame demi frame foto para dokumentator yang masuk dalam kurasi Pameran KIJP 2018 adalah proses yang sangat menyenangkan. Terasa sekali energi yang disalurkan lewat foto-foto tersebut. Foto senyum ceria anak-anak, keluguan dan kepolosan mereka betul-betul dapat kita rasakan melalui media visual foto,” 

Yuk, kunjungi Pameran Nusantara adalah Kita yang berlangsung hingga tanggal 27 Januari 2018 ini. Kita kenal lebih dekat dengan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau, rasakan keseruan dan bermaknanya berbagi cerita dan pengalaman bersama anak-anak Indonesia di berbagai pulau. Jangan lupa, bergabung bersama KIJP ya Sedulur! 

Ditunggu cerita seru Sedulur berbagi cerita dan pengalaman dengan anak-anak pulau! Salam Matahari! 

Untuk Informasi Lebih Lanjut 
Hubungi: 
Alfianto Domy Ali 
SUAR (Juru Bicara) KIJP 
HP 0878 8908 5130 
E-mail domy.aji@gmail.com
Instagram: JelajahPulauID

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...