Minggu, 07 Januari 2018

Nongkrong Cantik di Semarang Kreatif Galeri & Keris Cafe Kota Lama Semarang

Nongkrong Cantik di Semarang Kreatif Galeri. Morning Sedulur, beberapa waktu lalu Mimin Semarang Coret kedatangan Melly, sahabat blogger dari Bogor.



Ia ingin menjelajahi Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang memang memesona. Diantaranya ada Semarang Contemporary Art Gallery serta Gedung Monodhuis.

Puas berfoto di Taman Srigunting dan Gereja Blenduk, kami putar otak mengajaknya nongkrong sejenak. Di Kota Lama ada beberapa kafe yang asyik seperti Noeris Cafe dan Tekodeko Kuffie Huis. Namun kali ini kami mengajaknya ke Semarang Kreatif Galeri. Sudah lama, Mimin Semarang Coret penasaran dengan gedung kuno yang telah direnovasi ini.


Letaknya persis di seberang Old City 3D Trick Art Museum. Semarang Kreatif Galeri ini adalah sebuah galeri yang memajang berbagai jenis kerajinan hasil karya perajin dan pengusaha UMKM Jawa Tengah. 

Sebenarnya, ada dua lagi lho Galeri UMKM di Semarang selain Semarang Kreatif Galeri ini. Ada di Jalan Pahlawan dekat Gedung Telkomsel dan satu lagi di Banyumanik, Semarang Atas. Hanya kalau tidak salah, keduanya UMKM Jateng. 


Diresmikan oleh Mas Hendi, Walikota Semarang di bulan Agustus 2017. Galeri ini menempati gedung kuno milik PT. Telkom. Dari luar, asyik banget lho penampilannya. Instagramable banget, Lur. 


Ada kursi-kursi bergaya antik nan cantik juga dekorasi bola besar yang kece. Asyik banget, sore-sore ngopi di teras Semarang Kreatif Galeri. Teras ini jadi incaran anak-anak muda buat selfie, hehe. Sekarang, kita masuk yuk! 



Ulala, Mimin Semarang Coret girang nih! Isinya berbagai kerajinan yang cantiik! Mulai dari berbagai jenis kain batik dan blus-blus batik. 

Selain itu, ada berbagai kerajinan tas dan sepatu, pernak-pernik untuk mendekorasi rumah seperti tempat tisu, lukisan hingga aksesoris kesukaan Mimin seperti kalung dan gelang. Akkk, semuanya asli karya para perajin dari 28 UMKM. Unyu bangeet! Bahaya bangeet untuk pencinta aksesoris kayak Mimin!



Capek berkeliling, Mimin mengajak teman ke Keris Cafe yang terletak satu bangunan dengan galeri ini. Kafenya tidak terlalu luas, tapi nyaman untuk curhat eh ngobrol dengan teman. Beberapa jenis biji kopi terpajang cantik dalam toples di sudut ruangan. 


Sayangnya, menunya belum banyak. Baru ada berbagai jenis minuman racikan kopi diantaranya espresso, black coffe, cappucino hingga latte Rp15.000-Rp20.000 per gelas, minuman  teh diantaranya white tea dan exotic green serta berbagai latte seperti vanilla latte dan wedang jahe.

Camilannya pun baru ada beberapa jenis jajan pasar, seperti risoles, roti croissant, lapis legit juga nasi bungkus mini Rp20.000, hehe. Harganya lumayan juga, standar harga kafe deh. Asyik juga sore-sore ngopi di teras Keris Cafe. Berasa sedang jadi noni-noni Belanda lagi hangout! Hihi. 


Menariknya, kafe berlantai parket ini menyediakan berbagai jenis camilan oleh-oleh khas Semarang. Kita bisa beli berbagai jenis makanan ringan di sini. Selain itu, Sedulur bisa membeli pernak-pernik bertuliskan Semarang seperti gantungan kunci dan tempelan kulkas.  

Kafe ini cocok lho buat Sedulur lelah menjelajah Kota Lama, yang sedang mencari suasana baru, yang pengen curcol dengan solmet, atau sedang menunggu jadwal berangkat naik kereta api karena letaknya tak jauh dari Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol. Jadi, jika main ke Kota Lama Semarang, mampir juga di Semarang Kreatif Galeri, ya Lur! 

Semarang Kreatif Galeri
Jalan Letjen Soeprapto, Kota Lama 
Semarang

Photo Courtesy of
Dot Semarang

2 komentar:

  1. Syantik ya cafe dan galerinya, jadi pengen ke Semarang :)

    BalasHapus
  2. Wah, kayaknya saya harus berkunjung ke Semarang lagi nih. Pertama kali ke Semarang untuk business trip, ngga sempat jalan-jalan. Thanks for sharing, mbak.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...