Kamis, 09 November 2017

3 Tips Agar Tidak Kecewa Saat Belanja Online

3 Tips Agar Tidak Kecewa Saat Belanja Online. Morning Sedulur, sudah tahu kan Mimin tinggal di Ungaran, hihi. Jika ingin belanja, Mimin harus turun gunung hehe ke Semarang.

Sumber Foto www.pixabay.com/quinntheislnder

Nggak terlalu jauh sih, hanya 45 menit naik Trans Semarang. Tapi cukup melelahkan juga. Apalagi kalau harus bawa dua anak kecil, hehe. Capek, Jendral!

Akhirnya, belanja online pun menjadi pilihan untuk Mimin. Tak hanya itu, Mimin Semarang Coret juga sering cek tiket kereta api dan beli tiket konser online di Tokopedia.

Iyaa, pengakuan dosa nih. Mimin Semarang Coret terbilang hobi berbelanja online di berbagai marketplace hingga media sosial.

Bapak kurir dari berbagai ekspedisi sampai kenal akrab dengan mimin karena mereka biasa mengantar paket 2-3 kali seminggu saking getolnya belanja online. Hehe.

Alhamdulillah, selama ini cukup memuaskan pelayanan dan barangnya. Namun, tak pelak juga beberapa kali mengalami zonk ketika berbelanja online. 

Ya, tidak sampai gimana sih. Hanya agak kecewa. Bukan ditipu pedagang atau gimana, kebanyakan karena barang yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi mimin saat memesan. 

Iyaa, biasanya barang fashion ya seperti sepatu, tas dan pakaian. Paling sering sih pakaian hehe. Di foto gimana, pas datang eh ternyata kainnya beda atau warnanya meleset jauh dari foto yang dipajang penjual.

Jadi, di foto warna bajunya tuh merah hati, eh pas datang mendadak bajunya jadi merah darah, super ngejreng! Gimana pakainya atuuh! Aku nggak pedee!

Maklum sih, ada toko online yang tidak memajang real picture, tapi foto dari distributor. Tapii, kadang bedanya selangit.

Lebih parah kalau yang dia pajang foto barang ori milik sesedesainer, yes. Dan ternyata yang dijual barang KW. Zonk bingit. 

Nah, untuk mengantisipasi agar tidak mengalami kekecewaan saat belanja online berikut mimin bagikan beberapa tips untuk Sedulur.

 1. Berbelanja di Toko Online Terpercaya

Ya, jangan coba-coba jika urusannya belanja online. Kecuali jika Sedulur siap zonk. Banyak toko palsu berkeliaran cari mangsa di media sosial seperti Instagram dan Faceook. Pilihlah toko online yang kredibilitasnya terjamin. 

Di Instagram bahkan ada akun khusus untuk toko online yang diblacklist karena terbukti menipu pelanggannya. Duh! Untuk mengetahui apakah tokonya terpercaya bisa minta rekomendasi teman atau saudara yang sering berbelanja online.

Juga cari informasi testimoni di internet seputar toko incaran kita. 

berbelanja di toko online terpercaya (Foto www.pixabay.com/ranjatm

2. Teliti Sebelum Membeli 

Jangan hanya tergiur penampakan foto di toko online. Biasakan menanyakan real picture barang sebelum membeli. Ada toko online yang detil menulis tentang barang yang mereka jual mulai dari bahan, ukuran, cara perawatan dan lainnya.

Ada toko online yang memotret detil barangnya sehingga kita bisa jelas melihat bahan kain baju atau sepatu dari dekat. Tapi, ada juga yang tidak mencantumkan informasi itu sama sekali dan kita perlu proaktif bertanya pada pedagangnya. 

Jadi biasanya Mimin Semarang Coret memilih toko yang mau berusaha untuk menampilkan foto barang sebenarnya. Kalau sepatu biasanya kecewa karena ternyata tampilan sepatunya saja yang cantik. Ketika dipakai, nggak enaak!

Ya, namanya saja belanja online nggak bisa coba-coba barangnya langsung layaknya kita belanja di toko konvensional, ya. Makanya ada yang bilang kepuasan belanja langsung di TKP itu tak tergantikan.  

3. Ada Rupa Ada Harga 

Yup, kita tentu ingin barang berkualitas dengan harga murah. Tapii, ingat peribahasa klasik Ono Rupo Ono Rego, Ada Rupa Ada Harga. Artinya, harga menentukan kualitas barang yang bakal kita beli.

Sepatu yang nyaman dipakai tentu terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman di kaki. Harganya pun tentu tidak murah, hehe. Begitu juga pakaian dan produk fashion lainnya.

Jadi, Sedulur bisa memutuskan sendiri kira-kira bagaimana kualitas barang yang kalian beli di toko online merujuk dengan harga yang Sedulur bayarkan?

Agar tidak shock ketika memesan suatu barang dan ternyata menemukan barangnya tidak sesuai ekspektasi. Nah, itulah 3 tips agar Sedulur tidak kecewa belanja online. Semoga bermanfaat ya!

2 komentar:

  1. yang paling buikin sedih tuh, bela-belain blanja online di teman, eehhh...yg dateng ya ampyuuun barangnya mengecewakan, mau komplaih kok ya gak enakkk

    BalasHapus
  2. Pernah beli sepatu pas ada diskon, lihat foto bagus dan harga murah, tapi pas barang nyampe bahannya jelek, KW12. Belinya tak tanggung tanggung, langsung dua. Nganggur tuh di rumah dan gak enak dipakai.

    11.11 kemarin beli sepatu dapet diskon sampai 150rb. Namun, sebelumnya sudah pernah cek, liat, dan nyobain sendiri di departement store. Giliran ada diskon langsung deh disambit deh. untung pas barang datang, seperti yang ada di toko.

    Betul, teliti dulu sebelum membeli

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...