Senin, 18 September 2017

Ngobrol Bareng MPR RI: Tebar Berita Positif Lewat Media Sosial

Ngobrol Bareng MPR RI: Tebar Berita Positif Lewat Media Sosial. Morning Sedulur, Happy Monday! Semoga bahagia dan sehat hari ini yaa, aamiin.



Sabtu lalu (16/09), Mimin Semarang Coret menghadiri acara Netizen Semarang Ngobrol Bareng MPR RI di Hotel Grandhika Semarang. Mimin antusias ingin hadir acara ini karena penasaran dengan temanya. Apa sih 4 Pilar Kebangsaan itu? 

Bersama Mimin, sudah hadir 50 peserta netizen Semarang dari berbagai latar belakang. Ada yang berprofesi sebagai blogger, pegawai swasta, penulis, PNS, online seller hingga ibu rumah tangga.


Sudah hadir tiga pembicara dari MPR RI yaitu Kepala Biro Humas MPR RI Ibu Siti Fauziah, SE, MM, lalu Ketua Badan Pengkajian MPR Dr. Bambang Sadono ,SH, MH serta Sekretaris Jendral MPR RI Ma'ruf Cahyono, SH, MH. 

Dengan bahasa yang segar dan renyah, ketiga pembicara menjelaskan apa saja 4 pilar Kebangsaan itu. Yaitu 4 hal yang menjadi landasan negara kita. Apa saja? 

1. Pancasila
2. Bhinneka Tunggal Ika
3. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia


Ya, negara kita yang dibangun karena jasa para pahlawan yang melawan penjajah ini memiliki 4 pilar yang menjaga keutuhan negara kita. 

Namun, saat ini Bangsa Indonesia mendapat ancaman dari dalam yaitu kita suka rusuh di dunia maya. Tersebarnya berita hoax di media sosial yang menyenggol masalah SARA rentan memecah-belah kita. 

Contoh gampang ya saat Pilkada atau Pilpres, masing-masing pendukung saling mengejek dan berusaha menjatuhkan calon lain. Menyebar berita yang belum jelas kebenarannya. 

Contoh lain, kita suka meributkan perbedaan agama, suku, ras di media sosial. Duh, padahal kita punya slogan Bhinneka Tunggal Ika. 

Sejak dulu, bangsa kita memang beragam penduduknya. Kenapa mesti mempermasalahkan perbedaan yang ada?

Ya, Perbedaan kan salah satu kelebihan kita, Bhinneka Tunggal Ika. Masih ingat tidak artinya? Hehe. Ayo, ingat-ingat mata pelajaran PPKN, Lur! 

Dalam kehidupan berbangsa, ada 6 etika yang harus kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah etika sosial budaya, etika politik dan pemerintahan, etika ekonomi dan bisnis, etika penegakan hukum serta etika keilmuan dan etika lingkungan.

Karena itu, para pembicara dari MPR RI mengajak kita para netizen Semarang untuk selalu memegang etika dalam pergaulan di kehidupan sehari-hari. Ya, walaupun kita berhubungan dengan orang lain di dunia maya, tapi tetap harus memegang etika kehidupan berbangsa.


Sebagai Netizen dan Blogger, kita harus menghindari memposting berita hoax atau yang berpotensi memecah belah persatuan Bangsa Indonesia di blog atau akun media sosial kita. 

Selain kredibilitas kita sebagai blogger dipertaruhkan, karena pembaca takkan percaya lagi, kita juga bakal menghadapi masalah hukum. 

Sebaiknya sebelum mengepos sebuah artikel atau berita, cek kevalidan berita tersebut. Saring before sharing. 


Perbanyak menulis artikel positif yang menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Kita sebarkan nilai-nilai.positif dalam kehidupan sehari-hari, Lur.

Misalnya Mimin Semarang Coret nih, berusaha memperbanyak tulisan yang memperkenalkan potensi wisata dan kuliner Kabupaten Semarang. Insya Allah, bermanfaat bagi pembaca ya, Sedulur!

Atau seperti akun Twitter @GNFI alias Good News From Indonesia. Isinya mengabarkan kabar baik dan kabar bagus tentang Indonesia. Misalnya tentang prestasi pelajar Indonesia di ajang Internasional. Keren! Pembaca juga jadi bersemangat, kan baca dan share nya, hehe.

So, gunakan media sosial secara bijaksana ya Sedulur. Manfaatkan blog dan akun media sosial kita untuk hal positif, menularkan kebiasaan baik demi persatuan dan kesatuan Indonesia.

Alhamdulillah, Mimin Semarang Coret senang banget bisa hadir di acara Ngobrol Bareng MPR RI: Tebar Berita Positif Lewat Media Sosial. Semoga artikel Mimin ini bermanfaat ya, Sedulur!

Photo Courtesy of
Hyudee, Maureen Fitri
Erina Julia & Asmarie 




7 komentar:

  1. Ayo Min, bikin akun GNFS aja, gud nyus from semarang :D

    BalasHapus
  2. Aku juga sukanya nulis artikel yang bermanfaat untuk pembaca, terutama kuliner. Sesuai minat dan kesempatan, mbaaak 😀

    BalasHapus
  3. Setuju banget deh sama mbak dew, dari pada nyebarin berita hoax yang nggak jelas mendingan isi dengan hal positif misal share tentang kulineran dan lain lain

    BalasHapus
  4. Lebih suka nulis tentang wisata, kuliner, kesehatan, fashion dan yang bermanfaat daripada gosip gak jelas mah

    BalasHapus
  5. Perbanyak menulis artikel positif yang menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Kita sebarkan nilai-nilai.positif dalam kehidupan sehari-hari, Lur. <--- Yups... setuju banget sama bu mimin :*

    BalasHapus
  6. Dulu masih suka keceplosan menyebar berita yang belum jelas kebenarannya.. sekarang lebih hati-hati lagi kalau mau share berita, seringnya malah ditahan buat ga share berita negative meskipun itu benar :) hehehe sekarang aku lebih fokus menggunakan sosial media untuk spread the positive vibe ..

    BalasHapus
  7. Tebar tulisan positif lebih bermanfaat daripada memproduksi konten negatif.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...