Jumat, 09 Juni 2017

Ngabuburit Menikmati Semarang di Tahu Petis Yudhistira

Ngabuburit Menikmati Semarang di Tahu Petis Yudhistira. Morning Lur, bagaimana puasanya? Semoga lancar ya, Lur. Beberapa waktu lalu, mimin piknik bersama kru Hello Semarang menjelajah Kota Semarang dan sekitarnya. 

Tahu Petis Yudhistira Semarang
Tahu Petis Yudhistira Semarang yang nikmat ngangenin

Acara seru ini diadakan oleh Ezytravel, sebuah agen perjalanan yang juga membawahi Hello Semarang, blog wisata dan kuliner Semarang.

Nah, tak hanya pihak Ezytravel dan kontributor Hello Semarang, peserta lainnya adalah jurnalis dan blogger dari Semarang dan Jakarta. Salah satunya dari Majalah Gadis. Asyik. Meriah ya, Lur. 

Tahu Petis Yudhistira Semarang
Lunpia di Tahu Petis Yudhistira Semarang

Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Tahu Petis Yudhistira. Beralamat di Jalan Yudhistira No.21, Pendrikan Kidul, Semarang. Jadi di Jalan Imam Bonjol, dekat kampus UDINUS. Cari gang sebelah kampus, masuk deh. Insya Allah nggak nyasar, Lur, hehe. 

Memang agak blusukan tapi terbilang mudah untuk ditemukan kok, Lur kedainya. Rombongan langsung bersemangat hehe. Kedainya mungil namun tertata apik dan juga rapi. Asyik buat tempat Sedulur ngabuburit Ramadan ini bersama sahabat, pasangan, atau keluarga.

Tahu Petis Yudhistira Semarang
Tahu Petis Yudhistira Semarang

Sayangnya, pemilik kedai yang ramah, Mbak Wieke sedang tidak ada di tempat. Mbak Wieke ini akrab lho dengan blogger Semarang. Ia beberapa kali mengundang kami mengobrol di kedainya. 

Kami pernah diundang ngabuburit di kedainya. Asyik karena kedainya teduh dan nyaman untuk ngabuburit. Walaupun wangi tahu bakso bikin kagak nahan, haha. Ngencess berjamaah. Puasa mimin batal nggak yaa, ngabuburit sambil mengendus aroma tahu petis?

Ngabuburit saat itu sangat bergizi karena Mbak Wieke menceritakan jatuh bangun beliau dan suami membangun usaha. Kami jadi bertambah pengalaman tentang betapa keuletan seseorang niscaya membawa kesuksesan. Di bidang apapun.

Kisah perjuangan Mbak Wieke membangun bisnis ini inspiratif sekali, Lur. Awalnya ia tertarik jajan tahu petis di abang-abang gorengan. Tahu petis adalah tahu pong yang digoreng dan diisi dengan bumbu petis yang berbahan dasar udang. 

Tahu Petis Yudhistira Semarang
Kemasan tahu petis untuk oleh-oleh

Seperti juga Mbak Wieke yang ketika mudik ke Semarang,  kerap jajan tahu petis di abang gorengan. Karena suka, mereka mencari resep dan belajar membuatnya. Ya, butuh waktu tidak sedikit untuk Mbak Wieke menemukan formula tepat untuk tahu petisnya. 

Aslinya, bumbu petis ini agak tajam dan asin rasanya terutama yang berasal dari Surabaya dan Sidoarjo. Sedangkan orang Semarang suka yang manis dan gurih. 

Tahu Petis Yudhistira Semarang
Daftar harga Tahu Petis Yudhistira Semarang

Ketika berhasil menemukan rasa yang tepat, Mbak Wieke  menguji cobakan tahu petisnya di acara keluarga. Ternyata banyak yang suka. 

Bayangkan, Rasa gurihnya tahu pong yang lembut berpadu dengan manisnya petis udang. Sore-sore makan tahu petis hangat dengan cabe rawit, minumnya teh panas gula batu. Amboi!

Dahulu, Mbak Wieke dan suami adalah pekerja kantoran yang kerap lembur. Karena lelah dengan rutinitas, akhirnya ia dan suami resign dan memutuskan berbisnis berdua.

Mbak Wieke dan suami pun mulai membuka usaha gorengan dengan gerobak di Jakarta. Bahkan bisa berjualan di mal kelas atas Jakarta, Plaza Indonesia berkat dorongan Pak Irwan Hidayat.

Tahu Petis Yudhistira Semarang
Aneka camilan oleh-oleh khas Semarang
Produk Yudhistira memang andal Lur, mengangkat kuliner Nusantara, kemasannya rapi, sudah terdaftar resmi pula jadi kualitasnya terjamin. 

Bahkan, Mbak Wieke kembali ke kota kelahirannya di Semarang dan akhirnya membuka cabang Yudhistira di garasi rumah orang tuanya. Dan ia tak segan untuk mempromosikan bisnisnya dengan gencar termasuk di media sosial. Keren!


Tahu Petis Yudhistira Semarang
Bisa nongkrong cantik di Kedai ini

Kisah jatuh-bangun usaha Mbak Wieke ini diganjar penghargaan Wirausaha Mandiri, Lur. Kini cabang Tahu Petis Yudhistira sudah tersebar di Jakarta juga lho. 

Cita-cita Mbak Wieke menaikkan kelas tahu petis  yang merupakan jajanan kaki lima menjadi oleh-oleh lezat khas Semarang tercapai ya, Lur. 

Tahu Petis Yudhistira Semarang
Bumbu petis untuk oleh-oleh dikemas cantik 

Kini, Mereka pun tak hanya menyediakan tahu petis matang dan bumbu tahu petis alias petis udang dalam kemasan tapi juga menjual tahu baxo daging kakap dan lunpia. 

Akk, mimin Semarang Coret kan diet daging merah, dan tahu baxo isi daging ikan kakap ini..surga! Hihi. Sukaa!

Selain itu, kedai Tahu Petis Yudhistira Semarang juga menyediakan berbagai produk oleh-oleh camilan khas Semarang yang cukup komplet. 

Jadi setelah ngabuburit dan buka puasa bersama,  Sedulur bisa menikmati tahu petis, lunpia dan tahu baxo hangat di sana sambil ngeteh dan ngobrol  Pulangnya, bisa bawa oleh-oleh buat keluarga di rumah. Asyiknya!  

Tahu Petis YUDHISTIRA 
Jl. Yudistira no. 21 Semarang 
Contact HP/WA : 081289900123 
FB : Tahu Petis Yudhistira 
Twitter: @juraganpetis 
IG : tahupetisyudhistira 

 Photo Courtesy of Dewi Rieka dan website Tahu Petis Yudhistira.

10 komentar:

  1. Pas banget, aku tuh cari alamat tahu petis yudistira buat nanti tgl.23 oleh2 ke ponorogo, soalnya bumer pamer gak suka makanan yang modern, kaya donut, pizza, bika ambon, sukanya yang tradisional dan asin, kaya tahu petis, tahu bakso dan lumpia, nanti kubeli tgl.22nya ah, makasih infonya ya mbak dew 😊

    BalasHapus
  2. Ok noted, kayaknya bakal jadi tempat rwferensi nih kalau mau ke Semarang, share tempat makan lain yang enak donk say..

    BalasHapus
  3. Wah ini yang bikin pengin ke Semarang. Saya penggemar tahu petis...

    BalasHapus
  4. Wah saya belum pernah ke semarang mba. Jado pengen juga ngerasain masakan khas sana. Jadi penasaran 😃

    BalasHapus
  5. Ya Allah kak Tahu petis ini enakkk bangettttttt ga cukup 3 biji makan ini 😂😂

    BalasHapus
  6. Ya ampuun tahu petisnya menggugah selera banget...
    Apalagi aku memang suka olahan tahu
    Pas deh buat buka puasa

    BalasHapus
  7. Lumpianya semarang itu uenaaak, ada petis yg bisa dibawa oleh2 ya, asik bisa buat di bawa ke rumah klo mudik ke semarang lagi

    BalasHapus
  8. Aku suka tahu petis! Duku sering jajan di Sunmor UGM hihi

    BalasHapus
  9. Aku doong, belum pernah nyobain Tahu Petis yang iniii. Pan kapan ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah sih nyobain tahu petis, biasanya ada tahu biasa yg dalem diisi sayuran. Mau nyobain nih jadinya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...