Rabu, 15 Maret 2017

Komunitas Genpi Jawa Tengah Sudah Berdiri

Komunitas Genpi Jateng berdiri. Morning Lur, Senin (13/03), Mimin Semarang Coret diundang menghadiri acara pembentukan komunitas Generasi Pesona Indonesia wilayah Jawa Tengah. 


Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI. Acaranya dihadiri sekitar 40 blogger, aktivis medsos dan penggiat pariwisata dari Jawa Tengah. Mimin serasa hadir di acara reunian nih Lur. 

Hehe, karena teman-teman dari Solo, Magelang, Banjarnegara, Purwokerto, dan lainnya hadir di Hotel Aston Semarang. Walaupun judulnya FGD atau Focus Group Discussion, sama sekali tak ada acara tanya jawab hehe. 

Kita menyimak presentasi dari lima narasumber yaitu Mas Don Kardono, Staf Khusus Menteri Pariwisata bidang Komunikasi, lalu ada Pak Taufik Rahazen, tenaga ahli menteri pariwisata bidang budaya, Pak Taufan Rahmadi anggota tim percepatan 10 destinasi pariwisata prioritas serta Siti Chotijah, koordinator GenPi Lombok Sumbawa. 


Wah, keren-keren nih narasumbernya. Bikin Mimin semangat menambah ilmu tentang pariwisata Indonesia. Sesi pertama dibuka oleh Mas Don Kardono temanya peran komunitas dalam pemasaran pariwisata go digital.

Beliau membahas bagaimana perkembangan internet telah mengubah wajah pariwisata dunia. Kini semuanya serba digital, mencari informasi wisata, membeli tiket dan booking hotel serba online. Maka agen perjalanan yang tidak mengikuti perubahan ini akan mati. 

Semua negara berlomba mempromosikan wisata via internet seperti Australia, Singapura hingga Amerika Serikat. Jika dulu gencar berpromosi via media massa, kini iklan di internet menjadi pilihan utama karena biaya lebih murah dan menjangkau ratusan ribu bahkan jutaan netizen. 

Penggunaan media internet juga mengendors selebriti jadi pilihan. Seperti Shakhrukh Khan yang promo wisata Dubai. Atau berpromosi lewat akun di medsos, memajang foto dan video wisata yang memesona.


Kemajuan pariwisata suatu negara tak lepas dari dukungan warganya untuk turut berpromosi. Fan Page Kementerian Pariwisata Australia, Singapura misalnya, mencapai puluhan juta follower. PR bagi kementerian pariwisata RI ya, Lur.

Kehadiran komunitas anak muda yang hobi traveling, hobi memposting foto dan video tentang suatu destinasi wisata hits di blog, dan medsos ternyata berdampak besar bagi pariwisata. Apalagi jika viral, Lur. 

Seperti yang Mimin Semarang Coret bangun bersama teman-teman travel blogger yaitu Indonesia Corners, punya misi mempromosikan keindahan Indonesia. 


Seiring dengan go digital inilah Pak Taufan Rahmadi mengajak netizen Jawa Tengah untuk bergabung di Komunitas Generasi Pesona Indonesia atau biasa disebut GenPi.

Sebuah komunitas yang berisi anak muda yang melek digital yang bertugas membantu promosi wisata daerahnya secara online. Saat ini sudah dibentuk GenPi Lombok Sumbawa, GenPi Aceh, GenPi Maluku, GenPi Sumbar, dan GenPi Jabar. 

Pak Taufan mengajak para peserta hari itu untuk menjadi relawan GenPi Jawa Tengah. Kami diharapkan bisa bahu-membahu mempromosikan wisata Jawa Tengah berkoordinasi dengan Kemenpar, Disbudpar Provinsi, Kabupaten dan kota. 

Jika biasanya kami mempromosikan wisata Jateng sendiri-sendiri via blog dan akun medsos masing-masing, kini ada wadahnya untuk promosi bareng nih. Lur.

Alhamdulillah, hari itu juga dikukuhkan GenPi Jawa Tengah dengan Koordinatornya yaitu Mas Shafigh Pahlevi Lontoh, penggiat pariwisata Jateng. 

Oh iya, Hari itu juga hadir Mbak Siti Chotijah, koordinator GenPi Lombok Sumbawa yang sukses membawa Lombok memenangkan award pariwisata halal dunia. Wow! 

Semoga saja GenPi Jateng bisa menjadi wadah yang membantu mempromosikan wisata Jawa Tengah lebih berjaya ya, Lur. Aamiin! Semangat ya, teman-teman!

7 komentar:

  1. Bojonegoro bukannya Jatim ya? Yang Jateng Banjarnegara kan? Hahahaa takut kebalik karena mirip. Seru ya acaranya. Semoga sukses program2nya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi udah diedit yaa, Idah Ceris bisa ngamuk-ngamuk kii..Makasih mba..

      Hapus
    2. Ngamuuk nyooong. Hahaha. Semoga GenPI Jateng guyup dan gayeng buat bareng2 promosi kekayaan Jateng ya, Mbak Wakil. 😄😄

      Hapus
  2. ijin share kakak :D #GenPIJateng salam dari anggota di #Magelang :D

    BalasHapus
  3. Salam dari Penduduk Kendal .. hehehe

    BalasHapus
  4. Komunitas baru langsung bersinergi dengan Kementrian Pariwisata, keren...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...