Kamis, 16 Februari 2017

Kenapa Perlu Memilih Pendidikan Berkualitas?

Kenapa Perlu Memilih Pendidikan Berkualitas?
Arti dari pendidikan berkualitas mungkin akan berbeda bagi masing-masing orang, tergantung dari sudut pandang dan konteks dari kualitas yang dimaksud. 


Ada individu yang menandai kualitas pendidikan dari besarnya nama kampus, banyaknya pihak ketiga yang diajak bekerjasama (dalam hal ini dapat berupa kampus untuk melanjutkan pendidikan strata yang lebih tinggi ataupun perusahaan untuk merekrut lulusan kampus tersebut), ada juga yang memaknainya dengan pengembangan bukan hanya sekedar ilmu tetapi juga mental. 

Kualitas pendidikan yang diinginkan bukan hanya nama besar kampus yang membuat mahasiswanya berkerja sangat keras untuk lulus, tetapi juga membangun karakter yang baik, tidak menjadi pribadi egois tetapi dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk orang banyak.

Beberapa alasan ini berikut ini menunjukkan Kenapa Perlu Memilih Pendidikan Berkualitas? 

1. Kehidupan yang Mapan
Sebagian besar individu menghubungkan pendidikan berkualitas -dalam hal ini adalah nama besar kampus- dengan kemudahan mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan yang menerima dan percaya dengan nama besar kampus dalam perekrutan karyawan, walaupun nilai IPK calon pegawai tersebut standar tetapi dengan nama kampus yang besar dianggap memiliki kapasitas yang masih melebihi lulusan dari kampus biasa walaupun IPKnya jauh lebih besar.


Hal ini ditinjau dari alumni kampus tersebut yang telah bekerja pada perusahaan tersebut, dimana mereka memiliki etos kerja dan kualitas kepemimpinan yang baik. Jenjang karirpun juga akan terus merambat naik sehingga tingkat kehidupan alumni tersebut semakin mapan.

2. Pembentuk Pikiran

Pola pikir yang dibentuk jika seseorang mendapatkan pendidikan berkualitas adalah bagaimana seorang individu dapat berfikir lebih dalam. Makin berkualitas pendidikan yang diterima seseorang maka dia tidak akan dengan cepat menyimpulkan suatu kondisi, dan memberi keputusan secara terburu-buru. Mereka akan berfikir dan menganalisis terlebih dahulu memberikan beberapa pilihan, memilah mana yang baik dan yang buruk dan mengasimilasi kemudian memilih keputusan yang rasional.

3. Tidak Mudah Jatuh (dapat mengatasi kegagalan

Seperti yang dijelaskan pada poin kedua bahwa kemampuan analisa seseorang dengan kualitas pendidikan yang baik sangat bagus, mereka bukan hanya merencanakan satu jalan yang akan ditempuh, tetapi memiliki rencana optimis dan rencana pesimis. 

Setiap jalan yang akan diambil telah difikirkan baik dan buruknya sehingga ketika kegagalan yang diterima, mereka tidak akan mudah jatuh tersungkur. Individu ini akan mencari dimana letak kegagalan tersebut dan menganalisanya kemudian mencari cara untuk memperbaiki kesalahan. 

Jadi individu yang memiliki kualitas baik akan dapat menghadapi kegagalan dan menuntun dirinya ke jalan yang lebih baik dan secara tidak langsung dapat memimpin diri sendiri. Seseorang yang dapat memimpin diri sendiri biasanya dapat memimpin individu yang lain. 

Jadi pendidikan juga mengembangkan sifat kepemimpinan seseorang.

Beberapa hal diatas adalah sekelumit alasan pentingnya pendidikan berkualitas. Para calon mahasiswa sebaiknya memilih pendidikan yang berkualitas karena dapat meningkatkan pola pikir dan derajat kehidupannya. Pendidikan berkualitas tidak hanya dipandang dari nama besar kampus tetapi juga suasana dan lingkungan yang dibentuk dalam kampus tersebut. 

1 komentar:

  1. Semua orang pasti ingin masa depannya terjamin ya mbak dan salah satu caranya adalah memilih tempat pendidikan yang berkualitas.

    Apalagi bila tempat pendidikan itu menjamin lulusannya bisa diterima bekerja ditempat yang bagus dengan penghasilan tinggi.

    Ada loh satu tempat yang sampai saat ini jadi favorit untuk kuliah disana meskipun masuknya tidak mudah tapi masa depan terjamin :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...