Rabu, 02 November 2016

Ayam Goreng Bu Toha di Tuntang, Gurihnya Sampai Ke Hati

Morning Lur,

Saat jalan-jalan ke Salatiga, Mimin Semarang Coret mampir ke sebuah rumah makan yang ramai sekali. Parkiran tak sanggup menampung membludaknya pengunjung.

Ayam Goreng Bu Toha Tuntang

Namanya rumah makan Bu Toha. Beralamat di Jalan Raya Suruh- Karanggede No. 130 Tuntang, Kabupaten Semarang. Jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Semarang dengan kota lain seperti Salatiga dan Solo. Tempatnya cukup luas dan bersih, cukup sederhana.

Hanya berisi banyak meja dan kursi standar, layaknya rumah makan yang kerap jadi tempat singgah, tempat istirahat bagi pengunjung yang bepergian antar kota. 

Tidak instagram-able seperti layaknya rumah makan kekinian zaman sekarang. Hehe. Fungsinya benar-benar untuk makan saja.

Pilih-pilih lauk teman nasi di Ayam Goreng Bu Toha

Mimin datang kesana pas waktu makan siang jadi rumah makan penuh pengunjung. Kami terpaksa menunggu beberapa saat hingga ada pengunjung yang selesai makan. 

Anak-anak mimin menunggui kursi, mimin dan suami pilih-pilih ayam dan bebek yang ingin dipesan di meja dekat kasir. 


Jadi di stan dekat kasir terdapat piring berisi lauk-pauk mulai dari petai, tahu tempe, botok, hingga potongan ayam dan bebek yang bisa kita pilih untuk digoreng. Setelah pilih-pilih, baru deh kita serahkan pada pelayan untuk digoreng.

Di sebelah kiri kasir, ada rak berisi berbagai jenis penganan dan camilan khas Salatiga dan Tuntang. 

Ayam Goreng Bu Toha Tuntang Kabupaten Semarang

Menu utama Rumah Makan Bu Toha adalah ayam goreng kampung serta bebek goreng. Selain itu, tersedia juga sup ayam kampung dan dawet ireng.

Tak lama kemudian, pesanan kami pun tiba. Ayam gorengnya digoreng agak kering, terasa sedikit alot karena ayam kampung. Bumbunya pas. 

Ayam Goreng bu Toha Tuntang Kabupaten Semarang

Pesanan ayam goreng ini ditemani sepiring lalapan daun kenikir mentah, mentimun, dan daun kol. Dan tentu saja sepiring kecil sambal yang dijuluki teman mimin sambal setan hihi. 

Ya, andalan rumah makan ini adalah sambal bawangnya yang nendang pedasnya. Pas banget disantap bersama nasi putih hangat, ayam atau bebek goreng panas dan lalapan. 

Bikin kita ngos-ngosan dan keringetan di siang hari yang terik. Minumannya cukup teh manis atau es jeruk. Kalau mau mencicipi dawet ireng yang segar juga bisa. 

Rumah makan ayam goreng Bu Toha di Tuntang ini bisa jadi pilihan yang pas bagi sedulur sekalian. Jangan lupa mampir, Lur! 

Photo Courtesy of
Sovia Maulida




3 komentar:

  1. Wah enak kayanya ayam gorengnya ya, ntar klo ke salatiga mair ayam goreng toha ini ah

    BalasHapus
  2. Yaa Allah kok aku kangen makan botok yaaaa

    BalasHapus
  3. Duh, ngiler, terlihat nikmat sekali :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...