Senin, 29 Agustus 2016

Eling Bening, Wisata Hits di Ambarawa, Kabupaten Semarang

Morning Lur, 

Saatnya jalan-jalan ke tempat wisata yang sedang happening banget yuk.
Tempat wisata alam yang dipadu dengan kuliner yummy, selalu jadi incaran banyak orang terutama anak muda kekinian. Apalagi lokasi wisatanya Instagramable nih. Wisata kuliner di Eling Bening ini memang tak hanya ngomong soal makanan. Tapi juga pemandangan alam yang bikin jatuh hati dan tak ingin move on. #apaseeh.
Eling Bening Ambarawa Kabupaten Semarang
Eling Bening Kabupaten Semarang

Lokasinya berada di bagian selatan Ungaran, masuk wilayah Kabupaten Semarang alias Semarang Coret, hehe. Kalo pengen ke Eling Bening, misalnya dari jalan tol Semarang - Bawen, dari pintu keluar ambil aja belokan ke kanan. Kemudian belok kiri lewat Terminal Bawen, ambil arah lurus menuju Ambarawa. Setelah bertemu lampu bangjo alias traffic light, maju sekitar 300 meter ambil belokan ke kiri.


Jadi jangan masuk ke jalan Arteri yang akan menuju Kampung Rawa ya, Lur. Masuk saja ke Jalan Kartini dan ikuti jalanan yang mulai menanjak. Nantinya, di sebelah kiri akan ada papan nama bertuliskan ELING BENING. Sampai deh!

Eling Bening Ambarawa Kabupaten Semarang
Restoran Eling Bening Ambarawa Kabupaten Semarang
Tak usah bingung, silakan langsung masuk dan nantinya kalian akan bertemu Pos Jaga yang akan menarik retribusi. Karena pas saya kesana sudah melakukan pemesanan tempat di restoran, jadi bebas bea masuk. Bagi pengunjung umum, bisa bayar tiket masuk sebesar Rp15.000. Nantinya Sedulur akan mendapat minuman Jus Jambu atau Sari Kacang Hijau yang segar. Lumayan kan, bisa berfoto disana sepuasnya sambil minum jus hehe.


Kalau Sedulur pengen mencicipi kuliner di Eling Bening, bisa juga memilih menu yang tersedia. Banyak sih ragam menu Nusantara yang bisa Sedulur pilih. Ada Gado-Gado, Nasi Goreng, Ayam Bakar, Ikan Bakar, Aneka Sea Food dengan pilihan masak yang beragam, dan beberapa jenis tumis sayur.

Eling Bening Ambarawa Kabupaten Semarang
Duduk-duduk di udara terbuka Eling Bening sebaiknya sore hari
Karena saya dan suami berencana makan siang bareng teman-teman alumni SMP, jadi kami sudah memesan tempat dengan sistem menu yang dipromosikan oleh ELING BENING. Kami cukup membayar Rp60.000 per orang untuk sejumlah menu yang menggiurkan. Ada Tumis Brokoli Bawang Putih yang masih terasa segar dan renyah. Rasa manis yang pas dengan saus dan lada bikin saya ketagihan mencicipi tumis sayuran ini.

Sementara Ayam Gorengnya semula saya kira Bebek Goreng. Bumbunya meresap dan digoreng kering, namun bagian dagingnya masih empuk. Dan pesanan kami yang lain adalah Gurami goreng tepung. Daging fillet dengan bagian ikan beserta kepala disajikan dengan sambal yang pedas. Tingkat kepedasan sambal cukup nendang dan pas untuk saya. Ada pelengkap selain sambal dan lalapan, yaitu Acar yang crunchy dan berlimpah. Makan acar aja udah bikin hati saya riang, Lur. Iya, saya orangnya mudah untuk bahagia.. Haha.

Bonus makan siang itu ada mendoan yang kiwir-kiwir dan panas dengan sambal kecap. Sambal kecapnya enak, ada tambahan cabe dan bawang putih. 

Eling Bening Ambarawa Semarang
Beragam menu restoran Eling Bening Semarang

Untuk minum sih kami sudah pesan teh. Pihak pelayan menyajikan dengan model es batu yang ditaruh dalam wadah besar. Jadi yang suka minuman hangat bisa langsung menuangkan teh pada gelas masing-masing. Sementara yang pengen minum dingin, tinggal nyemplungin es batu. Asyik ya Lur, bisa makan dan minum sesuai selera masing-masing.

Pemandangan indah Eling Bening asyik buat selfie Foto: Deviiyanti 

Eling Bening memang tengah jadi wisata yang fenomenal. Ada fasilitas kolam renang bagi anak-anak. Dari kolam renang, tempat kami memilih meja yang berada di dalam resto, bisa menatap Rawa Pening yang cantik. Perut kenyang, hati riang memandang pemandangan yang begitu indah. Eling Bening kerap menjadi pilihan keluarga, pasangan, atau pun komunitas yang ingin mengadakan acara yang berkesan. Salah satunya acara peluncuran buku puisi Ambarawa Seribu Wajah oleh Komunitas Penarawa pun diadakan di Eling Bening. Bahkan salah satu puisi yang ada di buku tersebut dipajang di Restoran ini.



Eling Bening Ambarawa Kab Semarang
Eling Bening yang hits di Kabupaten Semarang


 Kalau pengen foto-foto di luar resto, bisa memilih di lokasi outbound, di taman, atau di kursi putih dan merah yang ditata cantik di teras luar. Satu yang perlu diperhatikan, datang kesini paling tepat saat senja. Bayangkan deh Lur, sambil duduk di luar restoran dan menyesap minuman hangat. Dari sana, sejauh mata memandang adalah hamparan sawah, deretan pegunungan, dan Rawa Pening yang kece banget. Belum lagi bila Matahari mulai turun ke arah Barat. Menyaksikan Matahari terbenam di Eling Bening, berasa syahdu banget.

Hmmm, saya jadi pengen balik ke Eling Bening dan foto-foto ala pre wedding gitu. Jaman saya dulu belum musim sih. Ntar temanya foto pasca wedding gitu deh, hihihi. Kekinian banget kan Lur! 



Photo Courtesy of Hidayah Sulistyowati

(Kontributor: Hidayah Sulistyowati-Semarang)



13 komentar:

  1. Konsepnya restoran dengan view kece ya mbak. Kalau ke Semarang mampir ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyq mba, andalannya view Rawa Pening yang ciamiik..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Yuk mampir, pepotoan buat di IG hihi

      Hapus
  3. wisata semarang wajib mampir ke isni nih brt, bening itu kolam renangnya

    BalasHapus
  4. Kekinian banget lur, pemandangannya keren. kalo ke semarang smg bisa mampir...

    BalasHapus
  5. Makanannya menggoda. Sama pemandangannya apalagi. Cocok deh dijadikan untuk spot jepret jepret huahahaha

    BalasHapus
  6. Tfs mba saya belum pernah main ke Semarang nih hehe

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah mba... Di agendakan lah. Ini nunggu macet paska arus balik berkurang dulu..

    BalasHapus
  8. Mulai dari pemandangan sampai makanan sangat menggiurkan mbak :)

    BalasHapus
  9. Pengen ke Semarang lagi, pemandangan di Eling Bening cakep bener mbak, begitu lihat aku terpukau sama kolam renangnya hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...