Jumat, 24 Juni 2016

SOUL Community, Ketika Sedekah Menjadi Gaya Hidup Masa Kini

Morning Lur,

Kali ini Mimin Semarang Coret ingin memperkenalkan SOUL Community, komunitas keren yang berbasis di Ngesrep, Kota Semarang. Kita kenalan yuk dengan pencetus kegiatan ini, Deviyanti Priama Putri, seorang pebisnis produk kecantikan dan kuliner Cheese Stick Sehat Iniitu.

SOUL Community Semarang
Pengurus SOUL mempersiapkan BUKBER
Bersama ibunda, suami tercinta dan para sahabat yang bergabung menjadi pengurus dan donatur SOUL Community, setiap Jumat adalah hari tersibuk karena merupakan jadwal rutin komunitas ini untuk berbagi di berbagai panti asuhan di Semarang. Yuk, kita kulik kegiatan SOUL Community yang ternyata singkatan dari Sedekah is Our Lifestyle, ciamik tenan ya, Lur!

Hai Devi, Apa kabar? Apa sih SOUL Community itu?

"Hai Mimin, Kabar baik, Alhamdulillah. Sedekah is Our Lifestyle-SOUL Community dengan adalah gerakan menjadikan sedekah sebagai gaya hidup. Hidup terasa belum tenang bila belum bersedekah. Berbagi buat yang membutuhkan, karena sedikit dari kita pun sangat berarti buat mereka yang membutuhkan. Ayo sedekah!"

Bagaimana awal SOUL Community terbentuk?

"Awalnya kegiatan kami adalah bagi sedekah nasi 10 bungkus tiap hari Jumat tiga tahun lalu, 05 April 2013. Idenya karena membaca broadcast teman Mbak Silma namanya. Komunitasnya bernama Makelar Sedekah, kalau nggak salah. Saat itu, biasanya nasi bungkusnya dijemput dan Makelar Sedekah bagikan ke masjid-masjid. Nah, suatu kali, yang jemput tidak datang dan kami bingung mesti antar nasi kemana. Lewat jasa seorang teman, Mbak Lera yang mengenalkan kami ke Panti Asuhan pertama yang kami bantu, Darussalam,"


Soul Community Semarang Sedekah is our lifestyle
Semangat bungkus-bungkus bingkisan untuk anak panti asuhan
Wah, jadi awalnya tidak sengaja ya, menyumbang makanan ke Panti Asuhan?


"Iya, akhirnya wadah nasinya kami ganti kotak sterofoam. Sudah mulai ada 1-2 orang teman yang join. Jumlah nasinya pun bertambah terus. Dari 10 bungkus setiap Jumat, bertambah menjadi ratusan kotak nasi," ujar perempuan berkacamata ini penuh syukur.

Subhanallah, awalnya gerakan mouth to mouth ya jadi tersebar luas, Dev, :)

"Iya, waktu semakin banyak donatur dan sedekah totalnya per minggu sekitar 4-6 juta rupiah, kami mulai mencari panti asuhan lain untuk menyumbangkannya. Alhamdulillah, sekarang jumlahnya 5-8 panti asuhan yang tiap Jumat kami sambangi. Jumlah anak panti asuhan dari 7 panti di Semarang sekitar 450 anak. 

Banyak juga ya penghuninya, Dev! Dari delapan Panti yang mana yang paling membutuhkan bantuan?

"Oh iya, Untuk anak Panti Darussalam kami kirimkan beras dan 3 lauk-pauk karena penghuninya sekitar 120 anak, 3-4 kali lipat jumlah anak panti lain. Sehari mereka menghabiskan 2 karung beras. Sedangkan lingkungan panti juga minus, dibandingkan panti lain. Dulu pengurus panti sering cerita bawa untuk makan anak-anak pun mereka sering berutang. Untuk lauk, pengurus berinisiatif menanam sayuran sendiri di sekitar panti,"

Apakah SOUL Cmmunity punya grup khusus untuk donatur?

"Sementara grupnya masih di BBM. Kami baru saja membuat Fan Page di Facebook untuk melaporkan detil kegiatan kami, jadi donaturnya ya dari teman-teman FB yang tergerak ingin membantu. Setiap Kamis, kami melaporkan jumlah donasi yang dipakai untuk kegiatan Jumat lalu,"

Soul Community Semarang Sedekah is our lifestyle
Mengunjungi Rizky dan adik-adiknya di Semarang
 Jadi, bagaimanakah proses kegiatan SOUL Community setiap minggu?

"Sedekah dikumpulkan dan tiap Kamis tutup. Dijumlahkan untuk dipakai berbelanja hari itu juga, untuk dibagikan hari Jumat. Kadang-kadang kami pakai sistem tabungan. Bisaanya saat akhir bulan donasi agak sedikit, jadi kalau minggu sebelumnya dananya agak banyak, disisihkan 1-2 juta untuk cadangan di akhir bulan, hehe. Biasanya yag berbelanja kebutuhan saya dan yang memasak ibu karena alat perangnya lebih lengkap,"

Oh jadi Ibu yang masak ya, Dev. Subhanallah kerennya!

"Ibu punya katering jadi sudah biasa masak untuk banyak orang, dibantu tetangga yang seorang janda jadi sekalian membantu beliau mendapat uang tambahan tiap Hari Jumat. Seporsi nasi dihargai Rp8500 terdiri dari nasi+rolade daging/ayam+sayur+1 lauk tambahan tempe/tahu/mie). Kadang ada sedekah kerupuk buat tambahan. Oh iya, sekarang sudah tidak pakai kotak sterofoam lagi tapi model ambil sendiri alias prasmanan biar kenyang dan ambil semaunya," kata Devi tertawa.

Jadi sumbangan donatur untuk makan siang anak-anak panti setiap Jumat ya, Dev?

"Hm, untuk makan malam, Min karena kami mengantar makanannya pukul 15.00. Sebenarnya infgin sih ke panti lain yang lebih membutuhkan tapi kendalanya tim yang membagikan makanan selama ini ya saya dan Mas Drajat, suamiku. Tiap Jumat kami ke 5 panti dan sisanya mereka yang ambil ke rumah. Selain makanan, banyak juga donatur yang mengirimkan pakaian baru atau pakaian bekas pantas pakai, sabun cuci, sabun mandi hingga kasur dan bantalnya. Asal mobilnya muat, kami bawa, kalau nggak ya Jumat depan lagi hehe,"

Soul Community Semarang Sedekah is our lifestyle
nasi dan tumpukan sembako yang siap didistribusikan untuk anak panti
Selain kegiatan rutin tiap Jumat, apa lagi kegiatan SOUL Community?

"Kami pernah mengajak Dianari dari Lauza untuk mengajarkan anak-anak panti Darussalam membuat bros. Terima kasih ya buat Dian yang mau meluangkan waktunya untuk mengajar anak-anak keterampilan. Semoga lebih banyak yang mau berbagi ilmu dan keterampilannya dengan anak-anak untuk bekal mereka di masa depan."

Ada kegiatan rutin di Bulan Ramadan?

"Alhamdulillah, sudah dua tahun ini kami mengadakan buka bersama. Tahun lalu mengajak 80 anak dari tiga panti asuhan. Tahun ini, bertambah menjadi 150 anak dan diadakan pada Hari Minggu tanggal 19 Juni di Masjid Baitunnur Semarang. Kami juga mengadakan bazaar Ramadan yang dananya masuk kas SOUL. Lumayan mzetnya, dari donasi bersih-bersih lemari teman-teman saja dapat 2 jutaan. Di bazaar ini kami jual sembako murah, dengan subsidi sebagian dananya.Alhamdulillah, luar biasa kerja keras teman-teman SOUL, Min."

Soul Community Semarang Sedekah is our lifestyle
mari bersedekah agar hidup sedulur lebih tenang dan bahagia

Wow, luar biasa, Dev! Apakah donaturnya dari Semarang saja?

"Tidak, Min. Donaturnya kan kebanyakan teman FB yang tergerak untuk ikut serta. Ada yang tinggal di Dubai, Jerman, dan banyak lagi kota lainnya. Selain menitipkan donasi dengan transfer ke rekening, ada juga yang minta dibikinkan aqiqah buat anaknya nanti langsung dishare ke anak-anak panti asuhan, aqiqah antar negara ya," ujar Devi yang telah melanglang buana berkat bisnis kecantikan ini, berbinar.

Apa pengalaman paling berkesan selama Devi menjalankan kegiatan ini?

"Paling berkesan waktu diceritain anak-anak panti kehabisan beras padahal sehari harus dua karung. Mereka sampai berhutang ke toko untuk beli beras. Lauknya pun sayur kangkung yang dikasih kuah banyak-banyak agar cukup untuk 120 anak. Ini yang bikin saya dan teman-teman semangat terus menjalankan SOUL,"

Soul Community Semarang Sedekah is our lifestyle
berkunjung ke rumah Rizky menerahkan donasi SOUL
Alhamdulillah, berkat SOUL juga, Devi bertemu Rizky dan adik-adiknya ya?

"Iya, ketemu Rizky dan adik-adiknya karena ada teman yang mengabari. Ada enam anak yang ditinggal bapak-ibunya di Semarang. Anak keenam masih bayi terpaksa minum susu kental manis. Awalnya, kami ke rumah mereka dan ingin berbagi sedikit Sedekah Jumat untuk mereka. Tapi, tak menyangka akhirnya seviral itu dan sedekah untuk mereka kini 30 jutaan, Alhamdulillah. Akhirnya sekarang dibikin donasi tersendiri untuk membantu Rizky dan adik-adiknya diluar SOUL,"

Soul Community Semarang Sedekah is our lifestyle
Kegiatan SOUL didukung penuh suami tercinta
Bagaimana cara bergabung atau ikut berdonasi di SOUL Community?

"Teman-teman bisa menghubungi saya di nomor HP 0813-9035-3432 atau melalui Fan Page SOUL Community di Facebook."

Terima kasih sudah berbagi inspirasi ya Devi, semoga kegiatan SOUL Community Semarang diberi kelancaran, makin banyak anak panti asuhan yang SOUL bantu, aamiin! Ingin bergabung dengan SOUL Community? Hubungi saja Mbak Deviyanti ya Sedulur! 

Photo Courtesy of 
SOUL Community, Semarang

 


13 komentar:

  1. Salut pokoe buat mbak devi dan mas drajat, taun kemarin aku ikut anter2sin sedekah dari abis ashar sampai malem jam 8nan, ke 5 panti asuahan, salah satunya yang di pedurungan, anak2nya udah pada hafal nungguin mbak devi ama mas drajat, taun ini aku gak ikutan, salut juga donasi yang tiap minggu atau bulan istiqamah dari donatur, aku mah donatur yang gak rutin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa keren banget ya vita, aku diajak pas jumat tapi jumat jadwal Nai les huhu jadi macan ternak niii...

      Hapus
  2. Wihh keren ya, Mba. Butuh effort sekuat baja agar tetap istiqomah.��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba wati dopingnya melihat anak2 panti asuhan bisa makan dengan kenyang dan happy ya :) terbayar semua lelah

      Hapus
  3. Yuk mari bersedekah ... Semoga gerakan ini banyak menginspirasi kita awmua untuk makin banyak berbuat untuk akhirat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mascum semoga makin banyak yang ikutan gabung ya mas :)

      Hapus
  4. Semoga istiqomah dan nggak hanya di ramadhan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin mba kalau kegiatannya sudah berjalan tiga tahun ini setiap hari Jumat ngga Ramadan saja..:)

      Hapus
  5. salut untuk semua ayng terlibat di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, keren pisan ya, barakallah untu seluruh pengurus dan donatur SOUL :)

      Hapus
  6. masyaAllah semoga dibalas kebaikan dan rejeki berlimpah oleh Allah
    salut untuk teman2 soul community

    BalasHapus
  7. Semoga komunitasnya makin sukses ya mbak

    BalasHapus
  8. salut....bisa di contoh mbak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...