Senin, 16 Mei 2016

Menghabiskan Liburan Di Tempat Wisata Edukasi dan Budaya Kota Solo

Morning Lur, 

Ingin mengisi libur panjang dengan keluarga sekaligus menimba ilmu? Salah satu rekomendasi Mimin Semarang Coret di Jawa Tengah adalah menjelajahi Kota Solo.
Museum Batik Danar Hadi Solo Sumber: Wikipedia)


Solo adalah tempat terbaik untuk menggali kebudayaan Jawa. Selain memiliki keraton, Kota Solo menyimpan banyak tempat wisata yang menunjukkan budaya masyarakat Jawa.

Berbagai hal mengenai budaya, adat istiadat hingga kebiasaan masyarakat Jawa bisa dilihat sekaligus dinikmati di Solo. 

Jika kamu sedang bingung mencari rekomendasi tempat wisata budaya Jawa, Solo layak dipertimbangkan sebagai tujuan wisatamu:

Museum Batik Danar Hadi

Bicara mengenai kebudayaan Jawa tidak bisa dilepaskan dari Batik. Kain tradisional yang satu ini telah menjadi kekayaan milik Bangsa Indonesia dan mulai dilirik internasional. 

Saat ke Solo tidak lengkap jika tidak mengunjungi Museum Batik Danar Hadi. Museum ini berdiri tahun 1967 memiliki ribuan koleksi batik dengan berbagai corak dan motif. 

Koleksinya tak hanya berasal dari daerah di Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Seperti Myanmar dan Thailand.

Tak hanya itu,  Museum Batik Danar Hadi memiliki koleksi batik sejak zaman penjajahan Jepang hingga Belanda. 

Sehingga menjelajahi Museum ini seolah kita terlempar ke masa silam. Sedulur bisa mengetahui bagaimana penampilan dan mode terbaru yang digandrungi masyarakat saat itu. 

Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi batik keraton, batik China hingga batik Hokokai yang ternyata memiliki corak dan ragam tersendiri walaupun namanya sama-sama batik.  Betapa kaya Bangsa Indonesia memiliki batik. 

Museum ini terletak di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo ini dapat kamu kunjungi setiap hari, mulai dari jam 9 hingga jam 16.30 Wib.

Museum Istana Mangkunegaran

Jika ke Solo tanpa mengunjungi Museum Istana Mangkunegaran terasa tidak lengkap. Museum ini adalah rekomendasi tempat wisata yang paling tepat untuk mengenal budaya Keraton Solo. 

Jika selama ini penghuni hingga kebiasaan keraton sulit dilihat masyarakat umum, berbeda di museum ini Sedulur bisa melihat lebih dekat kebiasaan hidup di keraton. 
Museum Makngkunegaran (Sumber: wikipedia.org)

Tidak hanya bangunan yang sangat indah, tapi keraton Mangkunegaran juga memiliki beberapa koleksi lukisan yang dibuat oleh pelukis kenamaan di Indonesia seperti Basuki Abdullah, Raden Saleh dan Affandi. 

Museum Istana terdiri dari dua ruang utama. Ruang pertama adalah pendopo. Dan ruang kedua adalah dalem. Kedua ruangan diapit tempat tinggal raja dan keluarganya. Sedulur bisa mengintip sejenak kehidupan para bangsawan di Keraton.

Pendopo biasanya digunakan abdi dalem untuk latihan tari atau latihan wayang kulit. Seluruh bangunan istana dibuat dari kayu jati yang berbentuk bulat. Sehingga tidak hanya unik, tapi juga eksotis dan menarik sekali. Museum ini bisa menjadi pilihan seru untuk anak-anak Sedulur.
Kebun Binatang Taru Jurug

Tidak hanya memiliki tempat wisata yang berkaitan dengan budaya Jawa, Kota Solo juga memiliki Kebun Binatang Taru Jurug. 

Tempat wisata yang satu ini memiliki ratusan koleksi binatang yang siap membuat kamu penasaran. Dulunya kebun binatang ini terletak di kawasan Taman Sriwedari. 


Namun karena terjadi pemugaran, akhirnya kebun binatang dipindahkan ke kawasan pinggir sungai Bengawan Solo, Jalan Ir Sutami. Dengan luas kebun binatang mencapai 14 hektar, Kebun Binatang Taru Jurug akan menjadi tempat wisata edukasi yang sangat baik untuk anak.

Selain disambut dengan ratusan koleksi satwa, kamu juga akan merasakan suasana yang rindang dan sejuk sesampainya di Kebun Binatang Taru Jurug. 

Jika kamu cukup berani, pengelola kebun binatang menyiapkan kuda dan gajah yang siap ditunggangi. 

Salah satu keunikan kebun binatang Taru Jurug adalah orang utan Tori yang sangat lucu dengan kebiasaannya yang aneh. 






Di kebun binatang ini kamu juga dapat melihat patung Maestro Gesang sebagai pencipta lagu Bengawan Solo yang sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Hotel yang murah di Solo

Jika kamu berencana menghabiskan waktu liburan di Solo dengan budget yang rendah, memilih hotel murah di Solo (baca disclosure) dengan fasilitas yang memadai adalah sebuah keharusan. 

Hotel terbaik akan membuat rasa lelah setelah menjelajah Solo hilang. AiryRooms bisa menjadi tempat menginap yang pas, ditambah dengan fasilitas lengkap yang mampu memberikan kenyaman menginap. 


Setiap kamar sengaja dibuat sangat nyaman dan memiliki fasilitas lengkap seperti AC, tv, air hangat hingga peralatan mandi. AiryRooms juga menyediakan kemudahan reservasi, bisa melalui website, telepon maupun whatsapp. 

Selain itu letaknya sangat strategis sehingga dapat menjangkau semua tempat wisata di Solo dengan mudah. Dengan begini kamu bisa menginap di hotel murah dan berwisata di kota Solo dengan nyaman.

2 komentar:

  1. Coba ada fotonya, kan pengen lihat mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, sudah dipasang ya fotonya, terima kasih sudah mampir :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...