Senin, 23 Mei 2016

Jelajah Santai di Gunung Ungaran

Morning Lur,

Pagi itu basecamp Mawar di Gunung Ungaran mulai diselimuti kabut tipis. Kabut-kabut menyelinap diantara pohon pinus yang menjulang tinggi. Padahal jarum jam sudah menunjukkan pukul 09:00. Warna-warni puluhan tenda para pendaki masih berdiri diantara kabut yang menyelimuti basecamp Mawar. 

Jelajah Santai Gunung Ungaran
Daerah Perkemahan Basecamp Mawar Gunung Ungaran
Beberapa warung telah siap memanjakan perut para pendaki. Setelah sarapan kami pun telah siap untuk mendaki gunung Ungaran. Tentu saja kami tidak lupa untuk registrasi kepada petugas untuk melakukan pendakian ke gunung Ungaran.

Gunung Ungaran terletak di kabupaten Semarang dan memiliki ketinggian 2050 Mdpl. Mendaki gunung Ungaran bisa melalui basecamp Mawar. Basecamp  Mawar terletak di desa Sidomukti. Tidak jauh dari objek wisata Umbul Sidomukti dan cafĂ© Pondok Kopi. Di basecamp Mawar juga tersedia area camping yang bisa menampung puluhan tenda. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pengunjung, seperti area camping yang luas, toilet, warung dan mushola. Basecamp Mawar terletak diketinggian 1200 Mdpl.
Jelajah Santai Gunung Ungaran
Pintu Gerbang Pos Perkemahan Mawar
Kita bertiga mulai trekking mendaki gunung Ungaran. Jalur pertama yang kita lewati adalah hutan pinus. Banyak pohon pinus yang menjulang tinggi. Kita akan melewati jalur berupa batu dan tanah. Jalan setapak berbatu akan kita laui ketika melewati rumah warga, kebun kopi dan kebun teh.

Sesampainya di sebuah persimpangan jalur kita istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan kebun teh. Persimpangan ini merupakan persimpangan menuju puncak gunung Ungaran dan desa Promasan. Desa Promasan merupakan desa yang terletak di kaki gunung Ungaran. Banyak pendaki yang memilih desa Promasan sebagai area camping.
Jelajah Santai Gunung Ungaran
Jalur Hutan Pinus Gunung Ungaran
Setelah kebun teh, jalur pendakian akan lebih terjal, menanjak dan tak terlalu lebar. Banyak batu besar yang harus kita lewati. Selain itu, jalur tersebut mengharuskan kita untuk berjalan saling bergantian ketika berpapasan dengan pendaki yang akan turun. Kita saling sapa dan memberi semangat walaupun kita belum saling kenal. Inilah salah satu keunikan dalam sebuah pendakian.

Akhirnya kita beristirahat di bukit batu. Terdapat tanah lapang yang bisa digunakan untuk area camping. Pemandangan dari bukit batu sangat bagus. Kita bisa menikmati hamparan kebun teh dan bisa melihat desa Promasan. Perjalanan untuk menuju puncak gunung sebentar lagi. Tinggal melewati sebuah bukit. Kita bertiga bergegas karena sinar matahari mulai terasa terik. Tepat pukul 11:30, akhirnya kita sampai puncak gunung Ungaran.
Jelajah Santai Gunung Ungaran
warung di atas Gunung Ungaran hehehe jangan takut kelaparan
Pada saat itu kabut pun mulai naik. Pemandangan dibawah pun tak bisa dinikmati oleh mata karena tertutup kabut. Sambil menunggu kabut turun, kita beristirahat dan makan siang di area camping yang ada di puncak. Kita membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari basecamp Mawar hingga sampai puncak gunung Ungaran. Itu tanpa membawa tenda dan beban yang berat.

Setelah puas menikmati puncak, akhirnya kita bergegas untuk turun gunung. Melewati jalur yang sama ketika kita naik. Melewati kebun teh dan kebun kopi yang terhampar luas. Banyak pengalaman baru ketika mendaki gunung Ungaran. 

Jelajah Santai Gunung Ungaran
Di puncak Gunung Ungaran
Meski tak terlalu tinggi, banyak hal yang harus diperhatikan ketika mendaki gunung. Ketika mendaki gunung sepatu trekking atau sepatu olahraga. Jangan gunakan celana dengan jenis kain jeans. Bawa barang sesuai dengan kebutuhan dan perhatikan kemampuan fisik kita. Oiya, jangan berisik ketika berada di gunung. (Kontributor: Rivai Hidayat, Semarang)

3 komentar:

  1. wooow dulu aku pernah ke ungaran, ya hijau, asri dan sejuk bikin betah

    BalasHapus
  2. Wah jadi pengen kemping disitu, kebayang dinginnya bbrrr, tapi sejuk kayanya, abis itu hiking, asyik yah

    BalasHapus
  3. Wah jadi pengen kemping disitu, kebayang dinginnya bbrrr, tapi sejuk kayanya, abis itu hiking, asyik yah

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...