Senin, 25 April 2016

Acara Menyusui Serentak, Kampanye Untuk Menarik Perhatian Masyarakat Semarang

Morning Lur,

Ada yang unik dan seru di Kelenteng Sam Po Kong Jalan Simongan Raya No. 129 Semarang hari Minggu (24/04) kemarin. Bagaimana tidak, puluhan ibu muda bersama bayi dan balita dari Kota Semarang dan sekitarnya berkumpul disana. 

Acara Menyusui Serentak Sembilan AIMI di Semarang
Acara Menyusui Serentak Sembilan AIMI Jateng di Semarang
Ada apa gerangan, Lur? Apakah mereka sedang berdemo?

Olala, ternyata hari Minggu ini digelar acara SEMBILAN yaitu SErentak Menyusui Bersama Ibu-Ibu & Laktivis AIMI Nasional. Acara menyusui serentak bertajuk SEMBILAN ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) yang ke-sembilan. 

Ya, sembilan tahun sudah AIMI hadir di tengah masyarakat Indonesia. Organisasi yang berdiri pada tanggal 21 April 2007 ini tak kenal lelah mengampanyekan pentingnya ASI (Air Susu Ibu) untuk buah hati.


Berawal dari milis AFB atau ASI For Baby yang beranggotakan para ibu yang suka berbagi dan curhat masalah ASI dan bayi. Kopi darat atau kopdar yang mereka adakan akhirnya menghasilkan sebuah organisasi yaitu AIMI dengan ketua umum, Mbak Mia Sutanto yang eksis hingga kini.

Acara Menyusui Serentak Sembilan AIMI di Semarang
seru banget ya 50 ibu menyusui berkumpul di acara SEMBILAN Semarang
Kini, AIMI sudah berkembang pesat.
Memiiki banyak cabang di Indonesia. Untuk merayakan ulang tahun AIMI digelar acara yang unik yaitu menyusui secara serentak SEMBILAN yang diikuti para pengurus dan masyarakat umum di 26 kota di  15 provinsi diantaranya Jakarta, Banjarmasin, Surabaya, Bandung, Semarang, dan kota lainnya. 

Menurut Ketua AIMI Jateng, Dhani Yuniarco, acara ini adalah kampanye untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia pentingnya menyusui. 

Di Jateng sendiri, AIMI Jateng mengadakan acara menyusui serentak ini di tiga kota yaitu Semarang di Kelenteng Sam Poo Kong, Solo di depan Loji Gandrung dan Taman Kota di Salatiga. Lokasi acara dipilih karena keunikan dan merupakan tujuan wisata di masing-masing kota. Acara menyusui serentak ini dimulai pukul 07.00. Kegiatan SEMBILAN di Semarang ini dihadiri oleh sekitar 50 orang ibu yang mengenakan dress code hitam putih. Wah, meriah ya, Lur!

Acara SEMBILAN ini dilakukan serentak mulai dari promo acara, pelaksanaan acara hingga bersama-sama mengunggah foto peserta sedang menyusui di berbagai media sosial. Ya, tentu saja fotografer yang bertugas memperhatikan etika dan kenyamanan ibu ketika difoto.  Selain menyusui serentak diadakan juga acara menarik lain seperti konsultasi dengan ahli laktasi dimana para peserta bisa berdiskusi masalah menyusui dengan ahlinya.

Acara Menyusui Serentak Sembilan AIMI di Semarang
peserta Sembilan AIMI Jateng yang kompak
Menurut Dhani Yuniarco, menyusui di ruang publik merupakan bagian dari kampanye menyusui dan lumrah dilakukan eh para ibu menyusui.

"Menyusui bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Menyusui adalah cara normal dalam memberikan nutrisi untuk anak dan tidak perlu malu untuk menyusui," Katanya.

Keren ya kegiatan ibu-ibu cantik ini ya, Lur!
Ibu menyusui butuh dukungan suami, keluarga dan sahabat untuk bisa sukses menyusui buah hati hingga dua tahun.

Milis ASI For Baby yang Mimin Semarang Coret ikuti dulu sangat bermanfaat untuk menyemangati Mimin menyusui anak hingga dua tahun. Ya, para ibu membutuhkan wadah seperti AIMI ini untuk mendapatkan informasi yang akurat seputar menyusui dan juga saling mendukung diantara sesama ibu. 

Oh iya, AIMI Jateng aktif menyelenggarakan pelatihan dan seminar tentang menyusui lho. Tertarik ingin bergabung atau konsultasi masalah ASI? Sedulur bisa cek info kegiatannya di Twitter @aimi_jateng atau e-mail kontak@jateng.aimi-asi.org.

Photo Courtesy of AIMI Jateng

1 komentar:

  1. Seru nih kegiatannya, lucu juga ya menyusui rame-rame gini mbak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...