Senin, 08 Februari 2016

Lezatnya Festival Durian Gua Kreo di Semarang

Morning Lur,

Gong Xi Fa Choi!
Masih menikmati liburan long weekend?
Hari Minggu (07/02), Mimin mengunjungi Festival Durian di Gua Kreo, Gunung Pati, Semarang.
Gunung Pati terkenal sebagai sentra durian enak di Jawa Tengah. Festival ini adalah pesta durian kedua di Semarang, setelah Festival Durian Mijen bulan lalu.

Festival Durian Gua Kreo Semarang
pengunjung antusias memilih buah durian di Festival Durian Gua Kreo Semarang
Sekitar 40.000 buah durian dijual di stan-stan di Festival Durian ini. Acara diadakan di lapangan parkir tempat wisata Gua Kreo. Pengunjung ditarik bayaran Rp.3.500 sesuai tiket masuk tempat wisata.

Festival durian dilaksanakan mulai Kamis (04/02) hingga terakhir, Hari Minggu. Tujuan diadakannya acara ini tentu saja untuk memperkenalkan varietas durian lokal Semarang kepada khalayak. Bahwa, durian kita juga tak kalah cetar membahana dibanding durian impor, Lur. 

Festival Durian Gua Kreo Semarang
stan makanan olahan durian juga laris diserbu pengunjung
Salah satu durian andalan di Festival Durian di Gua Kreo ini adalah duarian Monti alias Montong Gunung Pati. Durian montong lokal yang rasanya tak kalah enak dibanding jenis durian impor. Diharapkan dengan acara ini, durian lokal lebih dikenal dan disukai. Juga, petani durian lebih bersemangat untuk mengembangkan durian lokal. 

Festival Durian Gua Kreo Semarang
bibit durian buat ditanam di rumah sapa tahu mau jadi juragan durian
Antusiasme pengunjung sangat terasa. 
Apalagi, liburan Imlek. Pengunjung berduyun-duyun mendatangi lokasi festival, hingga terjadi kemacetan dan kepadatan di tempat wisata Gua Kreo, Lur. Festival ini diadakan di halaman parkir Gua Kreo dan diramaikan oleh kelompok tani durian dari berbagai kota.

Pengunjung antusias memilih-milih dan menyantap durian bersama keluarga dan sahabat. Selain durian utuh, ada juga stan yang menjual bibit durian, penganan dari durian seperti pancake durian Medan yang laris-manis. Meriah!

Festival Durian Gua Kreo Semarang
dipilih dipilih mas mbak durian enak
Di hari pertama, Digelar acara pembukaan yang menghadirkan berbagai tarian dan pertunjukan kesenian. Setelah itu diadakan senam konservasi juga kirab durian unggul yang menampilkan durian juara festival durian Mijen bulan lalu, Lur.

Selain berbagai stand durian dari kelompok tani, juga diadakan berbagai lomba diantaranya lomba makan duren, pameran produk unggulan dan banyak kegiatan seru lainnya untuk memeriahkan festival. Durian dibanderol mulai Rp.35.000 hingga Rp.100.000. Untuk durian Monti dijual Rp.40.000 per kg. Duriannya besar dan enak, Lur! Mantap! 

Festival Durian Gua Kreo Semarang
siswa sekolah mewawancarai petani durian untuk tugas sekolah
Mimin datang bersama keluarga, dan juga bersemangat ingin mencicipi durian lokal.
Ternyata, harganya terjangkau lur. Mimin juga mencoba durian di salah satu stan. Dan walau buahnya kecil, tapi enaak! Ah, nggak rugi deh jauh-jauh datang, berdesakan tapi bisa mencicipi durian kebanggaan masyarakat Gunung Pati ini. Durian yang Mimin coba ternyata meraih juara di Festival Durian Mijen, Lur. 

Festival Durian Gua Kreo Semarang
durian raksasa yang mengundang pengunjung untuk selfie hihihi
Sang pemilik, antusias dengan diselenggarakannya Festival Durian di Gua Kreo ini. 
Ia ingin durian lokal lebih dikenal dan kalau bisa Go International. Aamiin! Semoga ya Lur, biar hasil pertanian kita bisa merajai pasar dunia. Semoga acara seru seperti ini bisa diadakan lagi dalam waktu dekat. Yuk, makan buah dan sayuran produksi petani Indonesia, Lur.

5 komentar:

  1. Apapun bentuk dan rasa nya, gw tetep ngak suka duren :-(

    BalasHapus
  2. dureeeennn, aem kamiiiiiinnggg, lezatnyooooo
    di sini jg ada festival durian, namanya kenduren,
    :)

    BalasHapus
  3. Wuaaahhhhhhhh aku suka bablas kalo udh ketemu duren ^o^.. slama hamil ini aja rada nahan diri cuma ngabisin 2 buah duren ;p.. biasanya bisa lebih :D

    BalasHapus
  4. Sayang gak bisa kesana, pakbos luar kota teruuuus. Dia yg pinter milih duren ,mbak. Ada lagi festival kayak gini gak ya

    BalasHapus
  5. Sy mw yg raksasa tuh.. Brp-an Mbak? :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...