Jumat, 08 Januari 2016

Piknik ke Jogja, IIDN Semarang & Blogger Gandjel Rel


Morning Lur,

Alhamdulillah, Hari Kamis (07/01), Blogger Gandjel Rel (Komunitas blogger perempuan Semarang) dan IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) Semarang mengadakan acara Piknik Ke Jogja. Acara yang dikuti sekitar 20-an perempuan berkostum bunga-bunga ini melakukan kunjungan ke Penerbit Bentang Pustaka dan Penerbit Stiletto di Yogya.
Piknik ke Jogja
Piknik ke Jogja, IIDN Semarang & Gandjel Rel bertemu CEO Bentang
Di Markas Penerbit Bentang Pustaka, anak Penerbit Grup Mizan ini kami disambut Mas Salman Faridi, CEO Bentang Pustaka, beserta jajarannya *halah. Mas Salman Faridi menceritakan awal mula berdirinya Penerbit Bentang yang awalnya bernama Bentang Budaya, yang kebanyakan menelurkan buku-buku sastra seperti milik Seno Gumira Adjidarma.

Kini, Bentang Pustaka menerbitkan berbagai macam buku fiksi dan non fiksi populer. Diantaranya Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan Serial Supernova oleh Dewi Lestari. Selain itu, mereka juga menerima naskah non fiksi yang ditulis bergaya populer bisa bertema pendidikan, parenting, remaja dan banyak lagi. 

Piknik ke Jogja IIDN Semarang & Blogger Gandjel Rel
Berpose bersama di Penerbit Bentang Pustaka
Menurut Mas Salman Faridi, penjualan novel dewasa muda atau young adult lebih stabil dibandingkan penjualan novel remaja. Juga masih banyak peluang besar menulis novel islami selama itu lebih bergerak ke arah nilai-nilai Islami, bukan simbol belaka. Menurut Mas Salman, apapun tema naskahnya bila bagus dan unik pasti mereka terbitkan, Lur.

Sesi kedua di Penerbit Bentang, adalah acara tanya-jawab tentang dunia perbukuan dan penerbitan buku, dipandu oleh Mas Imam, kepala editor Bentang Pustaka. Para peserta trip bebas bertanya apa saja seputar dunia buku dan penerbitan naskah. Wah, langsung deh para peserta heboh bertanya dan sedikit curhat hihihihi...ya nggak apa-apa, siapa tahu setelah pulang dari trip ini bisa mengirim outline atau naskah buku ke Bentang Pustaka. Aamiin!

Acara diakhiri foto bersama, tukar-menukar souvenir hehe dan makan siang. Dan tentu saja, berbelanja seru di Mizan Book Corners. Bukunya keren-keren lho Lur bisa jadi koleksi perpustakaaan pribadi, oleh-oleh untuk teman, saudara, pasangan dan anak-anak di rumah hehe.

Piknik ke Jogja IIDN Semarang & Blogger Gandjel Rel
beramah-tamah dengan Bos Stiletto Books Mbak Dewi
Kunjungan kedua, adalah ke Penerbit Stiletto Books. 
Penerbit yang tahun ini berulangtahun ke-5 ini khusus menerbitkan buku-buku bertema wanita. Pemimpinnya adalah Mbak Herlina P. Dewi yang ramah. 

Setiap bulan, Stiletto Books menerbitkan 1-2 buku. Mereka tidak banyak menerbitkan buku tapi mengutamakan kualitas dan kebutuhan pembaca. Kini, Stiletto banyak menerbitkan buku-buku non fiksi karena menurut Mbak Dewi, buku-buku non fiksi yang praktis, lebih long lasting alias bertahan lama di toko buku. Tema yang mereka cari adalah yang cocok untuk pembaca perempuan usia 18-50 tahun. 

Piknik ke Jogja IIDN Semarang & Blogger Gandjel Rel
berpose di depan kantor Stiletto Books di Yogya
Yang mereka terbitkan diantara buku non fiksi how to bertema keuangan, bisnis, kecantikan, parenting dan lainnya. Untuk mengirim naskah no fiksi, cukup mengirim kerangka kerangan dan beberapa halaman sampel melalui e-mail Stiletto. Pihak redaksi akan mereview outline kita dan memberi kabar dalam beberapa hari. Apakah disetujui atau tidak.

Setelah acara ramah-tamah, tanya-jawab dan kuis, kami diajak ke kantor penerbit Stiletto yang mungil. Ternyata, selain buku, Stiletto juga memiliki lini yang menjual berbagai jenis pernak-pernik lucu lho Sedulur. Namanya Stiletto Book in Style. 

Piknik ke Jogja IIDN Semarang & Blogger Gandjel Rel
Piknik Ke Jogja mencari ilmu dan menjalin persahabatan

Produk mereka diantaranya pouch, sarung bantal kursi, karpet, dompet, tote bag dan lainnya. Ya sutralah, kami memborong pernak-pernik unyu itu untuk dibawa pulang. oh iya, produk mereka bisa dibeli secara online lho. Coba intip website dan akun Instagram Stiletto. Oh iya, dalam rangka ulang-tahun mereka yang ke-5, Stiletto Books mengadakan lomba menulis blog tentang minat baca lho Lur. hadiahnya menggiurkan. Ayo, ikutan.

Wow, Benar-benar perjalanan yang seru dan menambah ilmu dan sahabat.
Terima kasih ya Kru Penerbit Bentang Pustaka dan Penerbit Stiletto.


Photo Courtesy of Winda Oetomo, Noorma Fitria
& Archa Bella

14 komentar:

  1. Gadis berbunga2 yg menimba ilmu sampe ke tugu jogja ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat dan berlanjut ke kerjasama dengan penerbit, yaaa, ayoo serbu penerbitnya dengan naskaaah...

      Hapus
  2. Waaah... gak bisa ikutan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sayang qudsi ngga ikutan :(

      Hapus
  3. Hihihi bunga-bunga cerah ceria :))))

    BalasHapus
  4. ndak pada kulineran tho mba...hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulineran doong, kenyang pol hihihi...terakhir ke Malioboro, nongkrong di Mirota Batik hehe, Raminten...

      Hapus
  5. Kalo bapak2 jarang banget yaaa bikin acara macam ini hehehe

    BalasHapus
  6. Kata bapak2, rempoong hihi...

    BalasHapus
  7. Sampe2 hampir mabok saking capeknya...hihi
    capek tapi seruu

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...