Jumat, 15 Januari 2016

Nikmatnya Mie Ramen di Kay Ramen Ungaran

Morning Lur, 

Pertama-tama, Mimin ikut prihatin dengan kejadian pengeboman Kafe Starbuck di Jakarta kemarin (14/01). Semoga dalangnya segera terungkap dan Indonesia kembali aman sentosa. Keluarga korban diberikan kekuatan, aamiin. 

Kay Ramen Ungaran Kabupaten Semarang
 Selamat datang di Kay Ramen Ungaran
Menyikapi hestek #KamiTidakTakut di sosmed Twitter, Mimin juga mau kembali beraktivitas ah. Setelah minggu lalu mencicipi tahu baxo Ibu Pudji, Kali ini Mimin mau icip-icip di kedai Kay Ramen Ungaran. Yup, mie kuah makanan khas Jepang ini kini mendunia. Padahal konon, mie ramen asalnya dari Cina, Lur. Bukan Jepang hehehe.

Darimana pun asal-muasalnya, Jepang memang keren banget soal memperkenalkan kebudayaannya pada dunia. Segala jenis komik, anime, drama hingga makanan khasnya disukai warga dunia. Ehm, Semarang Coret juga punya cita-cita kuliner dan wisata Kabupaten Semarang bisa lebih dikenal seantero Indonesia, bahkan mendunia Lur, lewat artikel-artikel kami di blog ini. Dukung kami, ya! #halah #malahkampanye. 

Kay Ramen Ungaran Kabupaten Semarang
suasana Kay Ramen di Ungaran

Mimin pertama kali penasaran dengan mie ramen karena film Ramen Girl yang menceritakan seorang gadis bule yang galau akhirnya tertarik belajar seni membuat mie ramen di Jepang. Film keren ini diperankan almarhumah Brittany Murphy #hiks. 

Kehebohan ramen pun tak luput singgah di Kabupaten Semarang, Lur. Beberapa pengusaha kuliner jeli melihat peluang emas. Walhasil, beberapa kedai mie ramen pun dibuka di Ungaran. Tak mau kalah dengan kota-kota besar seperti Semarang dan Yogya, hehe. Kekinian banget kan, Lur. Kedainya pun cukup ramai, tak kalah dengan warung bakmi dan nasi goreng yang banyak penggemarnya di Ungaran.

Kay Ramen Ungaran Kabupaten Semarang
Pelayan Kay Ramen Ungaran sigap menerima pesanan
Salah satunya yang Mimin kunjungi adalah Kay Ramen. Kedai yang menjual berbagai jenis makanan Jepang seperti ramen, soba, udon, dan sushi ini belum terlalu lama buka di Ungaran. Mungkin sekitar Agustus 2015 ya? Hehe malah nanya pembaca. Beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 32, Ungaran. Sering disebut Jalan Asmara hehe. 

Setelah Mimin browsing, ternyata Kay Ramen Ungaran adalah cabang dari Kay Ramen Yogya lho, Lur. Dan ada kedai Kay Ramen juga lho di Salatiga. Mimin berkunjung bersama keluarga saat makan malam. Saat itu pengunjung tidak terlalu ramai. Kedainya mungil termasuk meja dan kursinya, Lur. Jadi kalau suasana warung agak ramai, kayaknya bakal senggol-senggolan ya, hehe. Oh iya, mbak pelayannya sigap melayani kami, cekatan memberikan daftar menu. Wah, menunya ternyata cukup banyak Lur. Mimin jadi bingung hehe. Maklum, baru sekali dua kali makan mie ramen. 

Kay Ramen Ungaran Kabupaten Semarang
Teras depan Kay Ramen Ungaran

Ternyata antara mie ramen, soba dan udon masing-masing berbeda lho Lur. Walaupun sama-sama mie kuah khas Jepang. Menurut artikel yang Mimin baca, mie ramen teksturnya lembut dan tipis. Sedangkan udon, berbentuk lebar seperti pipa dan lebih kenyal. Keduanya terbuat dari tepung terigu, sedangkan soba dari tepung gandum. Jadi, kalau kita memesan mie ramen dan mie udon, yang membedakan tekstur mie nya ya, Lur. 

Nah, ternyata Kay Ramen menyediakan banyak menu mie ramen dan mie udon. Berarti yang membedakan adalah kuah dan isinya ya Lur. Menu mie ramen rata-rata harganya Rp.16.000 dan untuk yang spicy atau pedas, Rp.19.000 per porsi. Agar memudahkan pengunjung, setiap jenis mie ramen diberi penjelasan apa saja isi dan kuah mie ramennya. 

Kay Ramen Ungaran Kabupaten Semarang
sogogi curry ramen dari Kay Ramen

Misalnya nih, menu sogogi curry ramen berisi kuah rasa kari berisi wortel, daun bawang, pokcoy, jagung manis dan daging sapi. Jadi, lebih mudah memilihnya kan Lur? Untuk udon dibanderol seharga Rp.22.000 per porsi. Isian dan kuah mie nya pun macam-macam mulai dari kuah teriyaki, kari, tom yam, kuah pedas, kuah manis, dan lainnya, tingga pilih sesuai selera. Bisa minta level kepedasan juga lho Lur. 

Partner Mimin memilih untuk mencicipi mie ramen muneh katsu soyu, mie ramen dengan isi sayuran, telur, ayam goreng tepu dengan kuah gurih asin. Sedangkan partner Mimin memilih sogogi curry ramen dengan level kepedasan cemen, level 1 saja hahaha. Takut diare Mimin, Lur. Untuk minumannya cukup es teh saja. Irit hahaha. Menu lainnya tersedia sushi miyabi roll, takoyaki, donburi dan lainnya. 

Kay Ramen Ungaran Kabupaten Semarang
Sushi Miyabi dari Kay Ramen Ungaran (Fto: FB Kay Ramen)
Tak lama, pesanan pun tiba. Kami mencicipinya. Rasanya enak lho, Lur. Dan cukup mengenyangkan karena porsinya cukup besar. Mangkuknya saja gede, hihi. Tapi, kalau mau yang porsi jumbo ada lho. Jumbo udon Rp.25.000 hihihi mantaap. Khusus buat sedulur yang sedang lapar berat. Jadi pengen mencoba menu mie ramen lain di kedai ini. Enak dan murah-meriah harganya.

Penasaran dengan Kay Ramen? Yuk mampir saja Lur, ke Jalan Ahmad Yani No. 25, Ungaran. Warungnya buka setiap hari pukul 11.00-22.00 WIB. Selamat mencoba sensasi makanan khas Jepang, asal Cina #ehh. 




8 komentar:

  1. Aku mmg ngak takut ama teroris, aku cuman takut kalo ngak punya duit trus ngak bisa makan enak #Hadeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. waah japanesse food sudah menjelajah ke berbagai kota, termasuk Ungaran nih.
    Klo soal makan2 sih #KamiTidakTakut pastinyaa...hayuk ajah

    BalasHapus
  3. leh uga kak...terjangkauuu

    BalasHapus
  4. Ternyata Ungaran ada ya, hahaha
    Aku sama keluarga mesti ke Salatiga kalo pengen ramen. Kay Ramen ini yummy, cocok sama lidah kita ya mbak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...