Senin, 04 Januari 2016

7 Hal Seru di Desa Wisata Lembah Kalipancur di Semarang

Morning Lur, 

Liburan tapi nggak bisa kemana-mana?
Duuh... bukan berarti dunia kiamat kan Lur! 
Buat kamu yang di Semarang, bisa banget wisata di seputar Semarang aja. Ada banyak tempat menarik buat menghabiskan waktu bareng orang-orang tersayang. 

Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
Selamat datang di Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
Bosan dengan suasana Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Kota Lama, dan beberapa objek wisata di seputaran Simpang Lima, kamu bisa banget menepi sedikit ke daerah Gunung Pati atau menuju Kabupaten Semarang dengan wisata alamnya.

Tak jauh dari Sam Poo Kong menuju arah Gunung Pati ada destinasi wisata yang cukup menarik yaitu Desa Wisata Lembah Kalipancur, tepatnya di Daerah Manyaran sebelum perumahan Greenwood. Tempat ini cocok untuk mengahabiskan liburan bersama keluarga terutama anak-anak, apalagi kendaraan bisa langsung masuk ke dalam, tanpa harus jalan kaki. 

Apa saja yang ada didalam Desa Wisata Lembah Kalipancur
Ternyata ada 7 Hal seru disana! Apa sajakah itu? Yuk, kita simak, Lur!

1.    Kolam Renang dan Sepeda Air

Liburan bersama anak-anak memang paling asyik jika ada kolam renang tempat mereka bisa menghabiskan energi sepuasnya dan bisa bercanda dengan semua anggota keluarga.
Terlebih ada juga wahana sepeda air, kejar-kejaran di air seperti bebek raksasa. Hm..
Sayangnya, jika musim kemarau dan danau buatan di sana menyusut, wahana ini sementara ditutup.

2.    Kandang Rusa

Anak-anak juga senang melihat berbagai macam binatang, dan salah satunya yang jamak ada di kebun binatang adalah rusa. Tempat ini adalah penangkaran Rusa Timor, ada beberapa kadang rusa dan tiap kandang berisi sekitar 3-6 ekor rusa. 

Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
Rusa-rusa di Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang


3.    Aeroplane Cafe

Karena tempat wisata ini disetting buat bisa dilalui oneway_jadi nggak perlu bolak-balik_ setelah menuju kolam renang di dekat pintu masuk lalu melewati kandang rusa dan beberapa unggas, bisa langsung menuju aeroplane cafe ini.

Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
Aeroplane Cafe yang unik

Sebenarnya, aeroplane cafe masih jadi grand design, kalau sekarang adanya kapal terbang yang ditempatkan di sana, dan pengunjung bisa menikmati udara segar dari atas pesawat. Jangan lupa hati-hati jika membawa anak kecil karena beberapa bagian di dalam pesawat kurang terawat dan berlubang, termasuk jendela yang tidak berkaca. Buat yang suka fotografi, sayap pesawat juga menjadi tujuan yang seru untuk mencari angle foto yang menarik. 

Di dekat pesawat terbang ada semacam aula dengan beberapa tempat duduk, bisa menjadi tempat istirahat dan makan, ada juga beberapa penjual yang menyediakan minuman dan makanan ringan. Jika lapar, bisa membawa bekal makanan dari rumah atau makan di warung sekaligus pemancingan setelah badan capek berkeliling.

4.    Kandang Sapi dan Kambing 

Ingin mengajarkan anak tentang darimana asalnya daging sapi atau susu sapi? Nah, di sini juga ada kandang sapi, isinya sapi lokal dan beberapa sapi indo, tapi sayangnya tidak ada sapi perah jadi tidak bisa melihat proses memerah susu. 

Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
ada sapi moo moo di Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang

Cukup menarik jika bisa mengajak anak-anak memberi makan sapi dan kambing yang kandangnya berseberangan. Di kandang kambing ada beberapa kambing gibas/domba dan Kambing Etawa, sedangkan di kandang berikutnya ada beberapa Kambing Garut dengan tanduk melengkungnya yang khas.

5.    Kandang Kuda 

“Kuda Poni suka apel, lho...” ups. 
Bukan maksudnya mau iklan, tapi gara-gara ini beberapa anak (termasuk anakku) jadi suka banget sama kuda. Setiap melihat kuda di jalan pasti akan teriak ‘Kuda’ dengan suara khas balita dan logat lucunya karena belum jelas mengucapkan. 

Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
kuda poni disukai anak-anak pengunjung desa wisata

Nah, saat si Kecil dibawa ke sini, dia heboh merapal kata ‘kuda’ begitu melihat gambar kuda yang terpasang di pintu kandang. Saat masuk dan melihat kuda-kuda tengah asyik makan, si Kecil pun makin penasaran meskipun takut-takut melihat kuda yang besar. Ya, di kandang kuda itu ada beberapa Kuda Poni dan Kuda Balap yang diberi nama di tiap kandangnya. Ada si Boy yang gagah, ada Sherly dan Luna yang cantik, dan ada beberapa yang lain tak kalah gagah dan cantik. 

6.    Japanese Village 

Mendengar namanya pasti langsung kebayang nuansa Jepang kan?! 
Yup! Kamu nggak salah, guys! Emang di tempat ini nuansanya Jepun banget, ada jembatan merah dan kuil seperti yang ada di film-film dan iklan TV. Hihi. Meskipun beberapa bagian kurang terawat terutama tempat meeting dan makan, tapi berada di tempat ini saat sore hari ternyata menyenangkan. Ada suara kodok dari kolam dan angin pun semilir. 

Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
Japanese Village di Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang

Duduk-duduk dan berpose di jembatan merah juga harus banget lho, biar kekininan. Hihihi. Jangan lupa pintu kuilnya juga biar makin nambah rasa Jepangnya. Waktu kesini sih malah ngebayangin bikin foto post-wedding di jembatan pakai kimono trus bawa payung ala cewek Jepang jaman dulu, pakai sandal kayu yang unyu juga. *lebay dikit yak* 

Sepertinya kalau di tempat ini menyediakan fotobooth dengan yukata apalagi harganya murah pasti bakal lebih banyak yang tertarik buat datang kesini. *usulin yuk. Selain dua hal itu, ada juga replika rumah tradisional Jepang yang terbuat dari kayu dan kaca. Tempat ini juga asyik buat foto dan makan-makan. 

7.    Warung Makan dan Pemancingan 

Sebenarnya warung makan dan pemancingan ini masih satu manajemen, ada pintu dari pemancingan menuju Japanese Village dan lanjut ke tempat wisatanya. Namun, saat ada pengunjung yang akan ke tempat wisata pun boleh banget. Sah-sah aja kalau mau bawa bekal dari rumah trus gelar tikar piknik bareng keluarga. Hmm... sounds interesting.
Untuk menu makanannya banyak yang bilang cukup mahal dibanding tempat lain, tapi wajar karena ini tempat wisata. Apalagi bisa mancing sendiri, tentunya mengasyikkan buat yang hobi mancing sembari menunggu pesanan datang. 

desa wisata lembah kalipancur semarang
Nah, itu dia 7 hal seru di Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang.
Dan lagi untuk masuk ke lokasi wisata pun (saat ini) cukup membayar biaya parkir saja, tidak ada tiket masuk per orang. Entah jika nanti ada perbaikan dan perbaikan pengelolaan lagi, bisa jadi ada tarif khusus. 

Harapannya, ke depan bisa lebih bagus lagi biar ada tambahan wisata edukasi yang menarik di Semarang. Semoga Kalipancur Farm Zoo-nya bisa menambah koleksi binatang biar ada kebun binatang yang dekat di Kota Semarang. (Kontributor: Arina Mabruroh, Semarang)

Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang
Jl. Candi Penataran Raya, Ngaliyan, Semarang
Phone:+62 24 7629990
Buka: Setiap hari Pukul 09.00-20.00 WIB








7 komentar:

  1. Aku belum pernah ik kesini..padahal udh lewst bolak balik

    BalasHapus
  2. Meluncur kesini deh kapan-kapan, setelah ratusan kali cuma dilewati :D

    BalasHapus
  3. wah asik nih tempatnya..sayang jauh dari tempat saya :)

    BalasHapus
  4. Besok team BEST akan kesana...

    BalasHapus
  5. Mohon infonya apakah tmpt ini Ramah utk pengguna kursi roda? Thanks

    BalasHapus
  6. Paling seneng kalau habis mancing, langsung di bakar :D ahhaha

    BalasHapus
  7. Bulan mei kemaren lagi diperbaiki tempatnya, ini liputan terbarunya
    https://youtu.be/szsTI4-uFWg

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...